Jan 12, 2011

Isn't It Ironic?

Halo, apa kabar semua?

Ketauan ya, kalo awalnya udah pake bahasa Endonesi, tandanya pasti mau curhat panjang. Dan memang begitulah adanya.

Saya menyadari, meski belom punya mental traveller sejati, saya punya pesseun (baca: passion) yang tinggi terhadap bepergian. Walaupun belum berhasil merencakan travelling ke tempat eksotis yang kudu ditempuh dengan minimal 8 jam perjalanan pesawat, Alhamdulillah saya masih dikasih kesempatan untuk merencanakan low-budget travelling ke -- mana lagi? -- Pulau Dewata dengan beberapa teman, bulan depan.

Semalem kami meeting perdana. Di Appetite, Senopati #penting Ngumpul dan gegayaan browsing pake iPad, cari tiket termurah (meski transit di Yogya 4 jam) dan penginapan paling butut (meski boboknya di atas sprei bau bacin, mandinya pake gayung lumutan, dan musti bawa kipas sate pengganti AC). Yang penting ngumpul dan hepi! Hiking ke Gunung Batur! Sepedaan ke Kintamani! Foto-foto! Disko! Mabo-- nggak sih.

Dan dengan semangat membara, malam itu juga, tepatnya pukul 23.30 WIB, kami melangkah pasti bersama Rindi menuju ATM untuk melunasi pembayaran tiket kami, biar langsung di-issued. Biasa deh, kalo pergi berombongan 'kan, biasanya suka ada yang ngebatalin nggak lucu on last minute. Maka demi mengikat komitmen bersama, kami booking tiket malam itu juga, bayar malam itu juga. Diakhiri dengan tos-tosan dan berpelukan.

Hari ini pun saya magabut seharian, demi ngulik informasi berbagai penginapan murseu' yang makin diliat kok makin jelek (ya tarifnya aja maksimal Rp150,000 per malem...). Bahkan sambil meeting, saya sambil berkhayal, bagian Pulau Dewata mana lagi yang bisa dibedah. Pokoknya bawaannya pengen gotong ransel aja! Capcus! Kacau lah. Tapi hepi.

Maka coba bayangkan perasaan hamba ketika sore ini saya baca berita bahwa airline kami gulung tikar.

. . .

Haloh! Aku kira ini situasi karangan Alanis Morisette aja lho! Kepret!

Kenapa, Mandala, kenapa?! Kenapa kemaren mengiyakan saja saat kami konfirmasi tiket dan akhirnya bayar? Kenapa gulung tikar? Kenapa pailit? Dan yang terpenting: siap dibakar ya kalo nggak refund!

Kuciwa.

Sekali lagi, kuciwa.

Duitku balik nggak ya...

PS. Ini adalah kejadian ke-284 yang mengukuhkan teori: 'Kalo kepengen sesuatu, jangan terlalu ngarep. Biasanya diuji.' When will we ever learn?

UPDATE: Dan untuk menambah penderitaan, ini dia gongnya.

9 comments:

Shanti said...

kak lei, td nemu ini nih di twitter

"pemberitahuan resmi dr mandalaair.com : Silahkan e-mail ke cust.feedback@mandalaair.com dengan menyertakan nomer pemesanan utk refund tiket"

semoga balik yak duitnya :)

prin_theth said...

Iya Shanti, udah ditengok2 juga :) Makasih yaaa

ochie said...

mb laila,, same here now!
Aku udh beli tiket ke spore utk 2 org.. dan baru tau kmrn sore klo mandala udah ga akan terbang lg krn bangkrut.. :(

Untung aku dapet yg tiketnya bnr2 promo jd murah bgt @49000 IDR saja, jadi ga terlalu nyesek jg.. Tp kan bayangan indah jalan2 itu udah dikepala.. kuciwa deh..

prin_theth said...

Hik hik Ochiee... Kalo udah sakses refund, kabari yah. Gue belum kebayang nih mesti neror gimana supaya refundnya cepet. Aku rugi besaarrr!

ita said...

klo pake garudadidadaku ga jadi murseu ya?? :p

eh, 'about' di kanan atas blog ini diedit dong..
"... flying with lion air.. and mandala" :D

prin_theth said...

Nggak jadi murseu, Ita cantiks :( Eh kalo duitku sampe nggak refund, aku bukan mau edit profile lagi... aku mau edit mukanya orang-orang Mandala!

JJ said...

(meski transit di Yogya 4 jam) ==> langsung ngeh. ngomongin airline ITU.

Dont loose the spirit, lei! lagi ada promo couple di air asia. trus sriwijaya juga harganya mirip mandala, bukan?

prin_theth said...

Huhuhu makasih semangatnya yaaa. Iya gue sedih banget, tapi gue sumpah palapa nggak mau booking / trip planning apa2 lagi sampe nerima refund Mandala ini huhuhu. Very spirit-dampening!

Leony said...

Waduh, terminal 3 jadi tinggal Air Asia doang ya ?? Btw, gue blom pernah ke terminal 3 nih. Ada airline lain yang mau pindah gak ya.. penasaran sama terminal 3 (ga nyambung).

Lei, gue juga udah pernah punya pengalaman buruk sama American Airlines. Penerbangan gue dibatalkan, cuma dikasih tau via email, dan emailnya masuk ke JUNK MAIL dengan sukses! Gue udah kucluk2 ke Seatac Erpot bawa koper sebagong, dan ternyata flightnya kaga ada, dan dia cuma bilang, "Kan udah dikasih tau via email".

Seenggaknya ambil sisi positivenya aja deh, saat ini elu blom brangkat. Coba kalo elu udah berangkat dan terdampar di mana gitu, ga bisa balik pake Mandala lagi, yang ada cuma Perkutut Air. Kan rempong!

Post a Comment