Sep 1, 2013

Party Like It's 1986 - Malam Bainai

  

Nggilani tenan, deh.

Sepuluh hari terakhir ini, iPhone saya rusak. Rusaknya udah bukan sekedar hang-hang imut lagi, tapi mati total! Jadi selama seminggu terakhir, doi terpaksa dirawat inap di tukang servis. Kayaknya kerusakannya cukup berat, karena diutak-atiknya sampe seminggu (padahal udah saya telponin teror saban hari!) dan biaya servisnya mahaaaal.

Alhasil, selama sepuluh hari terakhir, saya “gadget detox”, soalnya nggak punya smartphone lain, mak. Pengganti iPhone saya hanyalah seonggok Nokia jadul. Cakeeeuuup... Jadilah nggak bisa whassapan, twitteran, instagraman, pathan, plantvszombie-an, cancycrush-an, dan foto-fotoan. Hidupku garing sekali.

Padahal, ya, weekend kemaren ada hajatan akbar, yaitu pesta pernikahan seorang sepupu tersayang. Gilerrr… Gimana caranya mau upload 638,012 foto pamer di socmed, nih? Ciong banget timing rusaknya si iPhone.

Anyways, iPhone or no iPhone, tentunya saya nggak mau ketinggalan mengabadikan momen tersebut. Terpaksa nyeret DSLR segede-gede dosa selama acara. Untung ada lensa fix yang rada kecil. Kalo pake lensa yang atu lagi… wassalam.

Taukah Anda, saya nggak punya kamera poket? Jadi pilihannya selalu hanya iPhone atau DSLR. Taun lalu lebih parah lagi. Karena belum punya iPhone, pilihannya cuma DSLR. Encok, deh.

But in the end, nggak nyesel juga sih. Motretin kawinan, tuh, selalu menyenangkan buat saya. Emosional dan meriah! I love crawling between other guest’s feet in my kain to get a good shot of that ijab qabul. Bahkan, kalo suatu hari nanti saya udah jago, saya mau banget ikutan tim fotografer kawinan. Mas Edward, semoga baca ya :D 

So here are some of the photos. Enjoy!

PS. iPhone saya hari ini udah beres. Yay! To do next—beli casing baja anti banting, anti gores, anti air, anti peluru, dan anti toddler.

Prologue

Sang Penganten Wanita adalah Ade, sepupuku tersayang sekaligus putri bontot Bapak Ucu. Sang Penganten Pria adalah Marah, putra bontot Ibu Jajang (C. Noor).

Bugis-Minang ketemu Minang... Yah, udah pasti pesta ini murni dipegang orang sebrang. Nggak ada sentuhan Pulau Jawanya acan! Serba merah, serba emas, serba meriah, serba berisik, serba seru. Karena kalo kata Pedhe, Sumatrans (and Sulawesis) party like it’s 1986. Embeeerrr.

Pengajian & Siraman

Karena Raya sakit, saya nggak hadir di acara pengajian dan siramannya Ade. Padahal katanya seru, dan kostum-kostumnya Ade baguuuus sekali, terutama baju bodo-nya. Quite avant garde-ish. Saya colong foto-foto dari Instagram aja, ya.


 


 


Malam Bainai

Sesuai tradisi Minang, pada malam sebelum akad nikah, Ade harus menjalani Malam Bainai. Pada Malam Bainai ini, sang CPW menjalani sejumlah ritual, termasuk memakai pacar / inai / henna di kesepuluh jari tangannya. Masing-masing dipakaikan oleh 10 orang penting dalam hidup sang CPW (sesepuh, ortu, sahabat, dll).

Kira-kira gitu 'kali ya? Selanjutnya mohon di Google sendiri, karena gue bukan orang Minang... Maaf, lho, hihihi...


Kece sekali, ya? 

Ngomong-ngomong, saya perhatikan, kayaknya warna merah, tuh, lagi ngetren ya untuk acara-acara pra-akad? (Midodareni, Malam Bainai, dll). Saya sendiri pake baju merah sewaktu Mapacci dulu, dan Ayu juga demikian saat do'i Midodareni. Nggak salah juga, sih. Sebelum berkemayu-ria pake putih-putih saat akad nikah, boleh dong tampil panas bak cabe ulek? 
Red is very attractive, anyways. Love love love.


Mr. Angry juga hadir, walau cukup lewat foto :D




Ta-da!






The bride-to-be is ready to roll!





  


Vebeles cousins are vebeles, ya udah lah ya, it's in the blood :)))






Siap di-inai? Siap!












Say cheese!


...tapi cheese kemana? Kameranya segini banyak! 
(btw, udah taun 2013 gini, MASIH ADA AJA ada orang motret pake iPad, hiiiih...)

  


Kalo mendadak ada diskusi dengan muka-muka serius gini, di tengah keriaan hajatan keluarga, 
sudah dipastikan lagi bahas politik. 2014 semakin dekat, jo...



Bagi yang dulu ngikutin wedding blog saya, inget tradisi gambusan di keluarga Kalla, nggak? 

Pada malam sebelum akad nikah, keluarga kami pasti - PASTI - bikin acara gambusan. Gambus sendiri adalah musik khas Timur Tengah yang seru banget dibawa jogedan. Di malam gambusan, kami semua pasti turun melantai. Semacam dangdutan Arab, tapi lebih sopan dikit, lah. Kebiasaan ini dimulai oleh kakek Hj Kalla, yang emang seneng dengan segala tradisi Arab.

Dari seluruh rangkaian acara pernikahan, gambusan adalah acara yang paaaling saya tunggu-tunggu. Jujur, lebih saya daripada akad nikah atau resepsinya. Sekarang sih kita-kita (saya dan para sepupu) udah pada lebih jaim, ya. Malu sama anak + suami + mertua, bok. Tapi pas jaman SMA / kuliah, kami bisa jogedan sampe jam 12 malemmm... Hajar, mamitaaa... Bener-bener sampe banjir keringet.














Para penonton yang terlalu terhibur :D






Goyang pake suntiang 5-7 tingkat gini tuh tantangan Fear Factor banget nggak, siiih? 
Tapi demi gengsi dan kesenangan yaaa :)))

Ade's Pengajian Dress: Didiet Maulana
Ade's Malam Bainai Traditional Outfit: Elly Kasim
Leija's Outfit: Merras. Baju ngaras kawinan sendokir, mak.
Leija's Makeup & Hijab: Mbak Susan

Next: Akad Nikah

14 comments:

Anonymous said...

Uwooo kemarin sempat naksir kebaya pengajian yang di posting di account instagram salah satu desainer kebaya ternama ibukotaa.
Btw, foto2nya bagus. Tapi yang paling juara adalah ekspresi muka tamu yang persis di belakang orang motret pake iPad :D

wawagunk said...

Huaaaaaaaaaaaaaaaaaa aku menunggu² banget postingan ini. Hahahhahahahaha, pantesan IGnya tumben ga ada poto kawinan nih.


Btw, itu aiponnya kenapa mbak? trus biaya servis berapa yak? *salah fokus* aipon ane kecebur dan juga lagi dibenerin, ini udah seminggu dan deg²an berapa biaya servisnya inih *loh kok curhat*

dinda said...

my!!! looks so much fun! you guys really know how to party yaaa :D

Shanti said...

huaaaaa..
waktu itu aku ikut bapakku ke resepsinya berharap liat kak lei secara live tapi ga liat huhuhu

keluarganya seru banget ya..
dan bener banget, pestanya RUAME (as in berisik ya haha), jauuuuuh dari pestanya orang Jawa hahaha

JJ said...

i said this once, yet i will say it again : love your shooting angle.
untung iphone rusak ya.. jadi DSLR cespleng *lalu dikeplak

instagram walking, nemu punya mbak ade *ikrib. Subhanallah. Bagus banget nget nget. Beberapa "pemain latar belakang" sama dengan kewongan loe ya, la. Bang Edo, Mas Adi.

Itu baju ngaras zaman perawan masih fit you perfectly. Hebaaaat. *ngunyah nasi padang rendang

More! More!
PS. Baju siramannya boleh diminta gaa. Naksir beraaaat

icavin.etc said...

suka deh sama keluarga mbak Lei. tradisi adat-istiadatnya gak ada yg di ilangin..proud to be Indonesian!

hebriing!!!

prin_theth said...

Anditry: IG-nya Didiet bukan? Yang dibelakang itu tantekuu hahaha, mukanya jenaka ya, arep-arep cemas :D

Wawagunk: Hahahaha, kamu sampe komen di IG-nya Ade yaaa? iPhone ku duluuu sempet kebanting, trus sejak itu sering hang dan shut down, tapi nggak parah sih. Trus suatu hari, mati total mendadak! Biaya kerusakannya (literally) 700 ribuuu T___T

Dinda: Hahaha, we dooo! Dulu sih lebih parah lagiii :)))

Shanti: Hihihi, maaf ya keberisikan, pasti susah ngobrol!

Iyut: IYUT PALING BISA DEH KALO MUJI! Sini, sun dulu! *sun*

Soal baju ngaras.... HAHAHAHA itu dirombak total maaakkk! Digedein maksimal sampe penjaitnya bilang, "Ini digedeinnya udah paling pol ya Bu, saya nggak bisa gedein lagi" Zzzz

Ica: Makasih Icaaa! Indonesian Tanah Air Beta pokoknya!

Bowo said...

Fix-nya 50mm ya? 1.8?

prin_theth said...

Bowo: Gue gak punya lensa sejuta umat, wo. Punya gue 35mm 2.0

Nina said...

Salam buat Tira yes.. Diriku juniornya waktu jadi MT-MTan di bank empat huruf.. hihihi..

Bowo said...

Eh iya maksud gw itu, 35... Tapi 2.0? DOF-nya kayak 1.8. Nice pics, btw.

Anonymous said...

Iya Lei di IGnya Didiet. Udah napsiir itu sama baju pengajian, eh pas liat kebaya siraman di blogmu, ternyata lebih bikin ngiler lagiiih. Itu IKAT Ind juga kah?
Oalaa tantemu ya, iya nampak cemas memandang hasil poto iPad nyah. hahaha *sungkem tante*

wawagunk said...

hihihihi iyah ngepens sama bapake, mbak adenya juga ramah yah.

Anjriitt mahal aja yah 700ribu, gimana nasib yang kecebur ini *makin deg²an*

prin_theth said...

Andina: BANK MEGA!!! Hahahaha, sebut sekaliaaan... Dulu aku juga di Trans Corp beberapa taun, jangan-jangan kita suka papasan ya? :)

Bowo: Makasii, ewoook :D

Anditry: Aku kurang apal deh, yang dari Didiet yang mana aja. Yang pasti si baju kuning. Sisanya lupa! Hehehe. Kayaknya sih bukan Didiet...

Wawagunk: perampokan banget nggak sih harganya, huhuhu

Post a Comment