Jun 26, 2016

8 Ciri Kelakuan Fans Game of Thrones


1. Nggak bisa berhenti ngemeng

… terutama ke para sesama fans, dan terutama seputar hari Senin sampai Rabu. Soalnya kalo di Indonesia, seri baru Game of Thrones tayang setiap Senin pagi. 

Kalimat-kalimat pembukanya tentu saja seputar, “Gilaaa… lo liat nggak yang bagian itu? Blablabla…” “Eh, sumpah, kesel banget si anuanuanu…”, “Duh, gue kecewa deh yaddayaddayadda.” Kelompencapir banget, ya. Kelompok Pencaci dan Pencibir.

2. Nggak bisa berhenti membaca, membuat, dan membahas teori

Bagi para fans, Game of Thrones adalah serial terbaik dalam sejarah pertelevisian (dan George R.R. Martin adalah penulis cerita fantasi terbaik dalam sejarah genre fantasi #sotoy #bacanovelnyaajaenggak), dan setiap episodenya selalu membuat para fans KETAGIHAN.

Nah, jadi setiap selesai nonton satu episode, fans Game of Thrones nggak pernah merasa puas. Pengen buru-buru tau what will happens next.

Tapi berhubung harus sabar, akhirnya para fans Game of Thrones suka kelewat inisiatif bikin berbagai gosip dan teori, tentang apa yang akan terjadi selanjutnya. Gimana nasib si A? Apa yang akan dilakukan si B? Cemmana sejarah hidup si C? Dan seterusnya.

Teori-teori yang dibuat oleh para fans Game of Thrones, tuh, ada boanyaaaak banget, dan semuanya seru-seru.  Jadi kalo udah ngumpul, dijamin para fans Game of Thrones nggak akan berhenti ngomongin teori.

Kalo kata Frida, fans Game of Thrones, tuh, halu semua. Berasa warga Seven Kingdoms, sehingga nggak bisa berhenti nggosipin politik “negaranya” (padahal sama isu Indonesia sendiri cuek ya, brooo…).

Inget ‘kan, pas masanya pemilu Jokowi vs Prabowo, segala teori, konspirasi, dan dugaan seliweran dimana-mana setiap hari? Nah, itulah yang terjadi di dunia para fans Game of Thrones. Selalu ada teori seliweran, dan semuanya menarik untuk dibahas, bahas, bahaaaas melulu sampe tenggorokan hamba yang berpuasa makin kering kerontang!

3. Kadang bisa lebih militan dan ngeselin daripada agen MLM

… karena seringkali berusaha meng-convert non-pengikut-GoT jadi pengikut-GoT.

 "Apaaa...?! Lo nggak ngikutin Game of Thrones?"

Soalnya lagi-lagi para fans, tuh, suka halu dan cinta buta. Suka merasa, kok bisa sih ada orang nggak suka / nggak nonton Game of Thrones? Jadi setiap ketemu non-pengikut-Game of Thrones, kita pasti yang, “Lo nonton Game of Thrones nggak? Kok enggak? Nonton dong! Suka nggak? Haaaa, nggak suka?!”

Ngeselin banget nggak tuh? :D

Sebagai contoh nyata, kemaren sempet terjadi percakapan ini di kantor gue,
Fans GoT: Lo mulai nonton GoT dong!
Bukan fans GoT: Tapi gue nggak suka action perang-perang.
Fans GoT: Eeeh, inti GoT tuh justru bukan action perang-perang. GoT tuh tentang intrik politik dan drama!
Bukan fans GoT: Tapi gue udah keburu tau siapa-siapa aja yang matiii…
Fans GoT: Tapi elo nggak tau KENAPA mereka mati ‘kan?

… dan seterusnya. Pokoknya, selalu ada alasan kenapa elo harus ngikutin Game of Thrones!

4. Punya obsesi yang berbeda-beda


Ada temen gue yang terobsesi sama teori Game of Thrones. Pokoknya, setiap abis nonton satu episode, do’i pasti langsung menjelajah Internet untuk nyari teori, about what will happen next.

Temen gue yang lain terobsesi sama dunia Seven Kingdoms. Dia hobi mempelajari berbagai benua yang ada, petanya, iklimnya, budayanya, dan sebagainya,

Gue sendiri? Lagi terobsesi sama reaction videos! Setiap habis nonton episode Game of Thrones yang seru, gue pasti bakal nungguin upload-an Youtube reaksi orang-orang nonton episode tersebut. Semacam minta justifikasi, “Tuh ‘kan, yang nangis bukan gue doang! Yang histeris bukan gue doang!”

Trus anehnya (atau jahatnya), gue hepi ngeliat cowok-cowok geeks bisa nangis atau syok banget karena suatu adegan Game of Thrones. Xixixixi… Ih, ‘napa sih, La?

5. Halunya minta ampun

Kalo gue lagi capek atau frustrasi sama kerjaan, kadang gue pasang headphone, trus…. memutar main theme song-nya Game of Thrones. Abis itu, semangat jadi membara lagi, deh.

Yassalaaam, baper amat.

Bukannya baper, sih. Gue cuma merasa diingatkan, masa’ berjuang melawan kerjaan kantor aja keok? Liat dong Jon Snow yang berjuang melawan semua orang, dari mulai Wildlings, White Walkers sampe temen-temen Night’s Watch-nya sendiri.

Suami temen gue, Gyanda, katanya juga kadang memutar theme song Game of Thrones di mobilnya, dalam perjalanan ke kantor. Trus pada suatu hari, temennya Gyanda nebeng, dan dia bingung sendiri, “Gy… ini lagu apa gy… kenapa instrumen semua gini Gy, nggak ada nyanyinya…” :)))

6. Bisa mengubah kepribadian orang

Gue punya rekan sekantor yang watak aslinya (katanya)  haluuuus banget, bak putri keraton. Tapi pas nonton Episode 9 kemaren, ketika adegan Ramsay lagi ngeselin-ngeselinnya, si Putri Keraton ini bisa-bisanya memuncratkan kata-kata, “Diem lo, anjeeeeng!” sampe semua orang syok :)))

Mantab *angkat jempol gemeter*

7. Matanya jeli semua



Kayaknya cuma fans Game of Thrones, deh, yang bisa mempersoalkan, “Kok Sansa bisa tau anjing-anjingnya Ramsay nggak dikasih makan 7 hari? ‘Kan Sansa udah cabut duluan!” Dan “Sansa kayaknya hamil, deh, soalnya dia ngomong blablabla…”

Wooow, mata apa teropong bintang Boscha tuh? Jeli-jeli amat!

Tapi gue paham, sih. Karena pada faktanya, nggak ada satupun tindakan atau bahkan dialog di Game of Thrones yang mubazir / nggak ada maknanya.

Contoh, nih. Kalo manteman ingat, ketika dulu Daenarys Targaryen disandera di Temple of Undying, dia sudah diramal akan “membakar dirinya”  sebanyak tiga kali, untuk tujuan yang berbeda-beda.

Pembakaran yang pertama untuk life (pas Daenarys “netesin” telor-telor naganya), pembakaran yang kedua untuk enemy (pas Daenarys membakar kuil Dosh Khaleen bersama para Khal-nya), dan pembakaran yang ketiga katanya untuk love. Entah gimana manifestasinya.

Tuh, jadi aksi Dany membakar dirinya sendiri di Dosh Khaleen bukan cuma buat keren-kerenan, mak.

Trus, sebelum adegan Hodor mati, Jaqen H’ghar ‘kan juga sempet ngomong gini ke Arya Stark, “Memangnya yang pantas mati cuma orang-orang yang bersalah? Orang inosen juga bisa mati.” Siapa sangka ini adalah hint adegan selanjutnya? #RIPHodor

Jadi wajar, dong, kalo mata dan telinganya para fans Game of Thrones jeli semua. Di sekolah pasti pada jago nyontek, deh!

8. Last but not least, paham akan nikmatnya nobar Game of Thrones


Kenapa, sih, fans Game of Thrones selalu bersemangat nobar? Kayaknya fans serial TV lainnya nggak begini, deh. Bahkan mungkin ada bertanya-tanya, apa enaknya, sih, nobar nonton serial TV?

The thing is, Game of Thrones bukan sembarang serial TV. It is so packed with emotions, actions, and scandals. Seru banget! Alhasil, adrenalin yang dihasilkan dari nonton Game of Thrones setara dengan adrenalin yang dihasilkan dari nonton pertandingan olahraga.

Seruan mana, nonton final World Cup sendirian di kamar, atau rame-rame sama temen-rame? Rane-rame dong, ya. Biar makin semangat teriak-teriak, maki-maki, dan nangis-nangisnya. Nah, nonton Game of Thrones juga begichu.

Jadi, siapa yang bikin acara nobar akbar Senin besok, kabar-kabarin akuh, yaaa… Valar morghulis!

9 comments:

  1. Mbak Lei judulnya 10 kok isinya 8? #sahjadifansGoT #matanyajeli

    ReplyDelete
  2. 4-8 daku ngerasain banget, kak Lei, ahahah! BTW ntar malem Gulp & Gulf ada nobar lho *kedip-kedip*

    ReplyDelete
  3. I can't agree more.

    kalo ga halu,ga baper,ga sotoy,ga heboh,ga lebay...ya bukan fans GoT ye kann,mbak?
    saking lebaynya,aku pengen jadi bagian dari winterfell & kapan2 bantuin bikin cepolnya Jon Snow. Duileee...
    kadang mikir *tumben mikir*, normal ga sih emosi turun naik cuma gara-gara serial tv?
    *terdengar suara sayup-sayup di ujung sana,,,(normallll!!!)*


    ReplyDelete
  4. ini aku sama suamiku banget, sampe sahut sahutan humming theme song-nya GOT pas belanja di supermarket :)))

    terus pas makan, bukannya mbahas masa depan keluarga, tapi malah mbahas Sansa hamidun apa nggak :)))

    dedikesyen banget :))

    ReplyDelete
  5. dan saat ini... hari senin pukul 13, aku lagi gelisah di kursi kantor. serasa pengen streaming episode terbaru saking gak sabarnyah

    ReplyDelete
  6. eta pisaaan!!! gue kalo udah hari senin ga buka socmed sebelum streaming (ga sabar nunggu tayang resmi kemaleman lol), begitu udh beres streaming lsg norak pasang status dimana-mana... hahahahahahahahahahahahahaha!!!!

    ReplyDelete
  7. Now, post a recap, can you? Hahahahahaha.. aku baper banget liat finale-nya mbak Leeeei...

    ReplyDelete
  8. hahahhaah lebih ngeselin daripada mas-mas MLM wakakaka

    ReplyDelete