Apr 29, 2013

The Pine Tree Forest Place


Salah satu kepuasan besoaaaar dalam yalan-yalan adalah kalo berhasil menemukan hotel ‘baru’. Yenggak sih? ‘Baru’ disini maksudnya kurang banyak diketahui oleh temen-temen dan blogger-blogger lokal. Selain hotelnya jadi masih sepi, juga terbersit rasa bangga karena berasa jadi penemu dan trendsetter di kalangan sendiri #taeah :)))
Anyway, saban ke Bandung, biasanya saya minta minep di kawasan dingin. Soalnya prinsip saya, kalo ke Bandung tapi nggak dapet udara dingin, semua itu percuma, semua percuma! *anak Pesta Rap 1* Kalo lagi tajir, mintanya minep di Padma. Sayangnya, pas ke Bandung kemaren lagi bokek, hik hik hik.

Maka OK lah, bebaskeun mau minep dimana aja. Yang pentiiiing…
1. Hotel bagus, bukan losmen dan sejenisnya #angkuh
2. Kamarnya nyaman menampung 3 dewasa, 1 bayi (lasak)
3. Harganya bersahabat. Maksimal dibawah sejeti.
4. Lokasi nggak terlalu jauh. Inget, ada yang napsu ke FO *lirik sinis T*
5. Jaminan bisa early check-in. Bawa bayi nih boook…

Intip-intip Sensa, Banana Inn, Panghegar, Geulis dan beberapa hotel lain, kok nggak ada yang sreg-sreg amat ya? Contoh, Hotel Geulis, meski memenuhi semua syarat, konon kamarnya udah apek dan berhunta. Males deeeh. Susah ya, hidup jadi perfeksionis! Nanti ubanan dini lho kamu, Lei…

Sampek akhirnya ketemu sebuah hotel bernama Bumi Bandhawa.

At first glance—lewat website dan Tripadvisor—kayaknya hotel ini oke banget. Masih baru, nggak jauh dari Dago, dan suasananya asri tanpa harus ke Ciumbuleit atau Lembang. Harga pun nggak sadis, dan dia kasih jaminan bisa early check-in (tips #1, kalo emang butuh early check-in, cari hotel non-chain yang nggak terlalu populer, atau boutique hotel).

Yang menjadi masalah, kamar hotel ini kayaknya agak sempit. Nggak seluas Hotel Geulis, lah, padahal harga sama aja (tips #2, website hotel biasanya menyediakan informasi luas setiap tipe kamarnya. Kalo nggak tersedia, cek booking.com. Mereka selalu ada infonya. Sebagai wanita banyak maunya, saya selalu cek luas kamar sebelum booking hotel, biar nggak pake azas ‘kira-kira dari penampakan di foto’)

Namun kami udah kadung jat-cin dengan penampakan Bumi Bandhawa di website. Mungkin karena yunik ya, hotel di tengah kota, tapi bentuknya bagai di deket gunung. Ya udah deh, sat-set book aja langsung.

The First Impression
Pertama tiba di Bumi Bandhawa, Alhamdulillah, picture don’t lie, maniiiis. Tempatnya bajus!

Bumi Bandhawa ini sebenernya sebuah rumah dua tingkat yang luaaas banget, lalu dirombak menjadi hotel 15 kamar, lengkap dengan lobby, ruang duduk, restoran, kolam renang, serta halaman yang cukup luas. Rumahnya model rumah Belanda tua gitu, tapi interiornya modern dan sangat homey. Capa cih interior disainernya? Aku demen!

Tau hotel Bumi Sangkuriang di Ciumbuleit? Nah, Bumi Bandhawa nih nafasnya seperti itu deh. Cuma bedanya, Bumi Bandhawa masih baru maka terasa lebih modern, dan nggak pake hantu.






Alhamdulillah samsing ya, bisa dapet hotel model begini di tengah kota, tanpa harus jauh-jauh ke kawasan dingin.

The Rooms
Bumi Bandhawa punya tiga tipe kamar: Grand Suite (12 kamar—tipe paling standar), Executive Suite (2 kamar—tipe menengah), dan Family Room (2 kamar—tipe termahal). Kami ambil kamar Exec Suite, karena ada sofabed-nya buat si ponakan, sementara Papa dan Ibu bobok sama Raya di King Bed.

Pas sampe kamar, hati agak mengkeret karena kok rasaan sempit yaaa… Nggak pake ‘banget’ sih.  ‘Sempit’ aja. Tapi ternyata, kamar ini punya balkon yang sangat mumpuni (bukan balkon basa-basi) lengkap dengan tiang jemuran buat anduk, muahaha. Jadi luas kamarnya dimaafkan.

The Facilities
Fasilitas kamarnya kumplit. Semuanya ada, mulai dari kulkas, sendal hotel, sampe sajadah! Padahal, sebelum berangkat ke Bandung, tersiar kabar bahwa Bumi Bandhawa nih nggak nyediain toiletries dan anduk, maka ogut siap bawa ina-inu. Eeeh, ternyata ada semua.

Oya, karena hotel ini basisnya rumah, maka kamarnya juga rada ‘rumahan’. Kamar tidurnya sih OK banget, tapi kamar mandinya berbentuk shower biasa aja. Nggak ada bath tub maupun sliding door kece. Jadi berasa mandi di kos-kosan. Tapi teteuuup, semuanya bersih dan nyaman, kok.

Fitur yang paling menyenangkan dari kamar Bumi Bandhawa adalah suasana alamnya. Karena hotel ini kecil, sepi, dan back to nature, maka masih #terpampang_nyata segala bunyi-bunyian burung, angin semilir, dan semerbak aroma pinus. Meski AC dimatiin di siang bolong, suhu kamar masih adem, lho. Si anak Jakarta sampai sorak-sorai kampungan, berhubung hawa begini nih 'mewah' banget bagi warga ibukota :D

Untuk fasilitas di luar kamar, as mentioned, ada kolam renang, restoran, juga ruang meeting berukuran sedang yang tampak bagus dan modern. Tsakep lah.

The Food
Breakfastnya buffet, dengan menu sederhana. Yang basic-basic ada semua lah, seperti nasgor, migor, kopi, teh, jus, egg station, sereal, susu, dan cemilan.



Saban sore, mereka menyediakan complimentary bajigur (apa bandrek yak?) lengkap dengan pisang dan ubi rebus.

Mereka punya restoran in-house dengan menu yang tampak menggiurkan. Pilihannya nggak banyak tapi cukup lah. Sayang, room servicenya nggak 24 jam. Jadi kalo laper tengah malem, silahkeun jalan kaki keluar. Kejam!

Ceyus ya bok, pas check-out, mereka membekali kami dengan seporsi frozen yogurt. Katanya, “Bekal buat perjalanan pulang ke Jakarta, Bu… “ Ahahahaha, yyyes. Suka nih sama yang begini-begini!

The Service
Ramah dan tidak mengundang keluhan. Enough said.

The Price
Not cheap, not expensive. Then again, mahal versi aku ‘kan beda sama mahal versi Syahrini, misalnya… :)))

Susah untuk mengumumkan disini, berapa rate persisnya. Soalnya pas booking, orang hotelnya ngomong gini di talifun, "Published rate-nya sekiansekian, tapi buat Ibu, boleh deh saya kasih sekiansekian..." LHO?! Gini nih, enaknya hotel baru :D

The Best Part…

… of this hotel, ya tentu saja yang paling dijual: suasana outdoornya. Kalo kesini, saya sarankan bangeut duduk-duduk sampe bego di teras atau halaman. Adem, teduh, dan kicauan burungnya nggak basa-basi *meyeyeh*



Will I come back? No doubt :) MESKIPUN, menurut akoh pribadi ya, hotel ini rasanya pualing cocok untuk couples atau honeymooners, karena suasananya yang adem dan tenang.  Walaupun nggak ada yang protes, ada semacam guilty feeling karena saya bawa anak nginep disini. Anaknya berisik, pula T__T Apalagi hotel ini kecil ya, jadi kalo Raya teriak-teriak, perasaan seantero Bumi Bandhawa bisa denger. 

Harapan saya, Bumi Bandhawa bisa menjaga ketenangan properti mereka dan nggak maruk mengisi kamar-kamar sampai full-capacity, sampai atmosfer menjadi riuh. Soalnya, kalau hotel-hotel besar bisa menang di luas dan fasilitas, hotel kecil seperti Bumi Bandhawa gini punya aset ketenangan yang harus dipertahankan <<< SOK BIJAK :D

Berikutnya icip hotel mana lagi yaaa… #doyan

11 comments:

Ednasari said...

wow! complimentarynya bandrek sama pisang dan ubi rebus? AKU DOYAN! nambah terus boleeeehh?? dikasih frozen yougurt lagi! wow wow WOW!

bagus bagus bagus! buka websitenya pun ada kicauan burungnya ya.. *tak kira bb orang bunyi..*

the grumpy blogger said...

harga...harga...harga... *keprokin*

JJ said...

heyyy.. this hotel was on my list pas kemaren terakhir long wiken pengen buka kamar. tripadvisor #1 b&b
tapi kmrn ragu, dari fotonya kok tersirat banyak levelling gitu dan bebatuan. akik ngeri rania the explorer jatoh. tengkiuw ingponya yaaa

noni said...

cantik banget hotelnya ya :)
suka liat ijo2 gitu

prin_theth said...

Sari: Hahahaha... kalo complimentary-nya makanan ajaaah, cepet deh si seus!

Cepe: Hihihi, baca soal 'The Price' diatas Cep, udah gue update. Intinya sih lebih baek telp sendiri :D

Iyut: Emang beneeer, banyak leveling dan bebatuan. Buat gue kurang berasa, karena raya 'kan belom bisa jalan ya. Kalo leveling jadi concern lo, emang bener kok. Kitanya extra tenaga aja deh ngejagain si bocah *peres keringet*

Noni: Iya ya :D

lomita said...

hotelnya keren banget lei :D
pengen deh nyoba nginep disitu kayanya adem bener yaaaa....mau kemana-mana deket lagi...*balada rumah jauh dari pusat kota dan Bandung sekarang macet bener kalo lagi wiken >.<

Cika said...

Ini emang mulai hits dipake rapat sama temen2 yg gawe di bdg,kirain kecil tnyata luas yaaaah :)))

Nisa said...

Wohoooo..kayanya boleh nih wiken melipir kesini :D ganti suasana aja, apa sekalian boyongan ngajak nyokap sama adek ya ? terus rumah gw di bandung kosong. zzzzzz.

cocok untuk hanimun ya ? Hanimun kedua sama samid. MIMPI! :))))

Btw, iya ya..desain interiornya canciik sekali sihh. Sofanya pada pengen aku bawa pulang deh, terutama yang di outdoor itu.

Hatur nuhun infonyaa ya :D



dela said...

aku, aku mau kesini waktu honeymoon kemaren, dan tau apa??? di booking.com maupun agoda.com full booked semua! huuu, nangis daraaah.. T_____T

mim said...

cek di web krn penasaran - lihat alamatnya (kaget) trus lihat bentuk rumahnya.. OMG.. ini dulu rumah keluarga temen gw, happy family - fitria krisanti (chiki)almh.. jadi ingat kenangan masa sma waktu Chiki masih hidup dan kita lumayan sering menginap disini. Adit mungkin kenal kakak2nya. Siapa tau dirimu niat beneran cari designer interiornya :)

prin_theth said...

Lomita: Sok atuuuh, cobaiin :) Iya deket darimana-mana, meskipun lokasinya masuk ke dalem kompleks dosen Unpar siiih, jadi ke jalan rayanya rada rebyeeek. Tapi gapapalah :D

Cika: hihihi kecil siih, tapi lumayan yaaa. Pernah buat wedding juga ternyatah...

Nisa: Heeeeh kenapa siiih hanimun kedua ama Samid mimpi? Pasti dia mau *pede* Aku aja udah siap-siap mau vakansi ninggalin Raya lhooo, tapi taun depan hihihi :))) sama-sama ya maniiis

Dela: Ooogituuu. Udah coba telp lgsg hotelnya? Biasanya, kalo aku keabisan di agoda atau booking.com, aku telp hotelnya langsung, biasanya masih ada kamar. Begitu juga sebaliknya. Kalo hotelnya fully book, coba cari agoda/booking.com, suka ada.

IMHO, harga gak terlalu jauh yaaa. Cuma aja, booking.com suka memberi fleksibilitas (misal, tanpa sarapan) jadi harga bisa agak murah :))

Mia: Oyampun seangkatan Kak? Meninggal muda kah? :((
*eh ini Kak Mia bukan sih zzzz*
*tau-tau salah*

Post a Comment