Jan 6, 2012

Pregnant Lady May Make Plans, But God Decides

... yang merupakan terjemahan bebas dari Ibu Hamil Boleh Berencana, Tapi Tuhan yang Menentukan. Kenapa begitu? Karena memang begitulah tema dari kehamilan trimester pertama ini!!! *airmata darah ngalir bebas* 

Untuk kisah tragis lengkapnya, mari kita ikuti rekap trimester pertama berikut ini:

1. Ibu Hamil Boleh Berencana Hamil Sehat, Tapi Tuhan yang Menentukan

Di hari pertama dokter kandungan mengetok palu, "Yak! Anda hamil!" saya langsung buka browser internet sampe sepuluh tab, dan mencatat makanan-makanan bagus untuk ibu hamil, makanan-makanan yang harus dihindari, serta olahraga apa aja yang ideal. Watch out, Gisele Bundchen! *delusional*

Setelah itu, melenggang kangkung lah saya ke supermarket bulek deket rumah, dan meng-abuse kartu kredit suami dengan belanja se-troli penuh makanan sehat, organik pula. Nggak lupa ngelewatin rak mie instan, trus ngeludahin, cuh! Ciyeee...

Hari berikutnya, asik. Santai nenggak jus brokoli sambil ngemil salmon Norwegia, dan berkhayal anak saya langsung bisa aljabar di umur balita. Hari berikutnya, masih asik. Mulai latian badminton ringan sama suami, dan berkhayal anak saya lahirnya langsung bisa ngerangkak *kok horor?*

Minggu berikutnya pun datang, dan apa yang terjadi? Kutukan mual pun tiba!

Buat yang temenan sama saya di Twitter, mungkin udah ada yang nge-mute saya ya, karena terlalu bacot ngeluh muaaal... muntaaah... mau mati sajaaa... pake cengkok derita Kamelia Malik. 

Emang segitunya, ya? SEGITUNYA. Dan dari sekian banyak input yang datang ke diriku -- termasuk yang nyuruh sabar, yang bilang manja, yang nakut-nakutin, sampe yang selalu ngebandingin sama pengalamannya sendiri as if it would help -- saya paling suka inputnya Gemma: "Emang nggak bisa diapa-apain ya, La. Tiduran aja rasanya nyiksa kok karena badan udah nggak enak." Embeeeerkasi penenerbangaaan... Kata kuncinya: emang nggak bisa diapa-apain.

How do I know? Karena saya udah coba 'ngapa-ngapain': makan jahe-jahean, tidur, ngaji, ngirup minyak kayu putih, olahraga termasuk jalan kaki, badminton, dan berenang, self-hypnosis, jalan-jalan ke mall, nonton film horor, rajin minum susu, makan sehat, makan junk food, makan buah asem-seger, ngemut es batu, nungging, dipijet-pijet kecil sama suami, muntah sebanyak-banyaknya, dan nangis. So don't say I didn't make an effort.

Selamat tinggal jus brokoli... selamat tinggal rebusan kacang ijo... selamat tinggal empat sehat lima sempurna... hello Indomie, my mood booster. Kualat ya, dulu aku ngeludahin kamu.

(sebelum dilaporin ke Milis Sehat, saya makan Indomie kalo udah nangis ya. Yang berarti kesel dan muntahnya udah ekstrim. Coba kasihani dikit dong...)

2. Ibu Hamil Boleh Berencana Hamil Pintar, Tapi Tuhan yang Menentukan

Dari segala macem gaya mendidik anak yang ada diluar sana, saya dan T udah salaman mantap mau mengikuti jejak Amy Chua -- mengembangkan potensi anak semaksimal mungkin, dan selalu ber-hudznudzon bahwa anak tuh sebenernya mampu ngapaiiiin aja.

(bukan sebagai emak yang sadistis ya, ini siapa sih yang hobi salah mengartikan begitu? Udah pada baca bukunya belum sik?!)

I want my kid to be like my husband with all his achievements, and don't be like me, the underachiever, mediocre kid.

Ke-ambisius-an ini idealnya mulai diterapkan sejak hamil dong ya. Rencana awal sih mantep banget: tiap pagi dengerin Beethoven kenceng-kenceng sambil buka buku latian TOEFL dan GRE (sampe udah beli bukunya HAHAHA). Nggak lupa menganalisa lukisan-lukisan Titian sampe Pollock, biar nyeni dikit eiits... Setelah itu, lanjut produktif ngerjain kerjaan-kerjaan freelance saya. Tidak ada kata malas untuk ibu hamil! 

Nyatanya, mual yang parah banget ini membuat saya cuma bisa berbaring, natap langit-langit kamar, sambil berderai-derai airmata seharian. Kalo airmata udah kering, cuma bisa nonton Keeping Up With The Kardashians, acara gosip lokal brerot-rerot, trus lanjut namatin komik Topeng Kaca dan Shinchan. Intelek dan berkualitas sekali, bukan?

3. Ibu Hamil Boleh Berencana Hamil Romantis, Tapi Tuhan yang Menentukan

And I don't mean romantis sama suami, as in ibadah malem Jumat jalan terus. Kalo itu mah, aduh takutnyaaaa! Mending disuruh jalan kaki lewat kuburan Jeruk Purut deh (enggak juga sih).

Saya selalu berpikir bahwa hamil itu romantis. Ngobrol sama si bayi, usap-usap perut, ngayal mau merancang nursery kayak gimana, doain si bayi segala kebaikan dunia dan akhirat, relaksasi bareng-bareng, baca buku hamil dengan khusyuk to understand the baby, dan si ibu pun berlaku dan bertutur kata lebih baik... kayak PDKT ke calon pacar, tapi mungkin lebih indah ya :)

But again, the damn sickness ruined everything. Di minggu 5 s/d 9, dimana mual saya bertahan 24 jam secara harfiah, keromantisan itu resmi bubar. I hate everything that has got to do with babies and pregnancy, because they all intensify my sickness. Buku-buku hamil yang udah dipilih hati-hati berdasarkan review para ahli, pengen dikubur aja rasanya. Bahkan kalo liat desain-desain nursery, atau pilihan stroller, bawaannya mual banget.

Trus, karena tau nggak bakal bikin baby blog, saya sempet bikin jurnal bayi handmade. Udah disusun bagus-bagus, eh bawaannya pengen ngebakar aja, dan nggak pernah diisi sampe sekarang.

Dan sementara bumil-bumil lain pada jaga hati dan jaga lidah, ini saya kok cuek banget. Apa karena lingkaran pertemanan saya emang agak bau neraka ya (lirik tajam Supeks), bawaannya ngajak nggosip, nyela, dan bitch-fight mulu tiap hari. Tapi gimanaaa... nusantara ini juga suka ngasih gosip yang nggak bisa nggak dicela sih. Hai, Tante Kamseupay!

Yang paling bikin sakit hati, maternal instinct saya serasa nggak tumbuh. Waktu pertama kali denger detak jantung bayi saya, reaksi saya cuma, "Oh, OK." Nggak, nggak terharu. Lega aja ya, semua normal, tapi nggak ada acara berkaca-kaca atau merasa tersentuh. Dan ini berlanjut selama trimester satu ini. No excitement.

Sedih? Sedih banget. Suka mikir, kok mual saya ekstrim sekali, sampe mempengaruhi insting keibuan gini. Apa saya semanja itu? Or is this normal? Suka nangis karena bingung, dan nggak tau musti gimana. 

Gong-nya adalah menjelang Natal kemaren. Waktu itu masa puncaknya muntah-muntah saya, sampe gemeteran dan cuma bisa posisi sujud di tempat tidur. Partner saya, si suami, lagi keliling Sumatra hampir dua minggu untuk kerjaan plus liburan keluarganya.

Nah, jeleknya T nih, orangnya tuh jauh di mata, jauh di hati. Kalo lagi di rumah, perhatiannya luar biasa. Tapi kalo lagi jauh sama estri, ya lupa juga deh sama estri. Nggak pernah tuh di BBM acan, ditanya apa kabarnya, atau dikasih kata-kata mutiara penghangat hati.

Jadi pas menjelang dese mau pulang, ngamuk lah si estri. Saya teriak-teriak di telpon sambil nangis, meledak karena T nggak pernah nanyain kondisi saya sedikitpun (dramaaa), dan ujungnya keluar kalimat, "Don't make me feel sorry for being pregnant! Aku sekarang nyaris ngerasa kayak gitu!"

Gongggg.... menggema deh gongnya sampe ke sanubari. Langsung pengen motong lidah saya pake gunting rumput karatan saat itu juga. Sebagai pelengkap derita ibu hamil, malemnya saya mimpi melahirkan bayi cowok yang tampan dan lucu sekali... dalam keadaan cacat.

Paginya, nangis dua ember. Jangan ditanya deh sengsara guilty feeling-nya kayak apa. I felt so selfish, that my kid don't deserve me.

Kalo ditanya pengalaman terburuk selama hamil sejauh ini, kayaknya itu deh.

***

Pregnancy is different for every individual and it's a highly unique experience. Meskipun buat saya rasanya asem-asem gembira, saya tetep bersyukur kok, karena ini semua membuat saya ngerasa "hamil banget" :) 

I'm improving my mother-ly skill everyday, dan Alhamdulillah, sekarang udah bisa mulai makan sehat, udah bisa ngontrol mood, dan mulai produktif lagi (I hope). Maybe I screwed up once or twice during my pregnancy so far, tapi satu kesalahan bakal saya bayar dengan seribu usaha baik kok, Insya Allah! 

And I guess that's the whole point of parenting, anyway.

Dan kini mari kita sambut trimester kedua! Hore! *lompat ke udara dengan tangan mengepal*

26 comments:

Anonymous said...

Semangaaaat kakak!! Semoga sehat selalu...kl skrg nyiksa banget smga bsk lahirannya lancar jaya yaaa, sekali batuk langsung meluncur :)

Anonymous said...

sehat-sehat terus ya mba lei.. :)

Lincrut said...

Lol lol...biasanya org hamil suka pd sok angel2an ya nulisnya tp yg ini kocak bgt

Dulu gw pun pertama Kali muntah nonstop sempet ngomel2 tp ngomelnya ke dokter2 di sluruh dunia, gw blg 'masa g Ada obat aman buat ngilangin mual,penyakit macem2 Aja Ada obatnya masa mual Aja g Ada,g masuk akal,kalo kurang cairan gimana,anaknya mkn apa' gw rasa suami&nyokap gw yg denger pasti nahan ketawa denger gw ngomel berapi2 sambil muntah2

Trus pernah baca brita soal ibu hamil yg muntah Berlebihan akhirnya digugurin krn bahaya buat ibu&anak, somehow pernah sdikit terlintas 'gw jg mau dong daripada ky mo mati gini'

Perasaan2 yang g 'keibuan' itu kl di gw masih suka muncul even di detik2 menjelang lahir,pas dokter bilang 'palanya udah kliatan' masih yg eh bner nih bntar lg lahir ni anak,slese d gw jd putri

Ini masutnya bukan mo curcol/crita pengalaman yg 'as if it would help' cuma mo membesarkan hati bahwa it's perfectly normal&u are not alone :) cheeers

snd said...

"don't make me feel sorry for being pregnant!"
LMAO i'm sorry, i know i shouldn't be laughing but i love this post! :))
awh, semoga 2nd trimester goes extremely well!

PuT said...

haa...selamat leeiiiii udah masuk trimester kedua..trimester TERINDAH saat hamiiilll..dan statementmu ga elus2 perut itu juga kayanya akan berubah dee seiring dengan membesarnya si bayi dan frekuensinya ndusel2 perutmuu..hihi..

Unknown said...

Hwaaaaa,,,uda lama gak buka blog ini ternyata udah ada yg berbadan dua.....congratz ya.....smoga lancar...aku dulu mual2 ampe trimester pertama....trimester 2 waktunya makan2 dan jalan2...hehehe

dhira said...

Horee!
Trimester kedua adalah surganya ibu hamil loh Lei! Bisa makan dengan enak, tidur dengan nyenyak, gak terdrama lagi... Belom lagi mulai terasa quickening-nya aaah, surga!

Semangat terus Lei

risti said...

Pelukkk!!! Yang kenceng!!!

astrid said...

semangat lei =D kalo lagi hamil, semua kesalahan bisa ditimpakan ke si "hormon" kok *wink* well just enjoy the roller coaster ride, suatu hari nanti, bakal jadi pengalaman yg bisa dibagi ke anakmu sambil ketawa2 (atau sambil marah2 kalo dia bandel hihihi) 2nd trimester should be nicer =)

Leony said...

Baru nyokap gue bilang: Non, kalo kamu nanti hamil, semoga kamu tidak menyiksa diri dan tersiksa ya...
Trus gue dengan bodohnya bilang: Apaannya sih yang tersiksa? Palingan mual-mual gitu kan ??
Nyokap bilang: Heh ? Bukan cuma mual-mual edan, mama aja tuh sampe ga brani lihat matahari!

And then I read your entry... Geez!! And Thanks God that the 2nd trimester has arrived, La!! Kata semua kawan2 gue, itu saat-saat paling indah dan nyaman dalam kehamilan. Ngesot atau marathon aja gak brasa katanya. Haha. Doaku selalu untuk calon ibu yang satu ini!

wawagunk said...

akhirnya apdet blog juga, yang artinya mbak lei udah mulai enakan yah.

semoga sehat terus selanjutnya. Semoga gw nyusul hamidunnya *aamiiin*

© Ayu Samsudin said...

Hi lei, been there, done that. But, in the end, you'll never regret any single thing, by the time your child grab your finger, it'll be the 'moment', you'll know it's all so priceless...:)

Uracute said...

lucu2 miris sedih baca postingan ini...

Iya bener bgt kalo sickness itu ga bisa di apa-apain...

Gw juga dulu super parah mualnya, sampe 9 bulan saja lohh *merinding kalo inget* reda cuma pas di bulan ke 7 dan 8 saja.

Motherhood Instinct adalah sesuatu yang terjadi secara alamiah dan kalo gw sih menyadari nya sejak baby udah bisa gerak2 sekitar 6 bulanan.

It was amazing...

Believe it or not sekarang gw kangen 'kesengsaraan' pas hamil itu

Gud luck ya semoga semuanya sehat :)

Gemma said...

Hahahaha..
Kayaknya bayruck therapy ala tante Boli emang paling manjur ya.. Ilang langsung semua gundah gulana!

Semangkaaa!

cHenduolll said...

pantesan ngilang dari blog, ternyata......

tapi dah enakan kan Lei?
trisem kedua will be so much better ko, selera makan udah balik dan badan lebih fit..
tenang aja, trisem pertama baru mukadimah ko, masih ada masa2 yang lebih mengerikan macam melahirkan dan mendidik anak heheh *malah makin bikin lo horor de gw :p*

lulu said...

semoga lancar terus ya.....gak ada kendala lagi....

itu...yang oh, ok....kaya'nya jadi ketularan respon keluarga waktu denger kabar dulu deh...

ini_dhita said...

horeee..semoga 3mester kedua lebih enakan ya la *pelukk*

Nisa said...

pucuk dicinta leija pun tibaaaa..udah ngarep seribu taun apdetan blognya dan alhamdulillah wa syukurillah muncul juga. kangen parah baca blognya :D *aduuh, ko kaya freak sih?
baidewei..mengharu biru sekali sih postingannya.aku pun jadi ingin segera hamil..ya masi 2bulanan kawin juga sih ya, tapi can't wait untuk pengalaman horor lucu tak terlupakan itu.
terus semangat ya lei, insya Allah sehat terus baby nya dan ibunya juga.
SEMANGKAAAAAAAA ;p

Riska said...

speechless.
kayaknya wanting everything to be perfect itu udah wujud maternal instinct deh. gue juga gak punya pengalaman hamil yang 'menggembirakan' - no, not at all. but it'll pass. saatnya bayinya lahir, lucu, montok, dan matanya seolah bilang "i love you no matter what" setiap saat, suddenly you just could forgive yourself. because the baby did already, and he does, every single day for these magical 2 years.

hang on in there yah, one of my favorite bloggers hehehe. you'll be a great tiger mom, i'm sure.

Indah said...

hihiii sabaaar Lei, trimester pertama emang rasanya kaya PMS tapi kok yaah gak kelar kelaar gituh heheh..
trimester 2 dan 3 jaauuuhh lebih nyaman, dan smua rasa gak enak bakal terbayar pas nanti si baby udah mulei gerak heboh di dalem perut..
*sok wise bnr deh ini commentnya*

prin_theth said...

Wawawiiiwaa... Subhanallah, hatur nuhun yaaa, buat yang udah komenin, bersimpati, beratensi, about my not-so-pleasent 1st trimester :(

Sekarang posisi sedang berada di pintu gerbang trimester 2 yang rasanya kok sama aja mualnya! Kepiye tho?! Insya Allah ntar mereda deh, but if doesn't, who cares right? Ibu-ibu tuh makhluk paling kuat di dunia lho sebenernya *tapi tetep dlm hati khawatir... udahan dong gak enak bodinya*

Sekali lagi makasyiiih banget ya, dan punten belum bisa bales komennya satu-persatu, karena ceritanya masih benci liat layar komputer nih :D Group hug!

ndhachiyo said...

hahhahaha... lucuuuu bgt.. dan pengalaman trimester pertama nya gak jauh beda bgt ma gw,,

dulu bener2 ngarep klo hamil bakal blaa. blaa. blaa yg jelas yg bagus2 biar nanti anak nya jg baggus.. ehh tpi kenyataan nya tidak tuh.. seni nya ibu hamil bgini kale.. dan eyke jg skrg msuk di trimester kedua tpi sama aja gak bs makan dan muntah mual T_T

prin_theth said...

Ndachiyo: Hahaha emang teori dan niat tuh kadang-kadang hanya khayalan belaka yaaa... Prakteknya tetap seenak-enak bodi emaknya aja deh. Sudah lahiran kah bu? Sumangat yaaa...

winkthink said...

seperti tulisan Lei yang lain, keren :)
Aku belum pernah hamil jadi jelas gak masuk itungan kasi apa pun. Tapi yang aku tahu pasti, you're a great person. That's why am sure u're a great mom. Underachiever? Timbangannya sapa? I know you only from your blog and believe me, I see none that makes me think you're one of underachiever person.
Semangat ya :)

prin_theth said...

Winkthink: Aduh, kamu malaikat dari surga kavling mana siiih?! Thank you so much ya for the very kind words :) Walau kita memang nggak saling kenal, it means a lot in these hard times.

Vitamin penyubur kandungan agar cepat hamil said...

Selamat ya.. semoga jadi anak yang soleh..

Post a Comment