Jan 18, 2011

The Southeast Asian Trip: Oh, Hanoi

(baca cerita sebelumnya dulu ya...)

Mulai Nyesel Nggak Milih Hanoi?

IYA.

Jadi ceritanya begini -- apakah Anda tahu bahwa:

Vietnam has a return rate of just 5% compared to Thailand’s whopping 50%
-The Economist

Seperti semua statistik, angka tersebut ada latar belakangnya dong ya.

Jadi, kenapa kebanyakan turis ogah balik lagi ke Vietnam? Berdasarkan riset diantara sesama traveler, survey membuktikan bahwa Vietnam adalah salah satu negara yang paling menyebalkan di SEA, terutama di titik-titik yang terkena turisme, seperti Hanoi, Hoi Chi Minh, dan situs alam di sekitarnya seperti Ha Long Bay dan Hoi An. 



Mirip Garut nggak sih? Atau Cicalengka?

Alasannya? Ada yang bilang karena industri turisme Vietnam masih baru banget, dimulai sekitar  pertengahan 1980-an. Wajar aja kalo belum profesional dan banyak tukang tipu. Tapi saya pernah denger cerita gokil: akibat pemerintahan yang korup, Vietnam masih miskin dan ketinggalan dibanding negara-negara tetangga. Proteslah mereka ke pemerintah. Dan jawaban pemerintah adalah, "OK, gue nggak sanggup nalangin kebutuhan harian lo, jadi lo rampok turis aja gih sana,"

Alhasil setiap titik yang tersentuh turisme di Vietnam menjadi ladang ranjau darat, penuh dengan tukang tipu dan tukang rampok yang siap nelen turis bulet-bulet.

Kita bisa aja mikir, "Ya oloh, kita 'kan orang Jakarta, rajanya nipu. Sejauh apa sih tipuannya Vietnam?" Well, ternyata, jauh banget sampe disorot sama majalah The Economist.

Kalo kita pernah ngerasain dipaksa-paksa pijet atau kepang rambut sama mbok-mbok di Pantai Kuta, katanya itu belum seberapa dibanding paksaannya penjual asongan Hanoi yang sampe berani nguntit bermeter-meter dan dorong badan. Kalo pernah ngerasain argo yang disetel ulang sama taksi tukang tipu di Cengkareng, katanya itu belum seberapa dibanding taksi di Hanoi, yang sering dibawa kabur. Dari airport, turis sering dibawa ke hotel lain (bukan hotel tujuan kita) dan maksa si turis untuk nginep disana aja (supaya si supir dapet komisi. Kongkalingkong sama hotelnya). Dan kalo kita nggak mau bayar argo kudanya, pintu taksi dikunci dari dalam dan si korban nggak bisa keluar taksi.

(ada turis yang nekat diem aja, sampe bobok di dalam taksinya. Pokoknya ngotot nggak mau bayar harga 'nipu'nya. Untung diturunin, bukan dibelek! Tetep, abis itu musti jalan kaki sendiri nyari hotel tujuannya...)

Sebenernya tingkat kejahatan disana (kayaknya) nggak fatal ya. Maksudnya, bukan berarti kita akan ditodong pisau di leher. Bahkan jalan kaki sendirian tengah malam katanya masih relatif aman. Tapi penipuan, servis busuk, dan agresivitas terhadap turis ini terjadi dengan sangat konstan dan kenceng, membuat overall experience di Vietnam menjadi malesbanget.com. Kita pan mau liburan, bukan tegang-tegangan sama tukang tipu tiap hari!

Ditambah, mukenye mungkin Asia banget, tapi katanya orang-orang Vietnam lebih galak dan ngotot dibanding Batak terminal.

Ini kata orang ya, hasil riset berhari-hari, yang membuat hati rapuh ini makin pengen nangis.

Bahkan katanya, kalo ada turis ke Vietnam dan pulang-pulang nggak BT, berarti dia:
1. Travelling with mid-to-upper budget, sehingga bisa dapet servis lumayan dari chain hotelnya.
2. Kena tipu, tapi nggak nyadar. Jadi ikhlas aja bayar ini-itu sambil siul-siul. Which brings us back to point #1.

Saya nggak berencana untuk hardcore backpacking -- traveling melarat pake baju yang nggak dicuci seminggu, bawa ransel gede yang digantungin pot dan panci, bertahan dengan $5 sehari -- tapi saya tetep musti melancong dengan budget serendah mungkin, sampe batas kemampuan (will stay in cheap hostel, but will never sleep in dorms with 10 other people and communal bathroom), sehingga besar kemungkinan saya untuk berhadapan dengan scammers di setiap jengkal Old Quarter.

Sebenernya kesian ya. Tingkat pendidikan Vietnam mungkin belum terlalu tinggi, jadi banyak orang yang short-sighted alias berpikiran pendek. Mereka mungkin bisa ngedapetin duit ekstra dari ngancem dan nipu turis setiap hari, tapi emang dikira turis ni begok? Ya, pasti nyadar dan merasa terancam lah, alhasil males balik lagi. Akhirnya yang terpuruk 'kan mereka juga...

Lucu ya. Saya kira keramahan orang Asia Tenggara tuh merata. Di Bali, saya bisa nongkrong sama petani dan diundang nonton upacara keluarga mereka tanpa diminta imbalan apapun. Di Vietnam (lagi-lagi katanya), kalo kita moto pedagang buah aja, ujungnya dese minta dokat.

Sebenernya, satu-satunya hal yang bisa melindungi kita adalah jam terbang traveling. Semakin banyak pengalaman kita melancong ke berbagai tempat, kita akan semakin adaptif, jago navigasi, dan nggak panikan. Sayang, saya sama sekali bukan traveler ulung. Saya nggak pernah ngunjungin medan 'sulit', nggak bisa nawar, nggak kuat dibentak, dan di kota sendiri aja masih suka nyasar.

Sigh.

Apesnya, ketika batin ini perlu dukungan, saya malah mendapatkan sebuah nasihat pamungkas yang membuat hati ini makin ciut, "Traveler pemula ya? Ke Thailand aja gih, santai-santai. Nggak akan kuat di Vietnam, apalagi Hanoi."

Makjedaaarrr! Tiket SIN-HAN nya udah dibeli Mas, Oom, Mbak, Jeung!

Dear Hanoi, please prove me wrong. Semoga kepanikan saya lebay.
Thank you and goodnight.

11 comments:

Andy said...

coba baca tweet-annya nita. biar (ga?) tambah ilfil... ;))

Teh Nita said...

well, gue baru saja dari Hanoi. dan semua tulisan lo benar.

but.... mungkin itu gue pas sial aja :)

sekarang lagi mampir ke Nha Trang on the way to Saigon. Keramahan apa? Gak ada senyumnya tuh mereka, kecuali kalau mau jualan sesuatu.

Waktu dari Hanoi menuju Hue, gue berangkat jam 7 malem. Jam 9 malem dipaksa turun di sebuah tempat makan dan pintu bis dikunci. Sementara suhu saat itu mencapai 15 derajat celcius. Gue minta masuk bis gak boleh.

Waktu nyampe Hanoi, gue naik taksi yang awalnya ngerti omongan gue pake bahasa Inggris. Giliran gue minta kembalian uang taksi dalam bentuk Dong (gue ngasihnya USD) dia belagak bego sampe mesti gue maki-maki.

Naik ojek balik dari HCM Mausoleum, awalnya udah oke mau 50rb Dong. Tau2 gue mau diturunin pas papan jalan tujuan gue muncul. Padahal perjanjiannya sampe hostel dan itu masih lumayan jauh. Pas gue maksa sesuai perjanjian dia minta 60rb dong.

Gue kasih? Nggak. Bodo amat.

Just be very very very careful there :)

Gemma said...

grrr... udah capek-capek nulis lenyap! Tapi berhubung gue baek ya (dan situ nagih terus) beginilah tanggepannya..

Jadi menurut pengalaman Aldi yang baru pulang bekpekingan dari HCM (HCM ya bukan Hanoi) udah pasti doi ngga mau balik lagi kesana. Bukannnya apa, karena disana ngebosenin aja, ikut tur ke tempat-tempat bersejarah kok lebih mirip berkunjung ke kantor kelurahan di Jakarta. Emang dasarnya laki gue ngga nyeni ye..

Kalo dari segi keamanan sih aman-aman aja ya, malah katanya kalo di taman ada garis pembatas yg ga bisa dilalui pedagang asongan dll. Yang agresif biasanya orang-orang restoran yang nawarin menu, mereka ngerubutin turis, tapi di jakarta kalo ke foodcourt yg sepi juga kadang kita dikerubutin, hehe. Terus yang paling bikin jantungan itu adalah lalu lintasnya, motornya lebih ngga ada aturan dibanding disini, jadi kalo mau selamat liat-liat jalan katanya :D

Yang bisa dinikmati adalah: Pho & kopi vietnam (ya eyalah!) bahkan ada beberapa resto menyediakan Pho halal. Kalo ke pasar juga nawarnya mesti super sadis. Nah ini HCM ya la, gue ngga tau kalo Hanoi.

Selamat Berlibur!

swas said...

hanoi is the best place i've ever been, lei! cheap food *yah kalo lo bmasalah dgn makan babi and stuff emang ribet, sih..* semua lebih murah krn nilai uangnya separo dari currency kita.. hanoi punya winter, jd klo pergi di akhir tahun ato awal tahun make sure bawa winter coat..

jangan lupa pergi ke halong bay.. it's not hanoi if you haven't reached halong bay..

and you must visit saigon.. where you can find the museum of the pic you post your prev entry.. the war remnants museum.. and you should definitely go to cuchi tunnel, unless u're claustrophobic..

tp, kalo tertarik ke vietnam, ke kamboja juga.. but do it backwards, kamboja dulu baru vietnam.. supaya nggak depressing.. krn vietnam menang perang smtr kamboja masih baru bebas dr rezim sjk 98..

goodluck with the trip!

prin_theth said...

Nita: Makasih ya atas point of viewnya yang positif dan menenangkan jiwa. Makin semangat kesana! Not.

Gemma: Hoahahaha. Tapi emang begitu sih yang gue liat dari foto-fotonya. Dolan ke museum kok serasa mau bikin KTP...

Yah, selain dari makanannya (asal nggak salah malah mesen mie anjing), tampaknya gak ada yang bisa diharapkan dari Vietnam. Siyaal!

prin_theth said...

Swas: Makasih ya Swas :) Paling seneng kalo denger suara positif tentang Hanoi. Sayangnya, nada positif ini selalu kalah dengan banyaknya nada sumbang.

Rencananya memang ke Halong Bay dan nginep di kapal, tapi lagi-lagi, terlalu banyak cerita ttg ditipu travel agent Halong Bay yang jumlahnya ratusan itu

Saigon, mungkin lain kali yah :)

Tiket udah dibalik Swas, jadi nggak bisa memutar balikkan Kamboja-Vietnam. But I'm quite happy with this arrangement, karena gue 1000x lebih semangat ke Siem Reap daripada Hanoi.

Nevertheless, ini belum 100% pasti, karena belum semua tiket kebeli. Mungkin mampir ke Laos? Mungkiiin :D

qonita said...

helo..silent reader dan fan blog nya kk leija
klo kata temen ku yg org vietnam, ke hanoi pas januari begini kalo beruntung bs dpt salju tp ya itu lmyn dingin :D
soal pemandangan klo aku lihat dari foto2 dia pas pulkam kayak indo aja,banyak sawah dan motor.
tp halong bay nya emang bagus banget kayaknya
oh iya kopi ama pho nya enak banget nget, yg versi kw nya d korea aja udah enak apalagi klo yg asli
oh iya alat bikin kopi nya jg unik hihi, terus aku suka spring roll ama mie instan gaya vietnam yg kayak bihun dan tinggal d seduh air, seger, tp cari yang ada tulisan halal nya kalo mau aman

oh iya, jgn kaget aja kalo denger orang vietnam ngomong, high ptich banget kayak nyamuk (pengalaman 2 taun punya room mate org vietnam hehe)

eh kenapa ga mau ke korsel? aku mau nganterin jadi guide kalo jalan2 ke seoul hihi
apalagi musim dingin sekarang, lagi banyak salju dan dinginnya mantap gila hehe

Ariza said...

Mba Lei, aku yg kemaren komen ttg mapacci di wedding blog mu, hehehe :)
April 2010 aku ke Hanoi, and I LOVE THAT CITY. entah krn aku beruntung atau gimana, tapi emang aku dan temen2 safe trip. Nginep di hostel yang murah tapi reviewnya bagus di Old Quarter, dan menuruti semua saran di Lonely Planet, web, maupun nasehat mbak2 dari hostel. Milih taksi cuma yg direkomendasikan, dan milih halong bay tour dari hostel juga yang alhamdulillah memuaskan banget. Kalo suka yg culture2, oke banget kok Hanoi ini.

Btw, Kalopun aku cuma beruntung, semoga mba Lei sama suami jg lebih beruntung lagi :), hehe.

prin_theth said...

Helooo Qonita dan Icha! Makasih ya udah menyumbangkan suara positif lagi buat Hanoi hehe. Iya, aku semangat nyobain kopi dan pho-nya aja dueh. Not so much on ditipu sana-sini.

Semoga aku bisa seberuntung kalian yah, jalan-jalannyah :D

ashl3igh said...

silent reader nih.. tapi jadi pengen komen.. bukannya justru bumbu2 peristiwa aneh bin ajaib (asal ga membahayakan ya) justru buat nambah koleksi cerita seru? seperti gue justru yg gue ceritain ke temen2 gue pas gue teriak2an ngotot sama tukang onta di mesir di depan piramid gara2 dia mo coba malak gue, nyasar dan ilang/misah dari keluarga pas di roma yg notabene jg byk copetnya, pdhl lagi ga bawa dompet, atau ketika lari2 di ujan gara ngejar kereta tapi keburu ketinggalan dan badan serta tas ransel basah kuyup pas masuk kereta ga beda dengan gembel deh pas travelling sendiran lagi.. wah pas ngrasain sediiih banget.. tp kalo inget ketawa2..
kuncinya sih expect nothing lah.. malah nanti byk hidden surprises.. looking forward to reading your experiences in your blog! :)

prin_theth said...

Haha yeah, emang seru kok, nggak deny :) Tapi dengan duit terbatas, gue nggak mampu dipalak tiap hari. Di Hanoi itu katanya ti-ap ha-ri! Zzzzz

Post a Comment