Jun 28, 2013

Fun Things To Do In Disney... Other Than Rides and Shows. Part 2!

Biasanya, kalo kita menginjakkan kaki di Disney theme parks, apa sih ahenda kita? Naik wahana, nonton show, foto-foto. Esensinya memang itu, sih.

Namun sebenernya, Disney—dengan segala kejeniusannya—‘menyediakan’ banyak kegiatan lain yang bisa kita lakukan di taman bermain mereka.

Berikut adalah sekelumit aktivitas yang bisa kita lakukan, kalau sedang berwisata ke Disney theme parks manapun di dunia!

Postingan ini adalah lanjutan dari sini.


FIND THE HIDDEN MICKEY!

Alkisah, jaman dahulu kala, para insinyur dan desainer yang membangun Disney resorts punya ide, “Eh, eh, iseng masupin gambar Miki Mos, yuk!”

Maka, ketika para insinyur dan desainer Disney sedang membangun sebuah wahana, mereka 'menyelipkan' gambar kepala Mickey Mouse secara halus di tempat yang nggak sepantasnya. Di antrian wahana kek, di lantai wahana kek, meskipun wahananya nggak bertema Miki  Mos sama sekali.

Sehingga, pada awalnya, nggak ada pengunjung yang nyadar.

Lama-lama, para pengunjung mulai ngeh. “Eh, kok rasaan akuh ngeliat siluet Miki, ya, di dinding wahana itu… Ah, mungkin perasaanku saja…”

Tapi kemudian, hampir semua orang merasakan hal yang sama. Para insinyur dan desainer kegirangan. Mereka semakin banyak 'menyelipkan' gambar Miki Mos 'rahasia' dimana-mana.

MAKA DIMULAILAH KEGILAAN HIDDEN MICKEY!

Secara definisi, Hidden Mickey adalah siluet / gambar Mickey Mouse yang ‘diselipkan’ dengan halus oleh para insinyur / desainer Disney resorts, di berbagai tempat.

Saya kutip definisinya dari sebuah website, yah:

Hidden Mickeys started out as inside jokes among the Walt Disney Imagineers. A Hidden Mickey is an image of Mickey Mouse concealed in the design of a Disney attraction (ride, resort, etc...). Originally, it took the shape of a head and ears silhouette, Disney.com, i.e. one large circle with two smaller circled on top in the appropriate place, but Hidden Mickeys can take on many forms.

In designing, constructing or adding the final touches to an attraction, Imagineers subtly "hide" Mickey Mouse silhouettes in plain sight. Soon, it became a tradition, and as the word spread, Disney fans everywhere went on the search for Hidden Mickeys in Disney movies and theme parks.

Di berbagai tempat, tuh, misalnya dimana? Random banget. Ada di antrian wahana, wallpaper hotel Disney, karpet restoran, marmer toilet, pokoknya bebas!

Ditemukan di lantai hotel Disney's Polynesian Resort, Orlando, Florida

Ditemukan di kawasan Toontown, di at Disneyland, Anaheim, California


 Ditemukan di wahana ExtraTERRORestrial Alien Encounter di Magic Kingdom, Orlando, Florida

Ditemukan pada kaki pajangan Duffy The Bear, di Tokyo Disneyland

Ditemukan di Disneyland, Anaheim, California

Tujuannya apa, sih, nyelip-nyelipin gitu? Awalnya murni karena iseng. Tapi karena ‘ditanggap’ oleh para pengunjung, para insinyur / desainer Disney semakin sering menyelipkan siluet / gambar Mickey Mouse ini dimana-mana. Dan gambar tersebut ‘diburu’ oleh para pengunjung. 

It becomes a scavenger hunt!

Berikut adalah syarat-syarat Hidden Mickey yang 'sahih':

1. Sengaja diselipkan oleh para insinyur / desainer. Misalnya, kita lagi jalan-jalan ke halaman hotel Disney, lalu menemukan kerikil yang formasinya menyerupai kepala Mickey Mouse. Is it a Hidden Mickey? NOOO. Soalnya keberadaannya tidak disengaja. Prinsipnya: "Not associated with Disney, not a Hidden Mickey."

Apakah ini Hidden Mickey? TIDAAAAAKKK!!! (harus ala Eat Bulaga, ya)
Soalnya Disney nggak bisa mengatur alam. Gemana coba caranya nyiptain pola di badan ikan?

Apakah ini Hidden Mickey? TIDAAAAAKKK!!! (masih ala Eat Bulaga)
Not associated with Disney, not a Hidden Mickey. Lagian bentuknya maksa, deh.

2. Keberadaanya subtle, alias nggak kentara.

Hidden Mickeys

Hidden Mickey's
Coba cari, dimana Hidden Mickey-nya?

Hidden Mickey's
... di pupil mata setiap hewannya! Plok plok plok!
Ditemukan di wahana Rafiki's Planey Watch, di Disney's Animal Kingdom, Orlando

Ditemukan di ventilasi udara restoran Golden Horseshoe, di Disneyland, Anaheim, California

Ditemukan di wahana Maharajah Jungle Trek, di Disney's Animal Kingdom, Orlando

hidden Mickey in the sheets - Picture of Disney's Hollywood Hotel, Hong Kong
Ditemukan di sprei Disney's Hollywood Hotel, Hong Kong

Ini adalah Earful Tower, sebuah bangunan di Walt Disney Studios, Paris.
Apakah ini Hidden Mickey? TIDAAAAAKKK!!! Karena bentuknya kentara banget, bok, segede-gede bagong. Bentuk kepala Mickey Mouse yang kentara gini biasanya disebut Decor Mickey, bukan Hidden Mickey, karena tujuannya untuk dekorasi.

Untuk mencapai Tokyo dan Hong Kong Disneyland, kita harus naik monorail khusus. Nah, pegangan tangannya berbentuk Mickey head begini. Apakah ini Hidden Mickey? Menurut akoh pribadi, sih... TIDAAAAKKK!!! Karena keberadaannya kentara. IMO, ini termasuk Decor Mickey.

3. Nggak sulit diliat. Meski harus subtle, Hidden Mickey juga nggak boleh terlalu abstrak, kalee...

Ada yang melaporkan, bahwa ada Hidden Mickey di gir ini. Boook, ya emang bener, sih, ada dua lingkaran kecil dan satu lingkaran besar. Tapi bentuknya kagak kepala Miki amat, dah. Lingkarannya nggak proporsional, dan terlalu berjauhan (ditemukan di wahana Big Thunder Mountain)

Kalo kita ngeliatnya pake micing-micingin mata, yaaa okelah, mungkin siluet Miki-nya rada keliatan. Tapi Hidden Mickey harus bisa ditemukan tanpa kita kudu merem-merem segala. 
Jadi apakah ini Hidden Mickey? TIDAAAAKKK!!! (ditemukan di wahana Matterhorn, di Disneyland, Anaheim)

Kalo udah paham syarat-syaratnya, mari kita bahas jenis-jenis Hidden Mickey!

1. Classic Mickey. Ini bentuk paling klasik, dan paling sering diselipkan sebagai Hidden Mickey. Bentuknya adalah bentuk dasar kepala Miki Mos—satu lingkaran besar, dua lingkaran kecil.

Mater's Junkyard Jamboree - Hub Cap Hidden Mickey
Ditemukan di antrian wahana Mater's Junkyard Jamboree, di Disneyland, Anaheim, California

Pixie Hollow Hidden Mickey
Ditemukan di area Pixie Hollow, di Disneyland, Anaheim, California


Ditemukan di restoran Chef Mickey, Disney's Hollywood Hotel, Hong Kong.
Liat lampunya!

2. Siluet Mickey Mouse. Kalo yang ini, siluet Miki Mosnya keliatan lebih jelas, ya, buka cuma lingkaran-lingkaran. Tapi posisi Miki harus tetap subtle dan ‘nyempil’.

Ditemukan somewhere di Tokyo Disneyland



3. Perwakilan Mickey Mouse. Nah, untuk Hidden Mickey tipe begini, Miki Mosnya sebenernya kagak ada, hahaha. Cuma terwakilkan oleh suatu simbol.

Ini adalah salah satu adegan di wahana Indiana Jones. Ceritanya 'kan kita masuk ke dalam kuil kuno terkutuk, yang sudah banyak 'menelan korban'. Salah satu korbannya ya iki, yang lagi pake topi Miki Mos ini :) Apakah ini termasuk Hidden Mickey? YAAAAAA!!!!

Darimana, sih, kita bisa tau Hidden Mickey tuh memenuhi syarat apa enggak? 

Cara yang paling gampang nih yeee… tanya ke Cast Member atau pegawai Disney yang sedang bertugas. Misal, kita lagi makan di sebuah restoran atau ngantri di sebuah wahana di Disney parks, iseng aja tanya sama Cast Member terdekat, “Excuse me, is there any Hidden Mickeys around here?

Remember this: Hidden Mickey yang ditunjukkan oleh Cast Member sudah pasti sahih. Kalo nggak salah, sebelum mereka direkrut, mereka memang ditatar dulu mengenai Hidden Mickeys yang tersebar di berbagai pojokan.

Cara kedua adalah, beli bukunya!

Yesss, there are MANY Hidden Mickey guide books out there. Buku-buku ini memuat segala Hidden Mickey ‘sahih’ yang terdapat di berbagai tempat di Disney resorts. Bukan cuma di theme parks-nya, tapi juga di hotel, restoran, atau toko.


Males beli bukunya? Download apps-nya! Adin, bok. Didn’t I tell you Americans tend to be obsessive?



Terlalu merki untuk beli buku maupun apps-nya? Tapi tetep mau cari Hidden Mickey pake guide? Duileee, mak... Ya udah, buka aja website-website seperti ini atau ini. Mereka punya daftar Hidden Mickey komprehensif, yang tersebar di seluruh Disney resorts di duni.

Nah, sekarang mari bahas pertanyaan yang paling penting: 

KENAPA, SIH, AMBO MUSTI PUSING-PUSING MIKIRIN HIDDEN MICKEY BEGINIAN?

Ya, nggak wajib laaah :))) Tapi menurut saya, mencari Hidden Mickey adalah ‘perburuan’ yang seru. It’s a fun scavenger hunt! Perburuan ini bisa terasa berguna, misalnya, kalo antrian wahana lagi panjang. Soalnya, kita bisa antri sambil berburu Hidden Mickey yang tersembunyi di antrian tersebut. Kalo udah dapet, Hidden Mickeys-nya dicatet / dipotret, deh. Lumayan ‘kan daripada manyun?

Kalo iseng, kita juga bisa bikin kompetisi di antara travelling group kita, sebelum kita memasuki gerbang theme park—siapa yang bisa menemukan Hidden Mickey paling banyak dalam satu hari, menang. Seru kali, ya, buat anak-anak?


ANNOUNCE YOUR BIRTHDAY

Customer service di Disney resort adalah salah satu yang terbaik di dunia. Kalo Anda datang ke Disney resort disaat Anda ultah... prepare to be treated like royalty!

Sebelum lanjut, kita bahas mengenai pengertian 'ulangtahun', ya. Pengertian 'ulangtahun' disini bukan berarti tepat di hari ulangtahun Anda. Misalkan ulangtaun saya tanggal 1 Januari. Kalo saya dateng ke Disney bulan Maret pun, saya masih bisa dibilang 'ulangtaun'. Jadi, kalo saya ngomong ke Cast Member, "I'm here to celebrate my birthday... which was in January," mereka akan tetep maklum.  Gokil bener, deh. Hal ini terutama berlaku di Amerika. They looove celebrating things. Ulangtaun lo dua bulan lalu? Nggak basi, kok! Mari kita rayakan! *tiup terompet*

Perayaannya seperti apa? Disini, saya mau bahas perayaan yang bersifat suprise dan gretong, ya. Saya nggak bakal bahas perayaan yang sudah direncanakan. Kalo Anda booking restoran di Disney—lengkap dengan kuenya—untuk perayaan ultah anak Anda, itu namanya direncanakan. Bukan surprisss. Dan pastinya nggak gratisss.

OK, let's start!

Kalo kita nginep di hotel Disney, dan kita kasitau bahwa kita ulangtahun (saat booking atau check-in), MUNGKIN kita akan dikasih special treatments seperti room upgrade, dapet balon di kamar, atau kartu ulangtahun kheuseus dari Miki Mos!


Di Disney theme parks Amerika, kita bisa dateng ke Guest Service dan minta bros (mereka nyebutnya button) ulangtahun. Penampakannya seperti ini:


Bros ini gratis, dan seperti yang saya bilang, jarang ada yang ngecek ID untuk memastikan tanggal ultah Anda. Trus, kalo kita jalan-jalan di theme park pake bros ini, SEMUA pegawai atau Cast Member Disney akan ngucapin "Happy Birthday!". Kalo kita meet & greet sama karakter—utamanya face character—mereka pun akan ngucapin selamat ultah. Jika kita minta tandatangan,  biasanya para karakter akan nulis ucapan sejenis 'Happy Birthday' disamping tandatangannya.

Kemudian, saat makan di restoran, biasanya kita akan dikasih dessert gratis seperti sepotong kue atau cupcake, kadang lengkap dengan lilinnya. Ini bukan suatu kepastian, sih. Untung-untungan aja, apakah kita dapet pelayan yang baik apa nggak.


 Kuenya kecil ya? Namanya juga gratisan. Kalo mau kue yang besar (satu loyang) lengkap dengan dekorasinya, kita harus pesan dulu jauh-jauh hari ke restorannya. Gratis? Cencu cidak.

Malah kadang kita dinyanyiin Happy Birthday sama pelayan-pelayannya. Pokoknya, they'd make a big deal out of it, deh!

Kalo yang ulangtaun adalah anak kita, pastikan si bocah pake bros, ya. Biasanya, si bocah akan dikasih stiker atau balon gratis sama Cast Member yang lewat. Mayaaan...

Trus, tau nggak sih, kalo di Disney theme parks suka ada pertunjukan-pertunjukkan kecil di pinggir jalan, seperti musisi atau band mini, gitu? Kalo mereka liat bros ultah kita, kadang mereka memainkan lagu Happy Birthday sepesial untuk kitorang, lho. Manits banget nggak, sih?


Sayang seribu sayang, bros ulangtahun ini cuma tersedia di Disney theme parks Amerika / Eropa. YAAAA, KOK GITU?! Katanya karena orang Asia cenderung malu-malu. Beda banget sama orang Amerika atau Eropa yang suka banget merayakan segala hal.

Di Tokyo Disney Resort, meskipun nggak bisa dapet bros ultah gratis, kita bisa BELI di toko. Per taun lalu, harganya kurleb 600 yen.

Kalo ogah rugi, kita bisa minta stiker dari Cast Member yang bertugas. Instead of buttons atau bros, Tokyo Disney Resort punya stiker ulangtaun. 

100418 Tokyo Disneyland "Birthday Sticker"

Left The Birthday Sticker On

Bukan bros, sih. Tapi kalo pake stiker ini, kita tetep diperlakukan dengan istimewa, kok. Kita masih bisa dapet dessert gratis, dan di wahana-wahana tertentu (Alice's Tea Party, Venetian Gondolas), petugasnya akan mengumumkan ultah kita, trus ngajak pengunjung lain rame-rame nyanyi Happy Birthday. Ahahaha, tengsin, lah yawww.

Again, perlakuan tersebut untung-untungan. Kadang terjadi, kadang enggak.

Hong Kong Disneyland adalah Disney theme park yang paling menyedihkan. No birthday buttons, no birthday stickers... and maybe no special treatments? Tapi saya dapet bocoran, bahwa setiap Cast Member / pegawai di Hong Kong Disneyland itu pasti nyimpen segulung stiker di kantong mereka.  Stiker ini adalah amunisi untuk menghadapi bocah - misalnya, kalo ada anak yang rewel, nangis, atau ngambek, nah, biasanya mereka dikasih stiker. Malah, kalo  pegawainya lagi baik, stiker-stiker tersebut random aja dibagiin ke anak-anak kicik. 


Nah, ulangtaun atau enggak, coba suruh anak Anda minta stiker ke Cast Member di Hong Kong Disneyland. Random aja. Biasanya, sih, dikasih.

Bukan cuma di Hong Kong, sih. 'Pembagian' stiker gratis ini berlaku di seluruh dunia, kok.

Mumpung gratis, minta sanah sampe puas!

***

So there you go! Fun (AND FREE) things you can do in Disney, selain ngejar wahana dan show. Yaaah, koleksi pin nggak gratis sih, tapi barter-barternya 'kan iya...  Anggep aja gratis lah! :)))

Inti dari koar-koaran saya disini adalah, saya mau nunjukkin, kenapa Disney menjadi perusahaan hiburan nomor wahid di dunia. They think about everything. Every small detail.

Disini saya nulis cuma dari  satu perspektif, lho. Padahal masih banyak perspektif lainnya, seperti arsitektur, customer service, kebersihan, dll, dst. Nggak ada abisnya. Setelah ini, semoga kita jadi bisa mengapresiasi Disney parks dari segala aspek ya, nggak cuma wahana dan show-nya (meski emang dua itu yang paling seru).

Daaan... Mudah-mudahan dua postingan terakhir ini nggak terkesan 'riya', ya. Disney parks bukanlah destinasi yang dekat—APALAGI MURAH—bagi semua orang. Kalopun lagi punya duit, kadang kita mikir, mending naik haji dulu nggak, sih? Ahahahaha. Tapi, seperti kata The Secret, if you want something, the universe will conspire to make it happen. Kalo kita pengeeeen banget main ke Disney parks,  bahkan yang di Amerika sekalian, it's not impossble. Sebombastis apapun kedengerannya.

***

Akhir kata, I hope you had fun during this Travel Month, SOALNYA GUAH NULISNYA PEGEL BANGET! Kalo ente nggak fun, aku 'kan gagal T___T Dan semoga postingan-postingan di Travel Month ini menginspirasi kelian untuk menjelajah dunia. Saelah. Until next time!


Photos above are not mine unless stated. Click on the images for more info.

15 comments:

Indriani Cyntia said...

waaaa eropa termasuk yaaa ???
hahahahha leee aku november mau ke disney paris, kan aku ultah mei kemaren tuh, kalo' pas disana aku bilang ultah gtu bisa dapet macam gituan ga yaaa ??? *ngarep*

bdw seneng banget niiihhh sama postingan disney ini, bermafaat sekali buat yang suka maen ke theme park macam disney sama universal, great post le !! :D

JJ said...

kok. kok. kayak penutup travel month sih, la... i enjoy reading them and june isn't over till sunday lhoooo. i want moooore *dilempar laptop

haduuu.... semoga ada rejeki bawa keluarga ke disnilen. semoga langsung yg di orlando. aaaamiiien (niscaya kalau itu terjadi, gue bakal bombardir loe tanya ini itu. mihihihi).

Kara Gunawan said...

laaa hehe gw fortunately enough mengalami disney birthday haha.. pas Aidan 1thn kita Disneyland Anaheim kan. not only we get the birthday pins, trus everywhere we go semua pegawai disney greets him with "Happy Birthday!" (asal dipake ya pin nya) trusss makan di resto manapun dapet cake or special birthday songs etc. daaaaaaan yg paling gong, semua karakter disney wajib nyamperin the birthday person dulu hihihihi. FUN!

Cika said...

Aduuuuuh kak lei ! Makasi lagi yaaaa inponya,aku mah seneng bgt baca2 giniaaaan

Arman said...

iya emang niat ya hidden mickey itu! walaupun gua gak pernah dengan niatnya nyari2 sih. paling ya kalo pas keliatan aja. kayak bangku2 tempat duduk di disneyland anaheim itu.

anyway, kalo ngikutin blog nya disneyparks, mereka once in while suka ngasih tau hidden mickey juga. :)

tentang perayaan ultah, iya waktu andrew ultah di character dining di disneyland hotel, dikasih kue bentuk mickey. kecil emang. tapi lucu aja. trus semua pelayannya pada nyanyi lagu zip a dee do dah. lucu. :D

nyanyinya gini:
zip a dee do dah, zip a dee yay...
my oh my what a wonderful day...
plenty of sunshine, heading my way...
zipi a dee do dah, happy birthday! :D

trus emang bisa minta bros (bilangnya button). itu gak cuma birthday doang lho. dia juga punya button yang tulisannya happy anniversary (kita pernah ke disneyland pas anniversary, seneng pake button gini jadi banyak yang ngucapin happy anniversary. bukan cast member doang yang ngucapin, sesama pengunjung jgua :D), atau first time visit, atau sekedar tulisan celebrations, atau kalo gak celebrate apapun juga mereka punya yang lain2 kayak buat golden citizen, atau gambar2 aja. mintanya biasa di cityhall atau di toko2.

di wahana2 tertentu juga mereka punya button yang special. biasanya kalo wahananya baru buka. kayak kemaren pas cars land baru buka, mereka punya button gambar2 mobil2 cars. setiap cast member punya gambar beda2! jadi kita kudu minta sana sini. *ketauan dah suka mintain button :P*

oh ya kalo ke character dining juga restorannya punya button khusus tema restoran itu yang gak bisa didapet di tempat lain.

duh semakin pengen ke disneyland. tanggung jawab lu!!! :P

prin_theth said...

Cyntia: Hahahaha, ultah Mei, rayain November... Kalo itu sih kayaknya kamu dapet hadiah toyor mesra dari Miki deh :D

Iyut: Bokkk, kalo lo dapet rejeki ke Orlando, YA GUE IKUT DI KOPER DONG AAAH :)) Iya yut, Travel Month-nya udahan nih. Sebenernya masih banyak ide di kepala, tapi nulisnya suka nggak sempet. Coba dong doain temenmu nih direkrut majalah Conde Naste Travel ;)

Kara: FUUUN! Seru bgt ya Aidaaan. Waktu gue dulu ultah (well, a month after my bday sih), gue ke HK Disneyland, they got nothing. BOO!

Cika: Hehehe masamaaa, Cik!

Arman: Gue pengen download apps yang ngasih tau Hidden Mickeys di antrian deh, Man. Lumayan biar nggak garing hehe.

Speaking of ngikutin disneyblog, lo ngikutin Disney podcast nggak?

Soal buttons, hahaha, emberrrr. I know US parks has the best button collection!

For other parks, menurut gue, MINIMAL BANGET mereka harus punya Birthday dan 1st Visit Button deh (info for reader: ada bros yang tulisannya "1st Visit", khusus buat yang pertama kali main ke Disnilen. 1st Visitors kadang dikasih special treatments juga ;p). Nggak usah heboh-heboh. 1st Visit dan Birthday cukup deh...

Oya, info utuk pembaca juga nih. Gue dapet bocoran dari insider HK Disneyland:

HK / Tokyo Disneyland emang nggak punya buttons seperti di Amerika. Tapi kita bisa coba PESEN. Kalo kita nginep di hotel Disney, kita bisa coba email mereka dulu, kasitau bahwa we'll be there for birthday celebration. Kalo ngasitaunya lumayan in advance, KADANG mereka bisa ship button dari Amerika.

Worth to try, terutama di HK. Kalo di Toky maleso, karena kendala bahasanya suka geda banget dan mereka nggak doyan email-emailan ;)

miund said...

aku mah nyatet ini semua buat entar kalo Shera udah gedean bisa jadi referensi ke disneyland! HAHA! eh btw speaking of hidden mickeys, dulu gw pernah nonton di nat geo apa kalo ga salah soal ini. trus pernah dibahas juga di komik donal bebek. AAAA AKU JADI PENGEN KE SANAAAA!

road trip east coast-west coast US 5 tahun lagi amin amin amin! florida atau anaheim? OR BOTH? HAHAHAHA!

*dan di pojok laki gw keringet dingin* :)))))

Esther said...

disney podcast itu apa ya?

capcaibakar said...

Dulu sempat bingunng kog orang deman aja ya ke Disneypark.. kan sama aja kayak dufan. *ditoyor*

Setelah membaca postingan leija.. aku baru mengerti.. dan jadi kepengen kesana...

*merapal mantra the secret dan NLP* :p

Anonymous said...

Mbak Leeeiii...aku bukan theme park fan padahal. Tapi baca postingannya, aku seperti ikut ngerasain keantusiasan Mbak Lei :)

I do have fun reading your posts

bolissa said...

Kalo aku...

Cari tukang churros sama tukang lemonade trus ngadem duduk manis barengan sama ninik2 aki2 nungguin cucu2nya main.

Boo.. Gak seruuuu...

Pembelaan diri: Annaheim kalo summer itu panasnya kayak tempat ngadem setan. Muka belang, bibir jontor, badan peliket semua, hiiww...

Anonymous said...

selama ini silent reader, jadi pecah komen disini. Salam kenal ^^ Btw wkt sempet mengunjungi disney theme park, dan menemukan banyak sekali hidden Mickey gw mikirnya "Dih, pada tergila2 amat sih ini pegawai Disneyland sama Micket?" (terus pundung krn gw lbh suka Donal). Sama sekali gak tau kalo banyak orang yg hunting hidden mickey ini. Tau gitu gw potoin.

Candela said...

OMG!!! Thanks for writing this!! Gw lagi mau liburan ke Disney World, terus aku bikin GA di blog gw minta tips-tips gitu. Ada yang komennya ngasih link ke blog ini. This is one of the best!!! Thanks youuuu...

Gw langsung dong menuju apps store nyari yang hidden mickey apps itu. Eh ternyata semua bayar, mamaaakk :( Mahal pula, ada yang sampe $8.

Again, thank you ya udah list down semua ini. Dan di postingan yang satu lagi juga. Salam kenal yaaa!!

prin_theth said...

Candela: Hehehehe, glad to help! Sebenernya gue juga akan ke Walt Disney World akhir Jan 2014, dan gue bikin sebuah unpublished blog untuk mencatat persiapan & perjalanan gue kesana. If you're interested, I can give you the access :) Kasitau aja email lo apa yaaa :) Have fun!

Unknown said...

Bener banget nih. Gw ke disneyland hongkong tepat di hari ultah gw. Tapi ga berani ngomong juga sih karena memang ga ada tanda2 yg pake pin ultah itu. Baca postingan ini, ooo, bener, memang ga ada klo di Asia. So sad. hehehehe

Dan saya masih mau bermimpi bisa ke Disneyland dan WDW. AMIIINNN!!!

Post a Comment