Jun 19, 2015

Brace Yourself, Nobar is Coming


Kamu udah syoknya? Udah syoknya? Ud-udah syoknya? Kamu udah syoknya? Ha? Belum? Udah? Udah belom?

Nada bacanya harus ala Ucup, ya.

Ya, gimana nggak syok. Di penghujung Season 5 Game of Thrones ini, George R.R. Martin dan tim penulis naskah Game of Thrones kembali mempermainkan hati pemirsa dengan kejam. Setelah digadang-gadang selama lima season, the bastard of Winterfell is… ded. Isded! Hancuuur… hancur hati semua orang… Katanya Azor Ahai? Katanya R + L = J? Katanya dragonrider? Manaaa?! *tebalikin meja*

Kayaknya kita selalu lupa ya, bahwa dalam Game of Thrones, kita nggak boleh terlalu berharap pada satu tokoh. Never forget that George R.R. Martin loves no one, and this show has no joy. Huft.

FYI, walaupun banyak fans menolak kematian Jon Snow, gue sebenernya nggak berharap dia akan bangkit kembali. Jon’s death is pretty much confirmed by the showmakers and Kit Harrington himself. Pleus, kalo dese bangkit, yassalaaam… plotnya Tersanjung banget. Apalagi kalo bangunnya jadi Jon Banting. Jadi ya udahlah… relakan! Kalo bangun sukur, kalo nggak ya mari kita move on.

However, postingan ini bukan mau memperdebatkan plot Game of Thrones, melainkan mau cerita soal nobar episode finale kemaren yang sukses!

Cerita dari awal kali, ya.

***

Alkisah, ada empat orang temen yang sebenernya nggak deket-deket amat, tapi dipersatukan oleh kesukaan mereka terhadap serial TV Game of Thrones. Empat sekawan ini adalah gue, Frida, Dara, dan Inga.

Inga sendiri udah pernah ngadain nobar Game of Thrones di penghujung Season 4 lalu, tapi ya nobar-nobar sederhana aja. Taun ini, kami sepakat bikin nobar yang lebih tok-tok-wow.

Hari nobar ditetapkan di Senin malam, 15 Juni 2015. ‘Kan paginya si Episode 10 udah tayang premier di HBO, tuh, jadi setelahnya kami bisa cari file-nya, download (maaf ya, HBO. Pembajakan dikit), trus putar pas nobar.

Venue yang dipilih adalah Paviliun 28, sebuah kafe yang juga menyediakan teater mini. Tempatnya cukup buat nampung 25 (nyaman) sampe 35 (pepet kayak sarden!) orang.

Trus, berhubung kami nggak punya temen fans GoT sampe 30-an orang, kami minta temen-temen untuk sebarin info ini ke handai taulannya yang suka GoT. Nggak sampe bikin pengumuman di radio juga, sih, pokoknya word of mouth antar temen aja.


Ternyata peminatnya lumayan banget, sehingga kami mikir, kemeriahannya ditambahin kali ye? Akhirnya kami ngerancang acara games dengan hadiah-hadiah menarik untuk dilaksanakan sebelum nobar. Buat ngangetin suasana, gitu. Nasi kali, diangetin.

Semakin mendekati hari H, kenorakan kami menjadi-jadi. Pertanyaan games makin banyak, hadiah yang disiapkan pun bertambah. Kami juga nyiapin kostum dengan rada niat. Iya dooong… masa’ datengnya pake kaos dan jeans? Untuk acara akbar gini, harus cosplay GoT lah, yaw.

Tapi Alhamdulillah, kenorakan kami didukung semesta, karena tau-tau ada kabar bahwa HBO Indonesia ngedenger soal keriaan ini, dan mau ngedukung dengan cara bagi-bagi official merchandise Game of Thrones, baik untuk peserta games maupun panitia. Ho, ho, horeee!

AND THAT’S NOT ALL. Di hari H, Dara ngasitau bahwa acara ini mau diliput oleh (the upcoming) CNN Indonesia. Panic! At the disco! Iiiih, wong ini cuma nobar kelas teri, kok jadi heboh sih aaah… *padahal GR dan sambil sibuk pupuran*

Di hari H, sang empat sekawan sibuk dengan peran masing-masing. In a true Game of Throne sense, Dara adalah Master of Coins alias tukang urus duit dan registrasi, Frida adalah Master of Props alias yang bertanggungjawab atas properti acara dan file download-an, gue adalah Master of Trivia yang ngurusin rundown dan acara, sementara Inga—yang profesinya memang MC profesional—otomatis jadi Master of Ceremony. Plok, plok, plok.

Peserta yang hadir jadinya sekitar 25 orang, dan walaupun udah diwanti-wanti untuk kostuman, nggak ada satupun yang datang berkostum, hahaha. Jadi yang pake kostum cuma kami berempat deh, shaaaay… Untung emang pada banci tampil.

IMG_7740
Khaleesi, Mother of Dragons, Queen of Sandals (bukan Andals, ya), bersama naga miniaturnya

IMG_7736
Cersei Lannister versi Arab (shame! *kleneng* shame! *kleneng*)

IMG_7732
Night's Watch hijabi

IMG_7722
dan sebuah tokoh yang kayaknya perpaduan antara Lady Olenna dengan karakter Little House of the Prairie. 
Lady Olenna on the Praire!

IMG_7728   IMG_7734

IMG_7713

IMG_7717

IMG_7719

IMG_7721

Acara berlangsung dengan lancar dan meriah. Games-nya seru, apalagi dipandu sama Inga yang lihai banget bak Koes Biantoro. Games-nya lumayan susah, lho! Sebagai contoh, kami bikin kuis tertulis dimana Frida bikin peta buta Winterfell, dan gue bikin soal “Tebak Istana Apakah Ini?” pleus Tebak Sigil dan Motto house-house Seven Kingdoms.




Tapi jangan syedih, karena hadiahnya mewah, lho. Sebanding lah sama kesusahan kuis. Sebelum HBO ucluk-ucluk datang untuk ngesponsorin pun kami sebenernya udah nyiapin hadiah-hadiah menggiurkan, antara lain voucher belanja, koin Braavosi, pin Hand of the King, dan yang paling gong, pajangan telor naga persis kayak punya Daenerys Targeryen, crafted by our own Martha Stewart, Frida Yasmin!



Nah, pas HBO datang, hadiahnya so pasti tambah mewah. Gantungan kunci! Lanyards! Kalender! Torch! Tumbler! Warbiyasak.

Kelar games, nobar pun segera dimulai. Dum dum dum dum duuummm… *ceritanya theme song* Gue baru sekali, lho, nobar begini, sehingga baru merasakan nikmatnya sorak sorai bareng ketika Amanda mokat didorong Theon Greyjoy, atau ketika Arya ngebelek leher Meryn Trant. Woohoo!

Dan berkat nobar ini, kami nggak sendirian dalam menanggung dukacita kematian Jon Snow. During that scene, Dara literally shouted, “SHHHHIIIIIIIIIITTTTTT!!!” dan semua orang menarik napas terkesiap. Intens! T___T

Pacarnya Dara—yang nggak ngikutin Game of Thrones—sempet ngelempar guyon garing, “Emang Jon Snow ini abis nyolong jam tangan tangan siapa, sih? Kok dibunuh?” Setengah jam kemudian gue baru sadar, maksudnya adalah kalimat ‘for the watch’, zzzz.

Demi menetralisir hawa sedih yang mendalam, kelar nobar, kami kembali menggelar games singkat dan penyerahan penghargaan Best Costume. Nah, ini dia, nih. Berhubung yang pake kostum cuma kami berempat, ya nominasinya cuma berempat. Manggil diri sendiri ke atas panggung, deh :)))

Lucunya, salah seorang hadirin nggak sengaja berpenampilan serupa sama George R.R. Martin, walaupun GRRM-nya bak abis Mayo Diet, yaaa… Kisut! Akhirnya secara paksa dese dinobatkan sebagai Best Costume juga, ahahaha.

Dan berdasarkan hasil tepok tangan penonton, pemenang Best Costume adalah… GRRM! Menangin aja lah ya, daripada karakter Cersei / Khaleesi / Lady Olenna on The Praire / Night’s Watch ntar dibikin mokat ama dese. Beri, deh, beri.


Maka sang GRRM singset pun memenangkan sebutir telor naga dan tumbler official merchandise dari HBO seharga $25. Tumbler ini kalo diisi air panas bisa keluar gambar peta Seven Kingdoms-nya, lho. Sirik gilak!

Alhamdulillah, acara berlangsung lancar dan semua senang sekali. Terimakasih kepada HBO atas merchandises-nya yang lumayan mengobati dukacita akibat kematian Jon Snow, juga terimakasih kepada CNN Indonesia yang udah dateng ngeliput, meski katanya mau tayang di Trans7 tapi sampe sekarang kagak tayang-tayang (jurnalis beneran bukan, sih? *curiga*). 


Last but not least, terimakasih banget untuk semua yang udah dateng. It wouldn't be a nobar without you awesome people. Kita nggak saling kenal, tapi bisa kompak karena minat yang sama. Mantaaap... Taun depan lagi, yaaa. Valar Morghulis, Valar Dohaeris!


11 comments:

  1. Mba Leiiiii ih seru. Sebar-sebar yang banyak laa infonya kalo taun depan adain ginian lagi. Plis yhaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha siaapp! Doakan kita bisa layar tancepan di Lapangan Banteng yaaa, dan mendatangkan bintang tamu naga beneran. Aamiin...

      Delete
    2. Amin, tapi jangan naga indosiar ya mbak, trus yang nunggangnya juga jangan pendekar ala ala :(

      Delete
  2. Selamat Kak Lei, sukses banget acaranya. Ditunggu nobar GoT di kota-kota lain. lol
    By the way, itu Kak Fry gimana cara bikin telor naganya? Canggih banget, sih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiiih :) Soal naga, katanya Fry itu rahasia trah Targeryen (padahal Google atau intip di Pinterest juga banyak tutorialnya hihihi)

      Delete
  3. Ahhhh the event looks so cool! Paling seru emang ya nobar brg orang2 yg sama2 passionate about the show. Apalagi finale-nya klimaks bgt gt :O

    Btw, hihi gue msh percaya sama teori R+L=J :D baca2 sih di salah satu interviewnya GRRM, pas ditanya tentang matinya Jon, doi bales, 'Oh you think he's dead, don't you?'. *masihngarep*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iyaa, aku juga baca statementnya GRRM yang itu, TAPI KAN GRRM TUKANG TIPU! :D

      Delete
  4. Hari ini ga 7 harian Jon Snow?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue bagian bagiin besek aja, Yut, yasinannya sendiri aja di rumah... Takut nggak kuat, nangis depan umum..

      Delete
  5. Gilaaa.... niatan parah ini mah namanya!! Gue termasuk orang yang ngga pernah nonton GoT! *lalu dirajam ramai2 oleh penggemar GoT*. Tapi gue hobi mantengin meme-nya di 9gag. Biarpun ngga tau jalan ceritanya tetep bisa senyum2 sendiri. Eh tapi beneran hebat banget La, event perdana dibikin niat banget dan sampai disponsorin, artinya anda dan kawan2 berbakat membuat EO!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, ujung-ujungnya nggak enak deh disuruh jadi EO :)) Leee, sumpah, kalopun ini keliatannya niat, kita ngerjainnya enteeeng banget. Nggak ngerasa repot atau diniat-niatin samsek. Ikhlas aja. Mungkin ini yang namanya cinta ya, walau kita selalu sakit hati sama serinya. Inilah yang namanya abusive relationship!

      Delete