Nov 2, 2011

How To Be A Travel Snob

Gara-gara punya tai lalat dua biji di kaki kanan-kiri, kata nyokap, rejeki saya memang di melancong. Kalo ngeliat foto-foto masa kecil, mungkin saya dikira anak selundupan imigran... kok pindah-pindah negara melulu? Ciyeee... *paragraf ini terdengar angkuh ya, ck ck ck*

Dan rejeki ini berlanjut sampe sekarang. Alhamdulillah.

So, I automatically grew up to be a travel snob. Apa itu travel snob? Bukan orang yang sekedar nyombongin frekuensi plesirnya, tapi orang yang nyombongin pengalaman travellingnya dan sering memandang rendah pelancong lain. Pokoknya berasa serba 'lebih' deh. Secuplik contoh dari Lonely Planet:

Regular Tourist: I just got back from Bangladesh. Have you been to Bangladesh?
Travel Snob: Oh, I once deliberately did a crime in Bangladesh so I could spend the night in their jail. Free lodging, man.

GAHAR NIH YEEE! Niatnya bikin kagum, tapi jadi pengen noyor nggak sih?

Memang ada berbagai tipe orang nyebelin di dunia ini. Ada rabid bundas, ada pengkuliah di Twitter, dan ada travel snobs. Dengan berat hati, saya mengakui kayaknya saya masuk ke yang terakhir itu. Ack!

So here's Leija's tips on.... 

How To Be A Travel Snob:

Call Yourself A Traveler, Not A Tourist


Kalo di dunia per-pelancong-an, istilah ini sangat membedakan kasta. Kalo nyebut turis, yang kebayang adalah pelancong yang berpakaian senyamannya dhewe (sepatu kets segede perahu, tas pinggang, topi visor), hobi teriak-teriak, gampang panik, dan foto-foto sesukanya tanpa tau tata krama. Biksu lagi sembayang aja ditempelin moncong kamera.

Pokoknya nggak keren dan keliatan jarang jalan-jalan!

IMG_0743
Setelah foto-foto temen-temensementara arca-arca Borobudurnya sendiri dicuekkinnggak lupa pake acara nyampah. Turiiiiis..! (Borobudur, Magelang)

Sementara kalo nyebut traveler, yang terbayang adalah pelancong berperawakan kalem, tampak tau situasi, dan adaptif. Ciri-ciri orangnya, kalo nggak keren banget (di Paris, scarf yang dipake harus Hermes! Order makanan pun pake bahasa Prencong... atau sebenernya bahasa Sunda tapi dibanyakin "kh" dan "z" ya?), ya gembel banget (gendong backpack segede batang pohon beringin, pake sendal gunung, rambut dreadlock. Kesannya udah  jalan kaki keliling dunia!).

Tapi sebutan ini akhirnya meluas menjadi cap atau celaan. Misalnya, kalo kita ngeliat pelancong teriak-teriak di kuil atau belanja nggak keruan di Pasar Sukowati, pasti kita mikir, "Ih, turis banget... Norak..." Sementara kalo kita ngeliat seorang pelancong duduk merenung bijak sambil bawa buku sketsa di tengah sawah Ubud, kita nganggepnya, "Ih traveler banget. Pasti lagi bikin puisi..." Padahal siapa tau lagi ngitung utang?

Jangan Keliatan Panik Kalo Nyasar

Setiap nyasar di subway belahan dunia manapun, biasanya saya mojok, pura-pura mau beli minum. Trus ngeluarin peta dengan pelaaaan sekali. Lalu mulai meneliti peta dengan sok santaaaai sekali. Ekspresi setel kayak lagi baca Bintang Indonesia aja. Kalo mentok, mulai liatin papan rute subway, muka tetep setelan baca tabloid. Yang penting jangan nanya orang!

Gara-gara kelakuan sok begini, pernah nyasar jauuuuh sekali di Tokyo. Akhirnya setengah mewek minta bala bantuan petugas peron, zzzz... Malu bertanya sesat di jalan, indeed.

Sejarang Mungkin Foto Muka Sendiri 

Ada orang Lonely Planet pernah komplen, "Waktu itu saya ke rumah temen, mau liat foto-foto jalan-jalannya ke Gunung X (lupa). Lah, di tiap foto gunung, ada muka temen saya juga! Gimana sih? Gue 'kan mau ngeliat keindahan alamnya, bukan muka lo!"

JLEB. Kita memang sering menganggap alam indah permai ini diciptakan untuk menjadi background foto-foto semata. Narsis amat! Sekarang saya bersumpah untuk mengabadikan segala panorama apa adanya.

Judulnya, merusak keindahan (Tokyo Disneyland)

Tapi hati-hati berlebihan. Saya dikira ngambil foto-foto Hanoi dan Siem Reap dari internet karena nggak ada muka gue sama sekali. Pedih!

DSC00555

DSC00573
Sumpah ya, ini foto-foto gue sendiri yang motret. Masa' penampakan laki gue itu fotosop? (Bayon Temple, Siem Reap)

Kenalan dan Nongkrong Sama Orang Lokal 

Makin asing negara/kotanya, makin keren deh kalo bisa kenalan. Apalagi kalo nantinya berlanjut kirim-kiriman surat. Hadeeeuh, makin sahih deh cap "traveler" Anda. Sayang, saya belom PD melakukan ini. Paling mentok pernah nongkrong sama geng bli-bli di Bali, tapi cuma sebentar. Takut lama-lama pada naksir, ah (!!!)

IMG_0068
Nggak sengajaasli, papasan di jalan!ketemu sama temen. Kalo Anda sampe nggak sengaja papasan sama temen di Eropa, bukan hanya di Pondok Indah Mall, selamat! Gelar traveler semakin melekat! (Karlplatz, Vienna)

IMG_0296
Salah satu taktik nongkrong sama orang lokal: nonton pertandingan olahraganya. Here we are, sok-sok jadi pendukung Ceko di nobar pertandingan hoki dunia (Old Town Square, Prague)

Believe That Tour Groups Are The Devils' Creation 

Waktu kecil, saya sempat beberapa kali bepergian dengan tour group. Pas udah gede, jadi jarang, dan saya yang diberi tanggungjawab untuk trip planning setiap plesir keluarga. Lama-lama, perjalanan kantor pun saya yang atur. Urus deh tuh segala transportasi, rute, itinerary, akomodasi, tempat makan.

Ternyata rasanya sangat jauh berbeda. Kalo pake tour grup, saya serasa zombie yang nggak ngerti apa-apa, cuma digiring dari satu tempat ke tempat lain. Jangankan tau rute, nama hotel yang diinepin aja sering nggak inget.

Dan busuknya lagi, tour group itu selalu mengutamakan kuantitas dibanding kualitas. Coba tengok itinerary tour ke Eropa, misalnya. Satu kota cuma disinggahi 2 hari, maksimal! 10 hari mampir ke 8 kota! Gelo, maneh teh. Mau liat apa?! Apa yang bisa diresapi?! Buat yang ikut tour model begituan, pasti nggak bisa bedain ciri khas satu kota dengan kota lainnya, saking diburu-burunya.

DSC02383
Sebeeel! (Hong Kong Disneyland, Hong Kong)

DSC00855
Makin rame grupnya, makin sebeeel! (Great Wall of China, Beijing)

Saya pernah murka karena tour guide cuma ngasih waktu DUA PULUH MENIT di Forbidden City, Beijing. Gila apa lo? Mahakarya segede gitu cuma buat numpang jalan cepet? I should have spent at least 1,5 hours there!

DSC01011
I looked happy, but believe me, I was pissed (Forbidden City, Beijing)

Sementara kalo pergi sendiri, sebelumnya saya harus bergerilya berminggu-minggu di internet dulu, untuk cari tau rute jalan, hotel, dan bikin itinerary. Di tempat tujuan pun kita musti pusing-pusing nyasar, berusaha komunikasi pake bahasa Tarzan, icip-icip makanan aneh karena kepepet, dan bebas mendekam di suatu tempat selama mungkin. Mau guling-gulingan seharian di Forbidden City? Boleeeh.

Hasilnya, saya jadi paham tentang tempat tujuan, mulai dari kebiasaan, transportasi umum, makanan, sistem pedestrian, dan sebagainya. Wawasan nambah, kemampuan analisa juga berkembang. Sesuatu banget deh...

Being a travel snob, hal ini membuat saya jadi super nyinyir sama tour group. Supernya super, lho. Saya sampe nganggep, orang yang pilih tour group itu pemales semua—males mikir dan males gerak.

(kalo syarat utama masuk neraka adalah sipat su'udzon, saya udah di barisan pertama kali nih)

Awal taun ini, saya ke Austria dan Ceko. Sepulang dari sana, pas banget seorang sahabat sedang bersiap-siap honeymoon keliling Eropa juga... tapi pake tour group. Maka disaat dia BBM nanya-nanya soal Eropa, saya malah balik nguliahin WHY THE HELL DID YOU CHOOSE A TOUR GROUP?! Get off your lazy ass and start planning on your own!

Ngeselin abis deh gue. Untung tali persahabatan nggak diputusin saat itu juga!

Believe That Shopping Are The Devils' Activity 

Ciri turis Indonesia yang paling kuat adalah: doyan belanja. Dibawa ke padang pasir juga yang dicari pasti toko suvenir. Ibadah ke Mekkah pun pasti bawa pulang karpet, minimal sajadah selusin. Pokoknya no shopping, no travelling.

Lagi-lagi, sebagai travel snob, tentu saja hal ini menjadi musuh utama ya. Udah pergi jauh-jauh, kok belanja lagi. Sebagai travel snob, saya sering melancarkan aksi Anti-Belanja sebagai berikut:
  • Obviously, hindari belanja. Kalopun beli suvenir, harus yang sangat unik, atau sangat khas sekalian dari tempat tersebut. Misalnya, kaos I Heart NY-nya New York, matryoshka-nya Moskow, batik-nya Cirebon (try to find the best handmade one from a craft artisan, jangan yang pabrikan punya), atau novel asli Franz Kafka di Ceko (ceileee). Trus UDAH, nggak beli apa-apa lagi. Yang nitip oleh-oleh ke saya apes deh...
  • Kalopun saya pergi bergerombol dan ada agenda belanja yang tak terelakkan, saya akan mendemonstrasikan sikap tidak suka. Hal ini pernah kejadian, saat saya bersama serombongan sepupu plesir ke KL-Singapore dengan agenda utama belanja (lagian di dua kota itu mau ngapain juga ya, kalo nggak belenjeus?) Alhasil, di setiap toko, saya cuma berdiri sambil bersilang tangan, atau motret-motret gedung dengan sok artsy-nya. Nyebelin banget nggak sih? (catatan: sekarang mah malah doyan belanja hihihi...)
  • Sesering mungkin pergi ke tempat antitesis-nya belanja. Belanja 'kan identik dengan modernitas dan hedonisme, maka menurut saya, antitesisnya adalah museum, peninggalan bangunan tua, alam terbuka, pertunjukkan-pertunjukkan, atau kampung setempat. Maka tempat-tempat tersebutlah yang saya prioritaskan kalo lagi melancong. Walaupun di kota itu museumnya jelek, tetep diutamain. Lama-lama jadi kewajiban, deh. Traveler banget niyeee...

    IMG_0577
    Pura-pura paham... (Kunsthistorisches Museum, Vienna)

    IMG_0016
    Bela-belain nimbrung misa Katolik Minggu pagi di Vienna, demi nonton Vienna Choir Boys. Apa rasanya dipelototin karena jilbaban kok ikut misa? Tiada duanya...

    IMG_0469
    Biarpun mesti nggaplokin diri sendiri supaya nggak ketiduran, yang penting nonton Sendratari. Travel snob berbudaya! (Prambanan, Yogyakarta)

    Oya, travel snob sejati biasanya mencibir orang yang belanja saat jalan-jalan.

    Misal, "Kemana aja di Hong Kong? Oh, belanja doang ya...." trus tatap orangnya dari ujung rambut ke ujung kaki bolak balik dengan angkuh. Bae'-bae' diludahin, cuih!

    Nggak Sekali-Kali Bawa Sambel, Kecap, dan Abon Saat Bepergian

    Ini dia nih, ciri khas pelancong Indonesia yang juga kuat. Saingan kuatnya sama ciri 'kemana-mana belanja'.

    Kan ceritanya, kalau jadi traveler sejati, harus adaptasi dengan segala sesuatu di tempat tujuan, termasuk makanan. Maka ogah-lah saya bawa ransum dari Indonesia demi ngemanjain lidah.  Saya sempat ke Amerika padahal lagi bokek, alhasil harus menggantungkan nasip kepada fastfood. Disana 'kan fastfood joint ibarat mie tek-tek, tiap 5 meter ada. Murah pula. 

    Jangan kira fastfood (walau di Amerika sekalipun) tuh selalu enak ya.... lama-lama rasanya kayak kerdus! Even the famous In 'N Out and Papayas Hotdog tasted like cardboard after a while. Berlinang-linang airmata lah saya bertahan 2 minggu seperti itu. USA will never be a culinary destination for me.

    Tapi waktu di Hanoi, saya dengan rela melahap pho dan lumpia 3x sehari. Cucok sih sama lidah! Tentunya sambil memandang sinis ke suami yang cari aman, pilih nasi goreng atau pancake ("jauh-jauh ke Hanoi kok nyari nasi goreng...."). Intinya, seorang travel snob harus makan makanan khas sana, like it or not. Eneg-eneg dikit, ya tahan aja! Mau jadi traveler nggak sih?! *ayunkan cambuk*

    PS. Sedikit pengecualian bagi vegetarian atau Muslim yang takut nggak sengaja makan babi. Ya udah, ransuman nggak apa-apa deh.

    Nggak Pergi Ke Negara/Kota Tujuan Standar. Kalopun Harus, Nggak Ke Tempat Standar Wisatawan 

    Untuk Indonesia, destinasi-destinasi tersebut berarti Bali, Lombok, Thailand, Singapore, Malaysia, Australia dan Hong Kong. Pokoknya liat aja deh Air Asia paling sering promo kemana, hihihi. Nggak selalu Asia Tenggara dan sekitarnya sih. Buktinya, nggak banyak orang yang hobi ke Vietnam, Laos,  Filipina, atau India.

    Kalopun mesti ke Bali, Thailand, dan kawan-kawannya, jangan main ke tempat standar wisatawan. Jangan main air di Benoa aja, coba naik kano di Danau Batur. Nonton lah pacuan kuda di Hong Kong, jangan ke Tsim Sha Tsui mulu. Kalo udah sering ke Bali, coba ke perairan Manado. Awalnya agak menderita sih, karena tempat yang kurang populer, biasanya berarti kurang seru dan minim fasilitas, hihihi. Tapi nggak selalu ah. Sepinter-pinter kita nyari celah aja (tikus kali!)

    Tampil Segembel Mungkin di Pesawat (Kalau Naik Long-Haul Flight a.k.a. Penerbangan Jarak Jauh) 

    Turis biasanya excited sekali saat berangkat bepergian, apalagi kalo jauh. Alhasil, sejak berangkat di pesawat pun penampilan udah kece: pake skinny jeans, ikat pinggang, baju keren bertumpuk-tumpuk, aksesoris ini itu, high heels, pokoknya stailis. Trus harus bertahan dengan tampilan seperti itu selama berbelas-belas jam di pesawat. Yassalaaam.... bisa teriak deh Miss V gue kalo dikekep skinny jeans sekian belas jam!

    Yang terjebak seperti ini biasanya anggota tour group (tuh kan!), karena begitu sampe di kota tujuan, tour group seringkali langsung city tour. Kejam ya? Rempong  dong kalo dandan di airport. Terpaksa deh, menjaga ke-kece-an sampe kota tujuan.

    Sebaliknya, savvy traveler yang udah sering naik long-haul flight paham, sangatlah nggak penting berkece-kece ria di pesawat. Nggak nyaman dan nggak ada yang peduli juga! Maka kostum long-haul flight yang "benar" adalah celana training, sweatshirt, kaos kaki, sendal (jangan sepatu tertutup. Kaki bakal bengkak di long-haul flight), serta bantal leher yang jelek tapi super nyaman itu.

    So remember, semakin gembel Anda di perjalanan jarak jauh, semakin menandakan Anda sering naik long-haul flight. Cihiiiy....

    DSC00815
    Sweatshirt dan jilbab bergo. Fashion police, arrest me! (JFK International Airport)

    Is it fun being a travel snob?

    Fun is relative, but it's definitely tiring. Ahahaha, ngaku deh. Capek mak, kalo mau 100% idealis gitu. Alhasil, semakin kesini, saya semakin mikir.... yastralah ya nek, suka-suka deh orang mau travelling gaya apa. Duit duit sendiri, kok.

    Sekarang saya masih mempertahankan sipat travel snobbery sih, tapi dikira-kira. Yang pasti saya jadi lebih fleksibel, mau ke tempat standar wisatawan, dan nggak acem lagi kalo diajak belanja, malah jadi doyan (gimana sik). 

    I still think tour groups are the devil's creation, though.

    Intinya, you have to know the best features of your destination, and maximize it. Misalnya, kalo ke Athens, ya nikmatin dong reruntuhannya, jangan ngomel cari mall... Tapi kalo ke Hong Kong, belanja sana, sampe dompetnya nangis!

    IMG_0893
    Kalo ke Amerika, harus tour de theme parks yaaaa (Island of Adventure, Orlando)

    Travelling is one the best things in life and it's also one of the best life teachers you can ever get. And to clear out one of the most common misconceptions: you do not have be a millionaire to travel.

    Pergi sonoh! Happy travelling!

    33 comments:

    idmarire said...

    Huahahaha saya malah iri nggak pernah ikutan tour selalu berangkat sendiri bertemankan google dan teman2 yang asik, pernah travel ke hongkong shenzen macau, kemana-mana naik bus, pesawat budget, dan tidur di emperan KLCC, dampaknya sampai sekarang jempol kaki dua2nya masih biru histeria jalan kaki 13 jam tiap hari, terus sekarang klo liat tiket promo diliat dulu jam terbangnya, klo ampe nginep di bandara lagi....tetep beli lagi.....huahahaha

    lomita said...

    aaahh...aku pun jadi teringat pengalaman pertama (dan terakhir) ikut tour group ke spore...isinya belanja semuaaaaaaa.....tour 3 hari isinya mall-to-mall. kapok banget deh!

    liat foto-fotonya lei seru banget ya melancong kesana kemari. jadi pengeeen.....:D

    mamapiya said...

    nah,kebayang kan fakenya senyumku saat denger in laws having fun during their group tour :D hahaha *biar snob asal keren*

    Anggi Karimuddin said...

    Aaah.. Lei.. Aku +1juta sama postinganmu yang ini.. Hihihi.. Dari tadi entah kenapa ngangguk2 terus. Hihihi.. Btw buat nambahin referensi kata-kata bijak soal traveler. Ini quoting Desi Anwar waktu aku nonton exhibitionnya tahun 2006 :

    “Many of us mistake the act of traveling for venturing into the unknown, leaving the security of our home and all that we possess behind us, and always with a lurking fear that we might perhaps lose our way, never to return. But you, the wise traveler, knows that in setting forth we are finally leaving the foreign land where we have strayed and over stayed and begin the long journey back to our real home..“

    bebe said...

    hi hi.. kunjungan pertama nih.. ga tahan buat ga komen.. postnya lucuu.. ^^

    Kayaknya gue juga sedang menuju untuk jadi travel snob nih. hahaha.. beberapa point diatas udah kecentrang.. :p

    tapi sama lah sama dirimu, sejak jaman booking tiket udah gampang, ga pernah lagi ikut tour kalo jalan2.. riweh abisnya.. lama di bis doang.. belum lagi harus nunggu2 rombongan yang kadang2 lelet.. uurggh.. lagi pula gue orangnya ga tahanan untuk duduk lama2 di bus.. X_X

    Lincrut said...

    WoW wow wow....ini brarti gw turis bgt deh,kl jln2 tujuan utama ya blanja sambil liat2 KOTA cih ogah bgt ke desa2,tempat yg g ngetop, negara yg g canggih *siap2 dimusuhin hihihi

    Sbnere gw sih sneng traveling tapi penghalangnya adl takuuuut bet naik psawat,haduh kl dalem negri mending naek kreta deh,kl kpaksa sminggu sblumnya udah deg2an dan gelisah...gimana doooong tipsnya??

    Oya gmn tuh caranya bs jln2 tanpa jd milyuner????tlg di next post dibuat yah *ahem merintah2

    prin_theth said...

    Renta: Ih jagoannyaaaa... hahaha. Iya, kalo jalan sendirian emang jangan pernah ngarep kaki selamat. Kalo kaki bisa teriak, bakal teriak deh dia! Keep the spirit ya Mbak, mending bobo di emper deh daripada terjebak bis tour group HIII *mabur*

    Lomita: LOL! Ya begitulah kalo berombongan ke Singapur... bawaannya pasti belanja... Harusnya kabur ke bonbin dan Universal aja ya Mit!

    Mamapiya: Harusnya kita gandengan sambil senyum fake bareng deh hahahaha! Kok betah amat ya padaan...

    Anggi: Aaah Mbak, dulu sempet baca-baca postingan Mbak ttg traveling, emang kayaknya gaya-gaya kita mirip deh hihi. And such wise words by Desi Anwar :) Intinya jangan takut dan merasa asing yaaa.

    Bebe: Haaai, dari Swedia ya? Ih senangnya... Iyaaa, emang faktor penunjang travel snob adalah internet yang memudahkan segalanya, dari mulai download peta sampe cari tumpangan Couchsurfing!

    Lincrut: Ih turis banget!!! *ditimpuk brosur hihihi* Kalo stress di pesawat, liat brosur duty free mungkin bisa jadi lebih sante? Trus kalo mau bisa jalan-jalan tanpa jadi jutawan, paling gampang sih daftar kerja jadi pramugari, tour guide, atau kawin sama konglomerat yaaaa... *krik krik*

    dunia kecil indi said...

    kalau aku yg jadi anaknya pasti udah minggat. takut banget aku sama yg namanya "pergi", "travel", atau apapun deh sebutannya,hehehe. kalau pun terpaksa pergi pasti habis diyakinkan 1 milyar kali kalau pesawatnya aman dan nanti bakal ada kamar senyaman di rumah. oya, sebisa mungkin aku hindari tur yg rame2 gitu, alias tur grup. bisa2 aku ngamuk tak terkendali, tuh. niatnya mau nikamt malah kesana kemari barengan, hehehe... nice post btw ;)

    Anonymous said...

    Eee buset, suami gue banget ini. Kadang emang pengen gue pentung saking snobbishnya. Orang lain liburan keluarga ke Bali lha gue kok ke Tomohon, trus ngider-ngiderin kota pake angkot. Sambil bawa bayi!!!!!!! Padahal gue kan turis sejati yang maunya Bali dong. Lombok dong. Disneyland dong.

    Tapi kalo bukan karena dia gak bakal gue tau yang namanya Kepulauan Kei. Hidden treasure yang gak banyak orang tau.

    Kara Gunawan said...

    TOTALLY AGREE WITH YOU LEI!!!

    I guess you can say I'm also a travel snob --" anti bgt sm yg namanya travel tour hih! Bayangkan honeymoon ke Yunani (yg belom pernah sama sekali) cuma berduaan capcipcup nebak jalan nyasar2, ikutan island hopping pun nyasarnya sama rombongan bule2 melulu --"

    Yep, I agree, there's always a place and time to do the so-called shopping. Makanya gue (agak) sebel gitu pas denger sepup2 gue yg berangkat honeymoon ke negara2 fashion capital cuma utk tujuan shopping. You should go to places where you can actually embrace and breathe in the beauty of the place. Pulang dari Yunani koper gue cuma berat sama baklava dan baju casual orang Yunani yg di toko nya kayak bau kambing --"

    capcaibakar said...

    Ya ampun itu bagian "ngitung utang di tengah sawah" bener-bener bikin ngakak.

    Tuhan.. lucuknya

    Leony said...

    Jadi begini Jeng Lei... Pas saya kecil dahulu, pasti ortu bawa saya ikut tour group. Kenapah ? Karena kalau bawa anak-anak kecil yang pecicilan (kayak aye), akan repot sekali kalau gak dipaksa organized dan diatur semuanya. Ngurus anak aje rempong! Apalagi jaman dulu ga ada internet kayak jaman sekarang, yang semua bisa dipesen online.

    Tetapi seiring dengan bertambahnya usia, daku mulai menjadi travel snob seperti anda. Bikin itinerary sendiri, santai2, sewa mobil sendiri, ditangkep polisi gara2 nyetir sambil megang peta, makan makanan yang bikin mamaku tereneg2, tapi yang penting enjoy!!

    And oh yeah...soal pemandangan orang Indonesia di pesawat... Geez... sampe sekarang gue gak habis pikirrrr!! Malah gue terlihat kadang terlalu gembel, pake celana goyor dan kaos plus sendal jepit. Cuma penerbangan ke Singaparna aja, pake pashmina LV yang monogram, rambut tinggi, wedges 12 cm, celana ketat, dan KACAMATA ITEM di dalam pesawat. Tolong deh...

    BabyBeluga said...

    Iya sih fastfood disini gga enak, hanya enak kalau kita lagi bener2 laper. Anak-ku si jake aja gga mau tuh makan di Burger King atau McDonald, belagu banget ya kesannya. Pertama dia aku bawa ke McD pas masih di pre-K, kita janjian ama temen2 sekelas dan ortu, untuk lunch bareng, gitu sampe di parking lotnya McD, neh anak langsung komentar 'are you kidding me? we are going to a junk food place?" OMG....

    prin_theth said...

    Indi: Hai Indi cantik! Iiih jangan takut atuh, pramugarinya manusia kok bukan macan hihi. Justru mungkin kalo bepergian bisa nambah-nambah ide buat (calon-calon) novelnya lhooo... Awalnya mungkin emang serba rikuh gimaneee gitu, tapi kalo udh dpt senengnya, udh nggak kepikiran segala sesuatu musti selalu aman dan nyaman kok ;)

    Mbak Rika: Hahaha, tolong perkenalkan aku ke suaminya secepatnya! Maygat, Tomohon adalah finalis top 3 places I need to visit ASAP di Indonesia. Padahal kampungku di Sulawesi lho (tetep jauh sih sama Manado). Tapi traveling sambil ngangkot dan bawa bayi gahar juga ya.

    Capcus Google Kepulauan Kei!

    Kara: Karaaaa! Saudara seper-melancong-kuuu! I knew you're gonna comment on this hihi. Kayaknya we have the same taste and style deh kalo bepergian.

    Seru banget yaaa nyasar-nyasar di Greece. Totally agree on the shopping part... Bukannya anti, nggak boleh samsek yaaa, but like you said, there's the time and place lah. Kalo liat ada yang do otherwise, rasanya gondok-gondok gimanaaa gitu ya. Bukan iri, tapi sayang aja :(

    Capcaibakar: Pasti pernah deh.... kikikik.

    Leony: Leee... jangan sedih. I was a tour group kid myself hihihi. Iya, pasti karena dulu informasi serba terbatas (Internet blm segila sekarang kan... blm masuk Indonesia malah), dan orangtua rempong abis bawa anak-anak kecil nyebrang benua. Jadilah, ikut tur melulu. And you cannot argue, harganya seringkali lebih murah.

    Makanya, pas gue agak gedean dan mulai planning sendiri, daaaasss... berasa bedanya.

    BabyBeluga: Haai, waaaw hebat deh, anak-anak Amerika tapi nggak mau fastfood-an. Padahal aku pikir American kids udh terbiasa banget sama fastfood (seperti anak-anak sini terbiasa sama micin, bakso, dan sebagainya lah). Good parenting!

    darina danil said...

    Ya ampun lucu banget postingan ini, ngakak :)) dan setuju banget kalo ikutan tour kaya zombie deh, diatur2 ga sesuai keinginan. Nice post. salam kenal ya

    Niken Andriani said...

    salam kenal mbak lei,
    jadi ketawa2 sendiri baca tulisanmu.. gw masih setengah manusia travel snob, lagi belajar nih! hahaha nice posting!

    salam petualang, salam traveler!

    prin_theth said...

    Mbak Iti: Haaai Mbak Iti! Aku kan suka intip blogmuh hihi. Thank you yah ;)

    Niken: SALAM TRAVELER! Astaga, sampe pengen pake iket kepala dan lempar backpack, hihihi. Thank youuu.

    Syita said...

    LOL! Ini ceritanya kocak banget! :D

    Kalo dikategoriin, kayanya aku ada di antara traveler dan tourist. Traveler karena lebih seneng nyobain kota baru, enggak mau ikut tour, lebih seneng ke pasar lokal daripada mall. Tourist karena belanja, beli oleh-oleh buat orang sekampung, dan foto-foto di depan objek wisata masuk daftar aktivitas wajib! Hehehe.

    Kak, yuk yuk kita bujuk Rizka ke Lasem! Bisa numpang tinggal di rumah opa omanya loohh..

    DwD said...

    Hahahahahaha yang poin nomer 2 gw banget! Klo buka Facebook trus liat album foto liburan temen yang isinya muka dia semua suka gemessssssss! Klo misalkan dia fotonya rame-rame sih agak termaafkan, tp klo cuma dia sendiri trus latar belakangnya itu-ituuuuu aj tapi pose beda-beda bikin pengen cubitsss! Paling suka (dan bikin iri) klo foto-fotonya tuh arsitektur/keindahan kotanya atau orang-orang di kota tersebut. Lebih enak dipandang juga dan sekali lagi, lebih bikin iri.

    prin_theth said...

    Syita: HAYUKLAAAH! Nanti kalo aku ke kantor, aku todong si Putri Lasem untuk segera bawa kita kesana, dan segala musti gratis... termasuk batiknya hihihi. Gpp Syit, jiwa mahasiswa idealisku juga udah agak luntur sekarang, jadi juga udah jadi banci foto dan belenjeus hihi.

    DwD: Gemes kaaaan... Orang yang begitu kesannya (kesannya ya) nggak meng-appreciate bangunan / panorama yang dia datengin. Biasanya cuma diliatin 5 detik, abis itu ribut nyari orang minta fotoin hihihi.

    Gita said...

    Hehehe..keren banget nih postingannya :D

    Jadi inget ade saya yang agak2 travel snob harus ikutan melancong ke singapur pake tour group sama sepupu2 *gara2 mama saya udah terlanjur bayarin dia*, dan cuma dibawa masuk mall to mall *even Universal Studio pun ga disambangin..hahaha

    Pulang2 komentarnya cuma "gw ga lagi2 ya ikutan jalan2 sama mereka" wkwkwkwwk...

    Anonymous said...

    seru dan informatif banget mba. Saya org yg belum berani travelling..takut ribet dijalan. tapi kalo persiapan udah oke kyknya ga ada masalah..thanks for share..

    Ov said...

    La, kalo pengen travelling tp pergi sama 11 turis gimana dong?? yelp!

    prin_theth said...

    Gita: Hahaha, nggak usah jadi travel snob, orang biasa aja kayaknya kapok diajak tour kalo itinerarynya begitu amat! Hihihi.

    Dewi: Thank you, sama-sama :)

    Ovi: Yelp! I say don't go.

    Anggita said...

    Kepuasan ter-Hakiki pergi ga pake tur itu kalo pas ketemu sama rombongan tur dari indonesia juga... Pengen mencela pake bahasa zimbabwe rasanya *jumawagilak.

    prin_theth said...

    Anggita: Hahahaha bok I wish! Kok kalo gue ya yang malah diliatin kesian sama mereka? "Kesian ya tuh Mbaknya repot jalan sendirian, bawa-bawa peta, musti naik transportasi umum, dll dll" Apalagi peserta tour grup kebanyakan blm pernah ngerasain jalan sendiri. Aku unyel-unyel ya, tante!

    katrin said...

    eh, itu mah gile bener kalo ke forbidden city 20 menit ajah. Dari gerbang depan ke gerbang blakang ajah bisa minimal 30 menit sendiri (apalagi kalo yg ikut tour udah agak tuwir). Biasanya bus tur nunggu di gerbang blkg kan?. Gw 3x ke forbidden city (masing2 dengan rute yg beda dari yg sebelumnya) n berasa blom ngejelajahin semuanya lho lei...(dengan durasi bbrp jam). Gw yg lambat kali ya?.

    gw juga punya tai lalat di kelingking kaki, tapi 1 doang...kurang nendang ya?hahahaa...

    gw 1x doang ikutan tour, barengan ama kluarga besarnya sahabat gw, buat ke kawinan sobat itu, skalian kluarganya mutusin jalan. Selebihnya gw yg jadi tour leader. Gw jd senyum2 sendiri, ternyata begitu ya jeritan hati peserta tour yang berpandangan kritis n berjiwa traveller hahaha. Jadi, gw ikutan tour kalo pas kerja kok,lei...hahahaa...

    J.rahmi said...

    Lelaaa, gw juga jd pgn komentar.. Bener bgt tuh soal partisipan grup tur dari indonesia. Dimana2 eye catching bok! Mulai dari di jalan di kota2 besar, mall2, situs budaya, sampai di airport negara yg dusinggahi hanya untuk transit aja, mereka selalu terlihat mencolok karena paling heboh ramai2 memburu belanjaan, walopun gembolan belanjaannya udah 2 troli perorang. Kalo manusia dikasih tangan lebih dari dua mungkin jumlah trolinya ornag indonesia sudah menyesuaikan dgn jumlah tangannya...hehe. Lucunya kadang saya suka mikir sambil memandangi fenomena tersebut di airport2 luar negeri (sambil pura2berasal dari negara lain juga), ironis sekali ketika toko2 di airport2 mancanegara tersebut bahkan tidak mengenal rupiah dan tidak menerima rupiah sebagai alat pembayaran, tapi customer yang paling antusiasnya yah native indonesian itu...

    sefa said...

    hai leija, salam kenal :)
    suka banget sama tulisannya ini.. gue gak mau ngaku2 travel snob, tapi kalo traveling kesatu tempat, wajib hukumnya utk lamaan (at least 4 hari), ke museum, ke tempat2 yg asik dan tentunya makan makanan khas daerah tsb
    tapi gue pernah tour skandinavia sendirian dlm waktu 5 hari, tidurnya di bus :D
    berangkat dari bremen naik pesawat ke stockholm, dari situ naik bus ke oslo, ngiter2 seharian sampe malem, berangkat lagi ke copenhagen, ngiter lagi sampe malem, dan balik ke stockholm utk nginep 2 hari sblm pulang ke bremen :)

    eh kok panjang :D

    prin_theth said...

    Katrin: Hebatnya bisa jadi guide untuk jalan-jalan di Cina! The lack of English lumayan bikin keder sih hehe. Oyaaa, waktu aku ikut tour di dua foto diatas, itu juga purely buat kerja bok...

    J. Rahmi: Apakah kamu Juliii? Kalo iya, yassalam apa kabaaar, aku kangen! #salahfokus #semogabenerJuli Gue juga bingung, kenapa ya kalap sekali belanjanya. Tapi ini biasanya akan berkurang seiring dengan naiknya jam terbang travelling (biasanya...) Mungkin ada pemikiran, "Barang ini nggak akan ada di Indonesia sampe kiamat!" jadi aja kalap. Atau kebawa suasana...

    Biasanya akan gondok sendiri kalo nemu barang serupa di Tanah Abang, terutama yang abis dari Arab tuuuh. Tapi kalo barangnya memang langka, I would be more understanding sih *tunjuk diri sendiri yang lagi nyatetin merk-merk makeup yg ada di HK, nggak ada di Jakarta hihihi*

    Sefa: Haaai, wah thank you ya. Glad you enjoyed this posting ;) Kerennya kamu tur Skandinavia sampe bobo di bis! Scandinavian countries is on my husband's list of places to visit.

    Dan dengan ciri-ciri kebiasaan travelling lo, you're definitely a travel snob and please take it as a compliment hihihi. Tapi iya, gue nggak suka banget pergi ke satu tempat tapi cuma sebentar. Ke Jogja sekalipun. Kalo tolak ukur suami, pas pulang ke Jakarta gue hrs bisa nyeritain ulang tentang kota / negara tersebut, dengan detail!

    iday said...

    hahaha,mba leija..jempol postingannya, gambarin karakter travel snob banget dah. kemaren juga traveling bareng temen2x gaya2x travel snob, padahal baru pertama kali. pegangan wajibnya:peta :)). trus mata memicing belagu kalo papasan orang indo yang bawa tas belanjaan gede..hahaha. dan saking belagunya ga nanya2x, pas di itali salah naik kereta, harusnya naik kereta ekonomi malah naik kereta semacam eksekutif argo, dan diturunin di tengah jalan *salahsendiri.

    prieska said...

    Halo mbak Leija.
    Salam kenal
    Baru tau blog mu dan udah dibaca dari awal sampe akhir :D
    Post yang ini asik banget mbak. aku ijin link ya :)

    maya djatirman said...

    Laaaa...

    gw semakin sadar betapa gokilllnya elooo hihihihi #kereeenn padahal sering kesepet sama cerita lo disini.. gw tuuhh yaaa tourist bgt why why why??karena gw juga seneng bgt travelling (*dengan nada angkuh) tapiii ya gitu semua foto harus ada muka gw! kalo bisa object dan hanya gw!

    Belom lagi gw musti belanjaa jadi ga bisa tuh gw pergi dengan bekel 200 dollar... (*sombong lagi) tapi seriuss jadi kalo emang ga punya uang gw jalan2nya cukup ke gandaria city + living world i'm happy enough pulang bawa kresek belanjaaan dibanding keluar negeri tapi cuman cuci mata doaang hahahah...

    soooo ge benar2 kampungan berat yesss hihihihihi... dannn gw lagi nge plan mau ke hongkong sayangnya nonton pacuan kuda ga dalam tujuan gw duuhhh parah banget ya gw..

    Post a Comment