Sep 25, 2014

Bali Family Trip - August 2014 (part 1)

Welcome to Laila’s infamous bertele-tele trip report! Horeee! Udah lama, ya, nggak nulis beginian.

Pada trip report bertele-tele episot kali ini, gue akan menceritakan kisah liburan keluarga gue di bulan Agustus kemaren, tepat setelah Idul Fitri. Tujuan: Bali. Durasi: Lima hari. Peserta: gue, T, Raya, Nadia (adek gue), Bindra (suaminya adek gue), Aydin (anaknya adek gue) bokap, dan nyokap.

Leggo!

Day 1:
Seperti turis ogah rugi lainnya, kami berangkat dengan flight pagi, walaupun bukan flight pertama, sehingga kami melenggang ke Bandara Soekarno-Hatta dengan mood yang masih manusiawi—mata nggak bengep-bengep banget, hawa nggak ngantuk-ngantuk banget, ekspresi nggak galak-galak banget kayak mau makan orang.

IMG_3013
Alhamdulillah, perjalanan lancar. Di tengah perjalanan, Raya tidur, dan kami mendarat 20 menit lebih cepat dari jadwal. Yay.

Hello, Bali! I couldn’t believe I haven’t stepped on this island for almost three years now.
And helloooo, new Ngurah Rai! Gileee… nggak ketemu nyaris tiga tahun, kamu kok jadi kece banget, sih? Gue bagaikan ketemu mantan yang waktu diputusin jelek, eh pas ketemu lagi jadi cakep. Idih.

Tapi serius, deh. Bandara Ngurah Rai sekarang bagus, ya? Walaupun belum sempurna dan materialnya keliatan murahan, setidaknya jadi jauh lebih manusiawi dibandingkan perwujudannya yang dulu mirip kandang ayam.

Setelah ngambil koper dan keluar bandara, kami langsung disambut oleh tamparan angin dingin dari Ostraliyah. Langsung, deh, teriak rame-rame, “Nah, ini dia!” kayak rubrik Pos Kota.

Jadi, kalo keluarga gue ke Bali, sebisa mungkin kami pergi di bulan Juli-Agustus, karena di Australia lagi musim dingin. Dengan demikian, Bali jadi kedapetan angin dingin dari sana. For us, it makes the perfect combination—cuaca terik, langit tanpa awan, matahari bersinar cerah, tapi udaranya nggak panas menusuk, malah dapet angin seger dari Australia.

Kalo selera cuaca kamu-kamu sama dengan kami, maka pergilah ke Bali pada bulan Juli-Agustus. Better yet, go on September, ketika bocah-bocah sekolahan udah balik ke habitatnya masing-masing.

(sebaliknya, jangan pergi ke Bali pas akhir taun, terutama kalo tujuan utamanya pantai. Soalnya—menurut gue, nih—apa sih yang dicari? Ujan, becyek, penuh sesek karena peak season, macet, harga pada mahal. Bhay!)

Eniwei, di luar airport, kami ketemuan dengan para sopir mobil sewaan—kami nyewa dua mobil sewaan—trus langsung cao ke daerah tinggal kami selama tiga hari ke depan: Ubud.

Seperti yang udah gue sebut sebelumnya, gue udah nggak ke Bali selama tiga tahun. Maka ketika gue melangkah ke luar bandara, I got that familiar miris feeling, seeing all the billboards. It’s the same feeling I got everytime I stepped out of Ngurah Rai. Gue nggak mau ceramah disini, tapi intinya, komersialisasi Bali makin menggila, ya? Setiap jengkal tanah pulau ini nggak ada yang nggak dibikin jadi resort, kafe, atau apapun demi nyeneng-nyenengin turis. It creeps me out. Gue nggak hepi atau excited, lho, liat billboard The Mulia dan selusin resort baru lainnya. Lebih ke yang, “Yaaah, kok nambah… Emang yang sekarang kurang?”

Paham, sih, bahwa… anu… itu… tapi ya, sudahlah *mulai kepancing berkoar-koar bak Mamah Dedeh tentang idealisme*

Percuma kalo gue mau ngeludah-ludahin industri turisme Bali… lah wong gue turisnya juga! Zzzzz.

Setelah 1,5 jam perjalanan di mobil, kami sampai di Yubat tercinta! Nggak seperti Seminyak, perubahan Ubud kayaknya nggak terlalu lincah, ya? Gue bisa menemukan sekian kafe dan penginapan favorit dari bertaun-taun lalu, dan gue nggak terlalu banyak ngeliat establishment baru. Which is nice. Familiarity is nice.
Kami cek-in di hotel dengan mood setengah cranky (ngantuk banget, maliiih…), buru-buru masuk kamar, ganti popok Raya yang sempet mencret (hhhh…), beberes singkat, dan langsung keluar lagi cari makan.

Komeneka Bisma is, as always, b-e-a-yutiful.


Gue pertama kali memperkenalkan hotel ini ke keluarga gue pada taun 2009, dan sejak itu, setiap ke Bali, orangtua gue nggak pernah nginep dimana-mana lagi selain di Komaneka Bisma, dengan alasan… takut terjebak.

Mungkin udah pada tau, ya, bahwa hotel di Ubud tuh kebanyakan jebakan batman—harga mahal, tapi bentukannya kayak kandang ayam atau tempat jin buang anak. Tentu saja bukan salah hotelnya, cuma masalah selera. They are designed that way, demi memenuhi selera bule yang emang nyari nuansa alam dan budaya Indonesia. Sementara turis-turis lokal ini ‘kan maunya hotel dengan desain bersih, sleek, dan modern, yaaa… Kadang bodo amat, deh, dapet hotel dengan pemandangan tembok gedung sebelah. Yang penting bak mandi putih! Dinding semen, pintu besi! Kamar bekarpet! AC sentral! Semua serba otomatis!

Komaneka Bisma adalah salah satu hotel di Ubud yang nggak ‘dekil’. Nuansa alam dan elemen kayunya kentel, tapi sama sekali nggak jadi gelap bin gloomy, malah seger dan airySo yeah, my parents have been Komaneka Bisma fans since 2009. Gue dan Nadia pun dulu honeymoon disini, ciyeee… Nggak dapet kartu membership, nih?!

IMG_4382

IMG_4373

IMG_2968

IMG_3016

IMG_2969

IMG_2991

IMG_3017

IMG_3020

IMG_3021

Setelah beberes singkat di kamar, gue, Teguh, dan Raya langsung keluar lagi cari makan, sementara yang lain molor di kamar masing-masing. Dengan mobil sewaan dan Pak Sopir yang sedang bekerja, kami meluncur ke pusat kota Ubud tanpa tujuan, sampe akhirnya terdampar Clear Café.

Sekedar kilas balik, gue dan T pernah nyicipin Clear Café pas jaman babymoon dulu. Waktu itu, we thought it was rather pretentious—ya nuansanya, ya makanan sehatnya. Nah, tapiiii…. kali ini gue kok suki bingit, ya? Makanannya berasa jauh lebih enak (oke, vegan food, kita berdamai!), jusnya apalagi.

IMG_4363

IMG_4366

IMG_4342

IMG_4345

IMG_4347

Dan mungkin karena kami datang bukan pas jam makan, suasana jadi lengang, nggak padet. Alhasil, struktur Clear Café yang airy dan adem baru berasa. I especially liked how we had to removed our footwear alias nyeker di kafe ini. Kaki adem.

IMG_4361

IMG_4348

IMG_4349

IMG_4350

IMG_4351

IMG_4352

Balik ke hotel, Raya nggak menunjukkan tanda-tanda mau tidur. Malah on banget kayak abis nginek. Gue paham, sih, bocah biasanya begini kalo lagi liburan, karena stimulasi di tempat baru tinggi banget 'kan. Tapi peliiissss… Ibu udah capek banget, peliiiisss… Huhuhu.

Gue dan T sampe serba salah. Kami nggak bisa ngendon di kamar, karena kamar hotel Komaneka Bisma justru penuh dengan perabotan yang lumayan fragile. Gini, nih, kalo hotel kebanyakan fasilitas. Di pojok sana ada toples kue, di pojok sini ada mangkok aromaterapi… meleng dikit, udah pasti dipecahin bocah.

Akhirnya kami ngeboyong Raya ke lobi, dan membiarkan Raya keleleran sementara emak bapaknya… rebahan di sofa sambil merem. Sungguh, kami tak tahan lagi. Sungguh. Dan hasilnya… Raya nyemplungin payung hotel dan kakinya sendiri ke kolam ikan. Horeeee, plok plok plok.

IMG_3022
Untuuung banget para pegawai Komeneka Bisma super ramah dan terlatih. Payung jatoh langsung diciduk, anak gue pun ikut diciduk. Digendong-gendong keliling lobi, dikasih kue, walaupun kayaknya baru sebentar banget, kok, udah dibalikin lagi ke gue? Nggak mau bawa pulang aja, Mas? Huhuhu.
Trus ketika Raya dibawa balik ke kamar, do’i sempet-sempetnya mecahin satu botol kaca berisi body lotion. Horeeeee! I was literally closing my eyes and couldn’t take it anymore. Sebelum Ibu berubah menjadi Hulk beneran, Raya buru-buru gue oper ke kamar kakek-neneknya yang udah sempet tidur siang pules.

I blacked out after that
. Serius, lupa ngapain. Pingsan jangan-jangan?!

Terang berganti gelap (duile…), dan tibalah waktunya makan malam. Saking capeknya, gue masih nggak napsu diajak kemana-mana, sementara keluarga gue udah siap-siap dinner di luar. Jadi pas Teguh nawarin, “Aku ikut pergi, ya, sama Raya. Kamu di hotel aja?” langsung gue iya-in nggak pake mikir, hihihi.

Maka sementara yang lain dinner di Bebek Tepi Sawah, gue goler-goleran aja di kamar main henpon, ngemil cookies complimentary, trus pesen Ayam Betutu room service dengan semena-mana, asiiiik…

Mereka baru pada balik jam 9 malem, dan kami semua (termasuk Raya) baru pada naik kasur jam 11 malem. Isdet!

Itu pun gue nggak langsung tidur, lho. Malah gelisah mikirin berbagai hal yang sebenernya problematika rumah tangga banget. Contoh,

“Mobil sewaan ini mahal banget, sih? Adek gue dapet dimana sih ini, pemerasan banget? Mau cari penyewaan lain, dimana ya yang bagus?”

“Dulu gue pernah nemu laundry kiloan oke di daerah Jalan Bisma ini. Dimana, sih, kok gue lupa?”

Should I hire a daily nanny buat besok-besok? I should, I really should. Enak aja, abis ngerodi pas Lebaran, masa’ gue nggak liburan…”

Endebray-endebrey.

Dan ketika akhirnya gue ketiduran, gue mimpi menemukan tempat laundry kiloan yang gue cari itu, tapi ternyata tempatnya angker. Di mimpi itu, entah gue lebih sedih karena ketemu hunta, atau karena jadi batal nyuci baju. Zzzz.  Selamat ya, La. You’re officially a mamah-mamah…

6 comments:

Gadis said...

ulalaaa...
i always love your trip posts mbak leii!
paporit sih postingan babymoon yang dibaca berkali2 hahahahaha

Part II kapan? 1x24jam yaaa... :P

Anonymous said...

Lucunya ya Raya Ka Leija..

Leony said...

Waaaa....baru aja gue post soal ke Bali minggu lalu dan minggu ini hahaha. Eh elu juga ke Bali tapi ternyata Agustus? Gue belum pernah nih nginep di Ubud, jadi ngiler deh liat Komaneka itu. Tapi kok gue bawaannya serem ya kalo bawa anak dan cuma bertiga doang. Takut anaknya nubruk-nubruk kayak si Raya. Kan di Ubud gitu konsepnya serba open, serba jurang... phew... Tapi kalo berdua doang sama suami buat indehoi, perfecto.

Jadi gimana akhirnya lu pake laundry kiloannya gak? Hahaha,

PoppieS said...

Kadang bodo amat, deh, dapet hotel dengan pemandangan tembok gedung sebelah. Yang penting bak mandi putih! Dinding semen, pintu besi! Kamar bekarpet! AC sentral! Semua serba otomatis!



ini gue banget, gilak! :)))

prin_theth said...

Gadis: Hihihi kayak lapor hansip yaa 1x24 jam. Udah tuuh!

Anon: Alhamdulillah ya kayak ibunya :)))

Leony: Iya Leee! Gue baca trip report lo, yang nginep di Sunset Road dan Nusa Dua yaaa... Abis dari Ubud gue pun ke Nusa Dua, kok, surganya family kalo di Bali. Kids friendly banget!

Smiw: Ya samak! :))

acha said...

Mbak liat postingan ini kok kelakuannya mirip anakku. anakku sekarang umur hampir 2 tahun dan kemarin baru pulang liburan di jepang dan pulang2 emak bapaknya berasa pengen mandi berendam pake counterpain sangking pegelnya. Ini waktu raya umur berapa ya?

Post a Comment