Oct 30, 2012

Traveling With Raya

NGEBLOG AAAAH! *pake toa*

Udah lama banget nggak cerita soal cah lanang semata wayangku. Jangan-jangan udah pada lupa saya beranak? Nggak dong yaaa…

Saking banyaknya hal yang belum diceritain, saya jadi males cerita komplit. Makdarit, kita pilih tema pembahasan aja hyuk, kayak skripsi. Dan tema pada hari ini adalah: Travelling With Raya!

Halah, ndasmu traveling. Traveling keliling mall sih iya, namanya juga anak metropolitan, hihihi.

Jadi ya, begitu. Selama tiga bulan hidupnya ini, Raya selalu saya ajak kemana-mana. Soalnya kalo ditinggal di rumah, yang mau jagain siapa? Kucing? Nyusunya gimana? Netek ke induk kucing? Sementara saya juga nggak bisa ngendon di rumah melulu, dong.

Tujuan jalan-jalan Raya yang paling standar adalah mall. Takdir anak ibukota! Sempet ke PIM 1-2, Senayan City, Kota Kasablanka, Lippo Mall Kemang, Dharmawangsa Square dan Pacific Place. Dan berhubung anakku ini menggantungkan nasibnya kepada toket ibunya, pemilihan mall dilakukan berdasarkan nursing room dong, ya. Yang pasti, saya menghaturkan sembah sujud kepada nursing room Kota Kasablanka. Edan, cing, kayak lobby hotel! *lebheee...* Contoh tuh KoKas, wahai Senayan City *lirik benci*



Kalo ke mall, digendong atau pake stroller? Digendong. Pake tangan, karena ibunya masih galau mau beli baby carrier yang mana. Pengennya sih pake stroller, tapi sayang, stroller Raya beratnya saingan sama mobil Fred Flinstone. Strollernya kado sih, jadi waktu itu nggak bisa milih. Merknya PegPegPerego Pliko Switch. Manuvernya sih top, kokohnya juga mantep. Tapi ngelipet, ngebuka dan nentengnya… wassalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Pernah nih, ke Senayan City berduaan sama Raya doang di hari Minggu. Berhubung wiken, itu tempat penuhnya bangke banget. Nah, si Ibu nggak berani (dan nggak akan berani) naik turunin stroller berisi bayi pake eskalator. Kudu pake lift dong? Padahal, kalo weekend gitu, nungguin lift kosong tuh sama lamanya kayak nunggu omprengan kosong di rush hour. Jadi bisa loh, saya stuck sejam di satu lantai, padahal nggak ada yang mau dibeli di lantai itu. Gusti yang Maha Kuasaaa… Pulang-pulang mewek, bersumpah nggak mau ngemol sendirian wiken-wiken lagi, apalagi bawa stroller. BODO.

Selain ke mall, Raya juga selalu diajak ortunya brunch di Minggu pagi. Wiiii, ini rutinitas yang paling kucinta, deh. Apalagi kalo brunchnya di kafe / lounge, bukan di gerobak bubur pengkolan. Biarpun belum mandi, ibunya bela-belain gincu-an dulu, trus ngayal jadi Angelina Jolie lagi nyarap sama bayinya di Los Angeles (hoek). Alhamdulillah, Raya anteng banget tiap diajak brunch. Pernah dua kali ngoamuk, alhasil saya dan T langsung berkesimpulan, “Ooh, ini tempat pasti pake jin.” Praduga yang endonesia banget nggak, siiih.

Oya, Raya juga pernah ngikut ke kantor freelance saya, karena saya musti meeting, tapi lagi-lagi, si anak nggak ada yang jaga di rumah. Paniknya minta ampun, sampe si anak nggak sempet dipakein kaos kaki. Setelah disusuin di rumah, langsung ditenteng pergi laksana kantong kresek! Sampe tempat tujuan, Raya langsung kulempar ke rekan kerja, lalu kabur meeting, hihihi. Alhamdulillah, kantor ini isinya ibu-ibu semua, sehingga perihal gendong-menggendong bocah dilaksanakan dengan luwes dan ikhlas. Makasih ya, Mbak Lita :-*


Sumpah, jadi makin hormat sama working moms, apalagi yang namanya Iyut *masih kagum sama kisah usaha menyusuinya*

Setelah punya suster, intensitas jalan-jalan Raya langsung meningkat 10 kali lipet, ahahaha… Soalnya ‘kan jadi enak, ada suster yang megangin. Jadi saya bisa ninggalin mereka di kafe, beliin si sus minum, lalu ngibrit belanja. Kalo Raya mau nyusu, si sus tinggal koling-koling. Trus aku dipanah pake busur beracun sama MamaYeah deeeh…

Itu jalan-jalan dal-kot. Kalo jalan-jalan lu-kot? Pernah sih ke Ciputat. Zzzz. Ih, itu ‘kan Banten! But on a serious note, how can I forget the Bandung trip from hell?

September kemaren, saya ulang tahun, trus maksa pengen ke Bandung. Ini jamannya belum punya suster, jadi ceritanya saya lagi jenuh dan capek berat. Aku butuh penyegaran, suamiiii! “OK deh, kita ke Bandung,” begitu jawabnya.

Trus, karena suamiku ini banyak urusan di Jakarta bak artis, kami nggak bisa berlama-lama di Bandung. Cukup semalem saja! Nginepnya di hotel langganan, yaitu Padma Bandung, dan udah bertekad nggak akan kemana-mana. Ngendon di hotel aja sehari semalem.

Kami berangkat hari Sabtu, jam 11 siang. We wanted to go way earlier, tapi biasalah, kesiapan bayi ‘kan nggak bisa diatur (bisanya nyalahin bayi!).

Karena berangkat kesiangan, plus lagi ada Festival Braga, plus lagi ada airshow, plus ada pesawat jatuh di airshow (Gusti…), jalanan jadi macet luar binasa, sampe total perjalanan memakan waktu enam jam non-stop. Ffffff... Fakfak!!! Tokecang setokecang-tokecangnya!!! Bayinya tentu saja jejeritan ya maaak. Lah yang dewasa-dewasa aja pada pengen muntah, gimana si anak kecik? Waktu itu Raya belum genap dua bulan, lho. Asli, kesian banget.

Dan sebenernya, pada tiga jam pertama, Rayanya pinter banget. Cuma tidur-nyusu-tidur-nyusu. Memasuki jam ke-4, begah ya dese. Pake acara berak kemana-mana sampe tembus. Oya, kita sama sekali nggak pernah berhenti, lho. Mobil jalan terus. Jadilah makan, minum, nyusu, ganti popok, nangis darah dan kayang, semua dilakukan di dalam mobil bergerak.

Sampe Bandung, bentuk ibu dan anak udah sama-sama horor. Muka kusut, baju kusut, hati kusut, dengan jejak airmata kering di pipi. Sinetron banget, deh. Malemnya pun Raya rewel, sampe saya mandiin jam 12 malem biar kaleman dikit. Untung nggak pake kembang ya, nak...

Alhasil, keesokan paginya, disaat semua orang menikmati sarapan dengan pemandangan lembah yang indah, saya malah siap-siap mau terjun ke lembahnya. CAPEK HEDHAN. Emang bener ya, kurang tidur itu adalah bentuk penyiksaan yang sempurna. Gue mah jauuuh mending nggak makan daripada nggak tidur.


Karena capek dan males pulang buru-buru, kami pulang ke Jakarta agak sore, sekitar jam 3 sore. Sampe Jakarta? Jam 8 malem. Syaitooon, sekali lagi syaiton! Sampe rumah, kuping saya berdengung karena dijeritin Raya berjam-jam, hueee…

So seriously, kayaknya perjalanan Bandung tersebut adalah salah satu milestone terbesar buat saya dan Raya. Kita sama-sama saling ngetes kesabaran terperangkap di dalam mobil selama berjam-jam, dan untuk saya pribadi, skill saya sebagai ibu pun bertambah. Belajar ngakrobat ganti popok, nyusu, dan nenangin bayi di dalam mobil bergerak tanpa bantuan, bok (eyyyyys… Gitu doang bangga). I’m sure we’re both proud of each other.

Kuat 6 jam di mobil non-stop nih, bayik? Kita ke Ostrali yuuuk…

Secara pribadi, saya nggak takut sama yang namanya kuman dunia luar. Sepertiga alasan karena Raya anak ASIX (soook...) jadi Insya Allah tahan banting, sepertiga karena prinsip, "If bule can do it, I can do it.", dan sepertiga lagi karena congkak aja. Walaupun yaaa, pernah dikomentarin begini di Mother & Baby Fair, "Ih, itu anaknya baru dua bulan kok dibawa-bawa kesini? Kesian banget..." Elo yang kasian! Judulnya defensif.


Raya’s next adventure will be Singapore. Dikarenakan bapaknya harus ngungsi sementara kesana, bisa untuk beberapa minggu sampe beberapa bulan. Wah, istri dan anaknya bisa-bisa rindu bukan main dong ya, ditinggal lama begitu. Jadilah saya memutuskan untuk angkat rok, menyambangi kantor imigrasi, bikin paspor bayi, cari akomodasi, dan sesegera mungkin nyusul Papa ke Singapore! Yeuk, siapa takut?

(takut juga sih sebenernya…)

14 comments:

Indriani Cyntia said...

haduuuuhhh ini lagi ngantri nunggu 10 org di obgyn baca critamu anjriiiiittt ngakak sampe' diliatin org se RS leeee !!! :)))
ih gile raya keren bgt ih, bakal ngikut ibu bapaknya tuh suka traveling, aseeeekkk seruuuu bakalan banyak crita jalan²nya... :D
*kecups raya*

ivnaa said...

kocak si mbak,, hehehe

anakelima said...

seruuuuuu!!! semangat, Laila dan Raya ;)

Lani said...

Hahahah, baru punya baby itu ribet seribet-ribetnya umat yaaa :D

Tapi saya setuju loh sama dirimu. Itu anak saya, umur sbulan udah kliling Jawa Barat (lebay). Tapi Alhamdulillah, dia mah baik-baik aja sampe sekarang. Malah makin gede makin doyan jalan-jalan -__-"

ini_dhita said...

aahhh kangen ih udah lama ga update blog ini

senci tuh parah banget ya emang nursing room cuma 1, kalo wiken rame nya parah. lift nya pake yang samping aja la. ga terlalu rame biasanya. kalo yang tengah mah wassalam deh nunggu nya.

Jangan kan wiken, hari biasa aja suka didorong2 ama orang lain gt rebutan naik lift ZzzzZzzz ga peduli ya orang sini ama anak kecil :(

Ke PIM yuk rayaaa..hihi

Leony said...

La, setelah gue nanya temen kanan kiri yang punya anak, semua pada bilang: Jakarta itu ngga friendly buat stroller besar. Jadilah gue say goodbye sama stroller Quinny Moodd yang udah bikin ngiler berbulan2, dan akhirnya berpindah padaaaa: Aprica Karoon dengan berat 3.6 kg saja, dan bisa dilipet dlm hitungan detik dengan 1 tombol spt payung. Mana harganya lebih murah! *Bukan promosi, tapi suami bilang lbh enteng daripada sekantong beras di supermarket*.

Kenapa ya gue ngerasa, perjalanan elu ke Spore akan jauh lebih menyenangkan daripada perjalanan ke Bandung hahaha. Horor banget gue bacanyaaaa...

Eniwei, ngeliat dari fotonya, Raya montok!! Aku gemasssss...

Nisa said...

yeaaayyy,akhirnya cerita Rayaaa!!!

hihihi emang harus pinter-pinter akrobat deh ya, kalo udah lewat 40 hari udah boleh kelaur rumah kan ya? atau si-40-hari ga boleh kemana-mana itu cuma mitos belaka??? :p

udah gatel juga nih pengen bawa bayi jalan-jalan *lahiran aja belom gitu.

Hihihihi, semoga sukses paspor bayinya..dan akhirnya..Raya goes to Xin Jia Po! Yeaaayyy ;D

JJ said...

*pentung blogspot. Ngetik panjang2 errorr. HARRRR

Ya ampun.. ada namaku *pilin ujung baju. Kagum apaah? Hla wong gue nangis meluluk. Idola mah the one and only mbak asti nugraha yaaa

Samaaa. Ga suka pisan nursing room senci. Kota Kasablanka keren bet ya. Tapi kalo best value mal(Baca : jarak paling deket dari rumah) ya Ganci

Hohoho. Emang wiken pas loe ke Bandung jalanan laknat banget ya. So does wiken kemarin

Kapan ke Singapur, La? Gue tanggal 16 Nov insyaallah nganter Rania ke USS (BOHOOOOONG. Emaknya mau maiin). Ketemuan gitu? eike pengen gigit dikit pipi Raya. Boye yaaa =)

Unknown said...

duuuhhh...aku selalu seneng deh baca blog mom leija...aseli kocaakkkss!!

btw, Raya beruntung yaa punya mak bapak cuanggih, petualang and kocaak...tetep semangatlah pokoee..#eeeh

Kara Gunawan said...

yow yow! hahaha dulu aidan perdana gw bawa jalan2 ngemol2 edan gitu umur baru mau 2 bln *hidung kembang kempis* yg penting udah ngelewatin sebulan pertama kalo kata nyokap gw. 4 months we jetted (sahhh) to singapore trus pas 12 months yuk mari ke amewrika ajuah ya dimana dia gak bisa diem di pesawat (no, bukan nangis2 rewel nyebelin gitu) ngintip2in orang di kursi belakang trus digoda2in, mondar-mandir aisle, nyanyi2 ngasal sendiri --" but it was a GREAT experience hehe.

prin_theth said...

Cyntia: Huaaa... Aamiin. Eeeh kamu hamilnya udah makin geday yaa? Sehat terus yaa.

Ivnaa, Anakelima: Hihi, thank youu :) Semoga bisa seru terus tanpa pake ribet deh

Lani: Hahaha ember. Katanya anak di kampung aja udah bisa lari-larian dari umur 9 bulan karena dibebasin keleleran kemana-mana. Raya juga rencananya mau dikelelerin dan dibawa-bawa biar tahan banting hihi. Duuuh aamiin...

Dhita: aymisyutuuu! Halah. Gila dhit, setelah jadi mak-mak, gue baru ngerasain perspektif 'ngemol bawa stroller'. Edan banget deh, jadi makin males bawa stroller. Masih kuat nggendong ah! #kemudianencok. Yuuuk ke PIM!

Leony: Pahaaammm... Gue juga tadinya pengen beli stroller Jepang seperti Aprica atau Combi. Gue pernah ngetes Combi apaaa gitu, bisa diangkat pake 2 jari lho neek.

Prisipnya, stroller Eropa biasanya gede-gede kayak traktor karena kan untuk medan outdoor seperti aspal, kerikil, dll. Orang Indonesia mah dipake di ubin!

Annisa: Yaaay! Soal 40 hari, antara mitos-gakmitos sih. Sebaiknya emang anak dikekep di rumah dulu kali ya, karena masih fragile bgt. At least, bawa keluar kalo udah vaksin pertama deh. Gue sih gitu. Yaaay bentar lagi Raya punya temen main bolaaa...

Iyut: KETEMUAAAAN! Mmm... sebenernya MUNGKIN gue nyusul ke Singaparna setelah tgl 16, tapi sekalinya disana, bakal lama banget. Nanti kita japrian ya.

Anggie: Halaaah, aku jadi tersipu maloe hihihi

Kara: Sun Aidan! Canggih deh ah jetsetter yang satu ini. Samaaa, nanti Raya ke Spore juga pas masih 3 bulanan lewat lah, hampir 4 bulan. Kalo samdei Raya long-haul flight, kudu first/biz class juga ah biar anteng hahaha

Kara Gunawan said...

hahaha eh tapi ya la, for me, kalo anak2 kicil ini sering (ya Allah limpahkan rejeki kami supaya bisa makin sering) traveling dari kecil, makin gede jadi makin asik deh anteng loh.. ini si Aidan kemaren ke bali (dimana dia udah harus seat sendiri karna sudah 2 tahun yaaaa.. elus2 dompet) duduk dengan manisnya :D sibuk sendiri dg segala mainan yg dikasih sm cabin crew (yg slalu diawali dg "tante, mamam?" dan ditutup dg "thank you tante") hahahahahaha!!

Indriani Cyntia said...

huwaaaaaa leleee aku belum hamiiiilll, huhuhuuh... T_T
mohon doanyaaa, kemaren ke obgyn konsultasi gitu.. *ngebetnih* :D
udah mupeng liat bayiii... *culikraya*

Indriani Cyntia said...

huwaaaaaa leleee aku belum hamiiiilll, huhuhuuh... T_T
mohon doanyaaa, kemaren ke obgyn konsultasi gitu.. *ngebetnih* :D
udah mupeng liat bayiii... *culikraya*

Post a Comment