Jan 16, 2015

We're Lodoh But Very Happy - End of Year 2014 Bali Trip (part 2)


Maaf, ya, pemirsa. Postingan kedua tentang Bali ini MASIH nggak ada foto-fotonya (“Huuuuu…”). Alasannya pun 'pandai' sekali: di hari kedua ini, gue lupa nge-charge batre kamera. Pinter, ya? Many, many pictures on the next post, kok. Janji.

Semua image di blog ini berasal dari sumber lain, click on the them for the original sources.

30 Des 2014
Day 2:  It's Zoo Time!


Hari ini, kami jalan-jalan ke Bali Safari and Marine Park seharian. Woot! It’s zoo time, kids!

***

Sok ceria, ya? Padahal dalem hati mah, “Hhhhh. Bonbin lagiii, bonbin lagi…”

Jaman dulu, gue berprinsip nggak mau mendukung eksploitasi hewan dalam bentuk apapun, mulai dari topeng monyet, sirkus, termasuk kebun binatang. Gini, nih, akibat kebanyakan nonton Planet of the Apes. Jadi kebawa perasaan!

Pas udah punya anak, prinsip gue melemah. Bonbinnya mulai pilih-pilih. “Ah, kalo Singapore Zoo ‘kan super terawat. Hewannya pasti sejahtera. Nggak papa kali, yaaa…”

Makin Raya gede, dia makin suka sama binatang, dan prinsip ibunya makin lemah. Alhasil, kebon binatang menjadi agenda rutin kami saban jalan-jalan. Gimana, sih, Ibu? *dijitak orang WWF*

***

Okay, so, hari ini adalah harinya Bali Safari and Marine Park. Nah, mengingat kondisinya lagi peak season, gue harus pake strategi andalan untuk mengunjungi BSMP: dateng pagi. Seriously. Turis—apalagi turis lokal—biasanya males dateng pagi-pagi ke tempat wisata, maka disitu lah ‘celah’ gue untuk menikmati tempat wisata tanpa sumpek-sumpekan, walaupun lagi musim rame.

Rencana: BSMP buka jam 9 pagi, jadi idealnya nyampe BSMP jam 9 juga. Tapi mengingat betapa rempongnya bawa bocah, kayaknya mustahil. Berangkatnya aja jam 9 bisa kali, ya? Bisa, laaah. Bisa-bisain!

Kenyataan: Baru siap pergi sekitar jam 9.30. Zzzz.

9.30 WITA

Di perjalanan, gue minta Teguh untuk mampir dulu ke apotek dan laundry kiloan. Untungnya, nggak jauh dari Jl Raya Ubud ada Kimia Farma lumayan gede, dan mereka punya antibiotik UTI gue, asiiik...



Tapi soal laundry, lain cerita.

Sebenernya, selain Pulau Dewata, Bali juga merupakan Pulau Laundry. Ratusan tempat laundry murah meriah tersebar di penjuru pulau, dengan harga murah tapi servis oke. Maklum, demand laundry ‘kan tinggi banget, yaaa. Bukan hanya dari turis secara pribadi, tapi juga dari berbagai hotel / penginapan.

Namun kebanyakan usaha laundry ini usaha rumahan, dan tempatnya seringkali nyempil di gang, tanpa plang yang jelas. Ada aja, sih, yang mejeng di pinggir jalan, tapi nggak semua.

Dari Jl Raya Ubud, kami nyetir luruuus sampe ujung Jl Cokorda Gede Rai, tapi nggak nemu tempat laundry satupun. Sepanjang jalan, kepala gue udah kayak orang tripping, nengok kanan-kiri-kanan-kiri nyari plang laundry. Kok kagak ada, dah?


Sampe akhirnya kami memutuskan untuk balik lagi aja ke villa, trus titip ke staff villa untuk taroin cucian di tempat laundry. Di deket villa kami, sih, katanya ada banyak laundry kiloan, tapi belom sempet di-explore. Doraaaa kali, ah, di-explore.

Eeeh, di tengah jalan, malah nggak sengaja nemu sebuah tempat laundry.


Namanya Ary Laundry. Lokasinya di pinggir Jl Cokorda Gede Rai, dan keliatannya bersih. Kesan pertamanya oke, lah. Gue buru-buru turun, sementara Teguh dan Raya nunggu di mobil.

Tempat laundry ini cuma dijaga oleh sesosok bapak-bapak sekitar umur 40-an pake baju kutung, item, buncit, alisnya tebel, mukanya cuek dan galak. Ketika gue masuk, dese lagi duduk di kursi, ngelipet-lipetin baju.


L(aila): “Permisi, Pak. Mau taro laundry."
”
B(apak-bapak): “Atas nama siapa?” *matanya tetep ke baju, nggak ngeliat gue*

L: “Laila.”
B: “Siapa? Laila?”
L: “Iya.”


Lalu si bapak bikin gestur supaya gue naro buntelan cucian gue di lantai, tanpa ada instruksi lebih lanjut. Nyatet nama gue enggak, bikin bon juga enggak. Asik aja ngelipet-ngelipet baju. Mukanya juga ikut kelipet, alias judes berat.

L: “Nggak ada bonnya?”

B: “Nggak usah.” 

L: “Kalo nanti ketuker-tuker gimana?”

Tanpa disangka, si bapak menghela napas panjang, lalu ngangkat kepalanya. Dia ngeliatin gue dari atas ke bawah. Komuknya jengkel berat.


B: “Saya udah bertaun-taun ngurus laundry, nggak pernah ketuker. Kalo nggak percaya, laundry-nya bawa lagi aja, Mbak.”

SETDAH! Si bapak perlu dikasih karet gelang tiga biji, nih, judesnya pedes banget. Abis kalah judi apa gimana, Pak?
 

L: *jiper* “Pe-percaya kok, Pak...”

Gue langsung taro cucian di lantai, trus ngibrit ke mobil. Tancap gas!!!


Sebenernya, gue tuh paling sensitif kalo digalakin bapak-bapak stranger. Kalo digalakkin sama cewek, boleh lanjut jambak-jambakan deh kita. Tapi kalo sama bapak-bapak, kok qolbu rasanya tertusuk, ya. Gue pernah dijudesin satpam mall gara-gara bawa stroller ke eskalator (okay, my bad), trus rasanya mau langsung pulang aja.

Di jalan, gue curhat sama Teguh dong, ya. Eeeh, Teguh jadi ngotot pengen balik kesana. Gue kira karena ikutan tersinggung, pengen ngomelin si bapak laundry demi membela sang istri, ternyata… “Ya harus balik dong! Kamu ‘kan nggak nanya, itu cucian jadinya bayarnya berapa? Trus kapan bisa diambil? Nggak tau ‘kan?” WAKWAAAAW. Iya juga ya, son.

Now this is where the drama begins. 

Kami bolak-balik sepanjang Jl Cokorda Gede Rai sebanyak EMPAT KALI dengan kecepatan siput abis sunat, tapi… laundry-nya nggak ketemu! Kami bolak-balik sampe setengah jam sendiri, lho. Oh mamaaa… Oh papaaa… Sebagai orang Indonesia sejati, tentu saja gue langsung mikir yang mistis-mistis. Bukannya malah mempertajam kejelian mata gitu, ya?

Setelah baca doa-doa dan memperlambat kecepatan mobil sampe nyaris 20km/jam, akhirnya sang laundry laknat ketemu juga. Teguh yang turun, karena gue udah kadung stres dan jiper. Hasilnya…

T: “Cuciannya bisa diambil sore ini juga. Bapaknya nggak galak, ah! Kamu aja ngarang.” Zzzzzz.

Oke, lah! Mau baju gue dicuci di Bengawan Solo pun terserah deh, yang penting rencana mau dateng pagi ke BSMP nih gemanaaa? Udah jam 10.30 iniiii! Ngaret amat dari rencana awal?


Avanza butut kami pun sekonyong-konyong ngebuuut menuju BSMP. Kasian banget Raya, udah semangat banget mau ketemu binatang dari pagi, eeeh… ortunya malah ribet sama laundry galak, sampe makan waktu sejam. Alhasil anaknya ngambek, rewel, trus… tidur. Baiklah.

***

11.00 WITA
Helloooo, Bali Safari and Marine Park! Nama ente ribet ya, seribet pengunjungnya hari ini.

Kami nyampe sekitar jam 11 siang, yang mana lumayan kusesali, karena cuaca udah kadung panas terik, dan pengunjungnya udah ribet umplek-umplekan, terutama yang ngumpul di area loket.

Bukannya gue nggak nasionalis ya, tapi kenapa sih, bangsa sendiri seringkali ‘minta’ dicela? Seperti di loket tiket BSMP siang ini, banyak turis lokal berkelakuan kurang menyenangkan—saling dorong dan serobot di antrian. Tampak banyak mamah-mamah ibukota berpenampilan Syahrini sibuk kipas-kipas, sementara anak-anak tambunnya keleleran dikejar-kejar para suster yang mukanya pada lecek banget, selecek seragam mereka yang gobyos keringet.

Gue pendukung gerakan Bawa Suster Kalo Liburan, tapi kasian juga, ah, kalo lagi akhir taun gini. Muke-muke susternya pada melas, kayak pada pengen main petasan di kampung bareng keluarga gitu, lho.

Anyway, pas sampe giliran kami, kami beli paket Jungle Hopper, yang terdiri dari akses ke Safari Journey, Fresh Water Aquarium, Animal Show, Elephant Show, Bali Agung Show, Fun Zone, dan Waterpark. Harga ‘bule’nya adalah 49 dolar per dewasa, sementara harga lokalnya 250 ribu rupiah, dan Raya masih gratis. Oh, the glorious age of under 3 years old! Rasanya pengen palsuin akte kelahiran Raya tiap taun.

11.30 WITA


Alhamdulillah, walaupun area loket penuh sesak, pas udah masuk ke dalem BSMP, rasanya plonggg… lega banget. Kayaknya karena BSMP ini luas banget dan tata ruangnya bagus, jadi pengunjung bisa tersebar dengan baik. 



Kami beli donat dulu di Gloria Jeans, sebelum ngibrit menuju ‘wahana’ pertama—Safari Journey.

Ternyata strategi ini adalah pilihan yang tepat sekali *dengan gaya pelayan Pizza Hut* soalnya, meski Bali Safari ini adalah atraksi andalan BSMP, pas kami kesana masih sepi. Kagak pake ngantri, cusss... langsung naik bisnya. Padahal udah jam 11.30an, lho. Harusnya udah masuk rush hour di BSMP. 


Anyway, mungkin kebanyakan pemirsa udah pernah nyobain sendiri atraksi Safari Journey ini, atau setidaknya sering denger / baca review-nya, jadi nggak perlu dijelasin panjang lebar lagi, ya.

Intinya, konsep utama atraksi ini adalah membawa para pengunjung safari keliling habitat hewan-hewan dari Indonesia, India, dan Afrika. Konsepnya ‘terinspirasi’ (alias. nyontek) wahana Kilimanjaro Safari di Disney’s Animal Kingdom, tapi untung eksekusi ‘nyontek’nya bagus (cieee… udah pernah naik yang asli, cieeee…).



The safari was excellent as usual. Binatang-binatangnya pada nggak ngumpet, bisnya pun rapih-bersih. Sayang, guide kami kekeuuus berat, kayak sepatu dari kulit lembu. Gue sampe curiga, jangan-jangan dia nge-guide dengan cara baca ensiklopedia. Nggak ada luwes-luwesnya.

Dua hal yang berkesan pada safari ini adalah:

1. Di depan kursi kami, ada jejaka (((JEJAKA))) Australia ganteng banget. Asalnya Aussie, tapi tampak ada campuran Asia-nya. Saking gantengnya, mukanya tercetak di kepala gue sampe sekarang, dan selama safari, gue nyubit-nyubitin Teguh sambil berdesis, “Aduuuuh, ganteng bangeeet! Ganteng bangeeeet!” Tentu saja, Teguh pura-pura budeg.

2. Di belakang kursi kami, duduklah sebuah keluarga, yang tampaknya dari Medan. Everything about this family is very old school. Mulai dari henfon bapaknya yang (kayaknya) masih Nokia pisang, sampe isi obrolannya. Padahal si ortu nggak tua-tua amat, lho, anak-anaknya juga masih pada ABG.

Si bapak ngomong gini ke anaknya, “Kak, kapan kita belanja ke Sukawati? Nanti malam, ya? Apa besok, abis dari Bedugul? Kalo belanja, jangan lupa mampir Joger ya, Kak. Bagus itu…” Wow, serasa lagi jalan-jalan ke Bali bareng Mas Boy, ya, itinerary-nya jadul amat.

Secara keseluruhan, kami hepi dan puas sama Safari Journey. Raya seneng banget liat binatang-binatang eksotis betebaran sepanjang perjalanan, ortunya pun ikut seneng :-*

Kelar Safari Journey, kami baru menyaksikan antrian panjang penuh sesak untuk atraksi ini, so our timing couldn’t be better. Ihiiiy :)

12.30 WITA

Lunch time! Kami memutuskan untuk makan di Uma Restaurant yang sebenernya berkonsep food court, bukan restoran, karena pengen dapet banyak pilihan menu.

Sampe sana, yassalaaaam... penuh, panas, pengap, hoek! Udara siang ini memang panas menggila, tapi ditambah dengan ventilasi yang kurang mumpuni plus asap dari kedai BBQ, makin lengkap lah penderitaan.

Orang-orang yang makan di Uma Restaurant jelas jadi ikut kusut dan jadi emosian. Para pembeli—terutama (lagi-lagi) yang lokal—jadi pada galak dan nyuruh-nyuruh pelayan tanpa pernah inget the three magic words: please, thank you, sorry.

Gue sendiri berusaha keras untuk tetap sopan dan pake senyum, walaupun keringet udah membanjiri sanubari. Tapi para pelayan udah pada sebel digalakkin, sehingga balik judes ke para pembeli, bahkan kalo pembelinya sopan kayak gue-gue gini (idih, GR).

Galak-galakan ini pun menjadi lingkaran setan, aku jadi sebel sekali.

Selain itu, makanannya Uma Restaurant nggak enak ye, booow… Hambar, keras, dimasaknya lamaaaa banget, dan sudah pasti overpriced. Kami pesen dimsum, hotdog, sate sapi, dan yang lumayan cuma dimsum. Sisanya, bleh! Entah hari itu doang, apa emang selalu begitu?

Untuk melengkapi penderitaanku, Raya sempet minta pup di WC Uma Restaurant yang lagi padet kayak kaleng sarden. Seperti biasa, gue langsung stres, tapi tentu saja tetep harus dilakoni.

(catatan: gue selalu pusing luar biasa tiap Raya minta pup di toilet umum, terutama yang sumpek dan jorse. Pegel banget harus nahan jijik, sembari akrobat berusaha tetep steril—“Raya! Jangan injek lantai! Jangan pegang itu! Jangan pegang apa-apa!”—it’s definitely my motherhood pet peeve. More curhat on this later!).

14.00 WITA

After lunch, we’re off to the theatre!

Mungkin udah pada tau juga ya, salah satu atraksi andalan BSMP adalah Bali Agung, sebuah pertunjukkan teater skala dunia yang mengangkat kisah legenda Raja Jaya Pangus.

Gue dan Teguh pertama kali nonton show ini pas honeymoon ke Bali dulu, taun 2010. Waktu itu, show ini baru muncul, sehingga gedung teaternya masih gress dan penontonnya masih sepi. Kami norak dan terpukau sekali, trus berniat, suatu hari pengen balik nonton lagi.



Sampe hari ini, pertunjukkan Bali Agung masih konsisten kerennya, malah kok kayaknya makin keren?! I love mostly everything about it—the set, the actors, the dances, but especially the magnificent costumes. Pantes banget kalo pertunjukkan ini pembuatannya epic dan didalangi oleh bule-bule handal dalam bidang per-teater-an.


It’s not a perfect show (dan teaternya kok gerah, sih? Freon AC abis banget?), tapi emang nggak mungkin ada pertunjukkan yang bisa memuaskan semua orang. Yang penting, secara garis besar, Bali Agung ini kewen and very visually pleasing. Puas!

Bali Agung juga sukses menangkap perhatian Raya secara penuh, padahal durasinya sejam, ya. Alhamdulillah, anak gue anteng dan nggak bosen. Tapi yang dapet ponten 100 dari Raya adalah pasukan gamelannya. Soalnya, ketika show Bali Agung ini bubaran, mereka mainin lagu We Wish You A Merry Xmas dan Jingle Bells versi gamelan. FYI, lagu-lagu Natal adalah kryptonite-nya Raya, sehingga pas denger tim gamelan memainkan lagu-lagu tersebut, do’i langsung histeris girang ala fans The Beatles taun 60an. Jadi walaupun lagu-lagu itu dimainkan untuk mengiringi penonton keluar teater, we stayed in the theatre to clap and cheer very loudly.

(catatan: tau ‘kan rasanya, kalo kita udah capek-capek bikin postingan blog panjang lebar trus nggak ada yang komen? Sakitnya dimana, Kak? Disindaaang.

Nah, begitulah perasaan performerperformer apapun—kalo udah capek-capek tampil tapi nggak ada apresiasi tepuk tangan. Worse, kalo penontonnya cabut sebelum pertunjukkan selesai. Jelek-jelek gini ‘kan aku juga performer abal-abal, so I know the feeling. Jadiii, setiap nonton pertunjukkan apapun, plis banget, gaes… Apresiatif, gaes… Oke, gaes?)

15.30 WITA


Kelar nonton teater, kami lanjut jalan… ke Petting Zoo!


Bagi yang udah pernah dateng, isn’t BSMP’s petting zoo the cutest? Gue suka banget sama layout dan set-nya, apalagi ditambah dengan hewan-hewannya yang imut. Gemes! Raya sempet naik kuda poni, walaupun minta dituntun Papa sepanjang jalan. Jadi pawang kuda nuntun kuda poni yang ditunggangi Raya yang dituntun Papa. Tuntunception! Ribet, deh.

16.30 WITA

Kami nggak berlama-lama di Petting Zoo, berhubung mau ngejar Elephant Show jam 16.30. Kebetulan lokasinya tepat bersebelahan dengan Petting Zoo.

Gue nggak berharap banyak pada Elephant Show ini, mengingat udah pernah nonton show serupa di Singapore Zoo, dan garing-garing aja, ah. Tapi ternyata konsep kedua show ini berbeza, dan ya amplop… yang versi BSMP kok jenaka amat? Padahal temanya serius, lho, tentang konflik antara manusia yang serakah dan gajah-gajah yang marah karena lahannya direbut. Kapitalisme banget ‘kan, sis? Tapi bumbu humornya banyak. Ditambah aktornya pada dodol, nggak bisa nahan ketawa selama pertunjukkan, kayak Nunung Srimulat. Ngelawak sendiri, ketawa sendiri. Akibatnya gue jadi ikutan ngakak, deeeh… Atau mungkin guenya aja yang gampang terhibur, ya.

Yang pasti, Raya terkesima banget sama Elephant Show ini, sampe dia makin obsesif sama gajah. Bali Agung? Apa itu? Udah lupa, tuh! *puk puk Raja Jaya Pangus*

17.30 WITA

Selesai nonton Elephant Show, waktu sudah menunjukkan hampir jam 17.30, yang artinya… BSMP mau tutup. Yaaaah... Belom ke Fun Zone? Belom ke Waterpark?

Kesimpulannya, main di BSMP bareng toddler selama 5-6 jam, tuh, ternyata nggak cukup, ya? Padahal semua titik yang kami hampiri crowd-nya beradab dan nggak terlalu penuh, karena pada tersebar di area BSMP yang luas banget ini. Mungkin karena pace kami santai, nggak mau terburu-buru, jadinya 5-6 jam nggak terasa sama sekali.


Yastralah. Gelang sipatu gelang, gelang siramai-ramai…

Kesimpulan di akhir hari yang sibuk ini—gue, Teguh dan Raya udah pasti super capek dan super gobyos, tapi Alhamdulillah, super seneng juga. Yay :)

18.00 WITA

Dalam perjalanan balik ke Ubud, Raya langsung pingsan di carseat. Kami nyempetin mampir ke Alfamart dan ke si laundry galak (untung cucian gue beneran rebes), sebelum mulai jelalatan cari tempat makan.


Seperti yang udah gue singgung sebelumnya, gue dan Teguh bukan foodie. We eat to live, not live to eat, apalagi setelah punya anak. Mau wisata kuliner? Mana sempat? (“Ho-oh, mana sempat?” <<< ini iklan jadulnya Energen bukan, sih?). Jadi setiap liburan bareng Raya, kami cari tempat makan cukup dibawah bimbingan Tuhan, alias senemunya aja. Nggak kepengen nguber tempat-tempat yang top reviewed atau highly recommended.

Oh! Kecuali kalo tempatnya Instagrammable. Teteup yaaa, ujung-ujungnya bencong Instagram.



Malam ini, di perjalanan pulang, Tuhan menuntun kami ke sebuah penginapan bernama Puri Bambu Indah, di daerah Ubud. Penginapan ini punya restoran, dan kami memutuskan untuk makan disini, sebelum balik ke villa.

Dari roman-romannya, Puri Bambu Indah nih penginapan kesukaan bule, karena suasananya “tradisional” banget. Pasti tau ‘kan ciri-cirinya—layout ala kos-kosan, tembok bata merah nggak disemen (kadang malah cuma anyaman bambu, demi tampil “tradisionil”), kamar sederhana, pintu kayu penuh ukiran, suasana gelap, banyak nyamuk, pake lampu petromaks, dan cuma ada kipas angin.

Dan memang benar, setelah gue perhatiin, 100% tamu Puri Bambu Indah adalah bule, yang pastinya doyan dengan gaya begini, berhubung di kampungnya kagak ada. Beda banget, ya, ama gue. Prinsipku, biarlah hanya Amaris, asal kamar mandinya pake keramik putih…

Restorannya pun bernuansa demikian—gelap dan banyak dekor khas Bali. Tapi berhubung gue dan Teguh udah laper, ya udahlah, hajar aja.



Sayangnya, malam ini kami masih apes dalam hal servis restoran. Kemaren makan di BebTepSaw, servisnya lama banget. Siang ini makan di Uma Restoran, servisnya juga lelet. Di Puri Bambu Indah? Juga lelet, sodara-sodara! Selamat ya, La, Anda dapat piring cantik.

So yeah, we waited a loooong time to get our food, walaupun restorannya lagi sepi. Kami pesen beef shashlik, sapo tahu, dan grilled fish. Eh, gue dapet bonus… ulet (belatung?) di sela-sela sayuranku. Hoek!

But you know what? I let it go. Gue nggak protes. Alasannya karena gue udah capek dan bete akibat Raya nggak mau makan lagi (oya, Raya juga nggak sarapan dan makan siangnya pun sedikit sekali. Bener-bener harus kutemukan tembolok anak ini…). Gue nggak punya energi untuk ‘berantem’ sama pihak restoran. Kami hanya menginfokan perihal si belatung imut ke sang manajer saat mau bayar, sembari ngarep tagihannya digratisin. Eh, do’i cuma minta maaf. Ya sudahlah… Ayo Elsa, kita nyanyi. Let it goo, let it goo… *muncul pengacara Elsa Syarif*

***

Kami sampai di villa jam 20.00 WITA, dan singkat kata, langsung pada pingsyaaaan kecapekan. Despite everything, this is one of the best days of our Bali trip, lho. Terimakasih, BSMP! Terimakasih, Tong Fang!

23 comments:

Anonymous said...

Gw kalo dibentak bapak-bapak, padahal gw dalam mode "sopan-santun" pasti nangis ngeguguk deh la,remuk hati ini mz.
Bokk nungguin sejam padahal kondisi lagi laper banget kok lu tahan ya?
Ulet kecil? gw pernah makan kecoa di warteg sederhana deket kampus STAN, sampe sekarang dendamnya masih terasa.

Ezra said...

Mba',itu bapak2 yang dari Medan,pakai kalung emas/besi putih segede gaban ga? Biasanya sih kalau bapak2 yg masih pakai hp jadul suka pakai kalung itu. Sama rambut belakang dibuat jabriknya sedikit. Hahahaha

adis said...

Ahahaha.. selalu menarik baca kisah2mu Lei. Gak pengen bikin buku? :) Btw, ditunggu kisahnya berjibaku dengan anak poop di wc umum. Kita senasib soalnya :))

ika puspita said...

mau lagi....lanjutkan ceritanya dan secepatnya krn para penggemar ini sudah tak sabar

Fi said...

Quote: tau ‘kan rasanya, kalo kita udah capek-capek bikin postingan blog panjang lebar trus nggak ada yang komen? Boro-boro komen, yang baca aja cuma segelintir. Sakitnya dimana, Kak? Disindaaang

Aduh jadi malu, selama ini SR melulu :p

Anonymous said...

Tapi saya slalu baca blognya mba Lei loh.. wlaupun bru kali ini ninggalin komen. Keep wringing mba.. Ditunggu lanjutan cerita Bali tripnya yaa..

farah said...

whoaaa jadi pengen ke Bayu Agung mbakk.. belum pernahh *norak*
semoga Raya makannya makin pinter dan lahap yaa biar ga sutres mamanyaa

Uracute said...

Leiiiiiii ya ampyunnn ngakak jaya ampe nangis bacanyaaa...
Berbubung belum pernah ke BSMP mau nanya dong perbandingannya sama Safari Cisarua gimana?

Unknown said...

tertawa ngakak amat sangat baca keluarga medan jadul :D :D

(((JOGER)))

Jane Reggievia said...

Seriusan ada belatung di makanan mbak?? Hiiiy hrsnya minta ganti aja mbak sama yg baru, seriusan deh masa belatung *mshnggakpercaya*
Soal service restoran di Bali (apalagi yg rajin dikunjungi turis lokal) yg super lelet itu bener bgt mbak. Aku makan bebek di Bebek Bengil Ubud nasibnya sama, untung aja makanannya enak. Yuk ke Bali lg mbak pas bulan2 gini, jalanannya sepiiii udaranya gk panas :D

prin_theth said...

Etty: Ya kan? Ada aura bengis tertentu, yang cuma dimiliki oleh bapak-bapak judes.

Boookk, kecoaaaak... T__T

Ezra Ginting: Ahahaha, kebetulan bapak-bapak Medan itu penampilannya cukup modern. Cuma begitu lirik henfon dan nguping percakapan mereka, wakwaaaw... Mundur 20 taun!

Adis: Apa kita bikin buku tentang petualangan nemenin anak pup di WC umum aja? Kalimat "Ibu, Raya pengen eek..." tuh bagaikan neraka deh, kalo diucapin di tempat umum yang WC-nya so pasti nggak mumpuni.

Ika: Hahaha, sabar yaaa...

Fi: HAHAHAHA, aduh, gantian aku yang nggak enak. Aaah, udah jangan dipikirin, becanda! (padahal serius)

Anon: Hihihi, makasih yaaa. Nggak komen juga nggak papa banget laah.

Farah: Makasih Farah :) Iyaaa, nonton deh. Seru kok.

Uracute: Hmmmm, aku udah lama banget nggak ke Taman Safari Cisarua, tapi kayaknya BSMP tetep lebih unggul jauuuuh. Standar internasional banget. Pemiliknya sih sama, ya...

Micha: Mich, gue yakin, abis dari Sukawati mereka ke CELUK beli cincin perak :)))

Jane: Iya banget, Janeee... Tapi aku emang beberapa kali nemu restoran yang kecolongan ada belatung di makanannya. Abuba Cipete tuh sering, lho. So, you can't be too sure.

Yeuuk, ke Bali lagi... Ke Bali akhir taun sih pasti selalu nightmare, hehehe.

Andra Alodita said...

*menyimak*

Aku menunggu postingan berikutnyaaa *pijit pijit Laila* cup!

Putri said...

Nggak berani ngebayangin gimana riwetnya ngurusin toddler pup di wc umum yang lagi rame2nya huhuhu :s :s :s

Yang penting Raya kooperatif kan mbak selama 'ritual'?

Leony said...

Jadual lu di BSMP sama kayak gue pas September kemarin hihihi. Kalo elu telat gara2 laundry, gue gara-gara marathon. Sama2 makan di Uma yang ora enak tapi mihil (mihil untuk rasa dan kualitas ga enak maksudnya, kalo enak mihil jg gpp dah). Untungnya pas gue pergi gak sechaotic elu suasana di sono.Sayangnya, si Abby pas Safari Journey malah molor mengira gue ini beanbag kayaknya, plus dia juga tidur pas Bali Agung karena adem semilir.

Gue jadi kebayang laundry itu mistis. Atau Bali-nya yang mistis sampe mata lu kagak keliatan bolak balik berkali2. Hiyyyyy...

prin_theth said...

Andra: Kayaknya kita harus saling memijit, berhubung kamu juga udah mulai nulis postingan Bali yaaa! Hurraaah!

Putri: Alhamdulillah lumayan kooperatif nih, walaupun tentunya blm paham konsep higienis yaaa. Maunya pegang-pegang melu! *lap jidat*

Leony: Le, gue jadi baca lagi postingan Bali lo, dan emang bener, rute kita nyaris persis ya! :D Asli, Uma kacau bangettt...

doena said...

gue kalo kebali pasti itin nya juga kaya bapak-bapak itu, bedugul, sukawati,joger :D. Secara kebali baru sekali dan udh 8 tahun ga kesana *kaciann*.


dan sangat penasaran dengan ubud.
makanya mau nyontek itinnya mamak raya

ibukasual said...

aseliiik.. aku laaafffff sekali dengan gaya cerita dan sense of humor-mu.. bikin srimulat junior aja, mbak.

Anonymous said...

Mbak Lei yang tercinta (idih siapa gue?), daku sangat mengerti perasaanmu. aku juga pernah dijudesin dan dimarahin bapak-bapak berkumis tebal sampai menangis berderai-derai air mata, dilihatin 3 orang adik2 SMK yang lagi PKL di loket belakangnya, 5 orang kolega bapak berkumis di meja sebelah, dan belasan orang yg lagi antri di belakang aku. anjrit, malunya ga kepalang. apalagi pas pulang masih dikomentarin abang tukang parkir "kenapa neng? abis diputusin pacar?" . Tapi apa boleh buat, besoknya karena tugas negara (tsah..) aku harus ketemu lagi bapak berkumis itu dan terpaksa mengeluarkan alibi bahwa kemarin aku lagi PMS. Eh dasar semesta berkomplot dengan takdir, sekarang tiap kali datang ke kantor itu, apes dah gw kena antrian sama bapak berkumis itu terus.

mila said...

asli ini postingan... bikin aku yang lagi pusing jadi... tambah pusing! hahaha.. sumpah ya, lagi pusing gegara pilek trus ketawa ngakak itu bukan kombinasi yang tepat!

Juara deh, Laila! Tulisan lo selalu juara! *menjura*

prin_theth said...

Doena: Hahaha... Ya boleh aja sih, tapi tempat-tempat jadul biasanya fasilitasnya udah kur oks. Trus, misalnya, kalo udah ada Krisna, ngapain ke Sukawati? Menurutkyu yaaa :)

Ibukasual, Mila: Ahahaha aduuuh... :)))

Anon: YA KAN! Gila deh bapak-bapak mah pesona yudesnya ngeri banget. Tapi akhirnya kamu baekan kan sama si bapak?

Unknown said...

mba Leii.. gila, aku udah katam baca semua postingan blogmu dari awal sampai akhir. begadang sampai kebawa mimpi.. mimpinya pun mba Lei lagi cerita tentang pori-porinya yang besar .. dan ternyata di mimpi emang besar, (pas itu tidur habis baca ttg postingan skin care mba Lei)..

makasih yaaaa.. hiburaan banget bacanya. Itu mas komentar mas Teguh soal laundry bener2 bikin ngakak bahagia hahahhahaha...

*salam kenal* *lupa udah pernah salam kenal, apa belum*

prin_theth said...

Huahaha... aku antara sedih dan tersanjung kamu sampe mimpiin aku berpori-pori besar. Tapi emang besar, sih, hahaha. Salam kenal juga yaaa :)

Dwi Zubir said...

Aku komen deh. Biar telatnya hampir dua tahun. Biar uni Leija (((uni))) tau ada pembaca lain yang setia nunggu postingannya. Dan hampir khatam baca letthebeastin (yess). Saking suka sama cerita2nya, tiap kepoin photo2 mba leija di ig pasti aku yang "ohh, ini waktu di Bali", "oh, ini yang di Singapore".

Btw. Aku mulai sukaaaaaa sekali sama cerita mba leija dari jaman lebaran di Jambi dan mba Leija jadi photografer buat foto keluarga. Tapi sekarang cerita yang itu dimana ya? Kok ga ada di blog ini kayanya? Padahal pengen baca lagii.. :|

Post a Comment