Feb 8, 2011

The Six-Steps Emotional Cycle of Unemployment

Dedicated to my friend, Dara, a fellow chronic toilet-sleeper at our offices, and a fellow pengangguran these days.

Bagi yang pernah ngerasain transisi jadi pengangguran setelah terbiasa menjadi pegawai selama bertahun-tahun, biasanya pasti mengikuti enam langkah berikut ini. Saking hampir pastinya, saya sampe pengen mematenkan 6-steps indang. Kali-kali bisa diramu jadi buku self help untuk generasi yuppies.

Behold, 

The Six-Steps Emotional Cycle of Unemployment

Step 1: Hore, akhirnya resign! Langsung ngerap lagu Iwa K, ("Bebas, lepas... Kutinggalkansajasemuabebandihatiku!") sampe dower, saking hepinya.

Biasalah, honeymoon phase. Masih hepi banget jadi pengangguran, meski alasan hepi-nya superficial alias palsu. Coba deh, tanya sama yang baru nganggur: kenapa sih, bahagia amat nggak kerja? Jawabannya pasti, "Karena bisa bangun siang, bisa tidur siang, bisa jalan-jalan kapan aja..." Pokoknya seputar kemalasan doang, deh. Kayaknya setelah fisik, 'malas' adalah sifat pertama yang diciptakan Tuhan untuk Adam dan Hawa ya. Alhasil, malas menjadi sifat mendasar, and then mankind have to spend their whole life fighting it.

Ada juga sih yang punya alasan agak 'prinsipil', misalnya, "Hidup ini singkat -- mau sampe kapan jadi budak korporat terus, sampe gue kehilangan masa muda dan waktu bercengkrama dengan keluarga?" Cieeee... nggak salah sih. Tapi keuntungan yang langsung berasa 'kan tetep leyeh-leyehnya itu.

Tapi gimana mau disangkal? Beneran nikmat sih. Buat saya aja, momen paling berharga dari tidak ngantor ini adalah: bisa bikin sarapan dan olahraga di pagi hari PLUS bobok lagi setelahnya. Aaah.... surgawi.

Step 2: Senengnya bisa nyalon, soping, JJS sesuka hati. Twitpic dulu ah, pamer ke temen-temen pegawai...

Setelah nganggur, ruang publik memang berasa jadi milik sendiri, pengunjung yang lain ngontrak! Gimana nggak serasa milik sendiri? Jam 10 pagi udah siap mejeng di mall, padahal penjaga tokonya aja baru nyampe. Alhasil, bebas lah kita nyobain baju sampe ketiduran di ruang ganti, lari-lari telanjang di salon ('kan salonnya sepi), nonton bioskop jam 12 siang, plus gampang dapet parkiran. Bagi yang tinggal di Jakarta dan udah punya anak, si anak bisa dilepasbebaskan di Miniapolis atau Kidzania sampe anaknya lupa jatidiri sekalian, mumpung naik kuda-kudaannya kagak pake antri ya Buu...

Sisi negatifnya, kadang BT juga sih. Terbiasa dengan situasi ruang publik Jakarta yang rame di weekend atau rush hour, pas nyobain 'jam sepinya', rasanya semriwing gimanaaa gitu... Ujung-ujungnya malah jadi mellow, trus bawel deh di Twitter.

Sisi positif favorit saya, rupa yang dekil ini akhirnya bisa kedempul di salon dan spa, yang biasanya ruame kalo weekend. I'm not a shopper at all, tapi kalo muka dan bodi dekil, lebih berasa kiamat (halah). So, the perks of having the salon all for myself is an absolute favorite.

Step 3: Duh lefsteil ibukota 'kan mahal, mana gak punya penghasilan. Mana kesepian...

Saya sih tipe orang yang nggak peduli sama aktualisasi diri. 'Kan ada tuh, orang yang hidupnya gamang kalo nggak menyandang status pegawai. Tapi karena saya sadar bahwa saya udah cukup pintar dan keren, Alhamdulillah saya nggak perlu pengakuan melalui status pegawai tersebut. Saya cuma butuh pengakuan Tuhan... 

dan DUIT.

Waktu masih punya gaji tetap, kepengaturan duit saya cukup jelas: yang masuk bibir (makanan) dari suami, yang dioles di bibir (gincu) dari duit saya. Dengan kata lain, sandang pangan papan saya dibiayai suami, urusan senang-senang ya bayar sendiri. Dengan demikian, saya nggak pernah ijin-ijinan mau beli sendal Rococo kek, Rindi kek, 'kan duit akika sendora?

Tapi sejak jadi pengangguran, semua jadi tergantung suami. Meski misua saya baik hati nan super pemurah, saya miris ngeliat duit yang berasa lebih cepet abis. Apalagi karena menganggur, kegiatan buang duit saya juga jadi meningkat drastis. Sedih lah pokoknya.

Soal kesepian, tips dari saya, sebelum resign, jangan lupa mendata siapa aja temen-temen / sodara yang sama-sama nganggur. Kalo enggak, pas nganggur ntar gigit jari mau main ama siapa during weekdays! Ntar ujungnya ngobrol sama tembok deh.... atau bawel di Twitter... atau jadi blogger (ciee, Dara).

Step 4: Bikin proyek, ah (trus gagal)

Ini step yang menurut saya paling mengenaskan. 

Seringkali, setelah orang resign, mereka berapi-api menyatakan akan menggali (dan ngebisnisin) passion mereka yang lama tertimbun kesibukan kantor. Mungkin awalnya cuma pingin meng-intense-kan hobi, tapi ketika duit dan aktualisasi diri terasa semakin tipis, mulai deh mikir, "Kayaknya lucu nih kalo ngebisnisin hobi menjait / nulis / menggambar / making crafts / making jewellry / masak / nge-band etc. gue."

Namun tamparan keras pun mendarat di batin ketika akhirnya kita sadar bahwa menjalankan hobi menjadi bisnis yang sukses tuh beraaat sekali. Biasanya hanya 'jalan' atau paling mentok 'beken'. Tapi menjadi sukses / menghasilkan laba yang signifikan? Belum cencu. Dan apakah bisa konsisten bertahan sampe diatas 3 taun? Belum cencu juga. You usually have to have extreme determination and a GREAT deal of luck to succeed. Anak-anak manja pemalas gini sih berat.

Akhirnya, duit cuma abis di modal, tapi untung juga nggak dapet.

Dan ketika mentok, maka ujung-ujungnya...

Step 5: Sedih ah...

Lalu...

Step 6: Ngelamar kerja, ah

And we're back to square one. Repeat step 1-5.

---

Alhamdulillah, saya sudah pernah ngerasain step 1-6. Sekarang sedang mengulangi lagi dan sedang berada di step 3 going on 4. Nggak ada kapoknya!

---

Tapi mungkin kalo saya sudah menemukan penemuan ini dari dulu, saya nggak jadi resign. Seriusan, this is genious bagi karyawan tukang molor seperti saya. Sial, kenapa baru ada sekarang? Jidat 'kan jadi nggak merah, nyender di dinding toilet kelamaan!

Dara, you'll love this epicness.

What is the WAN?

The Wrap-a-Nap is a long pillow that hugs your head with gentle pressure, giving you the sweet relief of complete darkness, muffled noise and 360 degrees of pillow protection.

Constructed of plush minky fleece and squishy polyfill, the WAN's luxurious softness is complemented by extended Velcro™ fasteners that allow for wide variation in fit and pressure. You can wear your WAN over your headphones for the ultimate in sensory deprivation. Around your forehead, it's the perfect reading pillow. Around your neck, it's all the support of a neckbrace, but softer and less humiliating.

Practical, portable, squishy and simple, the WAN gives you the power to sleep anytime, anywhere -- whether crammed in an airplane or face-down on a park bench -- in dark, quiet, soft, luxurious, decadent, mildly comical slumbering comfort.


 



14 comments:

Putri Patung said...

hahahahaa...kenapa baru ku ketahui sekarang wrap-a-nap..tiru di inovasiin dikit trus bisnisin deh..

Uang misua mengalir deras ya..disini uang bapake kembali mengalir deras..saya mulai memasuki level 3..

Anonymous said...

Wah untung lo nulis ini, Lei. Jadi mikir lagi kalo mu resign.

Btw ngisi waktu luang, nggak nyobain les2 dance tango, salsa, samba, samba lado, etc gt?

Leony said...

Good insight, Lei. Bisa jadi guidance kalo gue sampai memutuskan buat jadi pengangguran. Semoga kali ini, no. 4-nya nggak gagal, alias memenuhi hobi, dan menghasilkan fulus.

I want W-A-N. NOW!

ochie said...

hahaha,, actually i loooveee this post...

Will i follow you as an unemployment mb laila?

We'll see,, klo mental ini udah jd mental baja dan udah ga mental tempe lagi, dan klo batin ini udah siap menerima hujatan dari keluarga..

tari said...

hahaha...bener bgt kayaknya fasenya ya lei...
wedding blog mu ko ga bisa lei???
aku menunggu2 cerita setelah mapacci...hhehe...

prin_theth said...

Dara: Selamat yaa!

Tiar: Hahaha blo'on pisan... Kalo nari lambada sih, gue udah konser tiap hari di kamar. Tapi kalo ngajarin malu ah, takut muridnya pada minder...

Leony: I think WAN was created by angels deh... Enak bgt kayaknyaaa. Iya moga-moga kali ini usaha sampingan gue sukses ses ses hehehe

Ochie: Haduuuh, tantangan terberatmu keluarga ya darling? Cup cup. Coba aja usaha-usaha apa dulu gitu, buat buktiin diri!

Tari: Hehehe... wedding blog bentar yaaa. Yang punya maluuu, blm di update-update ajah. Kalo udh update, pasti saya pengumuman

Gemma said...

Haaai, aku juga pengangguran!
SAHM SAHM SAHM YESS!! Kesiaaaan...

Wedding blog dong jangan dilupakan, kan pingin liat foto diri ngeceng juga di pelaminan...

ita said...

no. 3 --> ..karena saya sadar bahwa saya udah cukup pintar dan keren, Alhamdulillah saya nggak perlu pengakuan melalui status pegawai tersebut. Saya cuma butuh pengakuan Tuhan...

dan DUIT. --> ini bgt!! bangetttt!!
padahal duit yg diterima skr jg ga seberapaa..
*sigh*

dan tidur di toilett.. =)) =)) =))
senang, trnyata tidak hanya aku seorang.. *kecups :D

JJ said...

bisnis apa, seus? sini ai jadi pembeli pertama (asal jangan bilang jualan gajah. Mak! Mau ditaroh dimana). May you cherish the unemployment time, lei. unlike me, yang bawanya lagi pengen bakar dokumen2 trus pura2 gila =D

Does this WAN come with masker tutup mulut? Karena perciss foto terakhir. Kemungkinan gue bobok posisi begitu nyaris 100%pasti MANGAP

ochie said...

hu uh mb laila, tantangan terbesarku adalah dr keluarga.. Mereka ga rela dgn statusku yg sbg abdi negara di salah satu instansi pemerintah yg aku dapatkan secara murni dan dengan susah payah, aku lepas begitu aja.. Dgn berjuta alesan deh.. Padahal mah rezeki kan Allah yg ngatur ya mb laila..

Pengen punya usaha catering kecil-kecilan dulu deh krn aku hobi bgt masak.. hehe

Btw, aku izin link blognya mb laila ini di blog pribadiku (http://yameliaputri.wordpress.com) ya mb.. Love reading yours!

astrid said...

Lei: just curious..dulu pernah ikutan kampanyenya JK keliling indonesia gak, jaman pemilu 2004? gw dulu sering ikutan ngeliput trus kayak familiar banget sama tampangmu =)

prin_theth said...

Gemma: Haaai SAHM! Apa kabar hidupnya? Udah nambah bermakna apa blm? *minta dibusur api* Wedding blog gak akan dilupakan kook... Semedi dulu nih, ngumpulin niat...

Ita: HAHAHA seandainya kita sekantor, kayaknya kita saling jaga di toilet ya, saling bangunin utk gantian bobok manis (tapi bau)

Iyut: Har har, paling gak enak yaa, bobok mangap trus bangun-bangun tenggorokan kering sekering gurun. Baju aja yg basah iler... Akyu penulis freelancer sekarang, yayy

Ochie: Aku ngerti banget. Orangtua kan masih menganut mahzab lama ya, yang penting pangkat dan pengakuan masyarakat gitu... apalagi jadi PN, biasanya terjamin ya. Maksudnya baik sih, biar aman. Sementara anak-anak skrg kan lebih berani utk maju / usaha sendiri, gak terikat status jadi pegawai anu-itu... Kalo kamu udh nikah, pelan-pelan you can do whatever you want kok Chieee... sabar yaa :) Yuk saling link

Astrid: Betul 100%! Ih, Mbak yg mana ya?

astrid said...

hehehe...gw yg dari detikcom,biasanya segelintir cewek di antara bapak" haha..tp skrg dah gak di dunia jurnalistik yang serba menarik itu =p salam ya buat Bapa Ucu =D

nadia said...

posting yang ini wucuk wucuk wucuk! *tertawa menggeliat seraya berkaca*

Post a Comment