Aug 17, 2016

Ultah Kearifan Lokal

DSCF4162

Don’t Be Afraid To Be Different (atau, Banggalah Dengan Kearifan Lokalmu)

Kayaknya itu, deh, dua judul yang cucok buat ulang tahunnya Raya yang ke-4, bulan lalu.

Pasalnya, ini anak minta berulangtahun dengan tema Barong. Iya, Barong Bali itu. Nggak kurang unik, broh?

Sejarahnya sebenernya udah lama, sejak dua taun lalu. Ceritanya, di akhir 2014, kami sekeluarga pergi ke Bali, dan untuk pertama kalinya, Raya nonton berbagai tari-tarian Bali langsung dengan mata kepalanya sendiri, mulai dari Kecak, Legong, sampai Barong.

Dese terpesona banget, dan sejak itu, tari-tarian Bali adalah salah satu hal favoritnya di dunia.

Gue antara bangga banget dan cemas banget. Soalnya, kok, anak balitaku tau-tau apal chant dan lantunan tarian Kecak (gara-gara keseringan nonton Youtube-nya)? Is this safe?! Gimana kalo rapalan mantranya tau-tau mendatangkan perwujudan Hanoman di atep rumah gue?

Malah pernah pada suatu waktu, gue kecolongan mendapati Raya lagi nonton video Youtube-nya tarian/upacara Calon Arang, yang penuh dengan adegan warga Bali kesurupan secara eksplisit. MATEK.

Trus, pas libur Lebaran kemarin, kami lagi-lagi ke Bali, dan lagi-lagi nonton tari-tarian, termasuk tari Barong di Puri Saren Ubud. Waktu itu sesi nontonnya agak spesial, karena kami sempet sneak-in ke belakang pura sebelum pertunjukkan dimulai, ngintipin para penarinya dandan, dan ngeliat kostum Barongnya diparkir di sebuah lorong gelap (serem juga ya, mak…)

DSCF3857

DSCF3867

Sampe beli DUA topeng barong versi mini di Ubud

Intinya, Raya suka banget sama tokoh-tokoh dalam tarian Bali yang ikonik, baik tokoh-tokoh protagonisnya maupun antagonisnya. Maka alih-alih tokoh superheroes Marvel atau My Little Pony, hapalan wajib gue adalah epos Ramayana, Barong Ketet, Barong Bangkung, Barong Singa, dan sebagainya. Sampe gue tau hal-hal semacam… nama anak perempuannya Rangda sang penyihir. Vhy? Pentingkah bagi kehidupan gue? ‘Kan atuuut!

Gue jadi serasa mau ujian jadi staf Mendikbud, deh (atau pemandu TMII, mungkin?).

Anyway, nggak lama setelah pulang dari Bali, Raya berulangtahun. Otomatis, bocahe rekues kue dengan tema Barong.

Untungnya, ulangtahun Raya (lagi-lagi) nggak dipestain. Cuma potong kue dan bagi-bagi setitik snack box di sekolah. Jadi yang harus di-“tema”-in cuma kue dan snack box-nya. Repot juga, yaaa, kalo harus bikin pesta, trus manggil atraksi barong beneran, lengkap dengan debus nusuk diri pake keris. Bisa-bisa pestanya digrebek Kak Seto.

DSCF4149

DSCF4156

Ini adalah kedua kalinya Raya berulangtahun dengan kue dari Delicakes @shopdelicakes. Mereka bukan spesialis kue fondant 3D, tapi rasanya yassalaaam… endeus banget! 

Tahun lalu, abis Raya potong kue di sekolah, guru-guru Raya pada bisik-bisik muji kuenya. Tahun ini, kuenya nggak nyisa. Jadi Alhamdulillah, kemakan banget.



For the cherry on top (no pun intended), pemilik Delicakes adalah si serba bisa @iamdewiutari alias @suaraemas yang baik dan multitalenta. Istighfar istighfar istighfar!

*ala TayTay*
*cek Instagram @suaraemas dulu biar paham*

DSCF4205

DSCF4208

DSCF4211

Anak dari pemilik Ini Ibu Budi @helloibubudi adalah temen kuliah gue, Sindi, dan dari jaman kuliah dulu, semua temen-temen kami paham banget, emaknya Sindi jago masak dan bikin kue-kue kecil.  Jadi walaupun belum pernah coba order Ini Ibu Budi sebelumnya, gue pede pesen snack box dari mereka, sebagai goodie bag ultah Raya.

Trus, sebenernya Ini Ibu Budi cuma menyediakan aneka snack dan makanan untuk hajatan, tanpa jasa tambahan. Tapi—dengan kurang ajarnya—gue nekat nanya ke Sindi, bisa pesen kotak snack yang custom designed nggak? I asked this because she has a design background (and a great taste to boot).



Alhamdulillah disanggupin, padahal waktunya mepet banget, and here it is! Kalo ada yang tertarik pesen ke mereka juga, try their sugar donut. It's kinda awesome.

DSCF4175

Acara potong kue dan bagi-bagi snack box di sekolahan berjalan lancar. Walaupun ultah Raya berlangsung di minggu pertama tahun ajaran baru, si bocah introvert nggak awkward ataupun sungkan dengan temen-temen sekelasnya yang nyaris baru semua. Tetep hepi dan bisa senyam-senyum. Seneng banget liatnya :D

Selamat ulang tahun, kecintaanku. Semoga selalu sehat, bahagia, soleh, baik hati, tahan banting, penasaran, dan bikin dirimu sendiri bangga. We love you!

DSCF4197

14 comments:

  1. Happy birthday raya...

    Ngeliat fotonya di IG gw mikir keren juga tema nya tp gak nyangka kalo ini anak nya yg minta. Lucu banget sih raya suka ama barong hehehe.

    Tas goody bag nya juga lucu banget... Kreatif yg bikin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Om Arman! Iyaa, dia yang minta banget, hihi. Makasih yaaa...

      Delete
  2. RAYA lucu banget siih suka barong!

    Happy birthday yaa, semoga terus jadi kebanggaan bapak mamake hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiin! Makasih ya tante arini :D Lucu-lucu serem ya secara penampakan

      Delete
  3. jadi salah fokus sama istigfarnya deh :D
    trus kue Raya enaknya sampe ke ubun² ga mbak Lei ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, nggak sampe ubun-ubun juga sih, nggak kayak TayTay ya!

      Delete
  4. Happy bday to your son, mbak leija!
    Gpp dong anti mainstream tema barong.
    Dan kuenya looks good banget, sayang nggak buka cabang di Sby.
    Tadi nonton @suaraemas lucu bangetttt ngakak sendiri di kantor :D
    Btw I am a fan of your blog!
    Kapan ya bisa nulis bagus kayak mbak hmmmmm..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaw Yuniee... makasih banyak ya! Ini nulisnya masih banyak belajar kok, hehe. Wah, tapi di Surabaya pasti banyak bakery-bakery enak dong ya

      Delete
  5. happy birthday raya!
    ngiler sama kuenya.. sayang semuanya di jakarta ya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, ya :) Pipit dimana? Kalo di kota besar, pasti banyak baker enak juga ya

      Delete
  6. aku sukaaaaak sama raya cowo *bahasa raya cewe* hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, Raya cewek kapan ya ketemu Raya cowok, belum ketemu-ketemu juga ya duo Raya!

      Delete
  7. Happy birthday, Raya! Semoga doa-doa Ibu terwujud yaa, aamiin. Semoga Raya juga bisa jadi Menteri Kebudayaan suatu hari nanti di masa depan! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiin! Kayaknya jadi Menbud tuh pengejawantahan ((pengejawantahan)) tertinggi dari minatnya ini ya, hehe. Makasih ya tante :-*

      Delete