Jan 30, 2012

Fifteen Weeks!

(disclaimer: punten pisan atas tak terbalasnya komen-komen di beberapa posting ke belakang ya :( The new commenting system is making me crazy!)

"Trimester 2 tuh lebih enak banget deh daripada trimester 1..."
Siapa yang merasa pernah ngomong gini hayo ngaku! Mau gue cabutin bulu kakinya pake lakban! Hoahahaha... Nggak deng. Memang ternyata saya tipe bumil yang belum dikasih enak bodi juga di trimester 2 :( Muntahnya masih jalan terus, mak. 

Alhamdulillah, frekuensinya sangat berkurang, tapi volumenya bertambah. Sekali mun-mun, yang keluar breakfast dan lunch di-rapel, asoooy... Abis itu ditambel pake buah, eeeh muntah lagi. Anaknya ngotot sekali nggak mau makan! Sehingga saya kadang adu ngotot sama si bayi. "OK ya, kamu nggak mau makan, mari kita NGGAK MAKAN." Dan saya diemin perut kosong, dan baru isi perut lagi jam 5-an sore, pas udah laper banget. Kebayang ya, bakal jadi emak-emak tipe Raja Tega...

I have to admit, ini masih awal trimester 2 sih. Masih early banget. Ada pun yang menjanjikan hidup akan lebih endah di bulan ke 5. Janji lo yaaaa! Awas lo yaaaa!

Bye, Bye RUM
Awalnya, saya udah GR sekali bakal jadi mak-mak RUM alias Rational Use of Medicine.

Kenapa? Awalnya, 'kan saya punya dua obgyn. Dua-duanya baik, ramah, komunikatif, asik lah, hanya saja berlokasi di RS yang berbeza. Tapi akhirnya saya berhenti konsul ke dokter yang kedua, karena bo abo... kayak tukang obat ceuuu. Hobinya ngeresepin obat, meski saya nggak ngeluh apa-apa depan doski, dan tanpa penjelasan pula. Langsung dong ya, saya ambil sikap. I do not take Duphaston or any other artificial progesterone kalo janin emang nggak kenapa-napa. I do not take anti-vomitting medications kalo masih bisa ditahan pake nangis. Dan kenapa ya, saya diresepin obat maag? Harus?!

Cieee, Wonder Woman RUM banget ceritanya.

Sampe di suatu masa, saya nggak tahan sama muntah yang ngocor bak air terjun ini.... Eeeh, ditebus juga deh obat anti mualnya hihihi. Trus, minggu lalu, saya flu-demam-migren sampe 10 hari (makasih). Ceritanya sempet bertahan dengan jus buah deh suplemen aja, tapi... eeeh ketenggak juga deh Panadol biru 2 biji + FG Troches 2 biji. Kemaren pagi saya migren nyat-nyut-nyat-nyut padahal lagi ada banyak acara, eeeh... lhhheeep nelen Panadol biru sebiji lagi.

Intinya, emang nggak gampang jadi umat RUM. Sama sekali nggak gampang. Ini baru diri sendiri yang guling-guling kesakitan, gimana kalo bayiku yang guling-guling kesakitan, disuruh bertahan ngadepin kepala digodam-godam dan sakit tenggorakan yang rasanya kayak nelen silet? I may want to be a Tiger Mom but not Gengis Khan the Heartless.

Tentunya, jadi emak ya harus pinter ya. Saya nggak bakal nyekokin antibiotik ke anak kalau memang nggak perlu, apalagi obat printilan lainnya. Tapi paham banget deh, semua harus dinilai dari kacamata insting ibu (yang pinter), bukan kacamata RUM atau teori apapun. Ya nggak sih kaka...

Sexy And I Know It
Obgyn saya punya komen tetap tiap kali kontrol, "YAKIN NIH MUNTAH-MUNTAH?! KOK BERAT BADANNYA NAIK BANGET?" Makasih lho Dok... Memang ini fenomena alam yang nggak jelas logikanya. Kok bisa ya, maknya muntah terus, tapi naik 1,5 kg tiap bulan? Apa ini transfer lemak dari Teguh?

Selain lemak yang makin menggumpal sana-sini, tetikadi sudah pasti makin kayak sapi punya. Apalagi kalo saya lagi ngebungkuk atau di posisi push-up (pas yoga hamil)... ya Allah jatoh banget. Tinggal ditambah anak sapi di bawahku, trus kita nyanyi Old MacDonald had a farm deh. Moooo!


Little One, Why You Cost So Much?
Ternyata, saya termasuk ibu hamil yang syantaaay kayak di pantai. Buku hamil boleh bolak-balik diapalin, tapi prakteknya sih beda. 

Pake high-heels? Yuuuk... sempet ber-high-heels kesempitan 5 jam di kawinan sodara, sampe jempol nyut-nyutan banget. Abis itu makan kambing pula! Pulangnya nyemil duren sebiji hihihi.

Indomie pun udah kemakan sekitar 8-10 bungkus selama 4 bulan ini *langsung di-bom meriam sama MamaYeah*. Makanan pedes apalagi.... cinta-ta-ta sekali sama Ayam Plecing Taliwang dan jigoku ramen yang super pedes, sampe kesedak di suapan pertama. Susu hamil pun kuyakini 100% hanya mitos, jadi minum susu UHT biasa aja. Alhamdulillah susu dan buah lumayan rajin. Pantangan saya hanya makanan nggak mateng, sisanya ya syantaaay... 

Kuncinya adalah keseimbangan. Halah. Insya Allah tetep sehat, mantap, jenius, dan jadi jagoan neon ya nak.

Salah satu "pantangan" yang tak saya hiraukan adalah: belanja keperluan bayi sebelum usia kandungan 7 bulan. Hare gene ya ebo-ebo, belanja mah ngikutin musim Sale aja, hihihi.

Jadilah, ketika Mothercare koar-koar diskon up to 70%, saya pun melangkah dengan pasti ke beberapa cabang Mothercare ibukota. Padahal waktu itu kandungan masih 3 bulan aja, yeuk.

Awalnya keder beraaaat, soalnya saya nggak pernah masuk ke toko bayi sebelumnya, bayangkan sodara-sodara! Jadi kaget banget ngeliat peralatan bayi aneh-aneh yang kok bentuknya mirip alat penyiksaan. Pas melipir ke bagian yang tergampang pun (alias bagian baju) saya masih bingung. Apa sih bedanya sleepsuit sama baju kodok? Jumper itu apa? Mengapa begini, mengapa begitu? 

Apalagi saya nggak tau ini jabang bayi kelaminnya apaan! Tantangan maut banget deh rasanya, berburu baju bayi yang ukurannya maksimal 9 bulan, didiskon (berhubung nggak semua didiskon), dan bermotif/warna gender-neutral.

Langsung anxiety attack dong ya. Hati yang tadinya cuek, kembali keder dengan istilah "pamali". Kok gue keder banget ya, apa jangan-jangan beneran pamali? Akhirnya saya bolak-balik ngambil baju bayi dari rak... eh, dibalikin lagi... ambil... taro... ambil... taro... bolak-balik aja di rewind-forward kayak acara Spontan.

Ujung-ujungnya saya BBM si Mamah, nanya, "Sebenernya boleh nggak sih nih belanja barang bayi? Ntar pamali?" Dan dijawab, "Ya boleh dong naaaak...." Oooh ternyata dese juga syantaaay. Ya udah lah, kalo udah didukung begini, sikat aja!

And over the next one month, saya pun ketagihan! Dari forum ebeus-ebeus, saya jadi belajar banyak soal onderdil bayi yang rempongnya ngalah-ngalahin onderdil Beyonce, alhasil, belanjaan pun menjadi sangat merembet. Yang "janjinya" cuma mau beli Mothercare stuff aja mumpung sale, merembet ke onderdil Smart Nappy, Clodi setengah lusin, bedong Nary, sampe wallpaper nursery, ahahaha... sekian dan terimakasih.

Menurut opini saya siiih -- si ebeus-ebeus nggak berpengalaman ini -- sebenernya nggak apa-apa banget belanja sebelum 7 bulan. Karena belanja peralatan bayi tuh memang sangat, sangat menguras kantong. Kalo dipepetin belanja sejak 7 bulan saja -- sambil nyeret perut Doraemon pula -- rasanya agak hectic ya. Dan mungkin bakal adaaaa aja yang kelupaan di beli.

Soal pamali, jujur ini sih tergantung ke-redho-an hati ibunya. Saya sendiri sering khawatir pamali, khawatir bayi saya "nggak jadi" padahal udah mulai belanja gini (naudzubillahimindzalik, amit-amit jabang bayi, semua ketok kayu 300x!). Tapi saya cenderung menyiapkan hati, berusaha ikhlas, dan bahkan mikir, "Kalo janin ini sampe kenapa-napa, toh banyak temen dan sodara gue yang lagi hamil juga... Ini baju buat anaknya Ayu, ini bedong buat anaknya Mira..." Miris ya? Ih, kok jadi mikir kesitu :(

Super can't wait to meet you baby, baby, baby, oh!


19 comments:

Leony said...

Hahahahaah... TOSS dulu soal frustrasi sama commenting systemnya blogspot yang baru. *TOSS* Kemarin ini, gue juga masuk angin uring2an, ga karuan deh. Seluruh keluarga menyangka gue hamidah. Gara2 itu, gue ketakutan setengah mati pas mau minum PANADOL. Akhirnya nyerah minum panadol sebutir. Ga taunya minggu depannya: PERIOD. Doh! Glad to hear that you're doing better! Mungkin blm super well, as you said masih suka sakit dan muntah2, but MUCH BETTER kan dibanding 1st trimester? Semoga semakin ke depannya semakin asyik yah. Last but not least: HIDUP DISKONANNN!!

ndhachiyo said...

hahhaa.. kocak dah selalu baca tulisan lw..

katanya c gtu 5 bulan dah membaik.. marii kita sama2 berdoa supaya bisa makan byk pas 5 bulan :), masalah mamam indomie kyk nya msih bykan gw pas hamil gini.. hihihiih.. tpi itu mah klo terpaksa aja susah mamam *ngeles*

oia itu usg 4D nya baby nya ya say??

ita said...

ohhhhh..
*menitik*
*kpingin*

btw ituh badan kok sekseeih ya mbak'ee??
semokh gituh.. :D

prin_theth said...

Leony: Leee! Thank you so much yaaa. Iya, seneng akhirnya bodi agak delicious juga deh...

This commenting system is so crazy yo, nih sampe gue ganti comment box-nya jadi pop-up, nggak embeded. Tapi kayaknya tanpa diganti pun udah mendingan deh Le!

Eh kamu kapan hamidunnya? Nunda atau enggak kah? Pokoknya enjoy marriage life lah yaaa, sisanya biar diatur Tuhan :-*

Ndhachiyo: Eeee dirimu lagi di trimester 2 juga kah? Awww... sama-sama berjuang ya. Kalo nggak tahan banget.... rebus indomie aja hihihi.

Iyah, kemaren sempet USG 4D, untuk ngeliat abnormality jabang bayi. Alhamdulillah sih semua normal. Katanya ntar diulang lagi pas 7 bulan. Padahal mah pengennya tiap bulan ya *suami nangis bayar tagihan USG 4D yg selangit*

Ita: Ita jangan lebay! *sambil mesem-mesem GR* aylafyu ah hihi

Ninta said...

Lailaaaa,
aduh si bumil tersiksa banget sih laaa mual2 muluu. Tapi kayaknya emang orang beda2 yah laa, temen gue ada aja sih yang sehat sentosa yah dari awal sampe akhir. Tapii, ada juga temen gue yang mual2 terus, dari awal sampe (hampir) akhir juga. Jadi lucu gitu deh, hamil 9 bulan tapi malah lebih kurus dibanding pas dia kawin hehehe.

Anw, good luck yah jeng Laila. Semoga lancaaar semua2nya. Belanja keperluan bayi dicicil2 mah gapapa, tapi dari postingan lo nampaknya itu bukan nyicil yah, tapi kalap terus2an gitu? Hehehehe.

Kara Gunawan said...

la, jadi lo udah fix sm dokter cenes kita? hihihi. doi juga rajanya santai kok. dia slalu bilang sm gue: "pantangan? kalo pengen makan aja, tapi kalo jadi sakit perut jangan diulangin lagi hahahaha (with his booming laughter)" and he always encourages me to still do my hectic workout, again "kalo perut nya jadi sakit ya dikurangin" doweweeeng.

btw, kemaren si mira gw kirimin checklist things to buy prior to baby's arrival (supaya gak kalap haha!) katanya sih sangat membantu. u vant??

Peds said...

Asiiik udah trimester 2, semangat ya kakak. Gue mengalami kejadian yang sama persis kayak Leony, tapi dengan Decolgen. Mau minum satu butir aja sampe semedi dulu berjam-jam sambil nahan sakit kepala. Ternyata flu dan lalu dapet (dan diketawain suami grrrr). Gak kebayang kalo suatu saat hamil dan mesti jadi jamaah RUM, boleh copot kepala bentar nggak ya kalo sakit?

icharizha said...

Haloh, gatel pengen komen soal pamali belanja sebelum 7 bulan :).
Dulu aku yg termasuk gak taat2 amat soal 'pamali' itu. Jadi, kapan pun ada duit (dan sale!) marilah kita belanja keperluan si bayi. Alasannya, kalo udah hamil 7 bulan ke atas, pegelnya naujubilah bok, walopun baru keliling mall 1 lantai doang. Apalagi kalo mau ngeborong belanjaan bayi, milih2, nawar2 (kalo di ITC), lama, laper, aus, capek, pokoknya mendingan belanja2 dicicil sedini mungkin. Pas perut masih gak gendut2 amat, jadi stamina untuk keliling mall (atau ITC) masih lebih prima dibanding pas udah 7 bulanan lebih.

Demikian sharing pengalaman sayah, sekian dan terima tunai :)

*Sehat terus ya, Bumiiill*

Lincrut said...

Hahahaha....

Akirnya ke obgyn sapa lei? Jadi ke dr Dia*?

Iya boo hari gini nungguin 7 bln kburu g sale ya? Nyicil2 mah gpp yah tp mgkn yg suka dibilang pamali tu yg gede2 kl baju mah Ada yg lucu ambil daaah

Dulu gw masi muntah2 parah iseng bli jaket bayi gt trus digantung di kamar disamping foto usg,eh dimarain AMA nyokap dibilang kaya persembahan hihihi

Anyway badannya masih ok looh

Astrid said...

akupun dulu blanja blanji sebelum 7 bulan kokkss =D kalo bingung gender, blanja yg general aja dulu lei...haha tapi gw dulu levelnya ITC2an aja jd ga brasa stress bgt ngeluarin dokunya =D

enjoy 2nd trimester ya! expect the unexpected ajalaaah hihihi

Dhira said...

*sungkem*
maap yah termasuk yang bilang bakalan enakan kalau udah trimester 2...
Udah kerasa gerakan babynya beloom? Kalo idah pasti teralihkan deh hahahaha..
Lei kamu udah belanjaaa? Mantap! Jangan lupa belajar ei bi si di dunia clodi ama ei tu zi dunia stroller&carseat, pasti kepengen numbuhin pohon duit dihalaman!

Ivo said...

Halo Leija, salam kenal yaa.
Ini sampe blog ini darimana ya, kayaknya dari blog lain, senang juga ketemu blogmu, lucuuu dan membumi, hehe.
Selamat dan semoga lancar terus yaa, hamil sampai lahiran. Semoga saya cepat menyusul. Amin.
Dan setuju deh, santai aja, hati2 sama obat/dll berlebihan perlu, tapi terlalu hati2 juga susah kali ya, tiap orang kan beda. Kakak2ku aja masing2 beda, ada yang mualnya pol 9 bulan sampe pingsan2 masuk rumah sakit segala, ada yang hamil santai banget, sempet naik2 atep benerin genteng. Padahal pabriknya sama, tapi hormon beda ternyata yak.
Yang penting lancar, bayi sama ibu sehat!

prin_theth said...

Ninta: Nintaaa... apa kabar dirimu si CPW cantik? Hihihi. Iya memang betul, kehamilan tiap individu sungguh berbeza adanya dan sangat unexpected! Yg penting emaknya legowo yaaa... termasuk legowo menggendut dgn cepat meski makan nggak endeus. Eh kamu gimana persiapan nikahan? Kalo diintip dari blog kayaknya makin banyak yg kelar yah! :D

Kara: Karce! Si dokter cenes sudah pasti kupiara as my 2nd doctor hahaha (dikata kucing), meskipun 1st impression-nya nggak seseru kata org, I have total faith, amen!

Mau listnya dong Kaaar. Gue sebenernya udah mulai sok-sokan bikin list hasil research sendiri, tapi masih perlu improvement beuner... makaci ya!

Peds: Copot yaaa jantungku, kirain Anda sudah hamil! Hahaha. RUM-ing is definitely not easy, and nobody should torture themselves sampe mau pengsan. Tapi effort lo nahan minum obat itu udah jadi penanda ciri (calon) ibu pintar kok, gak asal lheeppp! Soon ya :-*

Icha: Haloo :) Yap yap betul sekali, Icha :) Akhirnya gue udah survey barang (survey apa belanjaaaa?) di ITC. Dan meski senengnya minta ampun, pegelnya juga ampun yaaa... Apa krn ada unsur belanja buat diri sendiri juga ya hihihi.

Intinya, gue kaget karena kaki udah sepegel ini padahal perut masih rada rata. Kata suami, badan kita naik 10% dari berat normal aja, kaki kita tuh udah 'kaget' lho nanggung beban extra. And for me, I'm so glad I started shopping early :)

Lince: Masih sama Dr Dia* dooong :) Meski kadang pengen kuunyel-unyel karena santai bangettt... Multivitamin? Ya minum tapi gak wajib tiap hari koook. Sakit demam? Ya nikmati ajaaa hihi. Tapi asik kok orgnya, cucok.

Aw aw masa sih, bodi masih OK? Langsung pengen foto hamil ala Demi Moore kan nih...

Astrid: Iyaaa, aku juga berusaha mulai dari barang ber-non-gender. Walau sebel juga krn suka susah. Bak mandi Puku aja pinggirannya dibedain pink dan biru. Mana hejonya?! Dan sungguh belanja di ITC tuh hepi banget yaaa... Lupa banget sama segala nestapa trimester 1!!!

Dhira: Hahaha iya niiih, udah nyuruh suami cari Pohon Dokat di Rawa Belong. Barang-barang bayi termasuk Clodi alhamdulillah sudah kupelajari lengkap, pingsan pas belinya pun udah... hihi.

Tapi beneran kok, makin kesini mualnya makin ilang, suer! *simpen lakban* Bayi juga udah rajin nge-poke perut ibunya banget nih Dhir :)

Ivo: Alhamdulillah Ivo kalo suka sama blognya :D Cuma cerita-cerita biasa kok :)

Aduuuh, jadi nggak enak udah ngeluh mulu hehehe. Soalnya skrg udah segeran. Tapi pas trimester 1 emang ampun banget deh. Thanks for the support ya :)

busylittlebrain said...

Haiii Leila salam kenal. Love your Blog lucuuu..

walaupun belum hamil, tapi aku adalah hasil dari kehamilan full muntah-muntah 8 bulan lohh kata mamaku :D.. Terus sahabatku juga muntah2 sampai 7 bulan, tapi anaknya alhamdulillah sehat-sehat aja tuh :)

So kesimpulannya, good luck ya, janin yang 8 bulan bikin mamanya muntah-muntah dulu, alhamdulillah masih hidup sehat dengan RUM sampai sekarang kok. Jadi jangan mikir bayinya kenapa-napa dulu, pasrah aja hheheh (padahal bumil juga bukan, silakan dijitak)

prin_theth said...

Busylittlebrain: Haaaai... makasih ya udah mampir. Eh sammmaaa... aku pun prodak hasil muntah-muntah mamaku, yang katanya dulu juga parah banget. KATANYA, pola kehamilan kita ngikutin pola kehamilan mama kita dulu. If our mothers had horrible sickness, we may have one too. Kok horor?!

Iya, Insya Allah si bayik bakal baik-baik selalu yaaa :D

lomita said...

Waaah udah masuk trimester 2 yaah...mudah2an cepet enakan ya badannya :D

tebak-tebakan ogbynnya dr.dia* di kmc kah lei?? *kalo diliat dari santainya hehehe
akupun sama dr.dia* niiii :D

prugnaviola said...

ikutan komen aaahh...akupun sama, pas awal hamil sampe bulan ke 7 makan ramen dan *uhuk* kripik maicik level 10 masih oke. tapiii pas kehamilan semakin membesar perutpun tak kompromi. pedes dikit mules, jadi ditahan deh makan pedesnya. Dan ga minum susu hamdun juga, karna kata obgyn ku susu apa ajah, so UHT pilihannya. Lancar2 selalu yaa kehamilannyaaa..

Wichi said...

Hi Lei.. salam kenal, jd silent reader blog lo since 2010 nih ;)

Dan pertanyaanku sama dgn Lomita, apa obgyn qt sama, si dr. Dia* itu? Klo iya, dia very recommended, gw aja yg udh lahiran smp nyari2 alesan biar bs ketemu dia lg hahahah :p

Santai aja Lei, RUM itu kan bukan ga minum obat samsek, but using it rationally. Gw slm hamil (dan menyusui) andalannya adalah parasetamol :D BTW, gw yg tadinya ga RUM dipaksa RUM deh sm obgyn gw, pas gw minta obat ini itu ktny "Aduh Wichi, itu dirumah udh kaya apotek ya segala macem obat lengkap?!" hahah.

Semoga sehat terus ibu dan bayinya yaa :*

prin_theth said...

Lomita: Yak tepat sekali! :D

Prugnaviola: ih kita seselera beuneurr... Sekarang tinggal komat-kamit doa aja deh rambut bayinya gak jadi tipis hihi.

Wichi: Dr. Diah udh jadi dokterku sejak pertama kali ngecek hamil/nggak sampe skrg ini :) Padahal milih blio-nya juga nggak pake baca rekomen-rekomenan, cap cup aja hehe... Nah, tapi 2nd doctornya yg sempet ganti, soalnya nggak sreg sama yg pertama :D

Soal RUM, embeeer... bukan sama sekali nggak minum obat, tapi RASIONALnya kan (katanya) kalo lagi hamil kena common cold atau headache yg nggak sampe bikin kejang, yaaa home treatement aja lah. Halaaaahhh manalah ambo tahan! hihihi...

Aaamiiin makasih ya doanyaaa..!

Post a Comment