May 18, 2016

Dude, Where's My Size?


Buka-bukaan kartu, ya.

Tinggi badan gue cuma 152an cm. Berat badannya jangan dibuka dulu, deh, soalnya akyu masih merasa ginuk-ginuk dan kurang proporsional. Maluuu...

Tapi secara keseluruhan, kebayang lah, ya, ukuran badan gue agak di bawah rata-rata.  Akibatnya, gue jadi susah belanja baju di online shop, terutama online shop lokal.

Sebenernya, jaman sekarang, merk fashion lokal tuh banyak yang keren-keren dan berkualitas, termasuk online shop yang masih baru-baru. Hebat, lah, pokoknya.

Sayangnya, kebanyakan—ralat, hampir semua—dari mereka nggak bikin size untuk koleksi bajunya. Mereka hanya memproduksi baju dalam ukuran “all-size”.

Kalo kata temen gue, Frida—yang juga punya line baju sendirisizing itu mahal di ongkos (which I suspected so, dan gue maklum banget), sehingga merk fashion lokal umumnya hanya memproduksi baju dalam ukuran yang mereka anggap paling umum. But of course, the concept of “ukuran paling umum” is also highly subjective.

TAPI, gue pernah meninggalkan komen di akun Instagram Cotton Ink, menanyakan kenapa nggak semua pakaian Cotton Ink pake sizing? Bahkan Devon Shirt-nya Cotton Ink yang beken itu sempet tersedia dalam berbagai ukuran, lho. Tapi sekarang balik maning ke “all-size”.

Cantik-cantik bajumu, (kadang-kadang) tiada ukuranmu

Suprisingly, Carline Darjanto ngejawab, alasannya bukan karena biaya (berarti sebenernya, Cotton Ink nggak rugi kalo baju-baju mereka diproduksi in sizes), tapi karena para pelanggan mereka lebih prefer Devon Shirt berukuran “all-size”. Kata Carline, para pelanggan udah kadung familiar dengan ukuran “all-size”nya Cotton Ink.

Yassalaaam… kasian banget, dong, kaum minoritas yang ukuran badannya kecil banget (atau gede banget) kayak gue?

All in all, gue merasa konsep jualan baju “all-size” tuh bikin makan ati, aapalagi kalo alasannya bukan karena biaya. Kalo alasannya karena biaya, gue masih maklum, sih.

Daaaan yang paling ngeselin adalah kalo online shop di Instagram nulis keterangan “ALL SIZE, fit to S to XL” di postingan baju-baju mereka.

Sister-sister online shop yang budiman, coba direnungkan. Kecuali baju jij bisa mengembang dan mengempis dengan ajaib, nggak ada baju yang bisa muat di semua ukuran badan begitu.

Mendingan keterangannya di buat jujur, deh. Misalnya, “fit to S (tapi ikat bajunya dengan tali tambang, agar tidak sekonyong-konyong melorot di tengah jalan. Caution: you will look stupid) to XL (tapi sediakan peniti, jikalau tiba-tiba bajunya robek. Caution: you will look stupid, too)”. Atau ya tulis aja ukuran sizing-nya berapa sentimeter (lingkar dada, lingkar pinggang, panjang, lingkar lengan, dsb).


Mungkin memang ada baju yang fleksibel dipakai di berbagai ukuran badan—misalnya, karena bahan bajunya stretch, atau karena bagian pinggangnya diberi karet agar elastis—tapi jatohnya ‘kan tetep nggak akan pas. Nggak akan jadi flattering di tubuh pemakainya. Dan sister-sister online shop harusnya jujur, sih, soal ini.

Bahkan se-gombrong-gombrong-nya baju berkonsep oversized atau baju kaftan, nggak ada, lho, baju yang benar-benar “all size”. Semua kaftan yang katanya “all size” pasti akan melorot di gue. Cussss... meluncur dari pundak turun ke lantai. Kalopun nggak melorot, I’d look stupid wearing it.

Padahal makin tua, kita makin susah getting away with clothes that don’t fit, lho. Dan 'kan mendingan punya baju sedikit dan berpotongan sederhana, tapi fit-nya pas dan flattering.

Hufttt, sebel *kokop bubble tea biar kalem* Kalo ada petisi atau gerakan donasi untuk para online shop bikin baju in sizes, gue nyumbang, deh.

Kalo begitu, mendingan minta masukan aja, deh. Apa aja, ya, fashion online shop lokal yang menyediakan baju dalam berbagai ukuran?

23 comments:

Jane Reggievia said...

Mba Lailaaa, aku nggak bisa ngasih rekomendasi online shop sih, soalnya masih prefer belanja di store langsung aja jadi bisa nyobain. Punya love-hate relationship juga sama beberapa online shop lokal heuuu~

Postingan ini ngingetin aku sama satu video Buzzfeed, tentang one size fits all (https://www.youtube.com/watch?v=OapuLyWTvjQ). Kocak sih respon mereka pas nyobain baju "all size" itu. Sampe yang size 0 aja ngerasa nggak nyaman sama baju all size. Doi sampe kena sindir di kolom komentar LOL.

tia putri said...

ish aku juga paling sebel sama baju2 all size, terutama baju2 batik cantik2 itu. karena pasti kedodoran sangat di aku,

Shanti said...

masalahku banget ini kak! cuma aku sebaliknya, guede aja ukurannya haha.. sering pundung lah pokoknya kalo liat keterangan ukuran baju2 di online shop, hampir pasti lingkar dadanya ga muat zzz

akhirnya balik lagi ke jait baju, beli baju di matahari, atau beli baju ukhti2 yg ukurannya gede (maksudnya biar longgar di ukuran "normal" kan ya, tapi di aku jadi pas hahahah)

P R I T A said...

salestock sih kalo aku, krn nampilin lingkar dada, bahu, endesbre...emang sebel sih kalo body XL, pas liat dan pengen beli baju ditulisnya all size -____-

Szasadiandra said...

Sama mba leei, beli overal jeans korea-korea di tulisannya all size muat S-L, pas dateng yasalaam kicik kali masuk pun ngga muat :(

aku biasanya beli di hijabchicofficial.com , selain mereka ada ukuran, harganya murce.

prin_theth said...

Hahaha, aaa iyaaa... video Buzzfeednya spot on, deh. Aku embed di sini ya!

prin_theth said...

Shan, hahahaha... aduuh, prablem banget, ya. Emang paling bener jait sih, tapi manalah aku punya waktu, tenaga, dan kemauan zzzzz

prin_theth said...

Salestock yaaa, noted! Belum pernah cek soalnya hehe. Iyaaa, all size darimananya sih?

prin_theth said...

Yess, batik tuh bikin mendelep banget sih, bahkan blus-blus yang terlihat singset, biasanya mendelep-able

Didini Shop said...

Olshop Sista hadir! Sebagai pelaku industri fesyen Tanah Air *tsaaah kuakui memang kendalanya mentok di dana yg mubazir. Bikin baju sizing eeh kesisa banyak ukuran kecil. Mungkin krn target market aku rakyat di negri seberang, yang ukuran badannya rata2 lebih gede dr perempuan Indo. Jadilah skr tetep bikin sizing, tapi perbandingannya 1:2 buat ukuran kecil & besarnya. Toh sebenernya cutting all size yg meniadakan bahu akan 'membantu' si petite tampak lebih berisi. Yang ini selera sik, krn banyak juga si kecil yg suka baju ngepres

Sandra Buana Sari said...

Ini serupa tapi tak sama, sebagai orang yg berbadan gendut, ukuran all size dibeli tetiba pas dateng cimit2 sempit sana-sini. Apalagi buat celana, masalah paha besar ngga jg diperhitungkan XD
Kirain orang2 tubuh imut lbh fleksible karena banyak size berkeliaran, ternyata masalahnya sama ya :)

Anonymous said...

gue juga musuhan ama all size, karena jadinya kayak orang2an sawah :)) btw, maven id mayan la, di kemang village ada satu toko isinya karya designer lokal. badan gue juga gak masuk all size, tapi si maven ini pake size, dan harga nya bersahabat..

Sarah Puspita said...

I feel you, mba Lei :( Aku kalo belanja di OL Shop, ujung-ujungnya musti minta tolong mama mertua untuk ngecilin sana-sini :(( Abis kalo enggak, malah jadi kayak pake karung goni :(((

Anonymous said...

I am a size 14 and my boobs have a mind of their own.
I done bought all them thangs and both my sisters got to wear em.
So yea, I feel ya boo.

-bolissa-

tia putri said...

aku pernah beli di salestock, beberapa kali gak kebeneran. dan pengirimannya luama! yang cocok cuma coat bahan kerut2 kulit kodok *au ah elap namanya apa*. maap nimbrung mba prita :)

Annisa Rismitanti said...

Aku pernah 'ketipu' nih, beli celana di sis IG. Tulisannya sih fit to XL dan dari fotonya keliatan gede, plus pinggangnya karet. Belilah aku, karena emang ukuran celana/rok aku masuknya XL di merk lain. Welahdalah, pas sampe rumah dan dicoba, nyangkut di paha gak bisa naik lagi. Karet pinggangnya juga gamau melar :')))))

Unknown said...

samaa banget mbak lei, malahan sering banget gegara saking pengennya aku paksain beli terus dikecilin di tukang jahit, kalo cuma motong motong sih hasilnya kebanyakan masih rapi tapi kalo udah ubah ukuran total sering hasilnya malah gak rapi jahitannya.. :(

ichigo said...

Toosss dulu, berhubung tinggi mini ga ada 150cm bye bye belanja di OL shop yg ada sering kedodoran or klo beli celana kepanjangannya ga kira2, yg ada jadi dobel cost buat permak deh..

Fitrinoer said...

Mbak lei, kalo aku jarang beli baju all size gitu karena jatuhnya cingkrang (tingginya nanggung gitu) haduh bahasanya apa ya,karena tinggi ku 176 dan pasti kalo cari baju lengannya kependekkan lah, tinggi baju nya gak nutup pinggang lah dll. Solusinya adalah cari foto model baju, pergi ke pasar kain bawa ke kang jahit. Jadideh :))

Anonymous said...

All size yang gak "all" sama sekali. huh. Aku termasuk bodi gede (gak mau ngaku kalo gendat, hahaha), makanya kalo cari baju onlensop musti wajib cari onlensop yang mencantumkan ukuran lingkar dada. Kalo cuma berbekal info "all size fit to L or XL" aku tak percayaaaaa... Ya kalo baju kegedean bisa dikecilin. Kalo baju kekecilan? Dikasih ke orang lain deh *manyun*

Elkilani Kurnia said...

Kalo urusan dalaman aku takut beli di online shop ... jadi beli di toko langsung aja karena bisa liat barangnya

Unknown said...

Coba ke giyomi.id mbak lei :)

Anonymous said...

kayaknya berrybenka deh kak lei, sebagian product sizing, sebagian all size. tapi lengkap banget desc nya dr lingkar dada lingkar pinggang panjang bahu panjang lengan gitu2 hahahaha

Post a Comment