Dec 15, 2012

While in Singapore: SEA Aquarium

IMG_0298

Hiburan di kota metropolitan tuh apaan sih? Cukup standar ya. Biasanya sih mall mewah, bonbin, theme park, dan akuarium. Termasuk di Singapore.

Untuk akuarium, selama bertahun-tahun kebelakang, Singapore cuma punya Underwater World yang udah sangat jadul itu. Sama SeaWorld Ancol aja kalah bagus lho. Ih malu deeeh, katanya negara mutakhir?


Akhirnya, bersamaan dengan beberapa atraksi lain di Resort World Sentosa, tahun ini Singapore meresmikan SEA Aquarium, sebuah oceanarium yang digadang-gadang sebagai yang terbesar di dunia. Wow, harus ya, langsung bikin yang "terbesar di dunia" gitu... Kiasu dyeh...

Beberapa hari lalu, kami nengok oceanarium yang masih gres ini. Abisan saya bosen banget berhari-hari ngendon di rumah. Jadi sekalinya T udah segeran dan bisa jalan-jalan, diseretnya nggak nanggung-nanggung, langsung ke Sentosa!

Pemikirannya sih karena SEA Aquarium ini indoor dan (kayaknya) banyak tempat duduk. Nggak kudu panas-panasan kayak Universal Studios, gitu. Jadi kalo misuaku udah ada gelagat mau pingsan, ya ngejoprak aja deh sana sambil liat-liat terumbu karang! *istri solehah*

Sampe di RWS, kami isi perut dulu di Hard Rock Cafe, baru ke tempat tujuan.

IMG_0254

IMG_0270

IMG_0266

IMG_0491

IMG_0486

IMG_0280

SEA Aquarium ini berada di kawasan RWS, diapit oleh Universal Studios Singapore dan Adventure Cove Waterpark. Oya, oceanarium ini juga tergabung dengan The Maritime Experimental Museum, jadi tiketnya udah otomatis meliputi tiket museum tersebut.

The Maritime Experimental Museum, apa pula itu? Sounds boring deh. EMANG BORING! Zzzz... Makanya tiketnya digabung sama si SEA Aquarium yang notabene lebih "menjual". Kalo nggak, kayaknya nggak ada yang mau dateng deh, hihihi.


IMG_0289

IMG_0284

Museum maritim ini satu gedung sama SEA Aquarium. Jadi kalo kita mau ke SEA Aquarium, kudu masuk si museum maritim dulu. Taktik jebakan betmen yang cukup klasik!

Tapi ya OK deh, nggak apa-apa. Sebenernya The Maritime Experimental Museum nih tertata apik kok. Exhibit-nya juga mayoritas interaktif.

IMG_0459

IMG_0455

IMG_0424

IMG_0423

Menurut saya, yang bikin bosen adalah informasinya. Nggak ada yang khas Singapore, gitu (but then again, sejarahnya Singapore 'kan emang basi-basi gimaaaa gitu, ya. Nggak heboh kayak Eropa atau huru-hara kayak Indonesia). Inti dari The Maritime Experimental Museum adalah sejarah pelayaraan Asia. Mulai dari kisah Cheng Ho, sampe perdagangan jalur sutra. 

IMG_0435

IMG_0437

IMG_0444

IMG_0450

IMG_0452

IMG_0457

IMG_0469

Setelah melewati museum maritim, baru kami diarahkan ke SEA Aquarium.

IMG_0291

IMG_0321

IMG_0346

IMG_0404

IMG_0408

IMG_0410


IMG_0365

Kesimpulannya? Sedikit kuchiwa :( Secara keseluruhan, oceanarium ini memang gadang, tapi disekat-sekat menjadi banyak ruangan sehingga terkesan sempit. Underwater tunnelnya aja pendek banget. Also, I think they tried to cram too many information in one place. Segala macem ikan dijejelin disana, mulai dari ikan Samudra Hindia sampai Samudra Cinta ada deh kayaknya!

Lucunya, saya merasa lebih terkesan sama SeaWorld Ancol. Biarpun lebih kecil dan buluk, SeaWorld punya ikan aneh-aneh. Dari mulai ikan yang gede banget itu (aduh naon sih namina, kok lupa) sampe fosil pari raksasa yang ngeri penampakanya. Saya terakhir kali ke SeaWorld taun 2009, and I still remember those things.

Yang bikin lebih gondok, hari itu Marine Life Park penuh edyaaan. Boookkk, padahal 'kan lagi weekdaaaaayssss! *lepasin uler sanca biar pada minggat semua*

Satu-satunya hal yang membuat SEA Aquarium ini terasa worth it adalah Open Ocean - oceanarium raksasa di zona terakhir. Emang save the best for last yaa, karena si Open Ocean itu amboooi... sangat mempezona! Jendelanya segede layar IMAX, menampangkan cem-macem ikan raksasa dari pedalaman laut. Space di depan oceanarium ini dibikin berundak-undak, sehingga pengunjung nggak ada yang pengen saling noyor, akibat kehalangan kepala orang di depannya.
from Google

Mereka juga nyediain beanbags, supaya kita makin nyaman berlama-lama goler-goleran sambil mandangin replika dasar laut tersebut. Mana ada speaker yang masang scoring musik mistis-magis gitu lagi, cucok banget sama tema samudra yang agung dan misterius *apa sih bahasa gue*. Cantek lah, pokoknya... Kebayang kalo ginian ada di SeaWorld. Para seniman Ancol pasti langsung gelar tenda trus lancar bikin puisi dan lukisan... Inspirasi ngalir terus!

IMG_0373

IMG_0381

IMG_0388

So go or no go? Maybe go lah, tapi sekali aja cukup kali ya. I didn't like it that much, apalagi mereka sempet berkasus karena lumba-lumba mereka mati.

Kalo kamu, suka nggak nak?

IMG_0293 
Zzzzz...

12 comments:

namakuwulan said...

Rayaaaa terlalu mirip sama Kynan di foto bobok!

ini_dhita said...

Heran deh singapore ga berenti2 bikin sesuatu.
gw terakhr kesana blm ada gardens by the bay. Ditambah ini pula skrg hihi

*korek celengan*

Ednasari said...

ikan raksasa di sea world adalaaahh du gooooonggg..

BabyBeluga said...

Thanks for the info, awal2nya aku merasa keciwa, pas kita kesana kok belum buka, setelah baca your review, gga nyesel deh gga kesana, wakakak..... mending bawa anak2 ke yg deket sini aja deh, Sea World San Antonio.

prin_theth said...

Wulan: Hahaha, namanya juga bayi seperbabyshoweran! Yakin nih bapaknya beda? Hiiii

Dhita: Emang palbis nih Spore, ayo sini kemarih :D

Ednasari: Hahaha bukaaaan! Ya dugong juga gede sih, tapi maksudku ikan tawar mirip arwana yang jelek bgt itu hlo. Ada di pintu masuk SeaWorld. Seneng liatnya, kayak preman!

Mbak Sylvia: iyaaa, kayaknya nggak ada yg beda deh sama akuarium di Amerika. Mungkin beda in size aja sih

Anonymous said...

ikan air tawar di seaworld indonesia yang guede itu namanya Arapaima...

prin_theth said...

Nah kalo anonymous namanya siapaaa?

Leony said...

Hehe, kayaknya yang geda banget itu yang kayak layar Imax itu mungkin agak-agak mirip sama Monterey Bay Aquarium punya kali ya? *dah lupa juga*.

Yah tapi mayan lah Singapore selalu punya yang baru. Daripada kite? Istana boneka aja kagak direnov2, mana waktu itu terakhir pergi, dalemnya masak ada sampah bekas makan Hokben ditaro aja gitu di deket bonekanya :(...jadi curhat.

Haha, si Raya liat yang biru2 dan teduh2 gitu mah pasti zzz punya deh.

PuT said...

Lei..itu pake lensa apa siikk? Foto2mu apik banget *ga fokus*..btw,salut loohh sma kamuu..ngurus BABY ngurus bapaknya baby masiii aja sempet foto2..gw kayanya paling banter megang kamera hapeh..haha.

prin_theth said...

Leony: Iyaaa, kalo akuarium-akuarium di Amrik sih kayaknya banyak deh yang viewing window-nya segede gaban. Mungkin termasuk Monterey yaa.

Ya ampun bungkus Hokben ahahaha. Jaman gue SMA, temen-temen gue yg laki malah pada suka mantek (coret2 pake pilox) di Istabon. Kampungan najisss...

Put: Ya ampuuun makasih yaaaa. Kameraku sederhana aja kok, Canon EOS 500D, lensanya yg disini pake yg 35mm. Cenderung jadul kalo dibandingin kamera skrg yg makin canggih-canggih.

Aku sebenernya udah bencik-nggak-pake-cinta sama ini lensa dan kamera, soalnya nggak bisa nangkep gambar sesuai yg aku mau huhuhu #KODEUNTUKSUAMI, jadi makasih bgt nih kalo masih dibilang baguuus :-*

Dinniw said...

akuuu nggak baca tulisannya tapi langsung liat foto2nya. superkeren itu gambar ubur2 sama plankton.
gue koq jd bayangin kaya leony kalo motret istana boneka dufan bisa keren juga gak si unyilnya ? *OOT abis*

prin_theth said...

Dinniw: Hahaha, ya kalo masih ada sampah hokbennya sih kyknya tetep mblusek yaah. Btw, itu si ubur-ubur emang yang terkeren se-akuarium lhoo...

Post a Comment