Nov 25, 2011

Hong Kong November 2011 - A Symphony of Lights

Part 1 is here.

Malam sebelumnya kami bobok jam… 2 pagi. Si suami ribet riweuh nyiapin dokumen kerjaan yang mau dia bawa, saya ribet riweuh packing dan…. nyiapin dokumen kerjaan juga. Idih!

Plesir ini ‘kan udah direncanakan berbulan-bulan sebelumnya. Ternyata pas menjelang hari H, kerjaan kami lagi gila-gilanya. Mau nggak mau kami liburan sambil kerja-kerja dikit, deh. Berat ya, jadi warga metropolitan!

Day 1

06.00
Paginya, kami nggampar-gampar diri sendiri supaya bisa melek jam 6, mandi, nyelesain packingan, dan setengah merem berangkat ke bandara. Sempet jejeritan karena disangka bakal telat. Ternyata saya salah liat jadwal: kirain berangkat jam 9 pagi, ternyata jam 10 pagi. Zzzz. Gelar tiker, bobok lagi deh di ruang tunggu.

Alhamdulillah, semua lancar sampe masuk pesawat dan mendarat di Hong Kong International Airport.

IMG_0002
Welcome to Hong Kong!

15.45
Sempetin dulu beli lima tiket Hong Kong Disneyland di Disney Store, Terminal 2. Menurut saya sih, mending biasain beli tiket sebelum ke Disneyland (online juga bisa), karena akan hemat waktu banget di hari-H. Eeeeh, ternyata beli tiket Disney Store ini berhadiah satu bolpen dan dua payung cantik. Serasa beli deterjen ya?

IMG_0008-1

Trus lanjut bela-beli yang wajib-wajib lainnya macem Octopus Card (kartu terusan pra-bayar untuk naik MTR atau kereta bawah tanah. Biar nggak usah beli mulu di tiap stesyen), dan tiket Airport Express. Airport Express ini kereta yang ngebawa kami ke Kowloon Station. Dari Kowloon Station, naik shuttle bus langsung menuju hotel. Praktisnyeeer, juara deh.

IMG_0015-2

IMG_0016


17.30
Kami sampe di The CityView Hotel, Tsim Sha Tsui, pas menjelang adzan Maghrib (adzannya dalam hati aja ya…) Pokoknya langit udah remang-remang deh. Untuk harga dibawah 2 juta / malam dan di lokasi se-strategis ini, kesan pertama hotelnya bagus deh. Lobbynya luas, ada lounge, ada piano yang bisa main sendiri, staff-nya super helpful. Okerio lah.

Tapi pas kami naik ke lantai kami, langsung bingung. Ini hotel beneran nih? Apa rumah Smurf? Kok rasaan lorongnya sempit amat? Untuk ngebayangin, kalo kita setengah lencang kanan-kiri juga siku kayaknya udah nyentuh kedua dinding lorong.

Aaaah, lorong sempit penanda kamar luas kali ya? Jadi pasti space lorong-nya dipake untuk memperluas kamar. Demikianlah prasangka baik kami.

Pas masuk kamarnya, ebuset…. DAPAT SALAM DARI PAPA SMURF. Emang ternyata kiciiik sekicik-kiciknya. Saingan lho sama Hotel 81 yang kami cicipin di Singapur dulu… dengan rate sejuta rupiah lebih mahal!

IMG_0022

Untuk bayangan sekecil apa itu kamar: koper kami sampe nggak bisa dibuka. Saking sempitnya! Kami memang cuma bawa satu koper buat berdua sih, jadi ukurannya jumbo. Setelah diputer-puter, akhirnya koper bisa dibuka dengan syarat, harus ngalangin pintu. Jadi pilih, mau buka koper, atau keluar kamar? Hihihi. Semprul.

Emang sering baca sih, bahwa The CityView ini bekas YMCA, jadi wajar sih kalo kamarnya segede lemari. Ta-ta-ta-tapi ‘kan… kalo gitu harganya harusnya lebih murah dong! Oke, lokasinya memang strategis dan kamarnya juga bersih. Tapi tetep sebel! Pada nggak tau apa, kami dalam misi mulia bikin Dragon Baby?

Tapi ya udah lah. Harga properti Hong Kong emang nggak bisa dilawan. Kami pasrah beberes kamar dan istirahat sebentar.

18.30
Dilemma berikutnya adalah: makan dulu, apa nonton A Symphony of Lights dulu. Bodi sih udah gemeteran nahan laper, tapi hasrat udik pengen liat lelampuan akhirnya menang.

A Symphony of Lights adalah semacam light show gratis. Lampunya berasal dari gedung-gedung di Pulau Hong Kong, jadi nontonnya harus di sebrangnya, alias di Kowloon, tepatnya kawasan di Tsim Sha Tsui Promenade / Avenue of the Stars

Mentang-mentang hotel kami ini udah di Kowloon, jadi pede lah ya, nggak bakal jauh kesana. Eeeh hadeuh, ternyata kok jauh juga ya? Mungkin nggak juga sih, tapi karena pake acara kelaperan, jadinya serasa jalan kaki ngiterin track reli Paris Dakkar.

19.00
Ceritanya ‘kan kiasu. Jadi meski acaranya baru mulai jam 20.00, kami udah sampe di Avenue of the Stars jam 19.00. At this point, dengkul udah gemeteran, dan T udah mulai saya teriakin = ciri khas kalo ikke laper berat. Malah kayaknya kalo saya nemu penjual makanan trus dia bilang, “I’m sorry, ma’am, but this is pork.” saya akan jawab, “Ha? What? Beef? OK, good, delisyus!” trus tetep lahap. UNTUNG NGGAK KEJADIAN!

Sialnya, di kawasan Avenue of the Stars ini nggak ada yang jual makanan. Coba kalo ini Indonesia ya, udah bederet-deret deh tukang cilok dan somay mangkal. Akhirnya harus puas dengan minum teh botolan dan snack semacam cumi bakar gitu. Lumayan lah daripada nangis.

20.00
Berhubung A Symphony of Lights ini hiburan gratis, wajar banget kalo penuhnya bisa berjubel-jubel, meski tetep tertib dan teratur sih. Ada banyak rombongan tur dari mainland China, Malaysia, dan negara-negara tetangga lainnya. Tempatnya emang touristy banget sih.

IMG_0033

Tepat jam 20.00, yang dinanti-nanti pun mulai.


IMG_0029

Baru setelah 30 detik (lampu) diskonya dimulai, saya dan T pandang-pandangan dengan tatapan menghina. Apaan ini?! Kok jelek amat?! Muahahaha…

Ya Tuhan, inilah akibat tidak percaya sama Trip Advisor. Jadi, Trip Advisor—website primbon saya dalam urusan travelling (nggak mau pigi kalo nggak konsul dulu ke Trip Advisor!)—emang udah bilang bahwa A Symphony of Lights tuh biasa aja. Orang-orang di travel forum Hong Kong juga bilang begitu. If you have time, sure, why not. But if time is tight, there’s no need to see it.

Tapi karena Hong Kong nggak punya banyak atraksi, dan mumpung hotel kami udah di Kowloon, yah sempetin aja deh. Iiiih, mamiiii, ternyata emang biasa banget. It could be a lot better, sayangnya saya ilfil sama gaya show-nya yang 1980-an banget. Sejak musiknya berkumandang, udah langsung kerasa nuansa 1980an-nya (kebayang ya, musik disko jadul). Pas lelampuannya mulai main, it was actually not bad, but wasn’t impressive either. Paham sih, A Symphony of the Lights ini teknologinya nggak gampang, dan pasti rempong kalo harus merombak dan meng-update show ini supaya nggak Gejolak Kawula Muda amat, tapi yah… gitu deh jadinya.

Jelek-jelek gini, saya juga mantan perfomer (coba cari video dokumentasi sunatan anak Pak RT! Kali-kali ada akika!), jadi saya selalu menghargai performance jenis apapun, apalagi yang melibatkan manusia. Sebusuk-busuknya show di Ancol, saya selalu tepokin dengan keras. Kesian, tauk. Penonton Indonesia 'kan cenderung pasif dan kurang apresiatif. 

Tapi karena A Symphony of Lights ini nggak melibatkan performer manusia, dan toh banyak juga yang nonton, akhirnya kami memutuskan untuk bay baaay! Padahal baru 5 menit… hihihi.

20.30
Malam yang penuh rasa kelaparan ini akhirnya berujung di Ajisen Ramen di Nathan’s Road. 

IMG_0056

Ih, endeusnyaaa, laper-laper gini langsuk nenggak ramen 1,5 mangkok! Abis itu pulang, bobo, dan bersiap-siap buat esok hari.

13 comments:

Kara Gunawan said...

akhirnyaaa ada update juga! gw buka website nya hotel lo itu foto nya padahal memberikan kesan 'luas' ya tapi ternyata tipu tohh hahaha!!

ayooo lanjuuut we want more!!

DwD said...

Wah, foto-fotonya ciamiks! Jadi pengen ke Hongkong!

prin_theth said...

Kara: Tipu berat, Kar! Hahaha. Yah, mungkin kamar tipe Deluxe keatas lebih luas ya Kar. Tapi kamar standarnya sih liliput... Tetep bersih, strategis, dan good service siih

DwD: Thank youuu :-* More to come!

Kara Gunawan said...

gue liat yg kamar standar nya juga 'kesan' nya luas tuh di website khakhakha..

ini_dhita said...

Leija
Aslikkk ya di hongkong kme emang ukuran liliput. Gw nginep di apartemen buat koper aja pas2an. Stlh ada koper ga bs buat narok apa2 lg *sigh*

Gw ga liat tuh symphony of lights hihi. Karena ga sempet sih, lbh milih liat toy story di dkt ocean terminal :p kasian azka soalnya dijanjiin disneyland mulu tp kan lrn hari terakhir dia keburu mikir "jgn2 gw diboongin" :p

Leony said...

Eh Lei, Ajisen Ramen tuh halal yg di sono ?? Yang di Indonesia aja pake babi kuahnya!

Pas ke Hong Kong 2007 maren.... gue lagi di masa jaya jadi konsultan... nginep di Conrad, lantai executive di lantai 60, makan gratis di lounge lantai 61 sambil memandangi Kowloon dari kejauhan. Sekarang..... HUAAAAAAA.... ke Hong Kong-nya pengen, cuma males bayar hotelnyaaaahhhh....

prin_theth said...

Dhita: Hahaha, embuerrr... Yang nggak liliput juga banyak sih, tapi bayar pas check-out-nya gemeter, jatah belenji berkurang deh hehehe.

Leony: Yang gue denger juga gitu Le. Tapi sebelah-sebelahnya cuma ada warung-warung yang jelas-jelas gantung kuping babi, dan daripada gue pingsan, kita makan aja nih ramen franchise sambil bismillah 100x Semoga nggak jadi dosa!

Katrin said...

Fiuuhh, gedung2 yg nampak dari avenue of the stars kalo dipoto malem2 buagusss ya...lanjutannya ditunggu yaaa...

Putri Larasati Thaib said...

haiii Leii,uda lama blog walking ke blog kmu dari yang "what took us so long" smp yang ini. suka deh baca blog kmu Lei..

salam kenal yaa :)

prin_theth said...

Katrin: Iya bagus ya? Ada lampu betmen-nya hihihi.

Putri: Awww thank you, salam kenal juga yaaa

bebe said...

Harga kamar di HK mahal ya ternyata? kalo dibanding S'pore jauh?

prin_theth said...

Bebe: Sebenernya nggak jauh-jauh amat sama Spore, tapi iya, priceyyyy :(

Meta said...

Gw pikir gw aja yang ngga ngerti keindahan lelampuan ini...baru berapa menit udah nguap, trus ngajak Pandu pergi...haha yaabis gitu gitu aja. Tapi bingung kok orang lain betah banget nonton sampe selese ya?

Gw juga nginep di hotel yang masyaallah kiciknya, sama kaya lo nasibnya, buka koper musti di atas kasur. Ambil baju trus musti tutup lagi trus tendang. Ta ta ta pi, harga kamarnya cuma sejuta sih La..ngga 2 juta *ditujes*

Post a Comment