Jul 5, 2011

Catatan si Boy! Part 2: Epic Moments I-II

I am trying to upload pictures to this post, and to the previous post, karena menurut saya, postingan tentang Catatan si Boy kalo tanpa visual, serasa makan sate pake sendok-garpu. Nggak afdol! Tapi masih gagal maning, jadi mohon bersabar, ya.

Catatan si Boy I (1987):

Perkenalan tokoh Boy yang ganteng, tajir melintir, dan jagoan. Diceritakan udah pacaran sama Nuke selama 2 tahun, tapi mendadak harus putus karena bapaknya Nuke nggak setuju. Nuke diungsiin ke London. Patah hati so pasti, tapi ngeceng jalan terus. Boy curi-curi pandang sama si indo Vera, mahasiswi juniornya. Akhirnya mereka pacaran, tapi hobinya ribut mulu sampe akhirnya putus beneran. Vera yang patah hati ngambek kuliah di Jakarta, dan balik ke LA.

Side story: ada dua orang yang dirugikan dengan hubungan Boy-Vera. Pertama Ocha, temen BEM Boy yang diem-diem naksir Boy.  Doi sirik Vera dapetin Boy, sampe akhirnya berantem cakar-cakaran. Yang kedua adalah Jefri, mantan Vera dari LA (apa dari Dili sih? Kalo diliat dari perawakannya, cocokan dari Dili sih) yang sebaliknya, sirik berat sama Boy. Pernah ngeroyok Boy, yang akhirnya dikeroyok balik sama Kendi.

Gimana, dong, akhir kisah cinta Boy di CaBo I ini? Mendadak Nuke pulang dari London. Cuma buat liburan sih, tapi cukup bikin hati Boy berbunga-bunga. Mereka pun sepakat untuk backstreet aja. 

EPIC MOMENTS

Mobil Dono

Jefri selalu ngehadang Boy, berusaha bikin doi babak belur. Tapi karena Boy jagoan, kalo  ribut 1-on-1, Boy pasti menang. Akhirnya suatu ketika, Jefri bawa geng preman buat ngeroyok Boy. Mungkin ada 8-9 orang 'kali. Padahal Jefri cuma bawa mobil sebiji lho. Lucu deh, jadi kayak film Dono... pas buka mobil, preman yang keluar nggak abis-abis. Lho, lho... Teretekdungjesss!

Classic Cassette

Karena dilarang pacaran dengan Boy, terpaksa Nuke diungsikan ke London (aduh, kalo diungsiinnya ke London, aku juga mau, dong, dilarang pacaran! Bae-bae nggak ke Pesantren Tebu Ireng). Sebelum berangkat, Nuke kirim pesan ke Boy dalam bentuk rekaman kaset. Isinya penuh dengan permintaan maaf, penyataan cinta, lengkap dengan isak tangis anak perawan patah hati. Kenapa, sih, kirim-kiriman pesan lewat kaset nggak dibudidayakan lagi?

Di Radio!

Pengen tau dong, kencan pertama Vera-Boy dimana?

Di sebuah lounge, nonton... Gombloh.

Saya nggak mau nyela almarhum Gombloh, ya, takut ntar malem di kamar ada sesosok kakek-kakek bawa gitar, nyanyi "Di radiooo! Aku dengaaar... lagu kesayanganmu!" Tapi saya jadi ngebayangin, apa jadinya kalo saya first date dibawa ke Black Cat, siap dengerin jazz di lounge keren, tapi yang tampil ternyata... Gombloh. Serasa makan duren lengkap dengan bijinya - ada yang mengganjal!

Say No To Sek

Oya, dalam pacaran Boy-Vera inilah terjadi adegan 'penolakan sek' yang sudah saya ceritakan. Berawal dari making-out session di karpet ruang tamu, lengkap dengan perapian yang menyala (padahal di Jakarta. Masuk akal sekali, ya...), sampai ujung-ujungnya Vera berusaha melorotin celananya Boy. "Jangan Vera, gimanapun juga kita orang Timur..." kata Boy sambil nyelerekin risleting celananya (hahaha!) Alhasil Vera ngamuk, "Norak! Kampungan kamu, Boy! SHIT!" Auw...

NB. 'Shit' adalah curse word yang paling sering digunakan dalam film-film CaBo. Kadang pronounciationnya bener, kadang nggak enak ("Sit!" Lhooo... kayak lagi ngelatih anjing). Kalo di CaBo baru, penggunaannya di-Indonesia-kan ya, alias pada sering banget nyebut "Tai!".

Ending Ter-Cheesy

Film pun diakhiri dengan adegan Boy-Nuke jogging berdua, dan Boy ngomong ke kamera, "Cing, akhirnya gue nyosot si Nuke lagi! Gue nekat deh, kalo ketauan sama bokapnya, paling gue dikawinin. Ya nggak, ya nggak, ya nggak?" sambil menaik-naikkan alis dengan jijay.

Ending ter-cheesy sepanjang masa. Tapi karena itulah aku cinta CaBo.

Catatan si Boy II (1988):

Vera is back from LA! (duile, baru juga nongol di film sebelumnya. Nobody misses you, Mbak Ver!) Ceritanya Vera pulang ke Jakarta untuk liburan, sembari bawa temennya, Priska, sesama mahasiswi LA. 

Karena masih empet sama Boy, ketika baru pulang, Vera nggak ngontak Boy. Meski demikian, Vera memutuskan bahwa dia seneng sama Jakarta, dan minta balik kuliah ke Jakarta lagi aja. Pindah-pindah kuliah antar benua, kok, gampang banget kayak ganti be-ha... Pingin, deh!

Ternyata Priska ini sepupunya Emon, dan Emon pengen banget ngejodohin Priska ke Boy. Aksi-aksi pendekatan pun dilancarkan oleh Priska, dan Boy nggak bisa nolak.

Suatu hari, Boy nggak sengaja ketemu sama Vera, dan akhirnya mereka kembali menjalin hubungan, padahal Boy masih ketemuan-ketemuan juga sama Priska (apa kabar Nuke? Ke laut aje... Katanya Boy nggak tahan backstreet LDR).

Tapi akhirnya kedekatan Boy-Priska terendus juga sama Vera. Sudah pasti sang Kanjeng Ratu ngamuk, apalagi sampai titik ini, Boy baru tahu bahwa ternyata Priska dan Vera tuh temenan. 

Semua pihak - mulai dari Emon sampe keluarganya Vera - sempet direpotkan dengan aksi  ngambek Vera yang dahsyat ini. Segala upaya bujuk rayu pun dilancarkan. Tapi namanya juga kadung cinto, Vera akhirnya kembali jatuh ke pelukan Boy.

Oya, CaBo II juga mengekspos hobi Boy dan Kendi yang teranyar: main rally! Kalah deh, Tinton Suprapto.

EPIC MOMENTS

The Big Tease

Megarnya rambut Vera mencapai puncaknya di film CaBo II ini. Enough said.

Nggak Gerah, Mas?

Bicara soal adegan disko film 80an, nggak akan pernah kelar. Mulai dari DJ yang bikin woro-woro sebelum mainin lagu ("Selamat malam dan selamat dateng di Ebony Club! Kami ucapkan selamat melantai blablabla..." Dragonfly, coba tiru deh!), sampe Mas Boy yang hobi ajojing pake suit. Suit-nya model tuksedo pula... Nggak kebayang gerahnya kayak apa.

I Love You, Emon

Secara keseluruhan, CaBo II agak kurang berkesan sih buat saya, utamanya karena kehadiran Venna Melinda sebagai Priska, yang aktingnya bener-bener kekeus alias kaku. Coba Venna diganti sama manekin Mangga Dua, trus di-dubbing, pasti nggak ada bedanya.

Alhamdulillah, masih ada Mr. Eko Mondial alias Emon, karena dese nggak pernah keabisan dialog yang mau dibilang lucu tapi kok ya garing, mau dibilang garing kok ya maklum aja, namanya juga taun 80an. Yang pasti, dialog "Ih, emangnya ____ 'kali!" nggak ada abisnya.

"Ina, Emon jangan dikasih air es dooong... Kalo Emon ambeien gimana?
"Ya dioperasi dong, masa' dipiara?"
"Emangnya kucing 'kali, dipiara!"

Aksi-aksi jenaka juga dilakukan Emon ketika dese terpaksa jadi navigatornya Boy saat Boy harus rally (Kendi berhalangan... lagi jalan-jalan ke hatiku, aw!). Skenario-nya slapstick banget ya: banci gendut yang cuma pernah ikutan rally sepeda, harus jadi navigator rally mobil. Tapi aktingnya Om Didi tetep keren dan nggak klise, bahkan untuk jamannya.

Eko Mondial, kenapa engkau melepaskan kebenceus-anmu di CaBo baru?! Embrace it, don't fight it!

The Big Ending

Tapi menurut saya, aksi Emon yang paling juara di CaBo II ini adalah saat ending. Ceritanya, Vera sudah memastikan ke Priska, bahwa memang dia nggak ada hubungan serius sama Boy. Vera pun memutuskan untuk minta maaf ke Boy atas aksi ngamuk-ngamuknya. Maka ia nyamperin Boy ke rumahnya, dan menemukan sang kekasih sedang berenang. Byurrr, Mbak Vera pun ikutan nyebur (lengkap pake baju), dan cuuuup... cipokanlah mereka tanda baikan.

Di momen ini, Emon, Ina, dan Kendi dateng, menyaksikan adegan bahagia tersebut. Dan seperti di CaBo I, film CaBo II ini diakhiri dengan Emon ngomong ke kamera "Ih Mas Boy, porno... Nah sodara-sodara! Inilah diaaa, adegan najiiiiiis.....!"

Camera freeze.

Sekian.

What the hell?! Hahahaha...

Next! CaBo III-V

18 comments:

Oni said...

Review cabo baru dong la.. gue ga sempet nonton ni.. huhuhu

Lila said...

bhwahahahahahahahaha.....

sukses buat nahan ngakak di kantor..
t o p !! gak sabar nunggu lanjutannya..
(mungkin harus bongkar2 cari film nya juga biar lebih terhibur LOL)

btw, salam kenal... :-D

ita said...

delapan tujuhhh??
ituh mba leha umur brapaaa uda ngarti cicipokan di kolam renang?? ahuahuahuahahahah.. :))

aku masi mpasi deh keknya taon sgitu.. :))
*alah aer tajin aja sok2an mpasi :p

Leony said...

Di Lounge, nonton Gombloh, itu sih bukan cuma nelen duren sama bijinya, tapi gragas sampe ke kulitnya kali... Untung kagak nonton Betharia Sonata, nanti bisa2 tersisa tanda merah di pipi bekas gambar tanganmu....

I love EMON, gak ada yg bisa ngalahin Om Didi. Love you Om, main apa aja nih orang bagus deh...heran, emaknya kasih makan apa sih.

PS: Don't kill me, but I love Gombloh. Pas acara Welcoming Night-nya Permias pas tahun 2002, gue sama temen-temen nyanyi lagu fenomenal Kugadaikan Cintaku itu, dan gue nyanyi bagian la la la la la si Titi Qadarsih, sambil main keyboard! *untung kagak nari2 pake rok lebar kayak di klipnya*

Nita said...

Canggih! Canggih! Ditunggu lanjutannya yah :*

Desi said...

hihihi.. ya ampyunn... lengkap banget deh ulasan cabonya... jadi ga sabar nunggu new versionnya ... :D

miund said...

gila pengen pipis gue nunggu lanjutannya Lei. dari kemaren ngakak parah baca ulasan soal CaBo. KOK LO APAL SIK??????

tapi sumpah ya, gue pernah benciiii banget sama Leroy Osmani gara2 dia jadi penjahat di CaBo. padahal katanya sih dia orangnya baik *YAEYALAH* =))

CaBo favorit tentunya yg masih ada Didi Petet-nya. sejak Emon diganti, rasanya kurang gigit gimana gitu. *eh ini apa karena bapak gue rada mirip Didi Petet ya?* HAAHAHAHAHAH :))))

prin_theth said...

Nay: Nggak rugi-rugi amat siiih, kalo ketinggalan CaBo baru. Etapi ini menurut gue ya!

Lila: Hai Mbak! Salam kenal :) Duh, tiap ditanya "nggak sabar nunggu lanjutannya", jariku malah mandek ngetik... hihi

Ita: Hahaha, duh kalo anak air tajin aja gedenya sekece kamu, gimana kalo MPASI? *gombal* Aku nggak setua itu Itaaa... tidaaak! Dulu ada oom-ku yg rajin ngerekam film-film CaBo di RCTI di kaset video Beta Hi-Fi, jadi rajin kutonton. Sumpah! *oles krim anti-aging*

Leony: NGAKAK! Kenapa sih lo nggak jadi Gomblohnya aja? Tapi lengkap dengan dandanan Gomblohnya ya. He's a genious legend, btw :)

Nita: Makasih, bumil! Aku juga suka intip blognya hihi.

Desi: Ditunggu yaa

Miund: Kak Miuund! Kita harus bikin gerakan Jangan Salahkan Leroy Osmani nih! Tampang boleh kriminil, tapi hati pasti Rinto Harahap ya nggak sih? Di CaBo III, Om Leroy gahar banget lho...

Eh, seneng amat hidupnya, kalo si bapak mirip Didi Petet hihi. Pernah coba ekting nggak?

runiindrani said...

lela sumpah, gue jd pengen nonton lagiii. kamu punyakah film2nya?

Anonymous said...

hahaha gue semalem marathon cabo-1 dan berpikiran yg sama soal "mobil dono" perasaan mobilnya jeffry sedan kan!!!! tapi yang keluar sekampung =)))))

dan gue sekarang kebawa2 joke emang _____ nya si emon.. hahahaa

btw, oom leroy bukan dari dili bok, dari makassar.. oomnya sepupu gue, specialis pemeran antagonis kayaknya doi (suami nya karmila yang jahat) :)))

prin_theth said...

Runi: Download aja Runiii, banyak lho betebaran di world wide web ;)

Marisaantosa: Mobil Dono itu gong banget bukaaan hihihi. Oooo berarti gue sama dong sama Oom Leroy, sama-sama dari Makassar. Mukanya emang familiar sih ya. Tapi pemain Jefri di CaBo I kan bukan Leroy Osmani. Dese baru nongol di CaBo III...

Anonymous said...

haha itu doi bok, tapi masih berambut dan kurus :))

Katrin said...

HEBAATTT...masih bisa apal atu-atu gini...hal yang paling gw inget dari film2 CaBo selain rambut megar mbak Vera...ama dialog Emon pas jadi navigator,"mas Boy, cepetan dong, emon kebelet eek nih.."hahahaa...bener, mas Didi don't fight it, embrace it!...
ooh,satu lagi, pas mbak Ver turun dari mobil di pinggir pantai LA, tapi kok pake bajunya model mau ke acara cocktail party gitu...

prin_theth said...

Katrin: Hahaha gue ngakak banget inget! Emberrr ada kalimat "Emon mau eek..."

ndutyke said...

gak sengaja nemu blog ini pas browsing tentang CaBo-nya Onky Alexander! Hiyaaaah, ternyata blog-e Mbak Leija toh...

Aku sih gak terlalu minat nonton CaBo yg lama, soalnya suka emosi kalo ngeliat dandanannya mbak-mbak jaman dulu itu :)) apalagi rambutnya.

tapiiii, secara pengen nonton versi yg 2011 ini, jadi kan afdolnya harus ngeh dulu ya siapa itu Nuke, Vera dkk :D

dela said...

Mbak Leeei.. ini ada lanjutannya ngga si postingan ini? Aku kok nyari2 tak adaa.. :(

Unknown said...

Mba Leiii.. aku sungguh terhibur baca postingan ini.. dan akuh tuh jaman dulu ternyata mengidolakan mba Veraa huahahaha.. adegan favorit akiyuuuh.. tentunya mba Vera cipokan ma Mas BOy huahuahaua.. *dasar*

tintanp said...

salam kenal kak lei,
aku baru stalking nih, dan kemudian langsung interesting dengan post kakak yg lain (dari catatan si boy smp kak lei ikut dance class, emejiiiiing..!!)

salut buat kakak, jd inspirasiku banget, n last but not least, ditunggu review cabo tiga sampe lima

big thanks..!! :))

Post a Comment