Mar 7, 2014

Life Lessons Month - Embracing Challenges (or Stress...)

Satu setengah taun lalu, gue dan Teguh nonton film Life of Pi. Kelar nonton, kesimpulan kami sama, bahwa Pi Patel bisa bertahan hidup sekian lama karena ada Richard Parker. The boy survived because he lived day by day in fear of getting gruesomely eaten by the tiger, so he got creative and kept his spirit high. Seandainya nggak ada Richard Parker, mungkin dese udah nggeletak pasrah aja di perahu.

Kemudian Teguh cerita tentang sebuah fishing company dari Jepang.

'Orang Jepang 'kan suka banget makan ikan segar, jadi kapal-kapal nelayan Jepang selalu melanglang buana keliling samudra, demi menjaring ikan-ikan segar (dalam keadaan hidup) ke daratan. 

Tapi ikan-ikan tersebut nggak selalu kembali dalam keadaan segar. Banyak yang mati dalam perjalanan. Dan yang hidup pun rasanya nggak fresh, karena kondisi mereka sluggish, dull, bak kehilangan semangat idup selama di tank kapal nelayan.

Segala solusi nggak cucok. Kalo ikan-ikannya dibekuin, rasanya jadi nggak fresh juga. Gimana dong...

Akhirnya, mereka tetep ngebawa ikan-ikan tangkapan tersebut dalam keadaan hidup, di dalam fish tank. Tapi kemudian mereka memasukkan satu hiu kecil di setiap fish tank. Ketika sampai di daratan, pastinya ada beberapa ikan yang isdet dimakan si hiu, tapi sisanya selamat dalam keadaan segar bugar, sehat, lively, dan rasanya fresh banget, karena mereka tetap lincah selama di perjalanan. 

Jumlah ikan yang dimakan hiu pun lebih sedikit daripada ikan yang mokat kebosenan sebelumnya. Therefore, less loss for the fishing company.

Entah cerita tersebut nyata atau sekedar dongeng andalan para bos untuk fruit kids-nya, I love that story (ma'acim, soami...). Selalu mengingatkan gue bahwa stress dan tantangan (dalam jumlah sewajarnya) bagus untuk hidup. It keeps us alert and alive. So don't get too comfortable, I guess?


Postingan udah serius-serius, gambar pendukunganya kok begini...

5 comments:

Anonymous said...

kalo di buku nya serial twilight yang terakhir, si jasper juga bilang, i think fear is more motivating than money.
hihihihihihihi

Lila

misfah said...

iya betul ditengah stress aku biasanya malah kreatif nulis kalau lagi liburan malah ngga ada ide sama sekali

dmitryoshka said...

hoahahahaha gambarnya kampreeeet bingits!

risti said...

akkk, drop amet itu gambar meong nya. etapi bener banget sih, kalo idup ngga ada tangtangan kayanya tu confort zone banget gitu, terus kita jadi loyo & ngga sigap. maacin juga pak teguh buat crita nelayannya

swords said...

kreatif kadang emang dateng pas kefefet ya...haha
jadi inget jaman ngerjain tugas kuliah, kalo udah detlen aja baru bisa "mengarang" tugas hehehe

Post a Comment