Aug 16, 2012

Feeding Frenzy

Ehaai! 

Katanya kalo orang abis beranak, hiatus nge-blognya seabad. Ah, aku nggak lama-lama amat 'kan? Nih udah jumpa lagi, jumpa Maissy kembali. Meski niscaya, setiap postingan akan semangkin singkat, yastralahya.

How's motherhood? Ya gitu deh. Kalo ada yang bilang seindah melihat pelangi kembar (double rainbow!), pasti akan kusorakkin WOOO BOHONG WOOO!!! 

Being a new mom, I wouldn't say it's a complete total nightmare, but it's not pretty, either. Bagian yang paling berat? So pasti NETEKKIN. 

Ini sudah kuprediksi dari dulu sih, karena kalo ditilik dari curhatan ibu-ibu di dunia maya (blog pribadi / forum / websites), prosentase keluh kesah soal netekkin itu jauh melampaui keluh kesah soal yang lain-lain. Termasuk melahirkan. Jadi kita tunda dulu birth story-nya Raya, dan langsung sekip ke curhatan nomor wahid: netekkin.

Kalo netekkin itu adalah sesuatu yang alami, kenapa kok kayaknya berat banget ya? Setiap rontok satu masalah, tumbuh seribu masalah lainnya. How did the cavewomen did it? I really wonder.

Berikut adalah permasalahan-permasalahan ikke, dalam susunan kronologis:

1. Raya nggak begitu sakses IMD, karena hipotermia di ruang operasi. Dulu saya agak skeptis sama IMD, tapi lama-lama percaya bahwa kayaknya ini salah satu faktor Raya akhirnya susah latch-on.

2. Jadi ya begitu. Sejak lahir, Raya susah latch-on. Setiap disodorin tetek, reaksinya kayak disodorin bedil. Histeyris! Mana insting alami-mu nak, mana?

3. Di hari ke-3 setelah kelahirannya, Raya di-diagnosa tongue-tie dan langsung di-insisi tanpa babibu by the famous Dr. Asti. Hatiku sempet mencelos karena prosesnya (menurut saya) terlalu cepat, tanpa dialog, dan tanpa second opinion. Tapi yang sudah terjadi, terjadilah. Semoga beneran membawa kebaikan ya.

4. Sejak di-insisi, neteknya Raya sedikit membaik. Meski saya yakin bukan cuma karena di-insisi, tapi juga karena saya udah nemu stratehi yang hakiki: susuin anak cangok (rakus, bahasa Jambi -red) ini sebelum kelaparan! Sumpel begitu ada suara "ah, eh, ah, eh" dari boksnya! Soalnya kalo udah keburu kelaperan, ngamuk, bubar deh semua.

5. Sepulang dari RS, Raya masih susah latch-on. Masih hobi nyakarin dan nggebugin tetek simboknya sebelum nyusu. Kami pun selalu 'berantem' 15-20 menit dulu sebelum akhirnya anaknya bisa clep, latch-on.

6. Begitu akhirnya bisa latch-on, putingku dibuat berdarah-darah. Padahal posisinya udah bener lho. I know this because I studied the correct latch-on position by heart during pregnancy. Also, a lactation counselor watched me breastfeed Raya at the hospital. Dan kalo ditilik, posisinya emang udah sesuai teori, ah. Apakah anatomi mulut Raya terbuat dari besi baja macam Wolverine? Nggak tau deh...

7. Setelah meratapi nasib di bawah langit, ("Kenapa netekkin itu sakit ya, Gusti?") I found the hard truth: menyusui itu memang nggak nyaman - bahkan borderline sakit - terutama di awal-awal. Dulu saya sombong, kirain nyusuin itu nggak akan sakit samsek. Macam dibelai-belai bulu angsa aja. Kalo ada yang ngeluh sakit, saya mikirnya, "Ih, pasti karena latch-on-nya salah." 

Ternyata nggak juga ya. Kenyotan bayi itu sekuat vacuum cleaner Dyson, lho. Mau bukti nyata? Di suatu malam panjang, disaat Raya rewel luar biasa (padahal udah netek, ganti popok, dinyanyiin 348 lullaby, dst), I used my pinky as a pacifier. Sukses. Bocahnya ternyata emang lagi pengen ngempeng sampe ketiduran. Tebak apa sodara-sodara? Kelingking saya yang diempeng itu sakit dan membiru besok paginya. Little vacuum cleaner Wolverine mouth!

8. Pagi ini, saya menemukan kenyataan baru: saya hyperlactation. Bahasa simpelnya, susu saya terlalu banyak / deras, melebihi kebutuhan si bayi. Soal susu deras, itu udah disadari sih. Dulu kolostrum saya bisa 50ml dari satu payudara lhooo (sombooong), trus sekarang, kalo pagi-pagi bisa meres 120ml susu dari satu tetikadi (sombooong, part two. Awas kualat!).

Apakah susu deras ini adalah hal yang baik? NGGAK. Sang ibu selalu ngerasa nggak nyaman, karena tetikadi bengkak terus-terusan, bahkan beresiko mastitis. Setiap let-down reflex terjadi pun rasanya sakiiiit cenat-cenut. Nggak ada tuh, rasa nikmat pas LDR seperti yang selalu didengungkan AIMI ASI.

Saat netekkin, lebih susah lagi. Anak sering kesedak, batuk-batuk, bahkan muntah. Dan karena aliran ASI terlalu deras, kenyotan si anak copot-copot mulu, bahkan jadi sering nolak nyusu >> RAYA BANGET. 

Anak juga jadi sangat gassy, lebih beresiko kena kolik, dan susah naik berat badan (ironis ya) karena cepet kenyang sebelum dapet hindmilk alias 'lemak ASI' yang menggemukkan. Yang terakhir ini untung nggak kejadian, dan semoga jangan.

Ada sih, step-step untuk menangani hyperlactation ini. Tapi males aja 'kan ya. Pengen nggak sih, urusan netekkin ini langsung berjalan natural, nggak sakit, dan nggak pake repot? Pengeeeen...

Pelajaran dari urusan hyperlactation ini: jangan berdoa supaya ASI kita banyak. Doa yang bijak adalah, "Ya Tuhan, cukupkanlah ASI saya." Kekeringan ASI bikin nangis, kebanyakan juga bikin cry. Yang cukup-cukup aja lah.

9. Kutukan mulut Wolverine masih berlanjut sampai detik ini. Maka setiap kali Raya mulai cewiwis minta netek, saya langsung menatap wajahnya dengan horor, dan mem-puk-puk sang puting dengan iba, "Tabah ya."

Stok sabar saya nggak sebanyak itu, kok. Kalo lagi netekkin malam-malam, sambil setengah merem, setengah nangis kesakitan, rasanya pengen taro Raya di depan pintu kamar nyokap, trus balik bobo aja tanpa peduli. Sering juga pengen nyerah dan langsung exclusively pumping aja. Tuh, botol dan dot udah siap sedia di sterilizer. 

Tapi saya tau, I'm not alone. Kalo baca ceritanya Meta dan Mbak Kirana, sama aja tuh perjuangannya. Dan pastinya, ada ribuan mak-mak lain yang bernasib sama, bahkan mungkin lebih pilu (peluk Iyut!). Alhamdulillah, akhirnya sakseis juga 'kan? Kalopun nggak sakseis, nggak mungkin anak kita akan dibiarin isdet kelaperan. Ada banyak alternatif. I have no objections against formula, milk donor, atau air tajin sekalian if it's really the only way for the baby to survive. Santai ajuah...

But, if you really choose to exclusively breastfeed, bersabarlah. Emang bener kata akun Twitter @tipsmenyusui, "Menyusuilah dengan keras kepala!" SIAP! Sekuat-kuatnya sedotan mulut Dyson-mu, nak, tekad Ibu Insya Allah lebih kuat lagi.

Bisa minta amin?


25 comments:

snd said...

kalo anglenya gini, raya 50-50 muka lo + T deh neq.

also, super cute photo of the family!! (muat ga ya masuk bagasi gueee? baahhaahahahhh)

Unknown said...

Aminnnnnnnnnn Aminnnn Aminnnn....
Akhirnya silent reader ikut komen, begitu baca ini. Selamat berjuang ya... ntar kalo si bayi udah lebih lama tidur malam, malah rasanya pengen bangunin biar nyusu, biar bisa dipelukin, di elus2, hehehe..

ndhachiyo said...

Imd ku jg kurang sukseis mbak,, makanya sama latch on nya gak bener. Dah gtu seminggu pertama puting sampe luka2. Apalagi pas growth spurt.. Yasalammmm kuatkan lah puting ini.. Hehehe..

Smangat ksih asi buat raya mbak leija \:D/

Anonymous said...

Samaan sama gw dulu asi-nya kebanyakan, jadinya gw mompa dulu baru deh dikasih ke bocahnya.

Tapi beneran deh, walopun perjuangan ngasi asi ini berat di awal tapi mengakhirinya lebih sedih lagi (makanya gw baru beneran berhenti netekin di umur si bocah 30 bulan).

Semangat la, kalopun nanti ada hambatan ya dinikmati aja, apalah itu pro-kontra gak penting semua, yang penting anak sehat ibu bahagia aja. Setuju juga, kalopun mesti sufor ya sudah.

Lincrut said...

Saya mo coba jwb yg no 6 dr sisi amatiran hehe,dulu gw alhamdulillah g ampe berdarah2 bgt tp tetep lecet&sampe kegesek baju aja sakit bgt dan sama ky lo,gw pun brasa udah bener smuanya trus knp masi sakit gini,udah dioles asi,purelan,sama aja tetep perih trus suatu hari ada sodara dtg,dia blg lecet itu pasti biar caranya udah bener,katanya itu saluran susu nya blom kbuka smua,trus kan putingnya konstan kena lidah jd ya lecet gitu d dan bener aja sih pas salurannya kbuka (kliatan dari muncratan pas mompa) sakitnya jauh berkurang

Lalu gw pun horor bgt tiap mo nyusuin dan krn gw dulu rajin mompa jd tambah males nyusuin lgsg krn inget sakit hehe,suami gw tu yg suka galak kalo gw blg kasi yg pompa aja..

Mgkn udah banyak yg blg ke lo kalo fase ini ilang sndiri stlh 2blnan dimana skrg kl diinget2 gw udah lupa jg detilnya hehehe&stuju bgt kl nyusuin itu hrs keras kepala bgt!! Sampe staun pun anak gw masih ogah2an kl disuru nyusu ampe berasa cw g laku kl nyodor2in tetek bgitu,skrg udah bs ngmg jd lucu bgt kalo dia ngmg sambil berbinar2 'nen nen' huhu g brasa tinggal 6bln lg siap2nyapih

Sakseeiiis lei&baby raya

Leony said...

Amiiiiinnnnn *sempet gemeter gue baca cerita tetikadi berdarah2.. HUKS*... Ya semoga gue juga dicukupkan ASI-nya sampe cukup secukup2nya, gak kekurangan suatu apapun a.k.a pas-pasan. Pas butuh, pas ada :) Cakep bu potonyaaa... dan kenapa si bapak mengendus2? Hi hi hi..

lomita said...

aakk..iya lei, problematika netekkin ini tiada habisnya...tapi insyaallah kita bisa ya lei!

liat rambutmu pendek langsung nyeseeelll banget gak potong rambut dulu sebelum lahiran huhuhu
repot sangat....nyisir aja kadang gak sempet sekarang, akhirnya rambut selalu awut-awutan deh :(

ini_dhita said...

Aminnn la *peluk*
kalo awal2 nyusuin ampe bedarah2 gw curiga krn mulut baby kecil sementara nipple gede. Mungkin ga sih?

Gw jg awal2 gitu la. Malah sempet 1 PD gw istirahatin dulu krn sungguh tak kuat aku sakitnya kalo disedot azka. Plus krn lecet2 jg sih gw pakein segala salep. Takut jg kemakan aKa. Jd gw pompa aja terus yang 1. Lebih ga sakit lho huhu

Iiii aku pgn liat raya dong la..nanti ya kalo udah lebih stabil kondisi nya hehe. Kalo skrg pasti masih macam zombie kan.

julia said...

amiiiiiinnn,,,,aah lucu bgt lei jd pgn cpt2 punya baby

anakelima said...

Amiiiiiiiiiiiiiiiiiinn *bak jamaah tarawehan hari pertama*

catfish, who loves tigerfish said...

Bener bow!
I feel you bgt deh soal menyusui.
Tp persoalan gue bukan latch on, tp asi kebanyakan (yg bikin boobs ngilu, badan anget, dan pernah ngegumpal di dlm asinya), dan skrg Saif mau tumbuh gigi, sukses nipple digigit2 pake gusinya. Hiks..

Ada kalanya emng kesabaran abis, tapi kalo ngeliat hasil perjuangan gue ngerawat Saif yg alhamdulillah sehat terus dan jgn smpe sakit ini, kyknya kebayar lho.
Semangatttt :-)

ndutyke said...

Aamiin ya Alloh aamiin...

Duh yang baca jadi ikutan ngelus2 tetek nih, serasa ikutan nyeri gituh.....

BabyBeluga said...

Kalau aku lain lagi, produksinya minim, akibatnya baby Matt bentar2 nangis ngamuk minta susu. Tiap 15 menit. Makanya aku kasih dia juga susu formula deh. Meskipun anak ke dua tapi produksi ASI gga banyak sb anak pertama aku hy kasih ASI sebentar doang krn aku after 6 weeks melahirkan, kembali kerja dan si baby diasuh mertua..... Aku sih tau beres aja, pulang kerja tinggal jemput baby and seringkali makan malam dulu di rumah mertua.

prin_theth said...

Snd: Ih emang makin lama anaknya mirip gue koook *posesif hihi* You mean the three of us in your trunk?

Zahraul: Aamiiin. Gitu ya? Soalnya sekarang aku masih nangis darah Mbak ngadepin night terror :D

Ndhachiyo: Aduuuh growth spurt. Jangan lupa tempel koyo ke pundak-punggung yaaa. Semangat! *iket kepala* *ke tetikadi*

Mbak Etty: Percayaaaa... Soalnya akupun disusuin mamaku sampe 2 taun, dan sering denger tuh kisah "sedihnya menyapih" hehe. Ish nggak sabar buru-buru masuk hanimun phase nyusuin! Pas udah damai, sentosa, nggak sakit, dan nggak berantem... Ada nggak sih? Ada kan? *khawatir*

Lina: CEWEK NGGAK LAKU! Hahahahahaha... *ngakak koprol* Bener banget ya, udah usaha jejel-jejelin toket ke si cah bagus, kok malah ditolak-tolak, sampe toket dicakarin. Thanks yaa tips-tipsnya, emang problem ginian tuh problem sejuta umat banget. Tapi jadi makin yakin deh, it will soon pass. Tos!

Oya, alhamdulillah urusan lecet udah nggak parah nih, tapi tetep nyut-nyutan banget ya mak. Maksudnya, luka fisik sih nggak ada, tapi puting + areola masih berasa babak belur bingit... T__T

Leony: Aaamiiin! Hahaha, mengendus ya mukanya?

Lomita: Insya Allah bisa! *tangan mengepal* Ehiya, bener deh, rambut pendek tuh ngebantu banget. Sekarang aja gue mau mewujudkan impian nge-side-shave kayak laki, biar makin adem. Semoga hati ibunya ikutan adem ya...

Dhita: Samaaa... gue juga sempet mengestirohatkan salah satu PD gue, karena nggak tahan sakitnya hiks. Serba salah sih Dhit, karena gue juga orangnya males mompa zzzz.

Iyaaa, Aka ketemu Raya pas udah bisa ngemol aja yaaa. Pas udah lewat sebulan lah, bentar lagi kok ;) Meski gue belum berani netekin diluar rumah lho Dhit, keringet dingin bayanginnya...

Julia, Anakelima: Aamiiin, thanks yaaa

Amy: Ack teething! Coba ya jangan disebut dulu. Ngadepin newborn yang masih gusi semua aja gue udah stress hahaha... Alhamdulillah, semoga gue juga dikasih kesabaran, dan Raya dikasih sehat terus ya aamiiin

Ndutyke: Hahaha, hembeeer... Pokoknya manjakanlah payudaramu sebelum waktu penyiksaannya tiba

Mbak Sylvia: Aduhh nikmat bangeeet. Mertuaku di luar kota, dan mamaku susaaah dititipin Mbak, soalnya sibuk kesana-kemari tiap hari... And she's also a non-believer of nanny. Jadi deh aku nggembol anak kesana-kemari dan belum bisa keluar-luar rumah.

Iya sih, kalo emang harus pake formula, ya sok aja yah... Tuuuh Matt dan Jake gedenya pinter-pinter banget hehe. Kalo disini banyak Nazi ASI Mbak :)

PuT said...

I feel you banget...waktu awal menyusui danesha,itu bener2 hoorrrrooorr!!! Sampe nangis2 sma susmi minta istirahat nyusuin malem ituuuu aja..si bapaknya ngasi,si anaknya yg ga ngasi...malem sebelom tidur itu gw udh mompa 120ml..dn umur danesha bru bbrpa hari..ga mungkin donk bisa abis..eh, semua yg gw pompa abis dalam sekali minum dn itupun masi minta lagi..ampun dijee..walhasil, beberapa hari tiap kali nyusuin, tiap kali jambak/cubit suami sambil nangis meraung2..
Dn sekarang, karna gw hiperlaktasi,berat anak gw minggu lalu dikit bgt naiknya dn skrg terancsm d suruh tambahan sufor *nangis guling2*..
tapii...tekadku bulaaattt *ala pilem perjuangan*...dan kita pasti BISA!! :p

To Live, To Learn said...

Hi Lei..salam happy eid mubarak and congratts for your baby boy...
Sama dengan komen2 sebelumnya,nanti umur2 3 bulanan udah berkurang sakitnya Insya Allah,skr anak g udah 5,5 bln, Alhamdulillah udah ga sakit sama sekali...jadi anggep aja bentaaar lagi babay2 deh ama nightmare netekin,hehehe...btw kalo g dulu berdarah2 n ngelupas g pake lansinoh cream..manjur sih di gue n aman untuk baby..sila dicoba hehehe

Take care
Mata Fithri

JJ said...

aaak... di link lho!
mak. gue pity party ya *insecure =p
ga papa de ya. sapa tau bisa totally move on. semangat ya. la!

vaydeway, kok gue baru nyadar. J. Rania. Jagad Raya. Bok! sama2 JR. Sama2 TT. gejala apa ini, twin? =D

shintata said...

amiennnnnnnnn..
Gw cm mau komen dokter asti emang bangsat!
Gara2 dia anak gw jd trauma sama jarum suntik, histeris bgtt klo liat suntikan. Gw biasa imunisasi sama dokter erwin di rs.puri cinere ternyata beliau ga praktek hari itu akhirnya gw pilih dokter asti yg avail saat itu dr pada pulang tanpa hasil (yg kemudian sangat gw seselin)
setelah nunggu lamaaaa karna katanya dia ahli laktasi jadi pasiennya skalian curhat panjang lebar masalah perasian akhirnya jam 4lewat 10 dipanggillah nama anak gw tapi di ruangan lain karna di ruangan dia msh ada pasien dan jam praktek dia smp jam4,, begitu tau gw cm mau imunisasi seperti di sepelekan aja tanpa babibu langsung buka celana anak gw langsung disuntik secara kasarrrrr sumpah yaaa setiap imuniasasi ama dokter erwin anak gw ga pernah nangis karna cara nyuntiknya ga sekasar dokter asti, gw tanya ini itu dijawab seadanya sambil nulis record di buku anak gw tanpa mandang mata gw setelah selesai nulis langsung aja lo dia berdiri seolah olah ngusir gw padahal masih ada yg mau gw tanyain terus dia pergi aja gt,, ngamuk lah gw di cs rs cinere gw minta pernyataan maaf dokter asti secara tertulis da dipasang di semua papan pengumuman rs.cinere selama sebulan kalo ga mau gw pake jalur hukum karna gw merasa sangat dirugikan, biar dia dokter tp gw bayar kan? Dokter ga punya pasien apa berartinya tuh gelar. Case closed permintaan gw diturutin tp penyesalan gw ga akan pernah ilang. Menurut gw seorang ahli laktasi harusnya lbh punya rasa keibuan apalagi dese perempuan juga ga memperlakukan anak bayi secara kasar. Bisa gw bilang gelar ahli laktasinya malah bikin dia jadi seorang dokter yg arogan.

Dhira said...

Lei sama banget sama aku, aku dulu waktu zua menyerah tapinya dan meletakkan zua dipintu kamar nyokap dan disumpel botol.. Sekarang alhamdulillah lancar sudah 5 bulan.. Aku juga over supply lei, tapi alhamdulillah az bisa gendut, jadi aku pompa dulu sebelum netekin, tapi aku buang yg aku pompa itu..
Eh klo over supply berarti kurleb dimasa mendatang raya akan mimik dengan ganas!!

Semoga lancar yaaa

Riska said...

hai Laila, just want to give you support and an ever-understanding *pukpuk* there. gue dulu sempat terdera rasa takut dan deg-degan begitu anak nangis... pertanda waktu breadtfeeding tlah tiba dan sakit di payudara harus dialami lagi. it wasn't easy but we (i and the kid) made it anyway (alhamdulillah). i hope your 'stubbornness' will make you win this 'breastfeeding battle' :)

another thing, kok gue terharu ya liat ekspresi wajahlo di foto itu. i think i see the struggle. semangat yah, sending much much love and support from where i'm typing.

Della said...

Amiiiinnn.. :)
aku juga over supply waktu anak pertama dan pernah berdarah-darah juga waktu netekkin Nadya. Sempet ngambek sih, mogok nyusuin, emak apa ya aku ini :p
Alhamdulillah aku cepet insap.
Smangat ya Lei, katanya anak laki emang nyusunya lebih kuat dan lebih sakit, soalnya waktu netekkin Nadya aku nggak berasa terlalu sakit.
Moga sakseis ;)

ita said...

aminnnnn, amin ya Allah, amin ya robbal alaminnn.. :)

dan mulai berdoa :
"ya Allah, bilamana waktunya tiba, cukupkanlah ASIku teruntuk cimin, aminnn.."
*bacanya sambil elus2 puting.. :p

prin_theth said...

All: Makasih banyak yaaa atas ucapan sumangat ples sharin-sharingnya. Yakin banget kok, semua akan teratasi. Alhamdulillah, sekarang udah mulai masuk fase santai nih nyusuinnya. Cihiiiy...

Shintata: Hmmm... 'bangsat' is a strong word yaaa :) Sebenernya sih pendapat tuh subjektif banet ya. Banyak pasien yang emang nggak suka sama dr Asti, tapi banyak juga yang suka dan merasa ketolong banget. Nggak usah jauh-jauh deh. Gue ngerasa skeptis sama beliau, tapi suami gue suka dan setuju banget sama keputusannya. Turut sedih karena pengalaman imunisasi anaknya nggak enak yaa, semoga nggak terulang lagi :)

capcaibakar said...

AMINNNNN

Dan aku suka foto bertiganya.. sukaaaaa!

Meta said...

Pukpuk Lei...
baru baca, telat banget ya? hehe sekarang pasti udah bisa nyusuin sambil gunting kuku Raya atau sambil makan es krim, hihi.

mau anak pertama, mau anak kedua, buat gw sebulan pertama adalah yang terberat dan ter-melelahkan! so i guess, congrats ya karena udah ngelewatinnya.

Siapa tau abis ini dibeliin vacum Dyson beneran, amiiin...

Post a Comment