Aug 3, 2011

Respect Thy Mother

Yang jelas, Ramadhan ini bukan bulan yang gembira untuk semua orang. Soalnya, ada beberapa temen yang harus merayakan Ramadhan tanpa ibunda tercinta untuk pertama kalinya.

Bahkan, ada seseorang yang sempet nge-twit di timeline saya, dengan kalimat yang nusuknya sampe ubun-ubun (paku kuntilanak dong?): "Kalo udah kehilangan ibu, kehilangan apapun di dunia ini nggak berasa."

Allahuakbar Mamaaaa... Meski saya dan beliau sering bagai kucing dan anjing rebutan teritori, saya nggak kebayang kalo nanti ditinggal beliau ke Rahmatullah. Naudzubillah, kalo bisa jangan dulu ya. Mama 'kan belum main sama anak-anakku yang Insya Allah ntar selusin, huaaa...

Speaking of anak.

Belum hamil, nih. Ya nggak apa-apa, santai banget kok. Nanti juga dateng sendiri kalo hati udah siap. Sama sekali nggak pengen heboh.

Tapi takdir berkata lain, bulan lalu sempet dibikin heboh juga deh.

***

Remember June's Singapore trip? Bulan lalu kami sekeluarga ke Singapura. Ortu sih tujuannya check-up, sementara saya bertujuan main ke Universal Studios Singapore khratisan. But there is no such thing as free lunch -- kalo mau ngikut nebeng ke Singapura, saya kudu melaksanakan permintaan nyokap, supaya blio nggak melulu penasaran: check-up fertilitas!

Jadilah, yang tadinya cuma niat hahahihi sebagai tamu VIP di Universal Studios Singapore (which was awesome), akhirnya ngikut jadi pasien check-up juga.

Dokter fertilitas kami adalah seorang ibu-ibu Chinese Singaporean, umur 40-50an, modis banget, slim, tegas, kalo ngomong secepat kilat, galak, dan eyelinernya tebel. Ngaruhnya apa sih? Ngaruhnya memperkuat kesan galak muka dese! Pokoknya persis dosen killer.

Tapi Insya Allah, do'i bertangan dingin. Terbukti dengan foto 30an bayi yang dipajang di kantornya "Yes, these are all my IVF babies." Bayi tabung hasil 'karya'nya banyak banget, macam segampang bikin bayi-bayian dari Playdoh. Mejik!

Setelah ditanya-tanya standar (berapa lama kewong? Frekuensi nge-sek? Anda merokok? Minum alkuhul? Sering keluar kota? Mana jadwal mens Anda?), dimulailah penyiksaan saya.

1. USG Dalem

Nggak tau lah apa bahasa medisnya. Intinya sih, saya di USG. Tapi instead of USG biasa yang men-scan perut dari luar, ini USG yang dikekernya dari dalem. Sebuah probe alias alat mirip dildo (maaf ya) diberi gel, lalu dimasukkan ke dalam vajayjay. Alat tersebut berkamera, dan menunjukkan kondisi rahim saya di layar.

Mind you, proses ini harus dilakukan saat pasien lagi menstruasi. Soalnya 'kan di masa-masa itu, sang pasien lagi betelor (Emon teriak dari belakang "Ayam kali, betelor!"). Jadi lewat USG tersebut, bisa ketauan, jumlah telor saya normal apa nggak.

"Jumlah telor, normal!" begitulah pernyataan sang dokter. Alhamdulillah.

Saya cuma ngangguk-ngangguk sambil mencengkram tempat tidur. Antara tegang dan ngilu karena 'diaduk-aduk'. Sambil emen lho, ibu-ibu.

2. Tes Darah

Tujuannya untuk melihat hormon saya. Standar kok, cuma disuruh berbaring setengah jam, trus cuuus... darah saya diambil sama suster, untuk diperiksa di lab. Biasa aja sih.

3. Hysterosalpingography (HSG)

Matilah gue. Buat ibu-ibu yang pernah check-up fertilitas, pasti tau betapa mengerikannya prosedur ini. Ngebayanginnya aja sekarang masih suka pengen nangis. Because I've got no kid yet, it was one of those defining moment for me as a woman.

Sebelum mulai HSG, saya diberi painkiller. Painkillernya berupa kapsul... anal. Dammit. Jadilah, dua kapsul raksasa dijejalkan dengan santai ke pantera saya (DUA lho. Membuat saya penasaran, seberapa sakit HSG ini) sementara saya cuma bisa nonggeng dan gigit bibir terhina, campur pengen pup.

Karena HSG termasuk prosedur radiologi, langkah awal saya adalah ganti baju jubah anti radiasi. Setelah itu, saya harus nunggu 30 menitan di ruangan X-Ray yang dingin dan kelabu, sambil diajak chit-chit sama seorang suster Malaysia.

"How long have you been married, ah?"
"8 months."
"8 months! Walawe, sabar laaah... Insya Allah lah, Allah will give youuu. Just be patient, ah. Those who came here have been married for 5 years. You still so young ah, and only 8 months!"

TOYOR PAKE LASER X-RAY YA! Gue juga santai kaliii, tapi 'kan check-up nggak ada salahnya. Wong aku punya duitnya! *sok kayanya kumat* Inilah resikonya fertility check-up padahal pernikahan masih seumur jagung. Saya dipikir nggak sabaran, padahal Alhamdulillah, masih ikhlas kok.

Setelah 30 menit berlalu, datanglah seorang dokter laki-laki, dan saya pun pingsan. Mana dokter judesku? Kok ini dokternya beda? Aku nggak bisa diaduk-aduk sama dokter laki-laki! Nggak bisa! Tapi tentu saja ini hanya jeritan dalam hati, karena aslinya sih mana berani. Wong udah tegang duluan.

Sang dokter Chinese Singaporean yang tampangnya sangat nerdy (tapi baik dan unyu kok) tersebut mulai menjelaskan prosedur HSG, sementara saya kunang-kunang ngeliat alat-alatnya yang mirip alat penyiksaan jaman medieval.

Bismillahirrohmanirrohim, HSG dimulai. Pertama, vajayjay harus dibuka. Cara dibukanya, sebenernya, persis seperti kalo papsmear. Sialnya, alat papsmear di RS ini beda. Saya biasa di-papsmear dengan alat 'dongkrak' yang imut-unyu di Jakarta. Tapi alat yang disini, Masya Allah, kok kayak alat papsmear kudanil?

Alhasil, saat vajayjay baru dibuka dan 'didongkrak', saya udah nangis duluan. Airmata ngalir-ngalir, karena ngilu bercampur terhina. Si suster sibuk nyuruh saya rileks, supaya saluran saya nggak ikut 'tegang'.

Bener 'kan, dokternya sampe kesulitan nyari cervix saya. Karena susah ditemukan, akhirnya beliau terpaksa 'ngorek'. Cuuus... rasanya nusuk sampe kalbu...

Setelah ketemu, sang dokter mulai memasukkan kateter alias selang kecil ke saluran cervix saya. Kerasa banget ada selang masuk rahim, dan airmata pun semakin nggak terbendung. Saya kaku menatap langit-langit, nggak berani gerak, tapi airmata ngalir deras habis-habisan.

Dan, Allahuakbar, sang dokter mulai menyemprotkan 'tinta' alias cairan berwarna. Inilah inti dari HSG, yaitu untuk melihat apakah saluran saya ada yang tersumbat, dan apakah ada anomali-anomali lainnya. Sakitnyaaaa, Subhanallah, nggak terperi. Sebelumnya, semua suster bilang bahwa sakitnya HSG cuma kayak mules mens biasa. BOHONG, JANGAN PERCAYA! Malah mungkin inilah sneak preview mules melahirkan.

Nggak tahan, saya mengerang dan nggak bisa berbaring lurus, sampai harus dipegangin Mbak Suster. Nangisnya pun udah lepas bebas, sampe saya lupa dan ngomong bahasa Indonesia, "Sakit dokteeeer, sakiiiiit...." Beneran sakit. Banget.

Beberapa menit kemudian, prosedur selesai. Selang buru-buru dicabut, saya dikasi tissue yang banyak untuk bersih-bersih, lalu ditinggal sendirian di ruangan X-Ray yang dingin dan kelabu. Rasa syok bercampur dengan rasa mules yang masih awet membuat saya bersih-bersih sambil lanjut terisak-isak. Seandainya ada yang ngerekam ya, kelakuan saya cocok banget untuk adegan sinetron pasca aborsi.

Semoga ini bukan pertanda saya belum berani melahirkan ya, amit-amit.

***

Pelajaran moral? Bagi yang udah punya anak, I salute you. Surga memang di telapak kaki kalian, ya. Bagi yang belum punya, buruan deh telpon ibunda masing-masing, minta ketemuan, trus cium kakinya. Saya yang cuma dua menit ngerasain mulesnya HSG, nangisnya udah drama banget. Apa kabar bunda-bunda kita yang mules melahirkannya bisa sampe dua hari? Pas udah gede, anaknya begini pula!

It's an unchartered territory, that motherhood, is it?

PS. Hasil diagnosanya, memang ada sedikit 'anomali', but nothing chronic. Yang penting tetap diobservasi, dan rajin minum obat. Watermelon, kakaaak...

19 comments:

aryanimia said...

Beneran aku doain selusin ya la,keluar dari situ 12 12nya O_o

Oni said...

La usg dalem for me wayy more easy when you r on your period, kalo lg engga, seret kakaaa.. jd perih deh. HAHAHA kayak diapain aja ya?

capcaibakar said...

Ya ampun aku ngebayangin IHSG nya sampai pengen nangis.. padahal udah pernah ngelahirin. Sepertinya ini jauh lebih sakit ya... Dan benar.. di umur sekian mulai berasa harus sering nelp ortu.. baik-baik sama mereka tapi ya kog masih males bin gengsi gini. Anak ga tau diri. hiks

ochie said...

mb lailaaa,, aku baca postinganmu sambil ber AH IH UH ria saking ngilunya.. aku aja kmrn di usg bawah udah ngerasain ngilunya aplg dirimu mb.. horor ah!

btw, i'm pregnant 3 months now mb (pst, dulu aku berhasilnya abis minum FOLAVIT pas di masa2 subur, hihi). By being pregnant, the more i love mommy, because i know how hard it was. Apalagi pas ngelahirin y,, mungkin jauh jauh lebih sakittt lg x ya mb :)

Katrin said...

Ada yang bilang HSG itu sakit, ternyata S-A-K-I-T ya lei...hmmmmm...thank God udah berlalu ya..oiya itu namanya USG transvaginal. Smoga cepet dikasih ya,say...

Indah said...

ngebayanginnya jadi bikin gw yg lagi hamil 8 bulan lewat ini jadi muleeeesss hihihihiiii...
lei itu priksa gituan lo cukuran dulu gak *kepo*

iihh vulgar amat yak gw nanyanya ;p

Leony said...

Lei... gue emang belum pernah diobok-obok sama alat sejenis di*** yang elu rasakan itu... tapi, gue pernah laser batu ginjal alias cytoscopy pas masih kuliah di US. Ya oloh, abis dilaser itu sakitnya ga kira2, apalagi pas pipis, rasanya kayak terbakar :(. Udah gitu, abis cytoscopy, si dokternya suruh gue langsung pulang, lantaran they're running out of room in the hospital!! padahal gue baru sadar setelah dibius selama 5 jam. EDAN TENAN.

Selama seminggu, selang sepanjang 30 cm itu diletakkan di dalam bladder gue, dan pas dicabut, kagak pake tedeng aling2, gue cuma disuruh ngangkang, trus dia pake sejenis vaseline buat bikin baal, dan tuh selang dicabut dalam hitungan detik sama dokternya. MAKNYOSSSS... hehehehe. *lah, kayaknya ini tulisan gue bisa jadi entry sendiri yah...*

Jadi, emang bener, kebayang deh, jadi ibu, rasanya ngelahirin kayak gimana. Gue not sure apakah gue bisa melahirkan secara normal, karena dokter paru2 gue udah bilang kalo it's kind of risky dengan kondisi gue sekarang, but I was glad when he said, "No worries Leony, you can still get pregnant and be a mother..." Nyosss... gimana gitu rasanya, lega banget, knowing that I can be a mom. Gue gak tau nanti gimana cara ngelahirinnya, but I guess gue rela bersakit2, demi anak tercinta. Hehe..kedengeran lebay.

little_star said...

ALLAHU AKBAR

blog ini di update #terharu

ita said...

akuh, akuh.. ku pun suda menjalaninya.. :|
*mendadak mules lagi..

1. obat pantat - CHECK!
tapi ga pake nonggeng, baru berasa masuk pantera pun, pas susternya ngomong.. sungguh tolil!! :))

2. dongkrak - *ragu2* CHECK!
*stelah diingat2, ya ding ku pun didongkrak jg, ga gitu brasa deh keknya, karna alatnya pun ga sehoror dongkrak kudanil.. :))

3. selang masup - CHECK!!
nah, ngilu2 dimulai.. hanya membatin "oh, ini bedanya HSG sama usg dalem.. cetek geningan ah.."

kelar beres, keluar ruangan..
suster : "mbak, biasanya habis HSG bakal mules2, kalo ga tahan minum ponstan aja ya.."
pasien sok kuat : "oh, klo tahan mulesnya, ga usa ponstan gpp kan??"
suster : "..."

catatan : periksa siang..
sore.. ga mules..
malm.. GA BISA TIDUR!!
end up bolos ngantor DUA HARI!!
ga cuma pgn minum ponstan, ingin rasanya kutenggak narkoba biat teler skalian.. :'(

hamdalah ga ada apa2 si, cuma telornya aja mini2.. smangka mangga pisang jambuuu!! :D

ste said...

#memeblog T_____________T
I'm so glad no one around me is pushing me to get pregnant soon. (thank goodness the in-laws live out of town) Cheesy but I believe that when the time is right, we'll know.

I hope your condition isn't serious. Best wishes. :)

-ndutyke said...

Ini ada berapa istilah HSG sih di dunia kedokteran? Udah 2x ketemu orang bilang, katanya HSG sakit n pake dibius. Lho kok aku nggak dibius sih? Sakitnya jg kyk mens aja gitu. Apa faktor udah biasa di USG dalem ya?

*sombong*
*getok pake dildo*
*padahal rutin USG dalem gara2 blm kunjung hamidun*

Serem abis mbakyuuuuu pengalamanmuuuu!
Semoga prosedur HSG-ku dan yg kamu jalanin itu sama yaaaa...aku gak mau klo sampe taon depan blm punya anak trs harus ada HSG part 2 yg pake bius2an segalaaaaah.....

Aamiin 3x semoga beneran anaknya selusin.....

prin_theth said...

Kak Mia: Hahaha. Takut juga sih nanti jadi 'pintu bar koboy'. How did our grandmothers do it?!

Nay: Emang bener sih, Gemma juga bilang, gitu. Termasuk kalo pasang spiral. Tap tap tapi kan memi-nya tetep ngilu nggak sih? Gue ngilu, kakaaak... Dulu gue sempet USG dalem, tapi nggak pas mesntruasi. Pake lubrikan sebanyak-banyaknya aja sih sampe bleber hahaha hus...

Capcaibakar: Yaaaah gimana sik haha, kamu 'kan udah pernah melahirkaaan. Masa' yang pernah ngelahirkan aja bilang ngilu! Kalo melahirkan bisa mabok alkohol atau narkoba aja nggak sih? Pengen pass-out deh seada-adanya (tapi tetep ngeden. Dokter pun pusing...). Luar biasa ya jadi ibu :)

Ochie: Ya Allah Ochie selamat yaaa! Yaayy, seneng banget deh hamidun. Oooh ramuan rahasianya Folavit tho. Iya ya, cuma aku aja nggak tau sih masa suburku kapan. Emennya aja tergantung mood zzzz. Tapi ntar dicuba yah.

Katrin: YES! USG Transvaginal. Sebenernya sebelumnya pernah kok, cuma pertama kalinya nih pas menstruasi. Soal sakitnya HSG, mungkin tiap orang beda ya? Ada temenku yang santai, ada sepupuku yang sama kayak aku, nangis kayak Malin Kundang...

Indah: HAHAHAHA prettt. Nggak bok, the bush is au naturale. Alhamdulillah, dokternya menerimaku apa adanya... Tapi bumil kudu cukuran ya pas brojol!

Leony: HOROR! MEMEBLOG! Ya ampun, kayaknya ngilu sekaliii. Apalagi pas bagian cabut selang dengan semena-menanya itu, hiks. Iya sukur deh, kalo nantinya bisa melahirkan dengan normal ya. No matter how Amazonian-woman you are, motherly instinct will always be a part of us *cieh* Banyak minum!

Little Star: Lirik judes aja, sekian.

Ita: MY TWIN! Gila ya, sama-sama alumni HSG kitah hahaha. Tapi gue bingung deh Ta, reaksi orang beda-beda ya. Selesai HSG, gue mah santai banget (apalagi trus dikibasin kartu kredit misua buat belanja zzz), tapi pas prosesnya gue malah teriak-teriak. Kebalikan lo gitu deh. Cairannya beda, apa orangnya beda?

Ste: My condition definitely isn't serious, moga-moga. Thank you, sweets :) Iya sih, ada unsur pendorongan-pendorongan dari orangtua gue, tapi mereka takut banget untuk terlalu 'maksa'. Katanya 'kan makin dipaksa, makin susah dapet. Still, penasarannya nyokap gue tetep jelas kentara :D

Tyka: Waaah, jangan tanya aku Mbaak. Reaksi HSG emang beda-beda deh kayaknya. Ada temenku yang kayak Mbak, HSG-nya nggak sakit dan santai. Sementara aku dan sepupuku, sama-sama ngejerit pas prosesnya berlangsung. Padahal dokternya sepupuku di Makassar, dokterku di Singapura. Apa beda-beda orang ya? Rahimnya Mbak jagoan deeh hihi.

Biusku sih ya painkiller kapsul pant*t itu aja sih...

ndutyke said...

aamiin deh untuk pujian jagoannya.... *kibas jilbab*

hahaha.... benernya itu dikarenakan sepanjang prosedur itu, aku mereeeem aja. bener2 gak mau buka mata krn pasti tambah serem kalo ngeliat alat-alat dan berbage macamnya itu.

beneran aja,... pas udah selesai nih ya, iseng2 aku buka mata dan JREEEENG... tampaklah itu semacam selang stainless yg tadi pasti abis dimasukin ke 'situ itu', horor abis maaak! semacam busur panah tp dari besi gitu...

saranku untuk yg lain yg mungkin mau HSG : MEREM AJA DEH. bayangin lagi berbaring dipinggir pantai, atau dimana gt lah. jangan melototin dokter pleus alat2nya... :(

prin_theth said...

Ndutyke: Hah! Nggak ngaruh! Aku udah merem, sampe ngebayangin dokterku itu James Franco (anjrit... punya gyno James Franco, pingan melek deh...), nggak ngaruuuh hahaha.

Pas masukkin dongkrak antik, selang dll-nya itu sih nggak sakit, ngilu aja. Yang membuat aku nangis kejer tuh pas cairannya dipompa ke tuba falopi. Nah itu mulesnya luaarrr biasa, Mbak. Makanya aku penasaran, apakah mungkin beda ya?

Gemma said...

Bacanya antara mules dan mau muntah karna inget ngelahirin Yardan waktu itu...

Kembali lagi ke alon-alon asal kelakon ya son, perjuangan awal lo menjadi Tiger Mom emang luar biasa. Seenggaknya gue jadi tau apa yg mau dibisikkin ke future baby lo nanti kalo udah lahir la. Hihihi...

Dan yang penting kartu kredit suami udah ledes digesek untuk menghilangkan sakit vajayjaymu kan? Bagus bagus..

prin_theth said...

Gemma: Aaaaaaaduh jeng, jadi nggak kebayang deh waktu ente melahirkan si anak ganteng itu kayak apa. Mikirinnya aja telapak tangan gue keringetan!

Tapi iya ya, perjuangan deh pengen jadi Amy Chua. Baca bukunya udah tamat, kurikulum kedisiplinan anak udah disusun, lah bocah belom ada, kepiye! Alon-alon asal kelakon ya son...

Abis HSG, gue langsung dikibasin kartu kredit dan diboyong ke ION kok, langsung lah siuman...

risti said...

Astaga dragon... Astagfitullah... Ngeri benjettt itu prosedur

Mudah2an ngga trauma marisa ya untuk lahiran normal, kayanya si 11-12 sakitnya, tapi abis itu dapet baby kok *hugs

prin_theth said...

Risti: Amiiin, mudah-mudahan nggak ya... Sakitnya I can only imagine, tapi kalo inget rewardnya, aduuuuh *nangis bekep muka pake bantal*

anniePrasetio said...

hi Leija..
salam kenal ya..selama ini aku cuma jd silent reader aja di blog kamu&ketemu d postingan ini..skalian tukeran blog yuk :)
baca ttg HSG km kok ya aku jd merinding, soalnya aku jg ada rencana utk HSG bulan depan *insyaAllah*..
kata org2 siy ada yg sakit&nggak, tp pas baca postingan km jd merinding..tp aku pasrah aja d, secara biar ketauan jg ada masalah apa..
soalnya aku jg sedang bjuang mnanti si buah hati *dah nikah 2 1/2thn*..soalnya waktu dah lewat 1thn, aku santai2 aja, tp skr udah saatnya aku tes ini itu&sampailah pd tahap hrs HSG :D
Beda kali ya tes di Sing dgn Jkt, dokterku ngasih tes nya bertahap, misal bln ini transvaginal, bulan depan suami tes, & baru d bulan depannya lg aku hrs HSG...blm pd tahapan tes2 darah..beda2 prosedur kali ya..scr klo di Ind jg harga tiap RS beda2&mahal2 jg, jd mgkn dokterku nyaraninnya bertahap biar gak kaget kali ya...hihihihi..
*maaf malah curhat berkepanjangan*

*sehat trs ya utk km&baby nya..doakan kami segera mnyusul ^v^ *

Post a Comment