Sep 27, 2014

Bali Family Trip - August 2014 (part 2)

Day 2:
Good morning, rise and shine!

IMG_4403

Pagi ini gue terbangun sambil berdendang, “Yaaang… Hujan turuuun lagi…” ala Betharia Sonata, soalnya Yubat memang diguyur ujan semaleman. Alhasil, walau tidur tanpa AC, gue menggigil kedinginan. Mana ‘selimut’ di kamar cuma berupa selembar kain tipis. Huh.

Nevertheless, it was a gorgeous morning. Udara adem gemah ripah loh jinawi, matahari bersinar cantik, Komaneka Bisma pun ternyata tampak 1000x lebih kece di pagi hari. Tapi ada satu, nih yang jelek. Apa tuh? Bukan muka, tapi mood gue.

Entah kenapa, rasa capek dari hari sebelumnya belom ilang. Curiganya ini adalah akibat perpaduan a) bawaan gue yang emang ngantukan parah b) umur yang makin uzur c) harus menjinakkan Raya, dan d) tidur malem yang kurang nyenyak. 

Jadi walaupun pagi ini indah, mood gue jelek. Huft kzl.

Anyway, begitu semua bangun, kami langsung ke restoran untuk sarapan.

FYI, Komaneka Bisma ini hotel kecil. Kapasitasnya dibatasin supaya nuansanya tenang, jadi nggak ditujukan untuk rombongan turis, gitu. Akibatnya, restorannya pun sempit banget, malah kayaknya lebih cocok disebut lorong daripada restoran. Meski begitu, view restorannya dooong…. muhammadarrosulullah. Bagusnyaaa! Jangan-jangan hologram?!

*pencet remot*
*view pegunungan berganti view laut*

IMG_4399

IMG_4401


Jadi walaupun kecil bin nyempil, restoran Komaneka Bisma ini punya pemandangan yang super kece. Ditambah dengan udara dingin dan suara gemericik air serta siulan burung bak musik restoran Sunda, lengkaplah sudah.

Sayang, rasa breakfast-nya kurang enak—hambar dan dry. Oya, karena restoran ini kecil, mereka nggak pake sistem buffet. Semua a la carte atau made to order. Trus kami ‘kan mesen menu yang berbeza-beza, nah, kagak ada yang nampol, tuh.

IMG_4409

IMG_4414

IMG_4417

Ada satu, sih, yang nampol... ANAK GUE. Gue kurang paham, ada apa dengan Raya pagi ini. Apakah overstimulated, apakah hepi banget, apakah sesajennya kurang? Nggak tau deh, yang pasti bocah ini lagi sangat berulah. Kambing liarnya Mak Onah aja kalah.

IMG_4388
Yes, the kid is cute. Yes, he is sitting on a babychair. But he's about to throw a plate in 3... 2...

Gue sering cerita, ya, bahwa Raya memang lasak, tapi pagi ini, lasaknya menjadi-jadi. Semua dipanjat, semua dilempar, semua orang diteriakin. Boro-boro mau sarapan. Ditambah dengan keletihan manja gue, aku gondok beraaaat. Hampir ikutan pecahin piring, trus lari ke hutan.

Gue pun merenung: apakah menjadi ibu seorang toddler itu berarti saying goodbye to holidays? Really? Kenapa harus sok martir banget? This is such a beautiful resort but I nearly couldn’t enjoy it a bit. MUBAJIR NGGAK, SIH? Happy mama, happy baby, right?

Dengan demikian, dengan mantap kupijit nomer telpon salah satu agen nanny harian di Bali, dan langsung konfirmasi sewa nanny per jam buat Raya… mulai sore ini sampe pulang! HOREEEE. Definitely the best decision I made during this holiday.

Selain nelpon agen nanny, gue juga nelpon Pak Wayan, seorang penyewa mobil rekomendasinya Icha. Soalnya, mobil yang disewa Nadia untuk liburan ini mahalnya makdirabit. There’s no way I’m continuing renting with them. Alhamdulillah, meski dadakan, gue tetep dapet mobil plus sopir dari Pak Wayan yang baik hati.

Kelar sarapan, kami buru-buru mandi dan meluncur ke Bali Bird Park sekitar jam 9.30 pagi. On the way, mampir dulu ke Apel Laundry (ini dia laundry kiloan di Jalan Bisma yang dulu jadi langganan!) untuk naro cucian kotor. Gue minta cuciannya dikelarin sore ini juga, dan simbok menyanggupi. Yay for my favorite laundry place :)

Oya, yang ke Bali Bird Park pagi ini cuma gue, Teguh, dan Raya, sementara yang lain punya acara masing-masing.

Kenapa Bali Bird Park? Lagi-lagi, masih mengacu kepada babymoon gue dulu. Dulu gue girang banget, lho, pas main ke Bali Bird Park. Maklum, sini ‘kan anak kota banget, jadi ngeliat burung merak keleleran di depan mata tuh rasanya hepi. Plus, menurut gue Bali Bird Park ini bersih, teratur, cantik dan kecil, sehingga gue rasa nggak overwhelming untuk toddler. Lokasinya pun di Gianyar—seperti Bali Safari & Marine Park—jadi masih deket dari Ubud.

IMG_4423

IMG_4424

IMG_4429

IMG_4436

 IMG_4447

IMG_4449

IMG_4456

IMG_4457

IMG_4461

IMG_4469

IMG_4471

IMG_4485

IMG_4486

IMG_4488
They love Ubud. They really, really love Ubud.

IMG_4501

IMG_4510

Tapi tentu saja. Ada yang namanya ekspektasi, ada yang namanya realita.

Ekspektasi: Bali Bird Park masih seru, rapih, menyenangkan, dan nggak terlalu padet kayak tiga taun lalu (ngarep…). Raya seneng main disini.

Realita: Kualitas Bali Bird Park terasa agak menurun—masih rapih dan bersih, tapi jumlah burung yang berkeliaran kerasa banget berkurang, dan hari itu pengunjung lagi padet-dit-dut. Dan yang paling apes, ternyata Raya nggak tertarik-tertarik acan sama hewan-hewan disana. Malah sibuk minta gendong, dan selalu berusaha nyemplungin strollernya sendiri ke kolam. What’s with this kid’s obsession with nyemplungin barang?!

IMG_4462

IMG_4514

IMG_4518

Satu-satunya highlight pada kunjungan kami ini adalah pas gue volunteer di sebuah pertunjukkan burung. Etdaaah... :)

IMG_4431

IMG_4453

Tau nggak, sih? Belakangan ini, kalo lagi nonton pertunjukkan—entah di theme park, kebun binatang, atau tempat rekreasi / hiburan lainnya—gue lumayan demen jadi volunteer. Kalo pawang pertunjukkannya minta partisipan, gue langsung sibuk ngacung-ngacung. Termasuk di Bali Bird Park ini, ketika mereka mengadakan pertunjukkan dengan burung rangkong.

Jadi, tugas gue cuma ngangkat sebuah hoola hoop tinggi-tinggi, trus nanti burung rangkongnya terbang bolak-balik melewati hoola hoop tersebut. Gampaaang… nggak musti daredevil seperti, misalnya, ngasih makan tikus idup ke burung elang :)

Tapi ternyata, gue cukup kesentil sama sow ini. Gue ‘kan orangnya pendek, yah. Dibawah 155cm aja dolo. Jadi, pas gue ngangkat hoola hoop, si pawang bilang, “Kurang tinggi!”. Sampe gue jinjit dan ngangkat tangan setinggi-tingginya bak cheerleader, tetep kurang tinggi! Akhirnya bismillah aja, semoga burungnya sanggup terbang di kerendahan segitu, nggak nabrak muka gue, hihihi. Alhamdulillah, semua selamet.

Kelar ngiterin Bali Bird Park, kami makan di Bali Starling, restorannya Bali Bird Park.

Bali Starling—menurut gue—adalah satu-satunya restoran tempat rekreasi yang makanannya enak semua. Perhatiin, deh, jarang ada tempat rekreasi yang restorannya enak. Dari Dufan sampe Universal Studios, most of them are yuckiness. Tapi Bali Starling, dari dulu sampe sekarang, lejatnya konsisten. Overpriced, sih, but don’t they all?

Ditambah, restoran ini punya Kids Corner yang dilengkapi oleh berbagai macam mainan, jadi para bocah bisa ditelantarkan disitu sementara mak-bapaknya (berusaha) makan dengan tenang. ITU TEORINYA. Nyatanya, Raya tetep lari-lari keluar Kids Corner, tetep berusaha dorong-dorong stroller, tetep ngejar burung keliling taman sambil nyeker. Tentu saja gue tanggepin dengan, “Biarin aja, Pah… Biarin! Aku laper banget, mau makan dulu!”

Mother of the Year :)))

Walaupun rusuh, untungnya siang ini Raya nggak susah makan.

Sekitar jam 1 siang, kami keluar dari Bali Bird Park. Kalo kami pergi dengan mobil dan sopir sewaannya Nadia, pulangnya kami dijemput oleh mobil dan sopir yang gue sewa dari Pak Wayan. Harganya jauh lebih murah, tapi yang paling menyenangkan, gue dapet sopir ter-oke sejagad raya.

Orangnya sekitar seumuran Teguh, sopan, rapih, doyan ngebanyol, cepet akrab dan friendly sama Raya, tapi nggak berlebihan. Asik-asik gimaneee, gitu. Gue udah curiga dia bukan orang Bali, dan bener aja, do’i ternyata orang Sunda asal Jakarta yang pindah ke Bali beberapa taun lalu.

Namanya Pak Alex. Dan pas memperkenalkan diri, do’i ngomong gini dengan muka datar. “Perkenalkan, Pak, Bu… Saya Alek. Kalo kata temen-temen, sih, Anak Jelek.”

PAK ALEX, WE’RE SO GONNA BE BEST FRIENDS :)))

Bener aja, lho. Selama nyupirin kami di Bali, dese nggak berhenti ngebanyol. Lawakannya ala-ala Lupus taun 80an, gitu, yang mana selera akika banget! Dan setiap kali Pak Alex SMS untuk ngabarin, kalimatnya penuh sopan santun—pake ‘punten’, ‘nuhun’, ‘terimakasih banyak’, dan bebas tulisan-tulisan kode alay.

Sesampai di hotel, nanny harian yang gue sewa udah nunggu di lobby. Pada pandangan pertama, gue langsung mengucap syukur Alhamdulillah 100x, karena perawakannya ngademin sekali. Namanya Bu Made, sudah paruh baya, tutur katanya sopan, mukanya baik, dan kayaknya sabar plus pengertian. Semoga beneran begitu, yaaa…

Kami kenalan singkat sama Bu Made, tapi trus mohon permisi dulu, karena gue mau mandiin Raya dulu sebelum main sama Bu Made.

This is when the drama begins.

Di kamar, Raya ngamuk nggak mau mandi, sementara kesabaran gue dan Teguh bener-bener udah tipiiiiiis sekali. Ditambah, kami berdua udah teler berat.

Puncaknya adalah ketika Raya mukul kepala gue.

Seperti yang udah gue indikasikan disini, Raya is a violent kid. He hits, kicks, bites all the time, tanpa ada yang ngajarin. Gue dipukul dan ditendang, sih, wes biyasaaaa… Biasanya gue cukup sabar dalam ngadepin kelakuan si bocah, tapi kali ini, BYAR! Urat sabar gue dan Teguh putus dua-duanya.

Gue dan Teguh murka setengah mati, dan Raya langsung kami kunciin di lemari kamar mandi. WAAAW, SOMEBODY CALL THE POLICE!

Gue nggak ada penjelasan atau pembelaan atas tindakan ini. Pokoknya kami murka, dan refleks ngehukum Raya dengan cara ter-non-violent yang bisa kami pikirin. We didn’t even consider time-outs.

Ini adalah pertama kalinya gue ngedenger tangisan terpilu Raya. “Papaaaaa… Buka, Papaaaa!”. Terdengar suara tangan kecilnya ngegebuk-gebuk pintu lemari dari dalam. 

T____T

Udah pasti gue ikutan nangis berderai-derai, sambil menahan diri untuk nggak jadi good cop dan ngebuka pintu lemari. Let us both be bad cops this time.

Setelah sekitar dua menit (yang serasa bagai dua abad), Raya kami keluarin, dan langsung peluk-pelukan bertiga penuh haru, kayak episot finale Keluarga Cemara.

Gusti Allah, beneran, deh. Kami nggak pernah mengalami emotional rollercoaster se-intens ini sama si cah lanang. Mulai dari capek, sakit hati dikeplak anak sendiri, sampe iba dan mau mati denger Raya meraung-raung. Teenage years, I really can’t imagine… *merinding*

Per hari ini, drama seperti itu nggak pernah keulang lagi, dan jangan sampe. Kami semua sangat berusaha untuk menghindari ledakan emosi, baik dari Raya, gue, ataupun Teguh. Per hari ini, Raya juga nggak trauma sama lemari, kegelapan... tapi nggak kapok mukul-mukul juga, zzzzz.

After all the drama, I really couldn’t bear with this tiredness anymore. Bisa mati muda aku. Maka dengan ‘berat hati’, gue ngoper Raya ke Bu Made—ditemenin oleh Nadia, Aydin, dan bokap—trus gue dan Teguh pergi… ke spaaaaa!

Berat hati? Maybe not :D

Hari gini, pilihan spa di Bali ada banyaaaak sekali, mulai dari in-house spa di hotel-hotel, sampe spa-spa rumahan di pinggir jalan. Betebaran dimana-mana. Setiap lima meter pasti ada.

Milihnya gimana, dong? Yang paling gampang, sih, intip rekomendasi TripAdvisor, walaupun saran dari TripAdvisor biasanya hit-and-miss. Biasa lah, perkara perbedaan selera bule vs lokal. Bule sukanya pijet di lumbung jerami sambil natap sawah, orang lokal sukanya spa di salon yang putih, bersih, modern. Apalagi teknik mijet tiap terapis beda-beda.

Sore ini, kami capcipcup milih Jaens Spa yang lumayan deket dari hotel. It was a so-so choice, lah. Bentuknya spa rumahan biasa, malah cenderung dekil, sementara pijet dan lulurnya decent aja. Personally, we couldn’t complain, soalnya lima menit setelah baringan di meja pijet, kami langsung terbang alam mimpi! Pingsan sepingsan-pingsannya, dan baru bangun pas disuruh berendem di air kembang (kayak Susanna, yah).

Ada satu kejadian kocak. Sebelum dipijet, si mbak terapis nawarin, apakah gue mau satu ruangan sama Teguh. Tapi kalimatnya, “Mbak, apa Mbak mau satu ruangan sama pacarnya?”

PACAAAAARRR :))) Either kami awet muda, atau emang dikira muda-mudi hobi mesum.

Anyway, it was a very, very much needed massage session. A great decision. Sumpah, kelar-kelar langsung seger dan berasa siap menghadapi apapun. Apaaa? Besok mau ngedaki Gunung Agung sama Raya? Siapa takooot…

Yang lebih bikin hepi, pas balik ke hotel, gue menemukan Raya lagi main-main bareng Nadia, Aydin, dan Bu Made dengan bahagia. Bocah keliatan akraaab banget sama Bu Made, sampe dipelukin melulu. Bu Made emang ngademin, sih (ini nanny apa kulkas?), sampe adek gue komen, “Nanny-nya OK banget, tuh, Kak.”

YES.

Setelah jadi ibu, sumber kebahagiaan biasanya memang beralih. Lebih hepi dapet bebisiter cangcing daripada dapet tas idaman di diskon 70%. Bukan begitu ibu-ibuuu? Bukaaaan…

Nggak lama kemudian, kami dinner bareng di Casa Luna. Pertimbangannya cuma karena tempat ini deket banget dari hotel, eh ternyata sukses abis-abisan! Semua pesenan nggak ada yang nggak enak. Laf laf laf.

IMG_4524

IMG_4527

IMG_4536

IMG_4541

IMG_4543

Abis makan, kami ngambil cucian di Apel Laundry, trus balik ke hotel. Bu Made pamit pulang, Raya mandi (tanpa rusuh), gue beberes, dan akhirnya semua tidur dengan damai. Goodnight, Bali. See you tomorrow.

***

Bonus Round – Tips:

1. Untuk para mamak, jangan ngerasa bersalah kalo pengen me-time saat liburan dengan anak. Apakah dengan cara sewa nanny, bawa suster dari Jakarta, kabur ke spa sebentar, kabur ke bar sebentar (hahaha…), membiarkan anak digendong-gendong pegawai restoran saat kita mau makan dengan damai, membiarkan anak dibawa sama kakek-neneknya untuk sementara… apapun itu!

Gue ngomong begini, karena gue melihat mamak-mamak Indonesia cenderung merasa bersalah kalo melakukan hal-hal diatas, bahkan kerap defensif atau nyembunyiin tindakan-tindakan tersebut dari mata publik. Sebaliknya, kalo liburan sama anak dan kecapekan, rasanya heroik dan ‘memang sudah sepantasnya’.

I blame social medias for this!

Tapi bagi ibu-ibu yang bisa hepi liburan bareng anak-anaknya tanpa bantuan, ya bagus dooong. Gue salut banget and I need to know what you’re drinking. Kopi merk apa? Berapa ratus shot? Apa rahasianya?!

2. Di Bali, penyalur nanny harian, tuh, banyaaaak sekali. Mereka bisa disewa per jam, per hari, atau per minggu. Ada penyalur yang beroperasi sebagai agen resmi, ada juga ibu-ibu yang menyalurkan jasanya secara individual. Rata-rata mereka semua ahli, karena biasa megang anak bule (FYI, selama belasan taun kerja, Bu Made nggak pernah dapet klien orang Indonesia—baru sama gue doang!).

Standarnya, sih, Bahasa Inggris mereka cangcing, bisa CPR, bisa berenang di kolam maupun di laut, bisa melakukan First Aid, interaktif sama anak, nggak songong, dan bertanggungjawab. Satu nanny bisa megang antara 1 sampai 3 anak.

Meski demikian, tetep lakukan penyelidikan dan interogasi yang menyeluruh sebelum hire jasa mereka ya, buibu. Kasus-kasus nanny ble’e, mah, pasti ada aja (Google atau ubek TripAdvisor soal ini). Sebelum hire Bu Made, sebenernya gue udah research dan kontak-kontakan sama agen-nya sejak di Jakarta, tapi baru bikin keputusan di Bali.

Harganya tentu saja lumayan mihil. Patokannya biasanya AUD.

3. Sebelum beranak, gue sering menyaksikan anak bule digendong-gendong pelayan, staf hotel, sampe sopir di Bali. Dulu gue judgemental gilak, “Ortunya manaaa? Kalo diculik gimanaaa? Emangnya nggak papa, anaknya dipeluk-peluk sopir gitu?” Sekarang gue memaklumi, bahkan melakukan hal yang sama. Bukan hanya pas liburan, tapi juga di Jakarta saat lagi nggak ada mbak. It's not big of a deal, ternyata. Parenting is a 24-hours job, and we need breaks! Huft, ah.

Sekian.

24 comments:

Anonymous said...

Seru banget yah bacanya,kaya lg baca novel..
btw happy belated bday ya Kak Leija..

prin_theth said...

Anon: Waaah, ada yang tau! Hahaha... makasih sayang :)

dela said...

Hihi.. happy belated birthday jugaaa.. *ikut2 komen diatas*

BTW, aku dag dig dug bacanya eung... Kemaren perdana ke Bogor pas bocah 7 bulan dan cuma ber3 sama bapaknya aja rasanya chaos.. apa kabarnya mau ke Baliiii.. hihihi..

Nisa said...

haha..ih ultah yaa? aku tau dari komen ajaa, happy belated birthday ya Laila! semoga tetep kuat ngadepin Raya :D

btw soal digendong2 sama sopir itu, aku pun sama. lg ke tukang bubur dan ceritanya udah ikrib, terus gendong2 danish dan dikasih kerupuk biar anteng, yowes ajeee..yg penting bs sarapan dg tenang.

mau liburan lg mikir2, ceritanya pengen babymoon, tp bawa anak macem danish jadinya ga babymoon deh yaa..malah gemporrr. huft!

JJ said...

He hits, kicks, bites all the time, tanpa ada yang ngajarin
atuuuuh... ultah dah sama,kelakuan anak kok juga mirip. huhuhuw.
gue malah ada tahap, Rania mukul, gue pukul lagi. sambil bilang "nah. sakit kan? makanya.. jangan suka mukul kalo ga mau dipukul". jreng!
tapi, la. ada secercah harapan. I hope I don't jinx it, tapi Rania masuk 3 tahun mulai membaik. there are days dia ga mukul2. semoga ya. semangaaat *tambah dosis kopi tiap weekend

Ntiw said...

Halo Leija,
Apakah boleh dibisikin nomor contact yayasan nya bu Made dan Pak Wayan :)

Anonymous said...

tau dong..yang ke 17 kan?haha
btw all the best ya buat Kak Leija,Raya,n keluarganya.

irlhet said...

Hi mba leija

Met ultah ya (ikut2 komen yg diatas :D)

Hmm.. mau komen tapi takut2 nih T.T

aku n suami 2 kali pergi sama anak (anakku laki2 n umurnya ga jauh beda sama raya, 21m)

waktu pertama kali pergi, masih umur 9 bulan, hehehe itu bener2 kaya kutukan, repot serepot2nya, tp jalan2 yg kedua udah agak gedean (18m) n Alhamdulillah sih survive n seneng banget, repot sih pasti soalnya tipe anaknya yg luar biasa lasak, sama kaya raya. Tapi overall sih nyenengin banget, malah pernah tanya sama suami, kapan2 mau ga pergi berdua doang, suami bilang ga mau..apa enaknya pergi ga sama anak, gitcuuu

Mungkin karena emang ga pake BS juga dari dulu, jadi ga kaget.

err, ini komen intinya apa sih ?? hehe cuma mau bilang, kita ga ngokop kopi samsek lhoo, tp Alhamdulillah bisa survive :D

*abis komen takut dilempar sendal ini sebenernya :D*

prin_theth said...

Dela: Hihihi makasih yaaa... sedia Kratingdaeng ajaaa

Nisa: Eh tapi temenku ada yg bebimun sama anak pertamanya juga, no nannya, sukses, bahagia! Cobain aja Niis (seenaknya nyuruh, soalnya nggak ngerasain sendiri hihi)

Iyut: RANIAAAA! Menggila ih. Ternyata anak cewek bisa gitu juga ya? Kirain anak lagi aja lho... PS. Gue juga suka geplak balik, tapi anaknya nggak kapok-kapok ya T__T Sakit banget mak! Mbaknya Raya pernah sampe nangis lho...

Ntiw: Boleeh, bisikin kemana ni? Email atau apa...

Irlhet: *lempar bakiak* hahaha becandaaa... enggak lah sayang. As I've said, aku beneran kagum dan salut kepada mak-mak yang bisa sukses jalan-jalan hepi sama anaknya. Temenku juga banyaaak yg begitu. Bawa 2 anak, tanpa mbak, tapi semua masih aman sentosa, maknya nggak gila.

Dulu sempet ada periode dimana Raya masih bisa begitu, sekarang aku kurang sanggup. Waktu ke Spore bertigaan doang kmrn sempet rada kapok, sekarang abis ke Bali... makin kapok hahaha.

Faktor penentunya banyak sih: sifat anak (se-hyper apa, sedisiplin apa, susah makan gak, susah tidur gak, etc etc), stamina orangtua, dan itinerary jalan-jalannya.

Sukses yaaaa.

dela said...

Mbak Lei,

part three dooong! *lunjak* :))

Ntiw said...

Email mau doong ke nti.chat@gmail.com. Makasih Leija and happy belated birthday... :)

Fany said...

Ya ampuuuuun.... Baca post ini aku seperti berkaca.....dan merasa less guilty �� Alya, 25 months, sedang dalam fase dorong, pukul, rebut. Preman banget dah!!!! Aku juga sering sekali membiarkan dia main sama orang lain (mbak spg, waiter, mbak/mas penjaga apa saja) hanya supaya aku punya waktu menghela nafas sejenak �� Yang penting masi di dalam batas penglihatan mama.This too shall pass is my mantra. Sambil harap2 cemas semoga akhir tahun ini dia sudah lebih settle buat dibawa liburan (rada) jauh pertama ��

Ninta said...

Lailaaa,

Happy belated birthday. Seru ih baca cerita bertele2 ini ahahaha. And yess, gue waktu itu liburan ke Bali bawa ncus dr Jakarta. Alesannya sih ya karena emang ga pengen cape aja, males jg beberes dll dll. Tapi ya gitu deh banyak yang mencibir ya seusss (hallo, kakak ipar :D) dan beberapa temen ada yang "memaksa" nyuruh gue menikmati liburan tanpa suster :D

Anywayy ditungguuuu day 3 sampe 5-nya, dan blog sebelah manaa lanjutannyaaa? Hihihi

Birgita said...

Mbak Leii, happy birthday... :)
Ikutan yg di atas, biar gak tau kapan ultah pastinya.

Bali bird park terakhir aku ke sana Juli tahun lalu, pas sepi lho. Jadi enak kelilingnya. Aku ikutan ngasih makan ke pelican.
Tapi gak ikutan volunteer pas show. Waktu itu ada 1 anak bule, jago banget tau jenis-jenis burung. Kita-kita taunya cuma menikmati keindahannya aja :)

prin_theth said...

Dela: Hihii sabar ya mak...

Ntiw: Kamu udah aku emailin dari beberapa hari lalu yaaa.

Fany: Ternyata semua sama aja yaaa, ya kelakuan anak-anak Terible Two, ya kelakukan mak-maknya *pelukan Teletubbies* :'))

Ninta: Cuek bin sabar ya Nintaaa... Kita 'kan bayar liburan sendiri, anak-anak juga anak-anak kita sendiri. Mau bawa ncus plus paspampres satu lusin nggak apa-apa dong yaaaa hihihi. Updatenya ditunggu yaaa.

Birgita: Waaah, enak yaaa, dateng pas musim liburan (Juli) tapi sepi :)

Btw , pemirsah, ulangtaunku 23 September. TAUN DEPAN NGGAK PAKE LUPA LAGI YAAAA! :))))

♥Tissa♥ said...

Halo leija..aku suka banget bacain blog mu hihi baru sekarang komen biasa nya silent reader aja..Baca postingan Bali ini langsung i feel you deh hahaha..

stres dan malu nya itu uda di ubun2 banget kalo anak teriak2 dan jatohin semua makanan di restoran. Selalu aja episode 'bersih dan sapu menyapu' ga pernah ketinggalan tiap makan di resto sm anak ku.

Btw Raya is simian line baby kah?hahaha abis sifat nya mirip sama anak ku.kadang sampe mikir ini efek dari itu maka nya keras kepala dan lasak nya wassalam banget..hihi

anw,salam kenal yaaa :)

Anonymous said...

Mbak Lei,

aku selama ini silent reader ajah hehe tapi mau tanya donk contact number pak wayan ini. soalnya aku bulan ini mau ke bali dan lagi mikir kok sewa mobil yang biasanya mahal amat ya huhuhu

TIA :)

mrs.resna said...

Mbak lei..
tulisan ini menghibur banget hehehhe
iya ceritanya iya isi "pesan2 moralnya"

anakku dua satu 2,5 thn, 1nya 5 thn
kerasa emang pergi liburan berempat aja atau pergi bawa bala bantuan. Kalau perginya berempat bener2 inget aja tujuannya nyenengin anak kalau pergi bawa bala bantuan baru emaknya bisa leyeh2 deh.

prin_theth said...

Tissa: Samaaa T___T Aku sering nyerah dan nggak nyuapin aja, lho. Mikirnya, udahlah, ntar juga nyamperin kalo laper (lalu rencananya backfire, karena anaknya nggak laper-laper T___T)

Raya kayaknya nggak punya Simian Line, tapi coba nanti aku teliti lagi deh *bawa kaca pembesar*

ilovetobeme: Halooo. Menurutku, harganya Pak Wayan nggak murah-murah amat, sih. Biasa aja, sama dengan banyak penyalur lainnya. Penyalur dari adekku aja yang kemaren mahalnya gegilaan. Pak Wayan 081353080310

Resna: Wiii alhamdulillah kalo tulisannya berfaedah :) Emanglah, kalo liburan sama anak, kayaknya jangan ngarep rilek-rilekan hehehe. Bisa FUN, tapi nggak rileks kayaknya yaaa...

Bunda 'Aqila said...

Setuju dengan saran mbak yang nomer 1, saya juga kalo sekolah anak lagi liburan langsung kirim si bocah plus nanny_nya ke rumah ortu. Kan si nenek yg guru lagi liburan juga, jadi waktu itu diambil buat emak sama bapaknya 'pura-pura' hanimun hahaha

yunipattina said...

Mba Lei...

mau minta contact yayasannya bu made yaaah...
di email ke yuni.pattinasarani@yahoo.com
maaf ngerepotin :)

Unknown said...

Hallo Mba Lei... :)
Met kenal... aq lagi suka2nya nihhh meresapiii blognya mba Lei... Pertama nemu, krn postingan di blognya alodita :)

Suka bgt!! dan berasa punya temen seorang2 mamah2 yg suka travelling dan pny anak yg lagi manis manja..

Makasii ya Mba Lei...

prin_theth said...

Melani: Hai Melani! Aduuuh makasih yaaa, semoga nggak kapok ya kesini hihihi

Unknown said...

Mbak bisa minta nomer tlp yayasan ibu made sama pak sopirnya jg ga? Emailku : oribia_kawai@hotmail.com
Kira2 brp hrgnya ya hire mbak made sehari ya?

Post a Comment