Sep 16, 2016

Make 'Em Smaller! (Not A Sponsored Post)


Sekarang ini, make-up lokal berkembang banget ya, ceu?

Sayangnya, produk yang dikembangkan oleh produsen make-up baru selalu lipstik, lipstik, dan lipstik.

Katanya, lipstik hampir selalu jadi produk pertama yang dikembangkan sebuah merek make-up baru, karena pembuatannya paling gampang.

Kalau foundation atau bedak gitu, misalnya, pembuatannya jauh lebih ribet. Shade-nya harus bener-bener tepat untuk target pasar, dan formulanya harus cocok untuk berbagai jenis kulit dan sikon.

Trus, daya jual lipstik juga lebih tinggi kali ya, karena lipstik bisa dibuat dalam warna yang hampir nggak terbatas (harus banget ada lipstik biru bak mayyit?), dan merupakan produk make-up yang paling cepat membuat dampak ke wajah.

Masalahnya—kecuali kalo elo mutan—bibir kita cuma sepasang. How much lipstick a girl can have?

Jadi kayaknya nggak perlu varian lipstik baru, deh. Kita perlu varian lipstik dalam ukuran kecil.

Mungkin sampai sini, post ini mulai berhawa tersponsor. Nggak, kok! Hihihi. Ini bukan post sponsor. Hanya saja, gue jatuh hati banget dengan konsep merek make-up Stowaway, asal Amerika. Semua produk make-up mereka—dari mulai concealer, lipstick, sampe maskara—dibuat dalam ukuran kecil.



Tujuan pertamanya, supaya gampang dibawa kemana-mana. Sebagai orang yang nggak suka bawa tas, gue seneng, sih, ngebayangin bisa ngantongin lipstik di saku jeans.

Tujuan keduanya, untuk menghindari kadaluarsa. Wow, ini penting bingits.

Karena belakangan ini penetrasi produk make-up ke kehidupan sehari-hari terasa sangat menggila (thanks, social media!), cewek-cewek rasanya jadi makin sering belanja make-up. Padahal nggak semua konsumen doyan dandan sampe segitunya. Ujung-ujungnya, make-up-nya jadi mubazir.


Kapan terakhir kali lipstik lo bener-bener tandas, bahkan batangannya sampe buntung? Kapan blush-on lo bener-bener habis kosong? Kalo gue kayaknya nggak pernah, deh! Malah gue masih punya beberapa make-up berusia lima tahunan yang udah memfosil.

Trus, sedih, lho, tiap 2-3 bulan harus buang maskara gara-gara kadaluarsa, padahal isinya masih lebih dari setengahnya.




Dengan kemasan sekecil Stowaway, produk-produk make-up bakal lebih cepat habis, jadi kita nggak stuck dengan produk-produk kadaluarsa yang isinya masih banyak. Ini khususnya penting untuk make-up mata (bahaya seus, dipakai deket mata) dan lipstik (karena cewek cenderung punya banyak lipstik, and we literally EAT lipsticks when we wear them. Who would like to eat expired lipsticks?!)

Lagian, makin cepat make-up habis, kita bisa makin sering beli make-up baru, horeee..

Jadi wahai merek-merek make-up lokal, I’m giving you a free business idea, nih. Make them waaay smaller! (atau sediakan lebih banyak sample/travel sizes, lah…)

15 comments:

Ajeng Sueztika Constitusia said...

aih setujuuuu banget.. kemaren itu pas ada liquid lipstik the balm meet matt(e) hughes yang travel size langsung girang banget dan beli 6 biji (1 set) beli lipstik burberry juga yang travel size karena harganya jadi afforable. Tapi.. kalau makin banyak yang travel size kayanya belinya juga jadi banyak mbak lei, karena harganya lebih murah. Kaya The Balm itu karena biasanya 200rb jadi travel size 320rb dapat 6. Sama bahayanya buat dompet hahaha

prin_theth said...

Hahaha, kalo belinya paketan begitu sih, iya tetep bokek ya :D

Tapi aku maunya ada makeup / lipstik travel size yang tetap dijual satuan.. Aku juga nggak mau sih, kalo beli makeup ukuran kecil tapi paketan. Maunya tetep beli satu-satu. Soalnya kalo aku, makeup tuh lamaaaa banget abisnya :D

Tia said...

Make them smaller and cheaper atuhlah. Wkwkwkwk... Klo kecil mahal suka bikin syg dikantong euy.

nartiie14 said...

Sekian lama jadi silent reader, akhirnya tergerak buat coment disini.

YES, I FEEL YOU.
aku setuju banget sama kak lailaaaa

Secara aku bukan tipe yg ngelenong tiap hari juga sih 😁
Lipstik aja mungkin 6bulan masih ada setengahnya lebih huft bangetttt



Anyway aku share ya kak Laila biar para produsen kosmetik semakin tercerahkan 😂✌

Ezra said...

Lailaaaa... Baca blog ini,pas buka website-nya Stowaway ternyata Paraben free.. lagi hamil dan nemu tulisan Paraben free itu rasanyaaaa gimanaaaa gitu... Padahal belum tahu juga shipping-nya nyampe Indonesia apa engga.

prin_theth said...

Aku pikir kalo kemasannya kecil, harganya otomatis juga jadi lebih murah? Bukan karena faktor ongkos produksinya, tapi lebih untuk marketingnya. Apa nggak ya?? Hahaha, kalo harganya sama aja sih agak maleuss...

prin_theth said...

Waaa makasih yaaa... silahkan banget lho share, mungkin bisa tag beberapa produsen kosmetik lokal juga, terutama yang baru-baru hehehe

prin_theth said...

Waaah iya paraben free. Seneng ya, kalo produk luar banyak yang udah non-paraben dan non-non lainnya :) Lancar ya hamilnya!

Leony said...

Gue rasa La, yang namanya cewe, seandainya dibikin bentuk travel size gitu ya, yang tadinya beli 10, bakalan jadi beli 20. Jadi ya sama aja hahahaha.

prin_theth said...

Except for smart buyers dong ya :)

erlian said...

Bener banget,kalo beli yang ukuran normal tuh ujung ujungnya suka di buang karena udah kedaluwarsa padahal isinnya masih banyak. Akhirnya sering beli yang travel size

Unknown said...

Mbak laila udh tau instagram @tinyme.up? Di sana jual macem2 make up kemasan travel size loh :D

prin_theth said...

Waduuuh terimakasih infonya ya Avvina! Penting nih :)

Wininda Apriyanti said...

Thankyou yaa Avvina.. infonya berguna banget.. Cuss langsung ke TKP :)

Thankyou Leii for bringing up the topic.. Ini bener banget. Sayang bgt banyak make up expired padahal masih penuh :(

Anonymous said...

aku suka beli make up ukuran mini/travel size di yessishop.com

lumayan jadi bisa ngerasain lipstick ysl, fondie chanel tanpa bikin jadi bokek

Post a Comment