Apr 24, 2013

Bandung dan MPASI

Prologue:
Wiken kemaren kami dadakan ke Bandung, karena ada hajatan sodara yang juga dadakan. Kami disini adalah Papa T (nggak pake Bob), Ibu Lei, Anak Raya, dan seorang ponakan (yang Alhamdulillah udah) remaja (sehingga bisa dikaryakan gendong Raya).

Nggak ada suster T___T

Yang paling bikin pusing pra-keberangkatan adalah urusan MPASI homemade.

Nyuapin Raya aja udah suatu tantangan tersendiri, lah ini ditambah nyiapin makanannya. Selama MPASI, Raya emang belom pernah nginep di luar rumah, kecuali ke Ancol waktu itu sekali. Itu pun dateng sore, pulang pagi, dan ada suster. Terlau gampang lah itu #angkuh :D

Sebelum berangkat ke Bandung ini, saya baca-baca dulu soal MPASI saat traveling, dan akhirnya menyiapkan satu coolbox berisi bahan makanan siap makan (pisang, alpukat, kentang dan brokoli yang udah direbus di rumah, yogurt, puree Heinz, susu cair, Weetabix) dan bahan makanan yang perlu dimasak dulu (kentang, brokoli, ubi, wortel, strawberry dan blueberry meski sebenernya ini juga bisa hap langsung). Tak ketinggalan sedikit garnish, yaitu keju, mentega, dan garlic powder.

Dari bahan-bahan ini, Insya Allah akan tercipta 7 menu MPASI yang berbeda, cukup buat 2 hari di Bandung. Maklum, bukan penganut aliran membekukan makanan bayi. Duileee, somseeee :)))

Untuk utensils-nya, saya bawa mangkok bayi, sendok bayi, gelas bayi, disposable bib, Wean Machine, Bumbo, serta steamer-blender andalan, untuk mengukus yang mentah-mentah.

Anyway…

Sabtu – Day 1

Pagi:
Berangkat dari rumah jam 8-an, Anak Raya dalam keadaan belom mandi, belom makan.

Di sekitar KM30, kami dihadang kemacetan ruar biasa di tol. Buka-buka hengfon, ada info bahwa Bina Nusantara lagi bikin family gathering ke Trans Studio Bandung, dan menumpahkan 3600 manusianya ke Bandung. Hatiku langsung esmosih... Binusian ‘kan makmur-makmur yaaa, mbok ya pikniknya ke Eropa atau ke bulan lah gituuu. Kesian dong kami-kami ini yang cuma mampu ke Bandung.

Hufffttt… Apakah tragedi perjalanan 6 jam akan berulang kembali? Asli, saya lemes selemesnya.

Tapi sebelum sempet nangis karena takut terjebak macet 6 jam kayak dulu, saya keburu inget bahwa Raya belom makan. Akhirnya si anak dicopot dari carseat, trus Ibu ambil Bumbo dari bagasi. Taro Bumbo di lantai mobil, dudukin Raya, dan HAP! Suapin pisang.

Ini kalo sampe ketauan Mamayeah, saya pasti digiles tank. Gile bener nyuapin anak di Bumbo, di dalem mobil! But in my defense, ini dilakukan saat mobil diam terjebak macet kok, sumpah!

Eee ternyata, macetnya cuma gara-gara ada truk mogok. Setelah melewati si truk malang, perjalanan selanjutnya pun lantjar. Ffiiiuh.

Tantangan berikutnya—Raya e’ek. GAMPIL! Untung saya biasa ganti pempes di dalam mobil bergerak *Mamayeah kembali datang naik tank*

Cobaan selanjutnya—Mamah nelp dari Jakarta dan teriak, “Kakaaaaaakkk! Steamer blendernya Raya ketinggalan di rumaaaaah…!” Ibu langsung mau bundir. Ntar masak buat Raya pake apaaaa? Korek? Huhuhu.

Sempet tercetus untuk puter balik aja ambil si steamer-blender, dan tentunya ide ini diludahin sama Papa T. Cuih! Yawes, que sera sera, whatever will be, will be. Yang penting kita nyampe Bandung dulu, deh.

Tapi Alhamdulillah, cobaan tidak datang bertubi-tubi. Meski blender ketinggalan, jalanan relatif lancar, yesss.

Siang:
Nyampe Bandung sekitar jam 11 siang, langsung check-in hotel, trus coba nyuapin Raya di kamar. ‘Kan bawa kentang sama brokoli mateng nih, kita coba itu deh. Diblendernya minta blenderin dapur hotel aja.

Sayangnya, si dapur hotel ngeblendernya pake air panas, tapi kebanyakan. Alhasil encer banget dan hambar kabeh. HIKS! Ibu berusaha menyelamatkan makanan cair-hambar ini dengan keju dan sedikit taburan garlic powder. Eeeh, kok rasanya malah makin kacau, zzzz.

Ya udah, gapapa. Bismillah, tetep suapin aja deh. Eh, ternyata lumayan lho, bisa masuk sekitar 8 suap, abis itu ditolak. Ibu mafhum, karena rasanya memang kayak air got. Lalu Ibu ngeluarin yogurt. Naaah, yang ini Raya mau sampe abis. Howeee...

Nah, karena Raya makannya udah lumayan, yuk mari kita capcus ke… Rumah Mode. Zzzz. Emangnya masih jaman ya?

Jadi begini. Walaupun penampakannya masteng, T tuh cinta banget sama FO Bandung khususnya Rumah Mode. Mungkin karena terjebak kenangan indah masa lalu, dimana dese selalu jackpot dapet barang-barang bagus dan murah di RuMod. Nah, sekarang ini ‘kan barang-barang RuMod (beserta seluruh FO di Bandung) makin jelek dan mihil. Satu-persatu, turis Jakarta makin males ke RuMod. Apalagi warga asli Bandung. Yang masih kejebak cuma turis Malaysia dan Cina aja. DAN SUAMIKU. 

Padahal udah berkali-kali dibilangin, “Nggak usah ke RuMod deeeh… Barang-barangnya udah kurang OK, mahal, mana pinuh dan pabaliyeut…” Tapi suamiku keukeuh, lho. Kalo ke Bandung, kudu ke FO, utamanya RuMod.

Maka siang itu, berangkatlah kami kesana. Sampe pintu, saya, ponakan, dan T (sambil meng-Ergo Raya yang lagi bobok) langsung nyebar. Deeeu, si Ibu katanya males, tapi tetep napsu bebelian :)))

Sekitar jam 3, kami berkumpul kembali di kasir. Alhamdulillah, si Ibu dapet banyak, ponakan dapet beberapa, sementara si suami cuma dapet… satu. Yang napsu belanja siapa, yang dapet paling banyak siapa :))) Memang hidup ini ironis.

Kelar belanja, kami late lunch di Bumbu Desa yang masih sekompleks sama RuMod.

Sore:
Dari RuMod, kami balik ke hotel. Badan rasanya remuk redam, maka Papa T langsung molor. Saya? Mana bisa! Anak Raya tadi ‘kan makannya dikiiiit, jadi kudu disuapin lagi deh ihik, ihik *injek T yang lagi mendengkur nikmat*

Kali ini, saya coba nyuapin Raya Weetabix sebiji, campur susu cair dan sedikit yogurt. Awalnya hap-hap-hap, lama-lama cuih-cuih-cuih. Tapi setelah dihibur-hibur sedikit sama ponakan tersayang, hamdalah abis seporsi.

Menjelang Malam:
Setelah Maghrib, T ngajak jalan lagi ke… yak, FO lagi! Kesurupan siapa sih kamu, misua?! Ya udah deh, gapapa. Kali ini, saya berinisiatif mengusulkan ke sebuah FO bernama EST di Jl Sumatra, yang katanya bagus. FO ini relatif baru dibandingkan Heritage, Secret, dan sebagainya, jadi sekalian jajal deh.

EST ini agak mbingungin konsepnya. Di bagian depan, rak-rak dipenuhi oleh baju-baju high-brand secondhand. Bayangin lho, ada Marni, Chanel, Missoni, YSL, dan sebagainya, dan saya rasa bukan palsuan. Hebat yah? Tapi modelnya sih Gejolak Kawula Muda alias vintage, dan keliatan agak lusuh-lusuh dikiiit khas barang secondhand. Harganya berkisar 500ribu – sejutaan. Relatif bagus-bagus kok, buat yang emang berminat.

Di bagian belakang, mulai banyak baju dan aksesoris yang lebih terjangkau, meski nggak murah-murah amat. Nggak ada yang dibawah 150ribu lah. Merknya macem-macem. Mulai dari yang familiar seperti Cotton Ink, sampe yang nggak jelas. Lumayan lucu-lucu, tapi cuma sedikit yang sepadan dengan harganya.

Selain baju, EST juga menjual aksesoris ABG, stationeries, dan berbagai pernak-pernik cecentilan.

Dengan begitu, EST ini bisa dibilang FO bukan sih? Bingung yaaa. Mungkin lebih cocok disebut Toko Sagala Aya *panggil Padhyangan Project*

Saya nggak beli apa-apa, ponakan beli notes-notes centil, dan T malah dapet rada banyak. Lumayan yaaa, membalas dendam kekesalan di RuMod, hihihi.

Malam:
Keluar dari EST, yatalaaam, udah jam setengki sepokul, mak! Anak Raya sih udah molor daritadi di Ergo, tapi ‘kan dia belom makan! Yang lebih gawat… mak bapaknya juga belom!

Akhirnya T koprol ninja ke Origin, yang terletak persis di seberang EST, demi bungkus makanan.

Menuju hotel, jalanan macet naujubile gara-gara ada Soundrenaline terkutuk di Gasibu. Nangiiiis T__T Dan akhirnya kami sampe hotel jam berapa? Jam 11 malem ajuah.

Tengah Malam:
Sampe hotel, Raya langsung cenghar karena udah bobo selama kami belanja. Maka Ibu manfaatkan kesempatan ini untuk ngasih dia puree Heinz. Hap! Habis dalam sekejap. Kecian anakku, laper yah?

Selesai nyuapin, giliran Ibu, Papa, dan ponakan yang makan perbekalan dari Origin tadi.

Abis itu, mandi! Naaah, pe-er banget dah mandiin anak bayi jam 12 malem. Di situasi ini, menurut saya mandi menjadi wajib, karena ini bocah belom mandi dari pagi. Saya lebih khawatir kalo ntar dia sakit akibat kuman yang seharian nempel. Mana abis pergi-pergi lagi ‘kaaan...

Soal mandiin Raya tengah malam, jujur saya nggak khawatir, ‘cause it has happened before dan dia baik-baik aja. ‘Kan Raya anak badak.

Yang jadi masalah adalah air anget. Setelah ngulik-ngulik keran, ditengarai ini kamar mandi kagak ada air angetnya. Cobaaaaan oh cobaaaan… Tapi si Ibu Tega akhirnya tetep mandiin Raya pake air dingin dooong. Dinginnya udah kayak es, mamiii! Nangis deh semua. Anak nangis, Ibu nangis, Papa juga nangis karena nggak tega. Raya sih nggak begitu histeris ya, cuma teriak-teriak aja, tapi badannya sampe kaku dan gemetar banget. Alhasil mandinya ngebut, yang penting udah sabunan, trus langsung dipeluk anduk dan disiram minyak telon.

Pas giliran Ibu yang mandi, lho, horeee! Ketemu cara nyalain air panasnya! Bener-bener deh, ck ck ck.

Setelah semua bersih dan kenyang, tinggal bobo deh. Waktu itu udah menunjukkan pukul 00.30 Waktu Indonesia Barat T__T

Minggu – Day 2

Pagi:
Semua bangun pagi demi bersiap-siap ke hajatan sodara, alasan utama kami ngeBandung. Tapi di tengah bersiap-siap, saya ngerasa teler luar biasa, dan minta ijin nggak ikut aja deh. Ironiiiiis, sungguh ironis. Akhirnya yang berangkat cuma T dan ponakan, mewakili keluarga.

Hokeh, sarapannya Raya apa yaaa? Tengok-tengok breakfast buffet hotel, akhirnya memutuskan untuk ngasih Raya bubur polos dan telor orak-arik polos. Semua dibejek-bejek aja, tanpa diblender atau disaring. Ya Allah, Alhamdulillah hampir abis semangkok dewasa. Yyyyes!

Ketika Ibu dan Raya kelar makan, pas Papa dan ponakan udah balik lagi. Setor muka doang ye? Nggak apa-apa, Ibu justru seneng hihihi.

Setelah semua udah beberes, kami check out sekitar jam 11.30 siang.

Siang:
RENCANANYA, siang itu kami mau ke Widely Project dulu (etdah, kagak kelar-kelar belanjanya :D) sebelum pulang ke Jakarta. Toh tokonya di Jl Riau, searah sama tol. Eeeh, pas di flyover, macetnya nggak ketulungan. Apakah ini gegera kalian, wahai Binusian? Atau Slankers Jawa Barat?! Grrrr…

Singkat kata, rencana ke Widely Project dibatalkan, dan puter balik ke Jakarta aja. Tanpa drama yang berarti, kami sampai di rumah sekitar jam 3 sore, dengan selamat sentosa. Alhamdulillah.

THE END

Epilogue:
Mamah saya aslinya orang Bandung, dan T juga sempet tinggal di Bandung, sehingga kami berdua tergolong sering ke Kota Kembang, karena masing-masing punya nostalgianya sendiri. This town is supposed to be convenient yah—deket dari Jakarta, apa-apa relatif lebih murah, adem, dan punya banyak atraksi yang nggak bisa ditawarkan ibukota. Cocok untuk weekend getaway sederhana.

ITU DULU.

Sekarang—setelah berkali-kali dihajar oleh pengalaman menyebalkan—rasanya saya ogah ke Bandung lagi kalo weekend, walau ditodong bedil sekalipun. Too much effort karena macetnya menggila, sehingga perlu banyak planning. Ujungnya jadi nggak bisa santai-tapi-puas kayak dulu lagi, ‘kan… hikhikhik. Akhirnya jadi buang waktu juga. Kalo weekdays, okelah. Tapi kalo weekend, nggak dulu ah. Dan saya yakin orang Bandung juga merasakan kegondokan yang sama, bahkan mungkin lebih ya? :(((

Review hotel menyusul yaaa, soalnya bagus deh!

12 comments:

capcaibakar said...

iyes.. weekend itu mending leyeh-leyeh di rumah atau berangkat malam-malam. lupakan cari baju-baju lucu di FO atau blanja blinji. Onlen aja. :p

Cika said...

Orang bandung mau curcol, hehehehe,
Aslinya bandung udh sama ama jakarta bahkan lebih gelo karna jalanan bandung relatif sempit2 dan banyak jalan searah.
Akhirnya kalo pas plg bandung wiken2 gitu cuma molor aja di rumah mamah,
Eh tapi salut sama jakartans,suka lebih tau soal resto or cafe baru di bandung di banding pribuminya sendiri hihihi

anti said...

"Dan saya yakin orang Bandung juga merasakan kegondokan yang sama, bahkan mungkin lebih ya? :((("

iyaaaaaaaaaa.. T_T kalau wiken ga ada acara penting mending diem di rumah deh mba. :|

Nisa said...

aaaaa, nginep dimana di bandung? ga di padma? lagi mikir untuk liburan aka pulang kampung ke bandung tapi ga bobo di rumah. pengen bobo cantik di hotel biar kalo belatakan ga usah beresin kamar. Tingaal *teett* housekeeping :))))

iyaa, bandung kalo wiken ampunn yaaa..tapi karna jarak rumah deket sm daerah rumod+tiap ke bandung emang ga pernah jjs ala turis jadi ga kena macet2 amat. pan tau celah2nya jalan kota bandung :p

kudu atur strategi kalo mau ke bandung mah, tentuin destinasi, ga pake muter2. aman deh dari macet :D

Lani said...

Sayaaa orang Bandung. Kalo weekend, ngerem di rumah. Atauu ke Sumedang aja..niis :)))

prin_theth said...

Capcaibakar: Abwees. Tapi untuk misua susah yaa, abisnya jarang ada onlensop buah lalaki :))

Cika: Ihhh gelo pisaan. Emang males banget sih jalanan sekarang, Bandung atau Jakarta sarua deui.

Ihihi iyaaa, konon orang Bandung suka gak tau ina inu dibanding orang Jakarta ya, yg oada hobi ulin cecentilan ke Bandung ini hhihihi

Anti: Pukpukpuk T__T

Nisa: Hahahaha emang dirumah nggak ada housekeeping alias embak? Tapi housekeeping hotel emang bisa lebih d abuse sih.

Kamu rumah di Setiabudi? Mau duooong ajarin jalan tikus :D Emang kudu planning-an banget skrg ke Bandung, dan itu yg bikin males. Udah planningnya suka meleset, jadi bikin gak santai pulaaa...

Hotel entar yaaah, aku ceritain.

Rainy said...

"Dan saya yakin orang Bandung juga merasakan kegondokan yang sama, bahkan mungkin lebih ya? :((("

haaa lebihhh, sutress sndiri jadinyaa.. dan anehnya lagi knp org2 luar bandung (baca: jakarta :p ) masih seneng aja k bandung padahal udh tau macet sangat kl weekend..

tapi wktu itu pernah lhoo bandung pas wiken g macettt.. tepatnya pas jakarta banjir dimane2.. xixixi *kabooor*

JJ said...

hidiiih. kenapose ga nyolek di cwicer? eike kan bisa minjemin steamer dan blender walau tak sama dg punya ente.

fo memang harusnya tak begitu menarik lg ya. *lalu papa T memberi tatapan bengis

local brandnya patut dijelajah lho mbaknya... walau keknya berpihak pd koleksi buat ladies. 2 mg lagi ada yg namanya trademark market. keknya si semacsm brightspot gt.

hedeeeh... dont get me start on bandung traffic. belum lagi kondisi jalannya. hhaarrrrrr

Nisa said...

hihihi di rumah ga ada mbak. berdayakan aja adek disuruh ina-itu :)))

di cipaku, setiabudi keneh kan? bolehboleh kalo apal nama jalannya, hahahaha. tp iya da aku sukanya melipir2 gitu jalannya, kalo lewst jalan utama kan pasti macet. kadang muter dikit ga apa asal lancar mah yowes yang penting sampe.

Rumod apa kabar sih? asa biasa aja barangnya sekarang, walau sok nemu celana zara ceunah mah :p

Assssikkk, riviu hoteel nya ya, penasaran..selain padma apalagi sih yang bagus di bandung, hmmm..

prin_theth said...

Rainy: Maafkan kami warga Jakarta yaaa, akupun kalo di Bandung dihadang plat B, suka triak "Pulang woy woy!!!" sembari gak nyadar plat mobil sendiri

Iyut: Idiiiih, sugan teh maneh ti Yakartaaa. Tau gitu gue pinjem deh alat masaknya. Apapun jadi kok yut, asal bukan tungku batubara...

Mau dikasitau dong local brandnyaaa. Masa' gue tanya cuma unkl hihihi.

Nisa: Suamiku apal jalanan Banduuung, kalo gue mah kagak hahaha. Ntar kapan-kapan bisikin ya kalo mau kesana lagi.

RuMod masih nyebelin dan bajunya berkurang yang okeh. Tapi gue tetep suka da, sama tshirt-tshirtnya, lumayan buat senam SKJ di rumah hihi. Kalo suka dress-dress santai juga ada lumayan sih.

Okeee, ditunggu ya riviu hotelnya *ngomong gitu mulu, kagak ditulis-tulis hihihi*

catfish, who loves tigerfish said...

Hahahahaa..
Enak banget ya bow kalo di Jkt punya baby sitter *melirik tajam ke kakak gue yg sitter-nya 2 org*
Gue udah biasa sendiri, jadi pas baca cerita lo di atas, gak berasa ribet gitu. Soalnya udah biasaaaaa ituuu gue sehari hari *cakar cakar tembok*

Lah yang malah agak emosi pas si T. Ngerti bener gue sebelnya gak dapet apa apa pdhl niat belanja hahahaha kayakny itu lebih berat daripada gue ngadepin Saif yg cranky gak mau makan :))

Btw pas Saif 8 bulan, gue hampir 2 minggu liburan di pantai. Bukan ribet MPASInya, tapi ribet gantian mau berenaaang di pantai hahahah :))
Mau duyungson aja pake shift kayak security jaga pabrik..

prin_theth said...

Amy: Hahaha tergondok deh emang gak dapet baju. Wong udah jauh-jauh ke Paris van Java coba kan!

Post a Comment