Aug 2, 2016

"Yes, I Can!"


Olimpiade datang, mewek-mewekan pun dimulai!

Hlo, kok?

Soalnya setiap menjelang Olimpiade, perusahaan-perusahaan besar yang jadi sponsor resmi Olimpiade selalu berlomba-lomba bikin kampanye iklan tentang perayaan olahraga akbar ini. Dan hampir semua iklannya bagus dan menggugah.

Beneran, deh, walaupun elo bukan penggemar olahraga—atau bahkan nggak sadar bahwa Olimpiade musim panas 2016 AKAN MULAI MINGGU INI (hoooi, baca koran hoooi...)—you should check out the video campaigns from the official sponsors seperti Samsung, Nissan, dan sebagainya.

Iklan favorit gue tahun ini ada dua.

Pertama, dari Channel 4.

Oke, gue curang. Iklan dari Channel 4 ini sebenernya bukan tentang Olimpiade, tapi tentang Paralimpiade, alias olimpiade untuk atlet difabel. 

Memang, setiap Olimpiade musim panas biasanya akan diikuti oleh Paralimpiade. Jadi kalo Olimpiade 2016 bakal berlangsung bulan ini (Agustus), Paralimpiade akan digelar bulan depan (September).

Trailer Paralimpiade 2016 yang bergaya musikal ini seru banget, karena nggak cuma nampilin para atlet Paralimpiade berlaga di medan olahraga, tapi juga musisi dan penari difabel. They truly are superhumans. Keren abis!


Kedua, dari P&G.

Goddammit, P&G. You did it again. 

Masih sama seperti tahun 2012, P&G membuat iklan kampanye Olimpiade yang lagi-lagi mengangkat tema ibu. Tahun 2012, gue cirambay nonton mereka yang ini. Sekarang gue nangis lagi nonton iklan Olimpiade terbaru mereka.

It takes someone strong to make someone strong.

Kalo lagi nggak ada kerjaan, boleh juga cek channel Youtube P&G, dan tonton seri dokumenter-mini mereka yang judulnya Raising an Olympian. Video yang ini favorit gue, karena nggak hanya mengangkat isu determinasi, tapi juga rasisme:

0:42 "Do you want me to hide?"
Lihat juga ekspresi sang ibu di menit 1:02 "I'm so proud of you!" T___T

Kapan agensi Indonesia mulai bikin kampanye serupa untuk para atlet Indonesia?

7 comments:

  1. doh pagi-pagi aku udah ngembeng kak liatnya! Pas iklannya Samsung juga merinding karena bisa-bisanya penggalan berbagai lagu kebangsaan dirangkai jadi satu (tapi tetep, nyarinya Indonesia Raya).
    Aku ijin share ke grup Ahensi & Ex Ahensi yaa :D

    ReplyDelete
  2. Bagus-bagus semua videonya. Dan beneran bikin mewek mba. Thank you for sharing :)

    ReplyDelete
  3. ahhh.. beneran cirambay nonton iklan olimpiadenya... lalu bertekad untuk jadi someone strong supaya anak-anak di rumah setrong jugaaaa

    ReplyDelete
  4. I was there at the press con at senayan. Udah mewek liat iklanmya trus ketemu Susi Susanti aslinya.. ya Tuhan.. namanya kelu dan sesenggukan pas ketemu idola itu satu2nya. Malu2in banget deh. I still remember THAT moment, Indonesia 1st gold, dan besoknya guru di sekolah komen, sayang yang kasih emas indonesia itu cina...
    Jadi ga bisa bangga, ayo kalian harus bisa kasi emas buat indonesia.
    Motivasi sih, tapi...
    Dan gw ngerasa ya Tuhan, SUSI SUSANTI ITU ORANG INDONESIA.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf banget nii, tapi komen gurunya yang "sayang yang kasih emas indonesia itu cina... Jadi ga bisa bangga" kedengeran rasis banget yaa untuk warga Indonesia-Tionghoa. Apa maksudnya beda...?

      Kayaknya kalo gue bakal lebih tersinggung deh, ketimbang termotivasi :D

      Delete
  5. Bener banget,maksudnya beliau motivasi tapi kok nyeri ya.. dan gw waktu itu masih SD jadi cuma ngerasa ada yang salah tapi gimana gitu..

    ReplyDelete