Oct 5, 2015

Guide To Enjoying Hip-Hop on the Dance Floor



Gue bukan seorang pecinta musik. Biasa-biasa aja, lah. Tapi kalo gue terdampar di sebuah pulau terpencil a la film Castaway, dan iPod gue cuma boleh diisi oleh satu genre music, I would definitely fill it up with R&B and hiphop. Cieeeh… *dodorin celana a la rapper *

Secara nggak sadar, gue jatcin sama R&B sedari SD, karena nyokap sering muter lagu-lagu sejenis lagunya Mariah Carey, Janet Jackson, Michael Jackson, dan Shanice di rumah.

Pas kelas 1 SD, gue apal mati lagu I Love Your Smile, lengkap dengan aksen “Houw!” “Yyyeaah…” rap-nya, dan ucapan “I really do…” di akhir lagu. Tak lupa ditutup dengan ketawa palsu.

Pas kelas 6 SD, nyokap beli laser disc kumpulan video klip Janet Jackson, and I would copy every single choreography everyday after school.

Tapi waktu SD sampai SMP, nggak ada satupun temen yang satu selera musik sama gue. Jadilah gue memaksakan diri “suka” sama Backstreet Boys, The Moffats, Hanson, sampe Greenday, kayak teman-teman lain. Palingan sekali-kali dengerin TLC, Pesta Rap, dan Iwa K., tapi nggak sampe memproklamirkan diri sebagai fans. Nggak ada temennya, Kak…

I thought I was alone. Namun suatu hari, ketika gue kelas 3 SMP, gue nginep di rumah temen, trus tau-tau abangnya temen gue ini mau disko. Diem-diem diboyonglah gue dan temen gue, ahahaha! Alhasil, dua anak underage ini diselundupkan ke sebuah nightclub! (my parents better not read this…).

Disana, gue dan temen gue bener-bener bak anak kelenci masuk ke dalam hutan asing. Culun, nggak ada persiapan, kucel, pake jeans dan sepatu sandal, lantas cuma bisa bergandengan erat ketakutan sambil planga-plongo.

Tapi ternyata, di club ini, DJ-nya muter lagu-lagu R&B dan hiphop, and it totally blew my mind.

Disinilah gue pertama kali mendengar musik R&B dan hiphop diputer kenceng-kenceng sepanjang malam, dengan sound system yang proper. Semua orang joged hepi sambil nyanyi-nyanyi bareng, dan hepinya yang beneran hepi gitu, lho. And they were doing proper dancing. Bukan joged-joged sok seksi atau mabok.

Gue langsung yang, Ya Allaaah… INILAH KAUMKU!!! KAUM BLACK MUSIC-KU!!!

Mateeek.

Besoknya—sembari masih syok (tapi hepi)—gue langsung borong album-album R&B dan hiphop. Gue inget banget, dua lagu rap yang langsung gue hapalin mati adalah Can I Get A…-nya Jay Z, dan bagian rap-nya Waterfalls oleh TLC, sebagai penebus sikap “pura-pura nggak suka” gue terhadap TLC selama ini, padahal sebenernya udah suka dari 1996. Maaf ya, Titin Lilis Ceuceu… *eaaa…. Lawakan Padhyangan Project lawas. Yang ngerti berarti tua! Kayak gue!*

Sampai sekarang, musik yang beneran bikin gue hepi adalah R&B dan hiphop. I’ve listened to many other music, tapi ujung-ujungnya, hatiku selalu balik ke black music.

***

Beberapa minggu lalu, sepupu gue nikahan. Setelah dinner reception, ada after party kecil-kecilan. Nggak heboh, kok, karena walaupun suami sepupu gue ini bule (dan tentu saja bawa keluarganya yang lebih “bebas”), keluarga gue sendiri konservatif. Seheboh-hebohnya pesta, ujung-ujungnya cuma pada minum Coca-Cola trus main henfon di pojokan.

IMG-20150927-WA0013

IMG-20150927-WA0004

IMG-20150927-WA0018

IMG-20150927-WA0016

IMG-20150927-WA0022

Clubbing ataupun dance parties itu selalu awkward di awal, karena masih pada malu-malu. Diem-diem pada pengen ada dancing scene, tapi nggak ada yang mau turun duluan.

Nah, berhubung sepupu-sepupu pada tau bahwa gue les dance, alhasil gue disuruh-suruh joged duluan. Disorakin kayak topeng monyet! Yah, terpaksa maju ‘kan *padahal emang doyaaan…*

IMG-20150927-WA0010 
Awkward ducks trying to dance!

Sayangnya, the early playlist was so bad. Ralat! Bukan jelek! (soalnya itu playlist-nya sepupu gue, ahahaha…), cuma nggak sesuai dengan selera gue. Padahal kalo gue disuruh jadi topeng monyet, musiknya harus sesuai mau gue, dong…

Maka dengan sok taunya gue langsung membajak meja DJ dan seenaknya pilih lagu, ahahaha.

***

Setelah acara kondangan tersebut berakhir, gue jadi sadar bahwa walaupun (bagi gue) musik R&B dan hiphop itu seru buat ajojing, nggak semua lagu R&B dan hiphop bisa dijogedin secara universal.

Misalnya, Flawless-nya Beyonce, I Don’t F*** With You-nya Big Sean, atau B***h Better Have My Money-nya Rihanna. ‘Kan susah, tuh, dibawa asik. Nggak semua orang bisa “dapet” beat dan ritme-nya. Kecuali kalo elo Tricia Miranda.

Masih mending kalo kita apal lagunya. Soalnya disaat kita nggak bisa joged tapi apal lagu, minimal masih bisa lipsync sambil merem-merem menikmati.

Soalnya, nggak seperti music elektronik atau EDM, lagu R&B dan hiphop, tuh, beneran lagu. Bisa dinyanyiin. Jelas awal dan akhirnya. Ada hook, verse, refrain, dan sebagainya. That’s why they are such great music to dance to.

Nah, kalo nggak apal juga? Yaaah… garing, deeh!

Maka kali ini, gue mau menyajikan daftar lagu-lagu R&B dan hiphop yang menurut gue enak dijogedin secara universal, gimana cara ngejogedinnya (dengan gampang), plus bagian lirik mana yang patut diapalin supaya nggak garing.

Ini daftar bukan sembarang daftar, karena acuannya adalah playlist DJ-DJ hiphop ibukota seperti DJ Cream, DJ PDoobie, DJ Itak, DJ Ewer, tapi yang pasti bukan DJ Alangkung. Serem soalnya… *bah dum, tss…*

Siapa tau ada yang mau bikin acara kumpul-kumpul gembira bertema hiphop, kayak block party gitu, trus perlu acuan lagu. Undang-undang, ya!

Honey – Mariah Carey


This is such a nice dance song from Mariah Carey. Nggak se-"manis" atau se-cheesy lagu-lagunya yang lain, nggak terlalu cepet, dan featuring rapper-rapper keren pada masanya.

Untuk jogednya, paling gampang goyang kucek-kucek baju dan goyang pinggul kayak di menit 2.38 - 2.41.

Who’s That Girl – Eve
 

Eve’s legendary single! Yang penting elo bisa nyanyi “Who’s that giiiirl, lalalala lalalalala…” aman, deh! Gerakan jogednya? So pasti geter-geterin pundak sambil step ke kanan, step ke kiri, kayak di 2.10 - 2.21

Dengerin juga: Let Me Blow Your Mind (remix THM Bootleg) Eve

Get Right – Jennifer Lopez


Kata temen gue, lagu ini annoying banget gara-gara bunyi terompet tukang rotinya. But I love it! And it’s an easy song to dance to. Yang penting apal reff-nya, “I'm about to sign you up, we can get right, before the night is up, we can get get riiiiiiiight get riiiiiiight…” sambil lompat-lompat lempar tangan ke atas, kayak raise the roof, gitu. Cincay ‘kaaan…

Dengerin juga: Feelin' So Good Jennifer Lopez

Ride Wit Me – Nelly


Kunci sukses badansa basamo lagu ini cuma teriak “Heeeeey, must be the money!!!” sekenceng-kencengnya pas bagian itu, terserah dengan gaya apapun. Angkat-angkat tangen kek, lempar-lempar duit beneran kek (jangan lupa pungut lagi), terserah.

Sebagai nilai poin, bisa juga nyanyiin, “Where they at, where they at, where they at?” dengan sok asik di awal lagu. Pokoknya kita cari bagian yang gampang ajaaa...

If you care, here is the acoustic version from Glee, walau cuma sepotong amat, hiks.



Dengerin juga: Country Grammar – Nelly

I.Z.Z.O. – Jay-Z


Well, karena lagu ini bertempo lambat, sebenernya agak tricky untuk dijogedin. Mungkin cocok untuk si pemalu di pojok sana, soalnya asik buat angguk-angguk kepala. Biarpun cuma angguk-angguk kepala, yang penting sambil berdendang reff-nya, yaaa…

H to the izz-O, V to the izz-A

Fo' shizzle my nizzle used to dribble down in VA

H to the izz-O, V to the izz-A

That's the anthem, get'cha damn hands up!

H to the izz-O, V to the izz-A

Not guilty, ya'll got to feel me

H to the izz-O, V to the izz-A

That's the anthem, get'cha damn hands up!

Dengerin juga: Big Pimpin' – Jay-Z, Golddigger – Kanye West

I Want You Back – The Jackson 5 


Ngomong-ngomong soal I.Z.Z.O. (yang pake sampel lagu I Want You Back), dosa banget, lah, kalau di playlist ini sampe nggak ada The Jackson 5. Harus ada I Want You Back! Gerakan joged andalan gue untuk lagu ini adalah gulung-gulung tangan, kaki maju-mundur, kayak di detik 0.49-0.58.

Mo Money Mo Problems – The Notorious BIG


Such a good song dengan lirik yang bijak. More money emang suka bikin more problems, ya. Tapi no money, nodong. Gimana, dong? Anyway, rest in peace, BIG!

Untuk nikmatin lagu ini, yang penting apal bagian reff-nya, “I don't know what, they want from me it's like, the more money we come across, the more problems we seeee…” sambil sekali-kali ikutan nyaut, “Haaaaimmm! Kamiiing!” dengan cempreng. Kaming kemana, seus…

Dengerin juga:
Notorious – The Notorious BIG. No, no, no, notorious!

Feel Me Flow – Naughty By Nature


Sebenernya lagu Naughty By Nature yang beken banget buat joged adalah Hip-Hop Hooray, ya. Tapi menurut gue, selain bagian “Hip hop hooraaaay… yooo… aaay… yooo…”-nya, lagu itu kurang asik, ah.

On the other hand, Feel Me Flow is an absolute gem. Kalau pagi-pagi dengerin lagu ini sebelum mulai kerja, matahari kayaknya bersinar lebih terang dan hati terasa lebih riang. Alah…

Sama seperti I.Z.Z.O., lagi ini bertempo lambat. Lagi-lagi cocok buat si pemalu yang jempol kakinya diem-diem goyang.

Dengerin juga:
Everyday People – Arrested Development

I’m Really Hot – Missy Elliot


Missy 'Misdemeanor' Elliot was my high school hero. Menurut gue, nggak ada satupun—satupun!—single-nya Missy Elliot yang nggak enak, mulai dari Work It, One Minute Man, Pass That Dutch, Gossip Folks, Ching A Ling, sampai tentunya Get Your Freak On. Tapi favorit gue adalah I’m Really Hot ini. Sick beats!

Bener nggak, sih, katanya waktu Katy Perry manggung bareng Missy Elliot di halftime Superbowl kemaren, anak-anak jaman sekarang pada bilang, “Wah, keren juga nih orang [maksudnya Missy Elliot]. Pasti bentar lagi beken…”

GUE PENGEN TEBALIKIN MEJA DENGERNYA!!!

Dengerin juga: semua lagunya Missy!

Still Not A Player – Big Pun featuring Joe


Mungkin sebenernya lagu ini nggak menggebrak banget, dengan tempo medium pula. Kayaknya nggak hot-hot amat ya, dibawa joged?

Iya, sih, tapi lagu ini sungguh melekat di hati gue. Soalnya waktu gue diselundupkan ke nightclub dulu itu, Still Not A Player adalah salah satu lagu yang berkesan buat gue. Abisnya endeeus…

Dan bagi gue yang dulu masih culun, Big Pun ‘kan kayaknya non-mainstream banget. Keren, lah. Maklum, dulu  taunya cuma Michael Jackson, Mariah Carey, TLC, Missy Elliot, dan langganan MTV lainnya.

Yang pasti, harus fasih bagian, "Boricua! Morena! Boricua! Morena!" (3.30) ulang 100x sampe pagi!

Dengerin juga: Ignition – R. Kelly

Last but not least, segala kolaborasinya Snoop Dogg. Udahlah, kalo itu orang  ketemu Pharell atau Justin Timberlake, keroncong aja bisa jadi enak: Drop It Like It's Hot - Snoop Dogg ft. Pharell, Beautiful - Snoop Dogg ft Pharell, Signs - Snoop Dogg ft. Justin Timberlake

***

Selamat badanso basamo! Buat yang udah emak-emak, jogednya dijaga Buuu...


26 comments:

Intan Novriza Kamala Sari said...

Aww. Aku juga suka musik genre ini. Apalagi kalo lagi patah hati. Ngalahin pikiran yang lagi jelek sama joget-joget gaje xD

Nuri Sadida said...

Itu serius michelle obama bukan sih di klip terakhir? *jgn2 mata gue siwer*

Nuri Sadida said...

Kalo ada referensi video exercise/ workout di yutub yg musiknya black, mau infonya dong kakakk.. Sering nyari tp blm nemu :)

Gladys said...

Kak disa akhirnya nikaaaah ? Akhirnya cerita panjangnya berakhir bahagia;) cerita lanjutanya di blog dong kak lei

Anonymous said...

Qaaaaaaaaaaaaaaaqqqqqqqqqqqqqqqqqq......

(kodenya keras amat?)

-b-

Jehoo said...

Night club itu namanya apa mbak?
Ohya, ceritain gimana pengalaman di UDW dong, niat daftar ke sana soalnya :D

yunita said...

THIS WHAT I CALL MUUSSIIICCC *mulai joget jempol di kantor*
*ntar aja joget kusuk di rumah*
Makasih jeung leijaahh *smoocchh*

Anti said...

Sebagai penikmat 'lagu enak' apapun (ngga tau lagu A genrenya apa, lagu B siapa yang nyanyi), aku salut sama orang yang beneran suka dan ngerti genre musik yang dia sukai kaya kamu, mba.. :)) Asli deh aku kalau ditanya suka musik apa? Jawabnya yang enak didenger aja :D

Fhiera said...

*silent reader akhirnya muncul* :)
suka jg ama lagu2 r&b n hiphop...apalagi sama get right nya mbak jelo *liriktajambodynya
walopun lagu2 mello nya mariah careh suka jg, tapi r&b ini selalu ada t4 dihati :)

Unknown said...

Ih samaaaaa. Ini tadi scroll list-nya sambil ngangguk-ngangguk. Walo aku bukan penari profesional seperti Leija, tapi aku punnn ga pernah tergerak buat joged kalo musiknya bukan hip hop atau R&B. Dulu itu pernah di Bali sama adek-adeknya kakak ipar, dan dia minta mau liat klub yang pada jamannya itu lagi hits banget. Ke sana lah yaaa, dan musiknya elektronik gitu, dan tida ada satu otot pun di badanku yang tergerak. Giliran kemarin ada Teza Sumendra di acara Indonesia di Perth, yaampon aku kelojotan dan lupa diri. Begitupun sekarang sembari dengerin lagu-lagu di list ini.

Yuk ah joged duluk!

prin_theth said...

Hahaha iya buu... 'kan ada di judulnya :p

prin_theth said...

Iyaaa, Alhamdulillah :) Insya Allah ditulis kalo sempet yaa...

prin_theth said...

CUS, QAQ!!!! Cusssss...!!

prin_theth said...

Sumpah lupa namanya apaan, yang pasti di Kemang dan sekarang udah tutup hahaha. Kalo nggak salah Indigo?

Aku dulu cuma beberapa kali aja ambil open class di UDW. Kalo kamu bukan penari profesional, aku sih nggak rekomen belajar nari di UDW. Mereka itu dance company yang bagus banget untuk memajukan karir crew / dancer profesionalnya. Tapi sebagai dance academy, kurang oke.

Karena menurutku pengajar-pengajar UDW nggak bisa ngajar. Mereka keren banget nge-dancenya, tapi nggak bisa transfer ilmu dengan baik ke murid. Ujung-ujungnya, murid yang cupu jadi merasa tambah cupu 'kan, and that defies the whole point of learning to dance.

prin_theth said...

Hahaha, iyaa... penangkal kegundahan deh pokoknya :D

prin_theth said...

So far sih belum namu yang baguuus.. palingan dance tutorial yang gampang-gampang gitu. Nanti aku liatin lagi deh...

prin_theth said...

Aaaaa.... Teza sempet ke Perth ya? Seru bangeeet. Mana Teza 'kan jago banget nari ya. Kalo nontonnya sambil merem-meremin mata dikit, bisa lah ngayal pura-puranya lagi nonton Chris Brown atau Usher hihihi.

miund said...

ih setuju banget aja dulu yaah sama list lagunya. tapi aku agak kuciwa deh kamu gak masukin How Gee-nya Black Machine. Itu kan lagu joged baris andalan looohhh...

eh, generasi kamu masih joged baris ga sih La?

kalo enggak... aku... aku...

*melipir*

Szasadiandra said...

Keinget jaman SMP, sok2 pake rok mini ke pensi anak SMA yang suka undang grup hip hop R&B dan satu lapangan jogetan. aaiih aku rinduuuuuuuu

Opi said...

Baiklah.
Comment gue sepertinya akan sangat panjang karena gue bakalan (sedikit) membuat pengakuan. :P
Sebelumnya, THANK YOU SO MUCH, Laila, udah ngasih link youtube di mana gue bisa liat elo nge-dance! Gue pernah ngerasa sangat sangat sangat desperate karena ga ada yang bisa ngasih motivasi gue buat ngurusin badan. Terus tiba-tiba gue baca blog lo, dan gue memutuskan untuk nyoba-nyoba nge-dance sendiri. Gue nge-dance sambil main XBOX Dance Central, dan pilihan lagu yang gue coba mostly Hip-Hop. Kadang secara ga sadar, gerakan yang ada di Hip-Hop dance itu banyak squats atau lunges terselubung, jadi menguatkan otot-otot kaki juga (iya ngga, sih? Apa gue aja yang ngerasa begini?). I hope you know, setiap kali gue lagi males nge-dance, gue pasti nonton youtube elo biar semangat lagi! (ngaku dulu deh, gue juga donlot video dance elo) :') Dan setelah hampir 8 bulan nge-dance (dengan gaya ga karuan, asal bergerak) gue kehilangan 15 kg aja gitu. Suatu pencapaian yang tinggi akibat terlalu ngefan ama blogger bernama Laila. :)) Dan dari Dance Central ini gue jadi belajar nama-nama gerakan yang kadang lucu-lucu banget dan ga gue sangka-sangka. Sekarang tiap nge-dance, gue udah ada di level "Hard" dan hampir khatam semua lagu-lagu Hip-Hop yang ada di game ini. :')
Yak, ketimbang gue cuma jadi silence reader yang *diam-diam* termotivasi, di postingan ini gue ngerasa harus menghaturkan terima kasih sedalam-dalamnya. Keep writing about your dancing journey , Laila! Postingan di Instagram juga selalu gue tungguin! THANK YOU SO MUCH!

Unknown said...

Jackson Fiiiiiive !!
aku pernah dianggap aneh sama temen temen soalnya aku cinta berat sama Michael Jackson + Jackson Five.

tapi sebodo amat deeeh, dengernya aja hatiku udah happy dan joget joget riang *ngedance di meja kantor*

oh iya, aku suka banget Signs-nya Snoop Dogg ft Justin Timberlake, meskipun kata orang lagunya biasa banget. sampe niat beli ring back tone-nya :)))))

Unknown said...

aaaakkk playlistnya bikin merinding mbak! dulu ampe beli dong kasetnya. jaz-z, snoop dogg, eminem, dr.dre, sisco, tupac. kangeeen.... juvinelle yg back that thang up juga oke tuh. jump arround-house of pain. this is how we do it-montell jordan. jump-nya kris kros. you make me wanna-nya usher juga masih sukaaa. itu ignition-nya R.kelly juga kangeeen. huhuhuhu.. jadi berasa tua nih akuh.ahahaha :-D etapi emang bener, nggak ada matinya ya hip-hop, r n b, black music itu..

Anonymous said...

YESSSS! playlist kita ketauan banget angkatan berapa hahahha kayaknya kalo ini jadi playlist terdampar di pulau, gue bakalan males nyari makan atau jalan keluar.. karena bakalan sibuk joget2 dengan muka ngehek sok tau *joget dirt off your shoulder"

rofikanr said...

halooo mbak lei! salam kenal ya mbaak hehe aku selama ini cuma jadi silent reader di blog. aaah iya pas baca bagian missy elliot aku cuma bisa nganggukin kepala. setuju pake banget kalo semua lagunya nggak ada yang nggak enak! setiap denger lagunya aku bawaannya pengen breakdance *lalu patah tulang* minimal jempol kaki udu goyang dehhh

prin_theth said...

(( joged baris )) NGGAK PERNAH DENGER! *lalu hidungku memanjang*

prin_theth said...

Dearest Opi,

Maaf bangeeeet baru bales komennya sebulan kemudian, karena ternyata komen ini masuk folder Spam! Aaaaa terimakasih banyak ya Opi, kok terhura lo bisa-bisanya terinspirasi dari kegiatan tari kejang gue. Dan sumpah, pencapaian lo turun 15 kilo itu EMEIZIIIIING luar biasa!

Yang bikin gue juga amazed adalah betapa internet bisa jadi rantai inspirasi orang-orang ya. Gue pun punya beberapa dancer idola di Youtube, dan sama persis, kalo gue lagi males atau nggak termotivasi joget, gue pasti ngintip video-video mereka. Senang sekali rasanya gue bisa jadi bagian dari rantai inspirasi itu, minimal buat elo hehehe.

Keep on dancing ya!

PS. Kalo mau latian squats dengan lebih gahar, coba gerakan-gerakannya joget dancehall deh!

Post a Comment