Nov 3, 2014

New York, I Can't With You

Kadang gue mikir, gue bisa nggak, sih, hidup di New York City? Kalo dari kesan-kesan yang gue tangkep, tinggal di Big Apple tuh kayak dengerin lagu terkeren yang pernah lo denger, tapi pada level mentok, dan kuping sambil ditempel ke speaker. Such an awesome but totally overwhelming experience.

Dulu gue mikir, “Ah, Jakarta juga kayak gitu.” But does it really?

Mari kita lihat video pertama di bawah ini.

Ini adalah video rekaman cast Broadway-nya The Lion King lagi naik subway di NYC, trus mereka bikin flashmob dengan cara nyanyi Circle of Life bareng.


Seperti yang ditulis oleh salah satu komentator Youtube, you can learn a lot about NYC from this video. Para turis awalnya keliatan kaget tapi terus seneng, sementara warga NYC asli mukenye lempeng berat (ada yang tidur!!!), malah keliatan agak annoyed. Forever unimpressed!

Sebenernya ini mirip dengan warga Jakarta. Biasanya, anak Jakarta kalo liat artis tuh mukanya lempeng banget, karena sehari-hari terbiasa papasan sama orang beken. Udah ‘terlatih’ untuk nggak norak.

Sementara warga NYC mah, jangankan artis. Ada flashmob sekelas Broadway aja lempeng.

Katanya, NYC tuh penuh sekali dengan orang-orang berbakat yang selalu menampilkan bakat mereka 24-jam di tempat publik, sehingga flashmob sekelas Broadway gini jadi biasa-biasa aja.

Satu hal yang langsung kepikiran di kepala gue: kalo gue tinggal di NYC, gue pasti bakal unemployed nggak, sih? Kebayang betapa kerasnya gue harus bersaing dengan ratusan penulis dan blogger lain yang jauh lebih berbakat, tajam, dan outspoken. JIPER.

(contoh lain kecuekan warga NYC: sepupu gue, Edy, pake kostum super ngeri pas Halloween kemaren. Dia tinggal di NYC. He rode the bus, and of course, nobody cared.)

Trus, mari kita lihat video kedua di bawah ini.

Ini adalah video seorang perempuan berjalan kaki selama 10 jam di NYC, dengan kamera tersembunyi. Pakaiannya sopan, penampilannya juga nggak seksi. Tapi selama 10 jam ini, dia digodain sama cowok-cowok di pinggir jalan selama—get this—108 kali.



Gue nggak mau bahas kasus ini dari sisi feminis, sisi harassment, dan sejenisnya, karena di internet udah banyak yang bahas. But seriously, NYC? Nggak heran kalo cewek-cewek sana mukanya kenceng semua. Kalo gue digituin, mungkin gue bakal pulang dan nangis.

If you can make it in NYC, you can make it anywhere.

PS. Dulu gue sering digodain sama cowok-cowok di pinggir jalan. Cara cowok nggodain cewek berhijab itu standar, dengan ngucap, “Assalamu’alaikum…” Kesannya inosen, tapi dari muka dan intonasi mereka, lo tau bahwa itu ucapan nggodain. How do you respond, dong? Nggak dijawab dosa, dijawab salah. A brilliant tip from my friend: “Jawab ‘wa’alaikumsalam’ dalam hati, La. Allah ngerti, kok.”

11 comments:

Anonymous said...

Hi Leila, kayaknya tergantung tinggal atau hangout di daerah mana. NYC itu kan besar. Aku lama disana ngak pernah tuh digodain di jalan. Kalau ke daerah Queens atau Brooklyn walaupun jarang-jarang sekali ke situ tapi memang berasa daerahnya agak beda. Banyak imigran dan abang-abang nya. Langsung kekep dompet erat-erat :-) walapun ada juga tempat elit di daerah situ. NYC is a great place when you are young and have money. Orang kebanyakan cuek kalo ngak kenal. Maka sampe ke Canada malah kita yang bingung. Ini orang-orang baik bener.

prin_theth said...

Hihihi, iya. New Yorkers cuek banget ya, sampe unfazed sama Broadway performance :) Yang aku tangkep, NYC is a lot of many different things: so many entertainment, different cultures, dan orangnya cuek-cuek banget, dalam artian nggak pedulian dan PD pada saat yang bersamaan.

Aku suka banget main ke NYC (pernah kesana sekali), tapi kalo tinggal disana, jiper sih. Aku ngerasa pasti bakal overwhelmed. Dan sebagai orang Asia sejati, aku nggak terbiasa banget sama sikap orang Amerika yang kayaknya kalo ngakrab ya ngakrab banget, kasar ya kasar banget. Apa adanya aja gitu, hehehe.

Dan pastinya, refleksi orang terhadap NYC tergantung pengalaman dan kepribadian orang masing-masing yaaa. And also -- young and loaded. I don't think I'm both!! :)

Unknown said...

kalo yg assalamualaikum itu, aku biasanya jalan makin cepet dan jawab waalaikumsalam setelah lewat dari pandangan orang itu hehehehe

Anonymous said...

Aku kalau digodain di jalan dengan ucapan Assalamualaikum juga kujawab "Waalaikum salam" dalam hati aja...Biasanya mereka akan nanggapin dengan "Ih, sombong banget sih...Dosa lho gak jawab salam"..Dan aku pun berprinsip sama kayak teman Leija "Allah maha tahu kok"...

Anonymous said...

Samalah sama penumpang angkot/bis di Jakarta kalo liat street performer bawaannya waspada lalu pasang muka lempeng takutnya para seniman itu komplotan copet, mau sebagus apapun nyanyinya. Makin heboh mereka gw malah makin waspada. Hehehe.. (kesannya gak mau kalah sama penduduk NYC).

prin_theth said...

Stupidwriter: Hahaha iya bangetttt. Gue juga mikir sama gitu :) Level kecurigaan warga kota besar (apalagi third world country) 'kan biasanya tinggi banget. Anaknya nggak caya'an...

ibukasual said...

itu sepupu lo serem amat, laa *salahfokus

wwaaah ngomongin nyc, gw jadi inget pernah kesana di dalem mimpi. hihihihi.
pengen tinggal disana, tp temenan sm barney, ted, robin, lily, dan marshall bisa gaaaak?

meeblog said...

aku berdoa semoga ente makin rajin nge update blognya yah...suka deh kemaren2 ente rajin ngepost :D

prin_theth said...

Ibukasual: Bisaaaa, bisa ngayaaal hihihi... Btw, kenapa ya, SETIAP film action / scifi / superhero settingnya kudu di NYC? Trus kalo sitkom, kalo nggak di NYC, di SF. Ada apa dengan Oklahoma? Omaha? Dsb?

Meeblog: Ciyeeee... aamiiin... :D Maacih yaaa.

Anonymous said...

halooooo leija,biasa jadi silent reader skrg ga tahan pengen comment.. taun lalu ke nyc sama suami, di subway tiba2 ada sekumpulan org naik terus teriak "ada yg tau ga ini jam brp" asliiii satu gerbong diem dan ga ada yg jawab, terus dengan semangatnya suami gw teriak "jam segini" langsung diteriakin balik dong sama mereka "bukannnnn!!ini jam nya kita nyanyi" dan diketawain satu gerbong trs mereka mule nyanyi & suami gw langsung tertunduk lesu sambil ngeluarin duit buat ngasi pengamen td..sumpeeeee maluuuu bgt

prin_theth said...

Anon: Hahahaha... pasti teriaknya gini ya, "WHAT TIME IS IIITTT???"

Post a Comment