Dec 8, 2012

Life After The Operation Is...

Det. Maksudnya, isdet. Maksudnya, capek maaak. Wajar ya, karena sekarang 'kan gue jadi punya dua bayik - Raya dan si Mr. T.

Setelah lima jam di ruang operasi, tiga hari di ruang ICU, dan lima hari di kamar Rumah Sakit, akhirnya Teguh udah boleh pulang ke apartemen dengan jaitan Mercedez-Benz dan liver tinggal setengah. Kita sekip aja ya kisah selama Teguh di RS, karena gue males ngingetnya. Pokoknya yagitudeh, there was a lot of pain, a lot of drama, tapi akhir cerita semua lancar, dan kepulangan ke apartemen tak tertunda. Itu aja yang penting.

Alhamdulillah? Za iza dong. Tapi ibarat baru melahirkan, kebahagiaan ini disertai juga dengan kerempongan.

Soalnya, Teguh nih nggak bisa ngapa-ngapain. Mau mandi, harus tutup jaitan dulu pake plastik, trus baru dimandiin. Mau makan, harus bikin/beli makanan dengan aturan tertentu (nggak boleh banyak minyak, misalnya). Mau tidur, nggak bisa sembarang posisi karena perutnya ada yang masih bolong. Darah dan cairan dari luka jaitan pun masih suka merembes. Tiap pagi, tempat tidur kami nampak bagai TKP pembunuhan (atau malam pertama) karena penuh bercak darah. Kaosnya Teguh apalagi, daraaah semua... kayak abis ditujes copet. Hiiiii!

Si suwami juga nggak bisa lincah-lincah dan nggak bisa ngangkat-ngangkat barang kecuali yang seenteng bulu angsa. Keluhan juga masih banyak, seperti perut kembung atau mencret akibat obat bilirubin.

Alhasil, Teguh murni bergantung ke gue. Raya nangis? "Biiiih...." Mau ambil sempak dari laci bawah? "Biiiih..." Ambil anduk di jemuran? "Biiiiih..." Mau makan? "Biiih...". Ngupil? "Biiiih..." Napas? "Biiiiih..."

Tapi duduk tegak berjam-jam buat main Football Manager sih lancaaaar, yeeeuuk. Iya deh gapapa, kesian livernya tinggal stengki... Muah!

Eh, bukan berarti kita hidup menderita hlooo. Untuk gue, yang penting mah susternya Raya masih ada, dan belom ngerengek pulang (lagi). Kalo dese nggak ada, nah welcome to the dark ages beneran itu sih... Amit-amit! Nggak bakal sanggup!

Untuk Teguh, walopun sempet berikrar, "KAPOK OPERASI SEUMUR IDUP!" semangat sembuhnya tinggi, Alhamdulillah. Meski jalannya bongkok dengan kecepatan 3km / jam, doi mau banyak latian gerak. Sempet gue paksa ajak jalan agak jauh ke supermarket, eeh kecapekan sampe darah ngerembes kemana-mana, trus pulang-pulang mau pingsan hihihihi.

Eh, anaknya nggak kapok. Ortu gue 'kan sempet dateng nengok trus ngajakin makan di Garden by the Bay, Teguh mau kok ikutan. Dengan catetaaaan, disana sewa wheelchair! OK deeeh. Tapi yang ngedorong naik turun tanjakan sepanjang GbtB sapose? Ya akiiiiik *encok*

Tentunya latian pemulihan ini nggak diforsir. Satu hari jalan-jalan, sepuluh hari hibernasi, misalnya...

Kesimpulannya, life after operation is capek karena jadi punya bayi kedua seberat 77 kilo, tapi hepi karena masih mampu menyelipkan percikan senang-senang disana-sini. And that, my friend, is what we call hidup belen. Ceileee...

(Kak Rian, sebaliknya, sudah 10 hari di ICU pasca operasi, masih sangat lemah dan bahkan sempet kolaps. Semangat sembuhnya juga lumayan rendah, mungkin karena udah capek sakit selama satu dekade. Still, she's making progress, dan liver pemberian adeknya mulai bekerja dengan baik. Hamdalah bersama-sama!)

Makasih teramat banyak buat yang udah doain yaaa. Kami sumpahin dibales Tuhan berkali-kali lipat, aamiin ya robbal aalamiin :-*

6 comments:

  1. Lei, biasanya gw silent reader aja. tapi sumpah ngeliat jaitan mercedes benz itu rasanya mau nangis. mulia banget ya, what he did. insya allah diterima sebagai ibadah, menjadi pahala, dan sakit yang dirasakan menjadi penggugur kesalahan. aamiin.

    ReplyDelete
  2. la itu beneran jaitan T? aduh muless liatnya..
    padahal gue udah biasa juga liatin bekas jaitan mertua gue bekas operasi jantung. tapi T lebih gede dan panjang jaitan nya :(

    Sabar ya laaa..Insya allah surga balasan nya *peluk*

    Jadi mana gangnam dance nyaaaa??video in dan masukin blog ya? :p

    ReplyDelete
  3. Muti, Dhita: Huhuhu ngeri yah. Eh itu bukan foto jaitannya T, tapi bentuk belekan operasi liver emang begitu, dengan tiga garis kayak logo Mercedes. Kalo jantung kan garis lurus yaa? Kalo gue pasang foto jaitannya Teguh, pingsan kali deh hahaha... Soalnya masih ngeri banget, dengan darah merembes kemana-mana

    ReplyDelete
  4. cemunguuuuudh kakaaaaaakkk...
    smoga teguh cepet sembuh ya.
    dan saya seperti melihat wonder woman di dirimu, ciyus !! :D

    ReplyDelete
  5. Semoga suami cepet sembuh ya kak.. Semoga sakitnya ini jadi penggugur dosa-dosa di masa lalu.
    Bener kata Bubunya Azka, dengan ngerawat suami ini insya Allah surga balasannya.. Aamiin ya Robbal alamiin..

    ReplyDelete
  6. Waktu baca ceritanya Dahlan Iskan yang juga jalanin operasi yang sama, dia bilang dia punya 2 mersi yang harganya kurang lebih sama (3M), yang satu nempel di mobil, yang satu lg tanda mersinya kaya lukisan anak2, tapi ga kebayang sebadig itu >.<

    jadi T bakalan cuti 2 bulan? Wah Raya siap2 cepet punya adik nih :P

    ReplyDelete