Jun 18, 2012

Tips Belenjong Onderdil Bebi

1. Jangan mengacu plek ketiplek-tiplek sama daftar belanjaan orang lain. Selama hamil ini, ada beberapa temen yang minta daftar belanjaan bayi saya. Setiap saya oper daftar tersebut, saya selalu wanti-wanti, “Jangan dicontek persis yaaa… Harus di-customize!”

Saya sangat yakin, nggak ada daftar belanjaan bayi di dunia ini yang one-size-fits-all, alias cucok untuk semua orang. Preference dan kebutuhan orang ‘kan beda-beda banget. Ada ibu yang mau co-sleeping (tidur sekasur sama bayinya); ada ibu yang menentang co-sleeping (berarti butuh baby box alias crib ‘kan?). Ada ibu yang nggak bekerja, yang berarti bisa open bar tetikadi kapan aja; ada ibu bekerja, yang berarti lebih butuh breastpump, penampung, dan storage ASI perah-nya.

Itu baru dua contoh. Jadi nggak mungkin daftar belanjaannya si A bakal cocok sama si B.

Apa berarti kita nggak boleh nyontek daftar belanjaan orang lain samsek? Boleeeh, tapi jangan cuma nyontek punya satu orang. Kalo bisa, kumpulin beberapa daftar belanjaan bayi, bandingin, lalu serap sari-sari terpentingnya. Jadikan acuan untuk membuat daftarmyu sendiri.

2. Harus punya preferensi.
Supaya nggak kalap dan overwhelmed sewaktu belanja perlengkapan bayi, kita—sebagai orangtua—harus punya preference dalam membesarkan si orok.

Dalam merawat bayi, memang ada 1001 macam pilihan—apakah si bayi bakal co-sleeping, atau tidur di crib-nya sendiri? Apakah si bayi akan netek langsung secara eksklusif, atau bakal minum sufor / ASI perah pake dot? Beneran mau pake dot, atau mau disendokin aja supaya bayinya nggak bingung puting? Apakah si bayi mau diperkenalkan kepada popok kain, atau mau pake popok sekali pake (pospak) aja?

Dilema-nya puluhan, ceuuu… Untuk menentukan yang terbaik, pelajari pro-kontra setiap pilihan. Entah itu popok kain vs. popok sekali pake kek, co-sleeping vs crib kek, tetek vs dot kek. Pro-kontranya berdasarkan medis ya, jangan berdasarkan kata ibu / mertua / nenek / temen aja. Jadi kalo ahli medis mengatakan bahwa bantal-guling bayi bisa mengakibatkan SIDS, saya sih mending turutin yang ahli, meski emak gue koar-koar, “Ih, kesian anaknyaaa…!” Bok, si orok 9 bulan bobok di dalem perut juga nggak pake bantal ‘kali…

Intinya, menurut saya, you have to know why you buy/don't buy this item or that item.

3. Utamakan yang utama. Saya pribadi hanya konsentrasi belanja perlengkapan bayi kategori tidur, makan, popok. Ya ‘kan kebutuhan utama bayi emang begitu aja—butuh tidur, butuh makan, dan butuh buang air. Simpel banget ya idup?

Alhasil, Yaya punya dua tipe box bayi! Hore! Stok popoknya komplit ada tiga macem—popok kain, clodi, dan pospak! Hore lagi! Onderdil nyusu-nya lengkap, dari mulai breastpump sampe breastmilk booster! Sekali lagi, hore! Pokoknya cukup lebay untuk tiga kategori tersebut.

On the other hand, sampe sekarang anak saya nggak punya—salah satunya—stroller. Soalnya, ya itu, ibunya percaya itu bukan prioritas. Nantinya sih pasti bakal perlu, ‘kan buat jalan-jalan keliling Disney World *ngayal babu*, but not now. Not when he’s a newborn and need to be hold the most. 

Kecuali kalo nanti ternyata kepepet, atau ada yang mau beliin. Kedip-kedip mata ke bapak ogut!

Oya, jangan lupa perlengkapan keamanan bayi ya. Yang ini sih jangan ada kompromi. I highly believe in carseats, and don’t forget baby’s first aid kit.

4. Nggak usah nyetok untuk jangka panjang. Buat saya, yang ideal adalah nyetok perlengkapan bayi untuk sampe usia 6 bulan. Lagi bokek? Nyetok untuk sampe usia 3 bulan juga cukup. After that, you can always shop again.

Emang suka gemes sih, pengen beli baju-baju lucu untuk usia 9-12 bulan (dan akhirnya saya emang beli beberapa potong), tapi sebenernya buat apa? Nanti juga akan ada model-model yang lebih lucu. This is the reason why I also haven’t buy MPASI / baby food utensils. Ntar lah…

5. Sebaliknya, jangan numpuk barang newborn.
Saya percaya sama semua orang yang bilang: barang newborn itu kepakenya sedetik! Babies grow up so, so fast. Mubazir banget deh, beli baju-baju newborn mahal dan banyak, karena akan cepet banget sempitnya.

Yang paling cucok untuk newborn, katanya, adalah perbanyak baju-baju atasan rumahan yang berkancing depan. Bawahnya tinggal pake popok doang, berhubung newborn hobi banget ngompol. Sah-sah aja kalo mau beli jumpsuits newborn lucu-lucu, tapi jangan segerobak belanjaannya ukuran itu semua (sungguh, pemandangan ini terlalu sering kulihat di antrian Mothercare).

Save the uber-cute apparels for later months. Or years.

6. Terakhir, boleh coba baca-baca buku Pregnancy Checklist Book dari Mommies Daily.
Ahahahaha… ini bukan postingan berbayar lho, bukan pula postingan hasil ancaman dari editor saya (dikit...). Menurut saya, ilmu dari berbagai forum dan artikel Mommies Daily tuh berguna banget, terutama untuk menentukan which baby gear to buy, and why (it really, really does). Tapi nggak semua orang punya waktu & kekuatan bola mata untuk mantengin ribuan thread Mommies Daily. Nah, menurut saya, buku ini cukup merangkum semuanya. Tipis dan murmer kok, nggak lebih mahal dari tiket bioskop weekend Anda.


Tapi sekali lagi (ceritanya biar objektif), nggak perlu plek-plekan mengacu ke buku ini, atau buku manapun. Selalu sesuaikan dengan kebutuhan, preference, dan budget Anda masing-masing.

Have fun shopping, Bun! Ciyeileee...

15 comments:

PoppieS said...

Masukan lagi nih, Lei... Kalo buat newborn, perbanyak baju rumah aja dan singlet2 dsb. Karena..... baju pergi mah bakalan banyak yang ngadoin. Hihihihi..

Dan kalo lo jadi beneran gak pake BS, mungkin baby carrier (yg kaya sleepy wrap) bisa berguna banyak, krn Yaya bisa nyaman digendong bagai anak kangguru sementara tangan lo duaduanya bebas. Trus baby bouncer mungkin juga berguna biar dia cepet bobo..

Gw dulu pake baby carrier dan bersyukur bgt... Tapi dulu gak punya baby bouncer dan lumayan menyesal.. *pijetpijet punggung* :P

Lancar terus ya...

prin_theth said...

Smita: Siyaaap! Baby carrier udah punya, kompensasi karena belum punya stroller (dan BS...).

Dan bener, yang tipe wrap gitu, Mbak Smit. Aku punya fotonya Teguh lagi telanjang dada, nggendong teddy bear pake baby wrap, dengan muka asem. HAHAHA, ceritanya latian, mak... Sungguh hina dina, ingin sekali kupajang disini...

Untuk bouncer, sebenernya mikir pake carseat aja, karena bisa digoyang (dombret) juga. Tapi jikalau memang perlu, sewa dulu kali ya? *lirik jengcikim*

Thanks yaaa masukannyaaa :-*

ndhachiyo said...

driku hanya beli baju22 baby selusin2 sajaa karena bayi cepet gede, dan bener cuma memperbanyak celana pop dan pdk aja sama singlet dan popok kaen.. karena diriku lebh prefer pke popok kaen drpd pospak, pospak hanya utk pigi2 sajaa.. dan diriku jg gak beli stroller berharap aja ada yg ngasih.. xixixiixi

Anonymous said...

kalo bisa sewa dulu aja le, sayang kalo udah beli carseat mahal atau stroller mahal tapi si bayi pas ditaro situ mukanya asem kayak ketek.

kedipin terus jengcikim biar dapet diskon :)

Nita said...

akupun terlirik hihihih..

btw, bener semua prioritas.. aku beli stroller jg pas mau 4 bulan soalnya 3 bulan pertama ga pergi-pergi :D

bantal jg aku ga pakee dan lumayan pada ribut sih ortu ortu : )))

Anonymous said...

benda penyelamat hidupku adalah: baby carrier, bouncer dan Rela drops.

Anak gue kolik bo, tiap jam 6 sore udah kaya alarm aja nangis2 sampe jam 10 malem. Capenyaaa bundooooo.

Sama bidannya disuruh kasih Rela drops itu yang ternyata adalah lactobacillus reuteri, bakteri pembantu pencernaan. Dua minggu setelah rajin minum rela drops nangisnya berkuran drastis tis tis dan pikiran gue pun waras kembali.

Gak tau deh di Indonesia adanya merk apa, do ask your DSA.

Anak yang kolik katanya suka posisi tegak supaya sakit perutnya berkurang. Di sinilah carrier dan bouncer berguna banget. Gue pake baby bjorn balance utk bouncernya. Seperti mejik nih bouncer, anak gue bisa ketiduran terayun2 di situ.

pHie said...

Hai, Leeiii...salam kenal yaaahhh ;)
Mau nanya, itu buku dari mommies dailynya udah ada di toko buku kah?soalnya gw liat di buahhati.net kok ga ada link bwt belin onlen...
Thanks bwt infonya, moga Yaya n mommynya sehat selaluuu..^_^

cerita alika said...

Setuju memang bela beli peralatan baby itu suka bikin kalap terutama baju-baju newborn yang lucu-lucu itu

kebutuhan untuk anak memang tidak bisa disamakan kalo untuk Alika carseat beneran kepake karena mamanya hobi jalan-jalan waktu belum dapat BS carseat jadi andalan untuk mondar mandir nitipin Alika ke rumah ortu.

Ednasari said...

bahaha.. aku seperti dejavu membaca posting ini mbak.. sama seperti yang mbak bilang di email..

beneeer banget! aku udah mulai mencicil perbajuan dulu dari sekarang.. yang dibeli pun dikit.. dengan ada sale-sale ayeuna.. yang aku beli size-size 3bulan ke atas

di dalem list aku juga aku masukin baby wrap.. baby bouncer.. cuma ntar-ntar aja belinya deh.. sape tauuuuu ye kan ada yang berbaik hati mo ngadoin! stroller aku juga belum beli.. karena lumayun ya harganya dan masih ntar-ntar deh perlunya..

sekarang yang aku utamain baju.. alat perASIan..buat mandi.. dan perpopokan..

by the waay.. bukunya itu beli dimana mbak??

Lincrut said...

Hahaha bner2...boook itu soal Baju newborn jgn banyak2 kayanya ketulah bgt deh gw,tiap beli baju ekstrim bgt deh gw,minimal size 6bln,tambah lg dikompor2in tmen&sodara kalo size 3bln g bakal kepake,eeeh taunya anak gw termasuk yang badannya awet,bb&tb nambah tapi ukuran baju kaya segitu2 Aja,alhasil pas anak gw 4bln&mule sering jln2 stok baju pergi g Ada,masih pada kegedean hahaha di lain pihak ukuran kakinya gede&boros sepatu..Jadi tips2 diatas bner bgt deeh

Oya masa2 begadangin NB itu racun yg pas buat blanja di olshop,apalagi dket2 waktu yg pas buat belanja di olshop hehehe

prin_theth said...

Ndhachiyo: Hihihi. Trus sukses kah rumus belanjaan newborn seperti itu? Eh dirimu blm lahiran juga ya?

Emaknyashira: Ember, ember! Salah satu alasan gue nunda beli stroller adalah, biar ntar anaknya nyoba-nyoba sendiri deh. Carseat sih udah keburu punya, karena waktu itu deskon limapuluhpersen aja gitu di The Children Store, yeuk...

Nita: Kekekek... Iya, waktu itu Cicu pas pergi langsung keluar negri pula kan ya! :D Eh udah taro pesanan perdana di bayibayiku nih, semoga ntar nambah yaaa (dengan catatan kalo diskon hihihi)

Rika: Mayjot, salah satu ketakutanku emang kolik Mbak Rikaaa... Bolak-balik bacain buku baby healthcare tentang kolik. Kuncinya emang bersabar diri yaaa. Sempet mau pesen satu merek gripe water gitu disini, tapi stok lagi kosong. Nanti deh, sekalian tanya DSA. Pleus segala kompres anget-anget di perut gitu, ngaruh gak sih? Maacih diingatkaaan :D

Phie: Haaai... Buku ada kok di Gramedia dan toko-toko buku lainnya. Harusnya masih ada sih. Makasih yaa doanya!

Cerita Alika: I'm sure carseat kepake ya Mbaaak.... Malah menurutku wajib. Alhamdulillah udah punya :D Salam buat Alika :)

Ednasari: Haaai bumil! Asiiik, udah mulai nggak pusing kan ya belanjanyaaa. Baby gears demystified! Buku harusnya masih ada di Gramedia dan toko-toko buku besar lainnya kok, ntar aku pastiin sama org Mommies Daily yah

Lina: Hahaha.... Anaknya sepupu gue sama kayak abidzar. Ketulah bok, anaknya mini bener, beratnya nggak naik-naik hihihi. Soal OLshop, aduh sekarang aja udah keracunan gila akibat insomnia parah! Helep!

Anonymous said...

tentang kolik, gue gak coba kompres air panas ke Sami, tp perutnya dipijit2 pake minyak telon sepertinya cukup membantu. Abis dipijit biasanya doi jadi kentut2 atau pupi trus brenti nangis sejam-dua jam. Setelah itu sih nangis lagi.

Coba deh pantengin teknik2 pijit bayi di youtube. Lumayan banget tuh

prin_theth said...

Rika: Siyap!

lomita said...

Carseat berguna bangeeet....pengalaman kmrn pas pulang dr RS blm punya carseat, ngeri bgt gendong NB :s

Buat baju bener bgt tuh...banyakin baju rumahan aja dl ama popok. Kmrn bandung mendung beberapa hari popok kain udh nyetok 3 lusin masih kejar tayang...

Ah semangat ya leeeii...semakin mendekati due date yaaa....salam buat dr.diah yaaa kangen ih diperiksa beliau hehehe

prin_theth said...

Lomita: Gitu yaaah? Iya, kalo di luar negri newborn baby malah nggak boleh keluar RS kalo ortunya belum punya carseat. Iyaaa... aku juga mellow mau pisah sama Dr Diah hahaha.

Post a Comment