Jun 10, 2013

Travel Month - Mamah-Mamah Ida Kusumah

Cerita travelling orangtua kita, tuh, sebenernya bisa jadi lebih seru daripada cerita travelling kita, lho. Terutama dalam perihal bahasa atau komunikasi.

Generasi kita, mah, kemampuan Enggrisnya pada OK banget. Kalo Inggris lisan dirasa kurang, minimal paham bahasa tulisan. Malah sekarang, saya ngerasa temen-temen saya selalu ada inisiatif belajar bahasa lokal kalo travelling. Minimal faseh frase-frase penting seperti “terimakasih” dan “maaf”. Jadi bisa ngucapin “arigato goizimasu” atau “por favor” daripada cuma ngandelin “thank you” atau “please”.

Tapi yang berabe adalah para mamah.

Kemaren saya ngakak-ngakak di grup gunjing Whatssap, gegara konco-konco pada cerita mengenai “kehandalan” bahasa Inggris para mamah masing-masing, utamanya saat lagi plesir.

Mamahnya Gemma—yang sampe sekarang melafalkan “teddy bear” sebagai “tedi bir” *kasih pletok*—cuma fasih ngomong “Yes!”. Maka kalo lagi makan di restoran di luar negeri, hidangan yang dateng ke meja banyaaaak beneur… Soalnya pas pesen, semua yang ditawarin pelayan disambut si mamah dengan kata, “YES!” :))))

Begitu juga dengan mamahnya Dinda. Kemanapun, dimanapun, andalannya cuma “YES!”

Suatu hari, beliau plesir ke Amerika, dan ikut tur ke Grand Canyon. Di tengah tur, si mamah bosen dan memutuskan balik duluan ke bis. Ternyata pintu bisnya dikunci. Ketika lagi utak-atik, datang si supir bis bule dan bertanya sambil guyon, “Are you trying to steal the bus?” Ucapan si bule—yang terdengar sebagai kumur-kumur bagi Mamah Dinda—dijawab dengan yakin, “YES!” Hoahahaha… *panggil pulisi*

Tapi kisah paling bangke datang dari mamahnya Nay. Suatu hari, Mamah Nay lagi di NYC, dan mau jalan-jalan ke Liberty Island. Untuk kesana, 'kan kudu naik ferry dari mainland. Pas beli tiket ferry di loket, berikut kalimat yang dilontarkan Mamah Nay,

Three tickets kombak-kambek...”

ANJRIIIIIIITTT, KOMBAK-KAMBEEEEK :))))))

Ajaibnya, si petugas loket paham, dan Mamah Nay berhasil menggenggam tiga tiket PP ke Liberty Island. Ngakak sampe ngompol!

Sebenernya, perihal pemahaman bahasa ini agak misteri, lho. Kalo kita-kita ‘kan selalu pengen berbahasa Inggris sesempurna mungkin ya, apalagi kalo lagi di luar negeri. Anehnya, bapak saya paling males. Enggrisnya beliau tuh lumayan lah, tapi kecuali untuk urusan bisnis, dese males banget berbahasa Inggris. Males mikir.

Saya dan Bapak pernah pergi berduaan ke Berlin, Jerman. Di sebuah café kecil, saya mesen secangkir teh anget lengkap dengan kue-kue kecil, tentunya dengan bahasa Inggris se-chincha-lawra mungkin, dan ditutup dengan “danke schoen” supaya ‘lokal’, gitu ;)

Eh, si bapake cuma ngomong singkat, “Saya samain aja, ya” pake bahasa Indonesia, tanpa gestur.

Si pelayan ngangguk, dan bokap berhasil mendapatkan pesanan yang sama. Hahahaha, syit, tau gitu inyong pesen pake bahasa Tegal aja, deh :)))) Ternyata komunikasi pun bisa berlangsung hanya dengan intonasi dan ekspresi, ya.

Plus, dimanapun kami makan di luar negeri, Bapak selalu manggil pelayan dengan panggilan, “Dek… dek…!” lengkap dengan lambaian tangan, bak makan di Solaria :D Trus pelayannya manut aja nyamperin.

Sebagai penutup, berikut satu lagi cerita dari Mamahnya Nay:

Suatu hari Nay dan si mamah lagi main ke Movie World - Gold Coast, Brisbane, Australia. Ketika sedang rehat makan di restoran, Mamah Nay hendak beli Coca-Cola alias Coke. Maka beliau berjalan menuju counter, menyodorkan gelas bergambar Tweety dan berseru, "ONE COCK!"

Masya Allah, Tanteeee :))))

***

Mau dong, dibagi cerita peristiwa mamah-mamah (atau papah-papah) Ida Kusumahnya! PS. Tante Ary, I'm lookin' atchu...

24 comments:

Nitya said...

hahhahaha
mbak Leiii.. sumpah aku ngakak pas bagian ending nyaaa :))

sayang aku ga punya cerita kocak emak-bapake yang lumayan sering dines luar hehe.. Tapi beneran loh aku ngakak di kamar sendiri, sampe baby ku menjerit nangis :D :D

*btw mbak, aku ganti 60D.. Mbak Lei waktu itu beli 7D kan yaah?

Anonymous said...

Hi Lei..
selama ini silent reader aja tapi yg ini berhasil buat aku ngakak gilaaaa.... haduhhhh lucu nya tante2 dan papa mu itu... heitssss abes..

-uli

prin_theth said...

Nitya: Hahahaha heboh yaaa. Coba papa-mamanya dikorek, pasti ada cerita jenaka yang mungkin dirahasiain, krn malu hihihi... Iya aku 7D nih :) Lgsg lumpat jauh dari 500D hehehe. Gimana, pake 60D puas?

Uli: Hihihi jangan silent-silent atuh :-*

anakelima said...

KOMBAK KAMBEK
............
Ketawa sampe ngompol :)))))

Uracute said...

jangankan keluar negeri ya, ibu ku kalo dateng ke jakarta dari makassar, lagi di resto nih makan, pelayannya dtg bawa makanan misalnya porsinya irit ato apa gt suka dikomenin pake bahasa bugis...pelayannya cuma bisa bengong...gw yg rada tengsin...plisss deehh ibuuu -_-

bolissa said...

HAHAHA..

Aduh La terlalu banyak kalo cerita2 legenda Nyai plesir.
Termasuk asal muasal "Endangered" itu juga hahahaha...

Ntar ya gue niatin nulis kalo udah brenti ngakak..

Anonymous said...

KOMBAK-KAMBEK...!!

*keceplosan ngakak di ruang guru*

Anonymous said...

ONE COCK!
gw langsung ngebayangin masnya ngeluarin ayam jago aduan ke si mamah...
*cium tangan n maaf lahir batin tante..

Anonymous said...

Aku dapat link untuk baca rtikel mbak nya dari temenku...sungguh saya cengingisan di depat kompie...hahahha salam "kombak-kambek" ya sama si tante itu...:P.

Dewi

Nanda said...

Hello mba Leija,

biasanya gw silent reader, tapi bagian ini ngga nahan pengen ikutan crita hehehe...

nyokap gw sebenernya bahasa inggris mah lumayan deh.. cuman konsep is verb-ing sama is verb-ed masih kacau.. waktu itu kita lg di ruang tunggu dokter (di belanda), trus ada 1 ibu sama anaknya... si ibu ini curhat karena anaknya lagi rewel secara nunggu dokternya klamaan.. trus nyokap nyamber aja gini.. oo yess.. he's boring (maksudnya mah mau bilang he's bored) hahahahaha... untung si ibu2 maklums hihihihi...

catfish, who loves tigerfish said...

Hahaha bokap lo itu pake aura kewibawaan bow, jadinya para waiters selalu manut. Ya kan??

Yang lucu dulu ada org kantor gue, ibu ibu dr Filipina, tipikal org sana yang gak bisa ngomong V dan F gitu kayak org Sunda, plus spelling-nya juga kental bgt.
Doi ngomong "Kochen" (cooking) jadi
"kokken" dimana bhs slang-nya "fu•king" hahahaha..
Ich koche jadi ik kokke (alias i f•ck) *lap keringet*

Trus doi ngomong fünfundfünzig (dibaca: funf-und-zig alias 55) jadi pun-pun-pun-sik. Hihihiii..

prin_theth said...

Anakelima: :DDDD

Uracute: Hahahaha aduuh mending bahasa Bugis ya, daripada pake bahasa Indonesia kan tambah maluuu...

Bolissa: HAHAHAHA ENDYAAANG! Mending ceritain di grup aja deh, Bol, drpd gue kebawa penasaran kisah humornya Nyai Endang Ered

Tyke: Kikikikik :D

Anon1: Mana sambil nyodorin mug berbentuk pala Tweety lagi kan yaaa. Horor! :D

Anon2: Waalaikumsalaam... katanya jangan kebanyakan ngetawain orangtua, nanti kuwalat hihi

Nanda: Hahaha perihal "boring" itu juga sering bgt kejadian disini kaaan... "Pergi dong yuk, gue lagi boring nih!" Yes, my dear, you are boring... :D

Amy: Hahahaha pinoy gitu deh... Udah gak bisa beda V, F dan P, nggak bisa ngucapin huruf "E" pula. "Hey, kombak!" maksudnya comeback hihihi.

ita said...

ahkahakhakhakhak.. uda lama ga komen disini, jd pingin ikutan jg.. :p

tanteku, waktu kapan itu ke london (kalo ga salah), mo beli tiket kereta..
"sir, sir, we pay two chair.. two CHAIR"

*dilempar korsi*
*ngakak sampe paris* =)))))

mawar said...

aku ada cerita yg mirip kombak kambek, tp ini sih diceritain ya gw ga nyaksiin sendiri, jd ada temen indo yg baru tiba di inggris, terus mau cari gergaji karena ga tau bhs inggrisnya jd bilang ke penjaga tokonya mau cari barang 'come to me, come to you, come to me, come to you' lol...

ini ga masuk tema sih tapi mirip lah, jd pernah lagi nemenin temen ke driving range di inggris juga, udah malem, byk angin lagi, jadi ga sabar nunggu bapak2 bule yg lagi mukul2 bola depan kami, tiap kali pukulannya mencong atau jelek kami kasih komen2 pedes pake bhs indo... terus dia jalan deket bangku kami karena mau ganti club, sambil lewat dia sapa 'selamat malam'... jederrr bedua langsung diem, ternyata dia pernah lama tinggal di bandung! muahaha

Anonymous said...

wkwkwkwkkwkwkw...
*ngakak sampe kejengkang, dan diliatin tmn2 kantor dg anehnya*

fitta said...

Mbaa, ngakak bgt deh sama ceritanya. hhahaha. lucuuuu!!

pHie said...

Buahahahahaha..
Ya ampuunn, ak pikir itu cuma kejadian di tempat ak ajaahh..secara ya enyak, babe, ncang, ncing ak ga ada satu pun yg fasih enggresiana..

Klo mau ke Ace Hardware bilangnya ke "ASS" dengan kepercayaan diri level 575 dan mantap! Truuuss ada juga om ak yang pronounce Carefour jadi "KAREFOR", wakakakakaka...

Itu yaaahh,,ampe sekarang suka jadi bahan guyonan ak ama sepupu2ku..hahaha..

=Ophie=

tiatiul said...

Haaauuaaahhhh ini aseli bikin ngakak, baca cerita ini smbl netekin anak yg udh kriyep2 tp malah kejer gr2 emak nya ketawa lepas kendali.. :)))))

Nadushi said...

hahahaa parahh nih lucunya..

aku ada crita nih, jadi ceritanya kami sedang di Saudi Arabia, dan sedang menghadiri acara 'uzumah (undang makan). dateng ke rumah yg punya acara jam 8 malem, tapi ternyata sampe ditempat, kami disuru duduk diruangan perempuan dan duduk ngobrol gitu sampe lama... pas jam 10an antara cape, ngantuk dan laper, tengah2 ngobrol ada tanteku yg masi liyer2, si saudi yg punya rumah cerita2 sambil tangannya kemana mana sambil bilang "...sight seeing.."
tanteku yg antara tidur dan ga itu langsung nyaut "hah CACING, mana CACING??" HAHAHAHA. sight seeing dibilang cacing!

aduh ngakak donk ya seisi ruangan... hahaha

anti said...

lagi di youth forum gitu, di depan peserta, temenku dengan pedenya nanya: "does anyone have a SPIDOL?" :D

eh ini bukan mamah ida kusumah ya :D

Anonymous said...

Kata2 andalan nyokap klo mau belanja apapun "have you like this" sambil nunjuk barang/makanan yang dia pengen. Bokap setelah sekian lama akhirnya ngerti klo minta sambel di resto fastfood diluar negri itu bayar. Dulu dia pernah nunjuk2 mba2 mcd sambil bilang "you are very bad, pelit you know" gara2 gak dikasi sambel. Hahaha

prin_theth said...

HOAHAHAHAHAHA, kenapa ceritanya pada epic-epic semua?! Medali Kisah Terbaik saya berikan kepada Mawar dgn kisah "come to me, come to you"-nya *goyang gergaji* HAHAHAHAHAHA!

riu said...

Salam kombak kombek hhhh

Unknown said...

mba Leiii.. aku tertawa kombak-kambek baik postingannya maupun semua komennya..

Post a Comment