Apr 1, 2013

It’s Bikin Kram Time!


Postingan ini merespon Dara yang udah nulis duluan. Jangan kapok ya, maak :-*

Seperti yang pernah dijanjikan, kalo saya sukses melewati minimal satu sesi Mengintip Neraka a.k.a. Bikram Yoga, akan saya tulis disini. Maka, bismillahirrohmanirrohim…

***
Pagi itu, saya datang agak terlambat, sampe-sampe naik tangga studionya agak heboh—ngelongkap satu anak tangga di tiap langkah. Panik dan gedebukan tidak anggun. Abisnya, saya udah mewanti-wanti diri sendiri: jangan sampe telat di hari pertama. Ntar udah paling lemes, paling blo’on pula. Lha, kok sekarang malah telat…

Sampai lobby studio, saya disambut oleh bau yang, hmmm, khas Ubud. Cihiiiy..! Campuran antara bau sajen, dupa, dan sawah. Tengok kanan-kiri, oooh rupanya ada bunga sedap malam di pojok-pojok ruangan, ditambah dengan sentuhan aromaterapi disana-sini. Nice little touches. I liiike. Mengurangi kesenewenan atas fakta bahwa saya bentar lagi mungkin bakal mati di atas mat… Hmmm, ya ya ya.

Di meja resepsionis, saya isi-isi formulir pendaftaran yang sangat nggak membantu dalam mengurangi kesenewanan. Masa yaaa, di lembar formulir, mereka nulis peringatan bahwa KEMUNGKINAN BESAR saya akan mengalami satu atau lebih gejala berikut: pusing, sakit kepala, mual, fatigue, dan/atau pingin pingsan. Makasih, lho!

Setelah isi-isi formulir dan bayar-bayaran, saya baru sadar bahwa sebenernya saya nggak telat-telat amat. Masih ada waktu untuk nongkri-nongkri di lobby studio. Ah, sip.

Saya suka deh sama studio ini, berhubung atmosfernya yoga bangeeet… adeeem... (duileee). Selain baunya yang khas ‘Ubud’ tadi, pernak-perniknya juga mendukung sekali, deh. Mulai dari tulisan-tulisan Sanskrit, lampion, sampe bendera Nepal, semua dipajang di penjuru studio. Pokoknya ribet, jauh dari desain minimalis dan ‘dingin’ ala fitness center. Mungkin diharapkan bisa menularkan aura Zen ke para pengunjung yaaa, aamiin.



Para staff dan yogi di studio ini pun berhawa ‘damai’ dan tau etiket. Mbak-mbak resepsionis disiplin menyapa dengan ucapan ‘Namaste’, dan para yogi saling tegur ramah dengan damai #apaseh. Kelapa muda segar (fresh from the batok, lho!) pun tersedia disini, karena sebaik-baiknya minuman pengganti keringat adalah elektrolit dari air kelapa. Perhatian banget ya?



Oya, studio ini juga menjual 1001 printilan yoga. Oww, mentang-mentang yoga tuh cuma ngelipet-lipet badan, emang nggak boleh punya gears, gituh? Tinteus, maaak. Di era kapitalisme penuh komersialisasi ini, olahraga apapun pasti ada gear-nya, termasuk Bikram Yoga. Cerita-cerita soal gears ini nanti aja yaaa…

Anyways, setelah beberapa menit saya bengang-bengong di lobby studio, tiba-tiba ada suara gong berbunyi. GONG LHO, MAK. Dan ternyata itu adalah penanda bahwa kelas akan dimulai. Duh, gusti. Mungkin gini ya rasanya denger terompet sangkakala…

Sebelum lanjut cerita, mari simak Bikram’s Fun Facts dulu, yuk. Biar sepemahaman, gitu…
  • Bikram Yoga dilakukan selama 90 menit, di ruangan yang panasnya antara 38-43 derajat Celcius. Suhu ini wajib, nggak ada tawar-menawar. 
  • Gerakan Bikram Yoga meliputi 26 postur yang nggak akan berubah sampe akhir jaman. Bagi yang suka ikut yoga tipe lain, pasti tau ‘kan, suka ada variasi gerakan di tiap sesi. Nah, dalam Bikram Yoga, gerakannya gini-gini melulu. Nggak akan berubah. Jadi setelah ikut beberapa sesi, niscaya bakal apal, deh!
 

  • Setiap postur diulang dua kali. Jadi 26 postur x 2, total ada 52 set gerakan dalam satu sesi Bikram Yoga. Pakem!
  • Instruktur Bikram Yoga nggak pernah memeragakan postur sepanjang kelas. Instead, dia cuma akan ngemeng kasih instruksi selama 90 menit penuh, dengan kebawelan dan kekuatan suara ngalah-ngalahin komentator bola.  “Lift your hands above your heads, stretch to the right until you feel pain sensation all over your left side, stretch, stretch, streeeetch!!!” Jauh deh, dari kesan guru yoga yang damai dan surgawi. Bikram instructors are basically drill sergeants minus the pentungan dan periwitan. Die.
  • Dengan demikian, bagi yang udah jago, wajib berdiri di deretan depan kelas. Bagi yang masih pemula, wajib ambil posisi di belakang, untuk nyontek gerakan yang udah jago.
  • Pusing? Mau muntah? Mau bunuh diri? Wajar sekaliii... Bikram Yoga ini intens dan cukup ekstrem kok. Kalo nggak kuat, boleh duduk di atas mat sampe energi terkumpul kembali. Tapi satu hal yang harus diingat: DO NOT LEAVE THE ROOM. Kalo kata Dara, mau nggak mau, kita harus berdamai sama panasnya.
  • Teori di balik ‘nggak boleh keluar ruangan’ ini beragam. Ada yang bilang, nanti badan kita syok dengan perubahan suhu yang drastis, dari panas banget langsung ke AC. Ada juga yang bilang, kalo ada yang keluar ruangan, akan memberi pengaruh psikologis buruk buat yang lain. Misalnya, disaat kita udah mau gila kepanasan, tiba-tiba si A ngeloyor keluar. Pasti kita membatin, “Yaaah... si A kok enak banget keluar? Gue juga jadi pengen keluar. Aduh, keluar aja apa ya?” Konsentrasi pun buyar. Ibaratnya, lagi puasa trus liat orang makan esgrim depan idung. Buyar ‘kan? Jadi mendingan saling solider aja deh, tersiksa sama-sama. Oke? *ngomong sendiri*
Anyway, setelah gong sangkakala tadi berbunyi, saya melangkah gontai masuk ke studio panas. Pikiran pertama saya, “Oh, it’s not so bad.” Soalnya panas sih panas, tapi nggak mencekat tenggorokan banget. How hard can it be then, right?

Wrong. Ternyata berlaku juga teori pegang gelas. Jadi, kalo kita disuruh megang segelas air, rasanya ringan-ringan aja ‘kan. Tapi coba disuruh bertahan sejam. Coplok juga tangan.

Naaah, apalagi yoga di ruangan 38-43 derajat Celcius yaaa. Walaupun awalnya nggak merasa terlalu ‘mendidih’, 15 menit kemudian langsung berasa dijemput Malaikat Maut.

Di postur pertama, saya masih santai. Postur ketiga, masih aman. Postur kelima, mulai kunang-kunang. Postur keenam, jantung mbledug. Postur ketujuh, resmi pengen muntah. Postur kedelapan sampe kelimabelas, DUDUK PUCET AJA DONG! Muka udah awur-awuran maksimal. Postur kesekian (auk berapa), saya tersungkur dalam posisi bersujud diatas mat. Gusti Ya Allah, kalau ini memang jalanku, aku rela… Innalilla—

Idiiih, amit-amiiit.

Tapi ya gitu, deh. Di tengah kelas, saya merasakan gelombang pusing dan mual yang hebat. Kepala berdentum, mata berkunang-kunang—beneran ngeliat pola-pola warna kuning aneh gitu—dan pandangan jadi kabur. Ternyata ancaman itu nyata ya, sodara-sodara, bukan sekedar kiasan. Kirain yang begini-begini cuma nakut-nakutin doang, ternyata kejadian di saya. Cuih!

Namun dengan semangat atlet Olimpiade, saya bangkit di postur ke-20. Ha! Knock me down and I’ll come straight back again! Perlahan tapi pasti, saya ikuti semua postur sampe kelas usai.


Sembilan puluh menit berlalu. Ketika instruktur sudah undur diri dan kelas resmi selesai, segala kekecean di diri ini luntur total. Muka busuk, baju kuyup sampe bisa diperes. Saya pun cuma bisa memandang nanar ke langit-langit, nggak bisa move on dari savasana. Olahraga kok gini-gini amat, Gustiii... Ampun, Bikram Choudhury, ampuuun...

 Mateng ya boook, jadi popkron...

Pada akhirnya, walaupun sempet mau pingsan dan gagal hanyut dalam Zen (yang ada malah terus-terusan monolog nyampah dalam hati, “Aduh ini gerakan setan banget, setaaan!” “Kenapa sih gue mau aja kesini, kenapakenapakenapa!!!” “Laahawlawalaaquwwataillaabillaa…” dst.), saya sukses menyelesaikan kelas Bikram Yoga pertama saya. Kelar! Finish! Halas! Yes!

Dan tepat seperti yang didengungkan oleh para dedengkot Bikram, udahannya berasa segeeeer banget. Ya udah disiram air keringet segalon gini, keterlaluan sik kalo nggak seger!

Nggak nyangka deh, yoga yang identik dengan olahraga menye-menye, bisa bikin segini teparnya (dan segernya). Kardionya gila-gilaan, karena jantung nggak berhenti berdegup kencang akibat postur yang dipadu hawa neraka. Efek detoksnya juga langsung saya rasakan selama 24 jam kedepan—pusing, pegal, dan luar biasa ngantuk sampe doyong-doyong sendiri di rumah. Bukan main.

Tapi Alhamdulillah, nggak kapok dooong. Malah langsung ambil paket. Mumpung masih (rada) muda, senengnya emang yang nantang-nantang maut yaaa…

Eh, tapi bener, lho. Kalo udah melewati sesi pertama, sesi kedua, ketiga, dan selanjutnya terasa lebih gampang. Yang tadinya bisa skip banyak postur, setelah beberapa sesi, cukup skip dua postur aja deeh... Malah, setelah empat sesi, saya kuat nggak skip postur sama sekali. Hajar semua! Meski bentuk posturnya masih berantakan dan letoy kayak benang kasur.

Alon-alon asal kelakon aja lah, pokoknya tau-tau udah bisa handstand dibawah heater aja, yekaaan? Aamiiin.

 Janji lho yaaa...

Yuk, Bikram Yoga! Namaste!

Selengkapnya mengenai Bikram Yoga dan persiapannya.

20 comments:

  1. wuii ngebayanginnya aja rasanya gua udah mau pingsan. :P

    paling gak bias kalo di dalem ruangan tertutup apalagi panas gitu. bias sesek napas gua. hahaha.

    ReplyDelete
  2. Awalnya aku deg-degan.. lalu ikut mual pas liat pose-posenya... apa ituuuu apa ituuuuu. Ya allah... ampyun daaaaa

    ReplyDelete
  3. pernah coba bikram sekali. trus kapok. sumfaaaah, mending lari 5km deh hihih

    ReplyDelete
  4. NAMASTEEEEEE!!!
    Bener kata Dara, ini olahraga memang kelangkaan arti--maksud hati olahraga utk kaum kismin, eh sampe kota jadi milik kaum borjuase.
    Tapi memang nikmat sih (kecuali bayarnya ya), yoga pertama gue langsung bikram. Gangsta abis gak siiits..
    Besok2 ajak doong kika mawar ikutan lagii..

    ReplyDelete
  5. hahahha..ngakak guling2 deh bacanyaa..ini sama bgt ma pengalaman pilates pertama gw ceu..nah pilates yg gak segitu horornya aja udah bikin kembang-kempis..apalagi si Bikram ini yaaak?? *udah spanneng ngebayanginnya doaank..

    tapi udahannya bikin badan pda sakit2 gaa say??

    ReplyDelete
  6. kak... ada yang pingsan beneran gak sih? *serius nanya *soalnya pilates aja suka pengen pingsan

    terus... post foto before after doong hihihi

    ReplyDelete
  7. lg mikir kira2 lemak laki gw bisa terbakar juga ga ya kalo ikut bikram yoga ini..*masalah*

    ReplyDelete
  8. Arman: Pingsan, Man, pingsaaan! Nggak becanda deh pengepnya, bagai disuruh yoga depan kenalpot!

    Capcaibakar: Hahaha sebenernya posenya gampang lhoo, gak susah, beneran! Susahan pose yoga lain. Tapi panasnya itu lho pengen aku cekek...

    Ana: Yekaaan? :))

    Bolissa: Sisss, mbok ya jangan gangsta-gangsta amat dong sisss... Udah muay thai, kok bikram juga sih! Ngeri kamu!

    Biasalah, orang kota. Yoga dan kultur makan sayuran mentah aja dibikin elit. Padahal kalo ke Delhi mah begituan pan hidup sehari-harinya gembel yaaa... Termasuk Bikram Yoga ini nih! Senep deh emang bayarnya...

    Ayo bareng dong sisss. Tapi gue yoganya pas jam kantor sihh. Jej sebagai besnes women metropolitan syulit nih kayaknya...

    Anggie: SAKIIIIT, sesakit abis diputusin cinta pertama! Hihihi. Efek Bikram ke orang sih bisa beragam yaaa, tapi kalo di gue, setelah dua sesi pertama, sakit banget di daerah pundak dan leher.

    Tapi yang paling nyiksa dari semuanya ya itu, bertahan 90 minit di torture chamber... maaakkk...

    Anon: Pingsan? ADAAAA! Hihihi horor ya. Tapi kejadiannya di luar negri sih. Pingsan karena heatstroke gitu, sampe masuk UGD. Sempet terjadi beberapa kali kok. Tapi kalo di studioku, kayaknya gak pernah kejadian deh...

    Tapi pingsan bisa diantisipasi kok. Kalo udah ngerasa keringet dingin, berkunang2 dan mulut pait, duduk dulu ajaaa... Kalo bener2 mau muntah, boleh kok keluar ruangan. Daripada si instruktur kudu ngepel muntah anak orang, ya paaan? :))

    Before after apa niii..? Maksudnya pengen ngeliat muka aku abis disiksa, apa gimanah??

    Muti: Hahahaha, sebenernya bisa banget lho... Pada dasarnya, yoga 'kan bukan untuk weight loss yah. Tapi Bikram Yoga adalah yoga yg paling josss buat weight loss. Suruh giiih... *duta Bikram Indonesia hihi*

    ReplyDelete
  9. Eh temen gue buka Bikram Yoga Kuningan yang di Epicentrum. Gue liat dia cinta buanget2 sama Bikram, sampe belajar di Acapulco dan akhirnya buka sendiri di Jkt. Udah pernah coba yang di Kuningan La? Gue liat banyak riang ria dan gatheringnya gitu loh! Instructorsnya jg banyak foreigners nampaknya.

    Tapi mules beneran bayanginnya. Apalagi keringetan, sumpek, matilah awak yg napas biasa aja suka engap.

    ReplyDelete
  10. Leony: Iya Leee... Sering denger tempat bikram yang di Epicentrum itu. Tapi temen-temen gue kebanyakan lebih cocok sama studio Yoga42 ini, jadi gue disini dulu deh (dan lebih deket rumah sih hihi). Kapan-kapan gue coba yang di Epicentrum yaa...

    Soal instructors, nggak tau kenapa, kayaknya emang pasti foreigners deh! Mungkin karena sertifikasinya susah ya? Mereka khusus didatangkan gitu, dan ngajarnya berkala. Di studio gue, instruktornya ada yang dari US, Afrika, KorSel, HK, dll. Kayak di Istana Boneka yah hihihi.

    Tapi kalo udah nyoba dan nemu 'nikmat'nya, nagih banget lho Le!

    ReplyDelete
  11. Iya... post foto dirimu right before and after doing bikram yoga.
    Kenapa emang? ya kepo aja sih kak... hihihi...

    ReplyDelete
  12. Kenapa ya, sejak dahulu kala, per-yoga-an di jakarta ini banyaknya di sekitar kemang.. jauh dari daerah jajahan gue T__T

    Sempetin ah kapan2, makasih racunnya kakaaaak

    ga cobain muay thai Lei? sama2 bikin pengen nyekek juga kok awalnya, 2 jam cardio, break paling 30sec ajah, dieeee... :))

    ReplyDelete
  13. Gw bacanya sampe nahan napas Lei, tegang,,,haha. Plus kipas-kipas karena berasa gerahnya :D

    Semangat ya Lei, tadi gw liat di twitter lo udah sesi ke 3 *prok prok prok*, ntar share lagi ya efeknya gimana setelah sering ikutan bikram ini.

    Gw percaya banget rasanya sadis, soalnya ada beberapa temen gw yang ikutan juga komennya sama "MO MATI GUEEEE RASANYA" hahaha.

    ReplyDelete
  14. Anon: Ih malu ah :)))

    Nyun: Eeeeh, enggaaak! Bikram Yoga ada di Kemang, Senayan, BSD dan Kuningan. Kalo studio yoga biasa mah lebih banyak lagi, ada dimana-manaaa...

    Mauuu... penasaran banget nyoba muay thai, tapi rencananya nanti, kalo udah bosen sama zumba / bikram. Buat selingan, gitu. Tapi ntar sih, soalnya udah bayar paket zumba dan bikram sih hihihi

    Meta: Emang mau matiiii! Kayaknya Bikram ini bisa dipake buat nyiksa tahanan deh, Met. Cobain deh, studio gue ini udah buka cabang di Teraskota lhooo... sekaliii aja Met *duta Bikram Indonesia hihi*

    Alhamdulillah hari ini gue sesi ke-6, Met. And it DOES get better ;) Watermelon!

    ReplyDelete
  15. Hah? Teraskota? *bot BSD muncul*
    Kebetulan lagi cari2 olahraga yg bisa dikerjain selama pulkam nanti. Pengennya sih Zumba, tp google zumba studio di BSD kok gak nemu.

    Tertarik juga sama Yoga, tapi masih takut sama Bikram nih, Lei. Yoga42 ini selain Bikram ada lainnya juga gak? Kalo misalnya gak ada, kira2 Bikram Yoga ini cocok gak buat pemula yg belum pernah yoga sama sekali seumur hidupnya?

    ReplyDelete
  16. Rika: Hihihi... Iyaaa Teraskotaaa, hihi buka aja websitenya atau Facebook Bikram Yoga Serpong.

    Di cabang Kemang dan Senayan, Yoga42 sih selalu ada kelas yoga lain selain Bikram. Serpong ada juga kayaknya deh...

    Kalo mau langsung ikut Bikram, menurut gue, yogi pemula atau advance bakal sama aja (sama-sama mati, maksudnya). Soalnya, gerakan2 Bikram Yoga ini sebenernya gampang kok. Asli, ini cuma basic Hatha. Kalo dibanding yoga standar lain, gerakannya malah susahan yoga lain. Yang menjadi tantangan di Bikram cuma ngadepin panasnya.

    Contoh ya, kmrn ada bule yang pertama kali Bikram, tapi udah bertaun-taun yoga lain. Udah jago lah, bisa headstand, lentur, dst dll. Di kelas pertamanyam, doi sakratul maut juga tuh. Nggak beda sama beginner. Jadi menurut gue, Bikram nggak akan ngaruh, apakah lo pemula atau bukan. Makin takut gak? Hihihi...

    ReplyDelete
  17. Kayaknya kalo gue ikutan, sepanjang jalan kenangan gue akan pose savasana aja, gamau yang lain.

    I applaud your endurance *prokprokprok* Emang yang penting itu nawaitu yaa.

    ReplyDelete
  18. aku pernah bikram yoga mbak Lei. waktu itu yg di arcadia. enaaaak! rasanya keluar ruangan langsung mnedadak kurus..hahahaaa

    coba deh skali2 yoga-an pas di bawah heaternya. maknyoos!!

    ReplyDelete
  19. Ped: Hahahaha padahal savasana aja berasa kecekek, saking pengapnya si ruang terkutuk. Aaah after awhile it gets easier kok. Gue malah pernah nemu anak umur 13 taun dan nenek2 Bikram! Syieett...

    Ica: Iyaaa, aku pernah dibawah heater. Mateng yaaa jadi bakpao, dikukus 90 menit hihi.

    Arcadia tempatnya enak yaaa, lebih luas. Tapi hawanya gak bisa sepanas / sepengap Kemang deh, karena sirkulasi udaranya lbh bagus... Eh, lbh enak dong ya?

    ReplyDelete
  20. Pernah nyoba bikram di incubare kemang beberapa tahun lalu, setelah mengalami blackout selama semenit, akhirnya kapok, langsung keluar kelas menghirup udara segar.
    Aseli berasa kaya kerja rodi didalam ruang sauna.
    Katanya sengaja dipanasin ruangannya biar ga cedera otot.

    ReplyDelete