Sep 4, 2017

Game of Thrones S7 - Episode Finale.... Dalam Sebuah Podcast

DSCF2614

DSCF2649

Selamat datang, Senin kelabu!

Setelah tujuh minggu kita dimanjakan oleh kehadiran seri TV terbaik sepanjang masa setiap Senin, sekarang balik lagi, deh, ke era kehampaan awal minggu. Huft.

Tanpa banyak cingcong, mari kita langsung terjun ke penelaahan episode terakhir di season 7 Game of Thrones…

… lewat sebuah podcast.

Yaaas, betul sekali, pemirsa yang berbahagia. Minggu lalu, gue dan Dara akhirnya nekat memulai sebuah pilot project podcast, yang hasilnya kami coba hempaskan di sini.

Gue dan Dara udah lamaaaa banget kepengen bikin podcast (bareng). Dulu kami terjebak dalam stigma bahwa bikin podcast itu ribet, khususnya secara teknis. Tapi Adri—teman SMA gue / pekerja kreatif / stand-up comic / podcaster—bilang bahwa kalau mau modcast, langsung kerjain aja. Pake hape pun capcus, kok. Nggak usah mikir harus punya mic, masuk studio, dan di-edit pakai mixer. Sampai sekarang, Adri aja modcast pakai hape.

Alhasil, weekend kemarin, di tengah kengangguran berat, gue dan Dara memutuskan untuk, “Tes ombak podcast yuk, mak!” (teteup, ngajaknya pake bahasa banci).

Podcast kami ini belum ada namanya, belum ada logonya, belum ada channel-nya (baru ada di SoundCould doang), belum ada konsepnya (!!!), dan belum ada kualitasnya. HEITS, maksudnya kualitas suara, ya! Hahaha. Bayangin, dong, untuk pilot project ini, kami rekaman di sebuah kafe di Kemang, pas malam minggu pula. Otomatis ributnya minta ampun. Di enam menit pertama, suara rekaman kami kacau gilak—bersatu padu tidak harmonis dengan suara para pengunjung lain, barista teriak-teriak, blenderan, mesin coffee brew, musik latar, pokoknya kacau, deh.

Ujung-ujungnya, gue dan Dara pindah ke teras kafe tersebut. Mendingan, sih, walau dengan bekson motor-motor lewat. Jadi ada nuansa alay ngobrol di teras Alfamidi, tapi yastralah.

Itulah kenapa, pilot podcast ini nggak ada intro dan penjelasannya. Sebenarnya ada, tapi kami potong, berhubung kualitas suaranya buruk amat. Padahal di intro, kami cerita sedikit tentang latar belakang podcast ini dan tema bahasannya, termasuk Valar Moregeulis, tuh, sebenarnya siapa, sih?

Oya, karena kehebohan Game of Thrones baru aja selesai, topik perdana yang kami angkat tentunya Game of Thrones, sebagai salah satu common interests kito baduo: kenapa Laila dan Dara suka Game of Thrones? Apa house favorit Laila dan Dara? Apa pendapat Laila dan Dara tentang season 7 dan episode 7? And what is up with Tyrion Lannister?! 



Walaupun Game of Thrones adalah topik yang sempit—karena nggak semua orang suka/ngikutin GoT—semoga di pilot project ini, gaya ngemeng dan isi otak gue dan Dara tetap terpancar nyata, dan semoga bisa nyantol di hati banyak pendengar. Ciyeee, hueek.

Dan yang paling penting, mudah-mudahan kami bisa istiqomah di proyek ini, mengingat hampir semua proyek yang gue jalankan umumnya mati sebelum berkembang (mu’uph ngedz, tolong jangan lagi ada yang nanya, “Blogpost Disney/Amerika gimana, kak?” ITU PERTANYAAN SENSI). Bener-bener, deh, mau jadi apa sih gue.

Don’t forget to like, comment, and subscribe!

(eh, kalau di SoundCloud mainannya gimana, sik? Minimal komen di blogpost ini deh, ya!)

7 comments:

Shanti said...

HOREEE AKHIRNYA KAK LAILA BIKIN PODCAST! *ga santai*
iya kak pake hp pun bisa, aku bbrp minggu lalu juga bikin podcast ala2 bermodal HP doang haha..

btw, semalem aku mimpi ketemu kak laila (yang lagi hamil!) dan kak dara. eh trus pagi2 ada kabar ini hihi..

marisa said...

horeee akhirnya bikin podcast! gue udah follow! ini podcastnya akan GoT doang apa melebar nih? tambahin popculture dong #teror

prin_theth said...

Melebar dong, shaay! Bukan soal GoT, kok, tapi bakal kemana-mana banget. Asiiik :-*

prin_theth said...

Aaaa mau dong denger Soundcloud muu! Tarok link di sini ya Shan :-*

Anonymous said...

udah dengerin podcaset-nya.. ok lanjutkan dgn tutorial singkat GoT ya... kalo sesi kuliah yg mesti dateng ga bisa ikut keknya.. tapi kalo dengerin podcast bisa banget.. orang dengerin sambil beberes tadi juga.. nyapu2, lipet2.. dan gw berasa jadi tau banyak ttg GoT (dari yang tadinya nggak nyambung banget kalo elu ngomongin GoT). Baiklah. Jadi motivasinya adalah belajar politik dan WOKE sama Indonesia nih..

Shanti said...

Ahaha malu kak naro link di sini mah, apalah isi soundcloud aku hanya rekaman random :)) Aku udah follow ya Kak, moga2 cepet ada post baruuu hihi..

Anonymous said...

PLEASE LANJUT PODCASTNYA!(ga santai)

Post a Comment