Feb 25, 2012

Globetrotting No More?

Berkat kehamilan super loyo ini, plesir terjauh saya selama hamil ini cuma ke Bandung tanpa muntah. Itu juga udah bawa buntelan Pak Janggut, berisi minyak kayu putih, vitamin B6, Panadol, cemilan, bantal, guling, dan tukang pijit!

Coba bandingkan dengan 2011. Sebelum pertengahan taun lalu, saya sudah melancong ke 7 kota di 5 negara di 2 benua lho (eciye...). Saru deh sama peserta Amazing Race. Dan gara-gara standar travelling 2011 yang kepatok super tinggi itu, 'kegaringan' plesir 2012 ini jelas berasa depressing. Manaaa katanya mau jadi pasangan pelancong?

Belum lagi kalo si bocah lahir nanti. Saya harus siap pasrah jadi sapi perah + suster rumahan + tukang cuci popok profesional selama 6 bulan pertama. Kan katanya newborn baby cuma bisa nyusu, pipis, eek, bobok, sakit (pait, pait, pait), dan nggak bisa dibawa kemana-mana.

So, I guess... gutbay travelling? Airport, maybe I'll see you in 2013. Anjrit, berkaca-kaca gini ngetiknya.

Also, you may remember this post. Wanna know what trip we may be cancelling this year? TOKYO, NEK. Agak nangis darah deh, apalagi saya punya nostalgia dahsyat terhadap si negeri Sakura. Pediiihnyaaa bagai putus dari cinta pertama.

Beberapa alasan kami (kayaknya) batal pergi:

1. We were going to fly on a budget airline. Yo'i pace, tiket Tokyo kami adalah buah dari kekalapan dan keimpulsifan promo AirAsia setaun lalu. Kenapa juga sih itu airline hobi banget bikin panik?! Kalo sale suka digegap-gempitain lebay gitu deh! *ceritanya nyalahin AirAsia-nya*

Nah, waktu beli tiket dulu itu, kondisi bodi sih lagi prima banget. Saking primanya, sampe pede bakal tetep fit kalo hamil nanti.

Tapi ternyata, diriku ketulah. Hamilku lemas tak bertulang. Alhasil, terbang 6 jam naik budget airline kok rasane nggak napsuin ya... Kebayang leg roomnya yang pas-pasan, kursinya yang reyot, dan rasa makanannya yang kayak Whiskas. HOEEK, baru ngebayangin udah eneg. Maafin aku ya AirAsia X, udah su'udzon. Nggak semua fleet AirAsia X tuh bobrok sih, tapi kita mana tau bakal dapet aircraft yang mana, tho?

2. Takut kehamilannya kenapa-napa di cecawat, naudzubillah. Ini gara-gara denger cerita Gemma juga sih, bahwa kenalannya ada yang keguguran saat terbang ke Melbourne pas 5 bulan hamil.

Tapi di kubu sebaliknya, sepupu-sepupu saya malah nggak suka kelakuan sok parno selama hamil, dan sangat mendukung saya pergi sebelum melahirkan. Maklum, sodara-sodara saya buntingnya pada badak semua. Pada sakseis lho jalan ke Hong Kong, London, dan New York saat hamil, malah ada yang lagi hamil anak kembar! Pengeeen... *tenggak susu kuda liar*

3. Terlepas dari kampanye pemerintah Jepang yang sangat meyakinkan, dan dorongan rekan-rekan pelancong, saya cenderung lebih percaya seorang kerabat senior (a Japanese) yang bilang gini ke saya, "Tokyo is still not safe from radiation. Please don't go there until another 3 to 5 years. Kalo saya yang udah tua gini, agak pasrah lah kena kanker 20 tahun lagi. Toh emang udah tua. Tapi kamu? Bayi kamu?" Beban mentalnya berat yaaa.

Jadi, kayaknya bakal dibakar nih tiket JKT - TYO yang udah dibeli sejak taun lalu itu. Karena tiket promo, doi nggak bisa direfund atau dipindahtangankan. I want to cry bloody tears.

However, naga-naganya semua ini masih nggak pasti. Soalnya, kalo malem-malem misua masih suka menggumam: "April di Jepang 'kan pas musim semi ya... Musim sakura ya..." Disautin pula sama istrinya, "Iya, bisa hanami... Pasti cantik banget."

Trus akhirnya dua-duanya bengong galau.

Karena perihal Jepang ini masih rancu, jadilah saya mengajukan proposal liburan Plan B: jalan-jalan domestik. Ke Ciamis juga hayok deh, asal nggak jadi tahanan rumah gini selama hamidun. However, ini pun masih ditinjau dan ditimbang sama misua. Arrrgh...! *minum Baygon*

I'll miss you, erfot.

16 comments:

the grumpy blogger said...

Sekadar menyumbang perspektif: bekas bos gue demennya mulai traveling pas anaknya umur tiga bulan. Anak pertamanya tiga bulan ke Bali, enam bulan ke...PARIS aja loh (i think then they spent like 1.5 yrs following the dad's study. Maid-less in Paris, kalau kata dia). Kalau gak salah, siklus Bali-lanjut-ke-tempat-mana-tau-jauh-banget diulang lagi di anak kedua. Melihat wajah heran gua, dia dengan entengnya bilang: Lah, malah enak, tidur mulu tu anak kerjaannya. Hahaha. Oke deh kakak.

prin_theth said...

Cepe: OK deh qaqaaa! Hahaha. Yakin ya, bos lo nggak pake bawa pasukan nanny? Sodara gue pun ada yg begitu Cep. Doi (seumur kita) plesir ke Amerika ber-4 aja sama suami, toddler, dan bayinya yg berumur 2 bulan. Trus di Amrik si bayi kena Hand Foot Mouth disease pula! Kalo gue udh bebusa kali mulutnya.

I used to think I would be a jagoan neon gitu juga ya Cep, globetrotting sambil manggul anak, tap, tap, tapi...

Kara Gunawan said...

lailaaa hehehe gw waktu hamil (tnyata oh tnyata udah sebulan) masih gagah perkasa jalan2 di HK tanpa kutahu diriku tengah berbadan dua --" trus hamil 7 bulan gw terbang ke singapur atas nasihat dokter utk segera berlibur krn begitu hamil 8 bulan keatas badan makin gak nyaman.. aidan lahir, usia 4 bulan kubawa terbang ke singaparna egennn.. usia 1thn (as you know) kubawa terbang ke amewrika! yes. without nanny. ada bo-nyok gw sih, but they're only as good as ngeliatin aidan doang kalo gw permisi mau mandi ato masak makanannya si bocah doang. it was tiring but FUN. insya allah nanti anak mu juga berbakat plesir kayak mama-papa nya ya :D jd kalo lagi bepergian manisssss

Leony said...

Hahahahaha.. don't remind me about Japan. Last year 3 minggu sblm brangkat, tsunami menerjang :(... dan tahun ini, tetep blm kepikiran ke Jepang lagi, maybe karena ya itu, gue kepikiran efek radiasi itu loh... ya sudah kita ke tujuan lainnya saja. Kayaknya elu mah lagi gatel jalan-jalan aje bu! Eh, nonton Wicked gak ? Atau udah ? Gue mau nonton nih... diperpanjang terus shownya loh... yuk, hibur diri ke Singaparna aja.

prin_theth said...

Leony + Kara: Hahaha iyaaa, gilak gatel jalannya udah parah banget ini.

Jalan domestiknya kayaknya tetep jadi sih, Teguh udah mau diajakin yoga trip ke Bali (tantangan: harus yoga tiap hari. Paling-paling kenyataannya bobok mulu...)

Singaparna juga OK kali ya, cuma hamil ini bawaannya nggak suka kota lho. Eneeeg. Sukanya ke alam-alam (apa ini anak Tarzan?)

Yang ke Jepang ini lho! Dilemanya msh itung kancing abes. Mertua pun kurang satuju. If only we're flying with non-budget airline and there's no radiation threat, udah lesssgo deh!

Would be 7 months preggers by then. Doakan yaaah. Biar bebe pinter diajak jalan ya Kar? ;)

the grumpy blogger said...

LOL good point. Kalau anak kedua, gue enggak tahu deh bawa nanny/tidak. Tapi anak pertama kayaknya memang enggak. Huahaha...kl gue sih ngaku deh cemen bener (emang mau ke mana juga, sotoy abis). Kalau elo, ayo dong globetrotting panggul anak pakek kaen mbok2 *jongkok nonton*

ini_dhita said...

Leony leija
Udahh ntn phantom of the opera aja yuk yuk brg an..
Eh ga nyambung ya komen nya hihihi

Anonymous said...

Hai mba, salam kenal yaaaa ^_^ aku fans blog mu ni, tapi baru komen skr gara2 penasaran, emg jepun bner2 blm amankah? aku juga udah beli tiket buat taun ini huaaaaaa, stengah ga rela klo batal pergi :(

astrid said...

hei lei! hamil tiap orang itu beda2, jadi just go with your flow aja =) gw pas dulu hamil mayan badak, ketauan hamil pas lagi field visit ke Papua Nugini, trus sempet workshop ke Jerman pas udah 5 bulan...tp ya itu, tetep aja menderita kok, biarpun hamilnya badak juga, tp pas di pesawat ya olloooh pegel abes. gitu juga setelah punya anak. udah ngebayangin bakal jadi mommy traveler yang super keren kaya bulek bulek itu tuuuhh...tapi ternyata so far baru jalan domestik aja, hihihihi jadi ya sometimes reality bites yak, yang penting sehat dan enjoy lah!

prin_theth said...

Cepe: Kalo lo beneran mau liat emak-emak globetrotting panggul anak, ini salah satu enspirasi gue travellinginthrees.wordpress.com

Dhita: Hihihi... Phantom yg di Jakarta? Emang blm main ya? Ah tapi bukan yang versi asli Andrew Lloyd Webber Dhit, konon nggak okeh

Anon: Aku juga bingung :( Kalo ngubek di internet sih, ada 1001 pendapat dengan berbagai kepentingan. Cuma aku kok percaya ya sama kerabat Jepangku itu. Selain krn dia orang Tokyo, dia kan juga nggak ada kepentingan apa-apa, huhuhu... Alternatifnya, mungkin aku cuma transit di Tokyo, trus pergi sejauh mungkin dari Fukushima (sumber radiasi). Mungkin Fukuoka?

Astrid: Hehehe iya, kalo hamil mah yang penting nyaman aja ya... Masalahnya aku udah mau nuangis gara-gara bosennya nggak ketulungan dan harus passed up so many travelling opportunities, huhuhu! Insya Allah semua sehat selaluuu, amiiin

otty said...

Eh tiket promo AA bisa kok di-refund (sebagian) dengan alasan hamil. Tapi gue rada lupa, bisa refund dengan syarat pas waktu terbangnya hamil berapa minggu ya?

Gue juga hamil 37 minggu pas waktu terbang, dan udah gue telfon ke AA katanya bisa refund dengan melampirkan surat keterangan dokter. Tapi karena tiket gue murah bener, potongan biaya administrasinya malah jadi lebih mahal dibanding harga tiketnya, batal gue refund deh.

Oni said...

Jadi gue ga bisa nitip suqqu dong? *nyebelin*

prin_theth said...

Otty: Thank you so much ya! Infonya berguna banget, karena pas beli si tiket, warningnya kenceng banget nggak bisa di-refund. Kita lagi kebirit-birit nyoba nge-cancel, semoga bisa balik banyak deh... Kalo nggak... lanjut terus aja kali ya? Hehe

Nadia: Artikelnya dulu doooong! :DD

Ivo said...

waaaa ayo jadi aja ke Jepang, eheheheh nanti gue ikutan hanami #eaa #lho :D

prin_theth said...

Mbak Ivooo, ternyata Mbak nih di Jepang ya, meski nggak di Tokyo? Pengen japri-an boleh nggak? :D

Ivo said...

eee boleh boleh japri, imel aja ya, secara cuma email yang rutin dibuka hehe sahbandarivo (at) yahoo.com

Post a Comment