Jan 19, 2011

The Southeast Asian Trip: Surviving Hanoi

(previous post here and here)

Halooo,

Siap-siap yah, saya mau ngeluh kanan-kiri lagi nih soal Hanoi. Udah eneg belom? Mudah-mudahan belum.

Padahal mau tau nggak sih gue berangkat kapan?

Bulan ini? Bukaaan.

Bulan depan? Bukan jugaaa.

MARET, sodara-sodara.

Selamat tinggal salju Pietnam. Yang akan kami dapatkan hanyalah udara Maretmu yang nanggung, dan orang-orangmu yang nggak ramah (katanya).

---

So, anyway: kenapa sih gue bacot banget, padahal mau ke Vietnam doang? Katanya udah sering melancong kesana-kemari? Iya, bener. TAPI, seumur-umur saya traveling sendokiran, saya nggak pernah pergi ke negara yang lebih miskin daripada Indonesia. At least masih setara lah, misalnya Mekkah, yang meskipun hectic-sehectic-hecticnya umat, menurut saya masih bearable.

Nah, dengan kondisi Hanoi yang masih dibawah Jakarta, wajar lah ya kalo moral pekerja di bidang turismenya masih dibawah Indonesia juga (see my previous post). Ditambah dengan sifat manja saya, komplit lah ke-nervous-an ambo terhadap Hanoi. Padahal ke kota ini judulnya cuma MAMPIR lho, en route ke Siem Reap. Ck ck ck.

Gara-gara ketakutan ini, saya sampe menyiapkan....

*jreng-jreng*

Langkah-Langkah Persiapan Lei + T Menuju Hanoi!

1. Bikin Daftar Worst-Case Scenario, Dan Solusinya Masing-Masing
Sempet nonton film Predator yang taun lalu nggak sih? Ceritanya, ada alien predator yang sakti mandraguna banget. Kalo sampe berhasil dikalahkan oleh manusia, dia akan mempelajari taktik manusia yang ngalahin dese itu, lalu berevolusi menjadi makhluk yang lebih ganas. Jadi si alien nggak bisa dikalahin dengan cara yang sama 2x. 

Ya, kira-kira begitulah ciri orang-orang di industri turisme Vietnam ini. Makanya mereka punya 1001 trik ngibul, karena selalu belajar dari pengalaman terdahulu. Dan PR saya sampe Maret adalah mendata berbagai laporan penipuan dari berbagai sumber, dan cari tau cara terbaik untuk menangkalnya. So far, saya udah nemu 15 worst-case scenario dalam hal transportasi, akomodasi, dan sehari-hari. Ngidam bikin skripsi atau paranoid sih, seus?

2. Jangan Terlalu Percaya Sama Tripadvisor, Apalagi Lonely Planet
Dari semua forum travel di dunia maya sana, the big kahuna alias yang paling makjos tentu saja Tripadvisor ya. Bahkan kalo lagi nggak trip planning, saya betah nongkrong di Tripadvisor sampe mata perih, karena forum mereka selalu sangat informatif dan jujur. Daripada Kaskus? #eh

Tapi, laporan terakhir mengatakan, rata-rata karyawan hotel / tour agent travel di Vietnam punya 20 account Tripadvisor yang berbeda, Jadi mereka sering nongol di travel forum, pura-pura jadi traveler yang minta / ngasih saran, tapi ujung-ujungnya promosiin perusahaannya mereka secara terselubung. Coba deh ke Tripadvisor. Ada banyak peringatan bahwa travel forum Vietnam (khususnya Hanoi) sangatlah corrupted. Amit-amiiiit...

Sementara Lonely Planet? I stopped relying on LP when I realised that they are often outdated, bahkan pernah merujuk ke alamat yang salah. Maap yah, LP! Ente menghibur, tapi inpormasinya kadang kurang raw. Kadang sih.

Sekarang, saya sedang mengandalkan Travelfish (yang pengawasan forumnya lebih ketat daripada Tripadvisor) dan cerita pribadi dari berbagai blog maupun traveler yang saya kenal langsung.

3. Bergaya Ala Anak Pesantren
Teori saya, kalo Anda turis, Anda pasti akan ditipu. Kalo Anda turis bule, Anda akan makin ditipu. Kalo Anda turis bule yang berbahasa Inggris, Anda akan makin ditipu banget (makanya turis Amerika disana kadang-kadang nolak dengan kata 'Niet' - 'no' in Russian. Biasanya lebih nggak diganggu). 

Dengan demikian, di Hanoi saya berniat untuk berpenampilan lusuh ala teteh-teteh pesantren, lengkap dengan jilbab taplak meja yang nampak nggak dicuci sebulan. At least di hari kedatangan deh, dimana tukang taksi, ojek, dan hotel-hotel culas siap menerkam duit kita. Semoga dengan muka Asia dan tampilan santriwati, mereka agak iba / ilfil untuk nipu saya terlalu jauh. Amin!

4. Avoid Speaking English
Masih merujuk kepada teori  diatas, saya mau mengusahakan untuk nggak terlalu sering berbahasa Inggris. Pokoknya modal saya cuma, "Khong! Khong! (no! no!)", selebihnya merepet pake bahasa Betawi aja. Again, semoga ke-Asia-an kami menyelamatkan dompet saya.

Last but not least...

5. Banyak Sholat dan Berdoa
Gara-gara kebanyakan mendengar cerita horor tentang kota tercinta ini, saya mulai berpendapat bahwa ke Hanoi dan nikah prinsipnya sama aja: sedetail-detailnya planning kita, kalo pas hari H-nya apes, ya apes aje! Solusi yang paling aman adalah mengembalikan semuanya kepada Yang Maha Kuasa, Penguasa Jagat Raya. Namaste *mengatupkan tangan*

But if all fails...

Ya udah bok, enjoy aja lah. Kalo sampe kena bentak atau kena peras, berarti ana kurang zakat kayaknya. Biarlah, bokek-bokek dikit, yang penting nggak kena todong, nggak sakit, dan selamat sampe balik ke Jakarta. Gungho!

Semoga Hanoi bakal lebih menyenangkan daripada tuduhan-tuduhan kejam saya ini.

16 comments:

Teh Nita said...

LOL. Gue rasa yang bagian bahasa bener bok.

Eh gue dah cerita lom sih? Anyway, perjalanan malam ke Hue dari Hanoi, kan gue mestinya naik seating bus. Tapi berhubung seating busnya nunggunya di terminal bukannya di kantor travel agent, gue nebeng sleeping busa ke tempat si seating bus itu.

Nah supirnya si sleeping bus nyuruh gue buat nyopot sendal, tapi pake melotot dan teriak judes. Apapun yang gue lakukan salah buat dia. Kesel kesel gue teriak: "KAREPMU OPO? SONTOLOYO!" =))

eh dia ngeper dong bok, nada suaranya jadi turun dan keliatan banget dia kaget karena gue ngelawan.

Andy said...

yaoloooh... MAMPIR doang? :))

Leony said...

Gue jadi penasaran soal Hanoi ini, gak sabar nunggu elu pulang dari Hanoi. Good luck dear! I know YOU CAN DO IT *pake gaya Rob Schneider*

Btw, while you're planning on Hanoi, I'm doing mine on Japan for this April, tapi gue gak bisa bilang gue lagi planning, gara2 emak gue cuma bilang, "Pokoknya mama mo dateng pas Sakura, ikut tour W*** aja pasti sip." Yah gitu deh kalo pegi sama emak2, daku tak punya hak Veto.

prin_theth said...

Nita: Ihhhh males, males, males, sekali lagi pake capslock MALES! Apa kabar gue yang Putri Koalala gini, lemah lembut bagai gulali jambon...

Andy: Iye, tapi bawel ye? Bebas dong aw.

Leony: Yaaah kalo tur kurang seru ya? Kayak liat-liat foto di Internet aja, tapi nggak 'ngerasain' :D Tapi positifnya, nggak pake pusing kali ya (pleus dibayarin pula). YES, I CAN DO IT! *Rob Schneider style*

Anonymous said...

gw belom pernah ke hanoi sih. tapi kalo medannya kayak jakarta (banyak tukang tipu), berarti harus pasang tampang pede and cuek tuh kayaknya.
nasehat dari sepupu pas awal gw mulai hidup di sekitar jakarta :D

Anonymous said...

wah, gue baru balik dari ho chi minh city (HCMC/saigon) summer lalu, dan emang udah seram banget soal tipu menipu...termasuk taxi scam lah, apa lah...

ternyata begitu sampe sana, orang2nya sangat helpful, ramah, gak ada sama skali ada orang yg nyoba nipu kita! ^^;;;
ato gue nya yg tll ati2 aja? tapi laki gue tuh bener2 polos n suka loncat2 seenaknya dia aja -.-;; untung kagak ada yg nipu.

gue masi pengen balik ke vietnam someday sih...untuk trip yg lebih 'menyeluruh' dan mengcover hanoi n the popular ha long bay hahahaha.

*crescent.shadow@fd*

Anonymous said...

oiye gue kagak pake tur sama skali...pas sampe disana gue baru tuker vietnamese dong di airport *ya iya lah...wong currency nya mayan restricted ya?*
naek taxi ke hotel cupu bintang 3...trus langsung minta info soal city tour. sign up deh...besokannya di pick up buat city tour stengah hari.

sisanya cuma ngider sendiri modal lonely planet n wiki. minta bantuan orang hotel nulisin nama jalan/tempat nya in local language kalo kita mao naek taxi hahahaha. makan pho ato roti (banh mi) di pinggir jalan pake bahasa tarzan. nawar barang modal kalkulator. ah..miss those times already!

Fina Thorpe-Willett said...

lei, gue kmaren itu sempet ngibril sama nopal dan menurutnya, dia lebih suka hanoi daripada HCMC! gak ada scam whatsoever yang dialaminyah. sana lah berbincang2 kalian yak..

Teh Nita said...

see, different peeps different experience kok, Lei *walaupun sebagian besar review yang gue baca isinya negatif* *gak membantu*

ayo semangat! semoga lo ngalamin yang bagus2nya aja di sana. jangan disugesti seremnya :D

Teh Nita said...

btw, di Saigon memang jauh lebih baik keadaannya ketimbang bagian Selatan (bagian atas Vietnam lah pokoknya). I like Saigon much better. Ke mana-mana deket tinggal jalan kaki.

prin_theth said...

Crescent Shadow, Nita, Fina:

Honestly, gue musti kasih sesajen apa ya buat Dewa Vietnam supaya pengalaman gue bagus? Baru seneng-seneng denger testimonial bagus dari Nopal dan Crescent Shadow, eh kmrn diceritain lagi kisah-kisah horor sepupu gue selama di Saigon. Ick! The country with thousand faces deh, Vietnam.

Anonymous said...

a few working tips...semoga membantu:
1. pas sampe airport sana, tuker duit secukupnya untuk cover biaya hotel n makanan aja dikit. mepet2 jg gpp...gak usah buru2. di survey aja dulu mana yg rate nya paling bagus, denger2 ada yg pernah ketipu soal money changer ini. kalo dipanggil2, cuek aje senyum doang gue mah, yg penting liat rate nya dulu. kalo pedagangnya jujur, dia bakal ngasi liat kita kalkulator jg kan.

2. ALWAYS use taxi hanya dari MAI LINH...or VINASUN. sepertinya di hanoi lebih banyak mai linh kah?
ati2 banyak pelsongannya...kayak VINASUM haha!
pake 2 merek ini terjamin dari pengalaman gue. selalu pake meteran, dan harganya sesuai review turis2 di lonelyplanet (which is murce...abis. taxi di vietnam itu murce!)

3. jangan pernah masukin bawaan ke bagasi taxi! dah banyak kejadian kalo terjadi dispute misalnya si sopir taxi ternyata con artist, kita turun pun barang kita dibawa kaboooorrr.

imho kadang orang ketipu karena ceroboh juga.
contoh, di post laen ada yg bilang ketipu karena taxi nya dibayar pake USD trus ga mao ngasi kembalian.

ya iyalah...di indo aja bos2 bule di kantor juga kagak bayar blue bird pake usd kan :)
kurs nya dong itu separo rupiah.
kurs nya rupiah dibanding dollar....10000x?

agak gak masuk akal imho kalo kita bayar taxi pake usd kl dah gitu..
kecuali kalo biaya taxi nya 20000vnd trus kita bayar pake 1usd trus gak ngarep kembalian ^^;;;;

that's one case...i'm sure there's thousands of other haha.

personally i've combed my way misalnya makanan...dari pho harga 9k rupiah di gerobakan kaki lima...resto casual tempat anak2 saigon dining hari jumat malem, the "to see and to bee seen, hottest cafe" di saigon, resto yg jadi tourist attraction, ampe ke toko roti mom n pops dimana konsumennya orang2 lokal...gue kemaren itu dah coba. jadi gue bisa banding2in harga n until now i'm sure i was not conned kok :)

mungkin ada benernya, yg di selatan (saigon) itu orang2nya lebih ramah dibanding yg di utara (hanoi)?

semangat!

Anonymous said...

oiye, gue kasi co gue liat artikel2 loe soal vietnam ini...dan kita be2 sama2 langsung kesambet mao balik ke vietnam!

udah buka2 soal attractions hanoi, ha long bay, hoi an, hue nih, ampe ke hotelnya segala hahaha.

cause we had a good time there, bahkan pas masi disana aja co gue udah bilang...boleh nih kalo balik lagi :)

prin_theth said...

hahaha wowza. banyak yaaa tipsnyaaa... makasih yaa, semoga semua berguna. kecuali untuk taksi, karena unlike di Saigon, Mai Linh di Hanoi banyaaak sekali palsuannya, mulai dari airport! Mudah2an pas gue nggak deh...

Anonymous said...

jangan pernah langsung keluar dari airport DAN haul taxi sendiri. no, never! kabarnya banyak taxi pelsong yg udah siap malah tourist.

instead, begitu keluar imigrasi...sebelum bener2 keluar terminal kan ada deretan konter2 (money changer, taxi vendors)...

ambil dari situ, ada ekstra booking fee kaenya tapi not much lah.
gue waktu dulu di saigon ambil mai linh misalnya dari konter resminya di airport, jadi petugas nya bakal quote kita mesti bayar brapa (enaknya petugas2 di konter ini bisa boso inglish semua haha), trus kita bayar ke dia, dan petugas mai linh ini bakal escort kita keluar...dianterin ke taxi mai linh yg aseli.

harusnya sih kalo kae gini asli yah...kagak kena boong2an. driver nya jg ga perlu dibayar lagi, langsung bawa kita ke hotel (kalo taxi pelsong laen kan banyak yg maksa bawa kita ke hotel laen katanya ya, haha).

nah sisanya, kl di saigon...di tempat2 umum ada aja petugas resmi vinasun/mai linh. misal di mall, di hotel...sampe di depan hotel gue yg biasa2 banget (bukan hotel mewah) pun ada haha. untungnya ini aseli semua.

good luck!

anti said...

hai mba lei! ini komen ga membantu sih sebenernya.. :D
soalnya dulu kesana ikutan youth & cultural exchange program begitu. jadi semuanya aman tentram dan damai. lah ya kalo ada apa-apa bisa putus hubungan diplomatik. :D
tapi pengalaman homestay sih orang-orangnya helpful ko.
semoga saja perjalananmu lancar ya mba.. :)
aku sih pengen balik kesana lagi.. nanti ditunggu laporannya ya.. siapa tau jurus-jurusmu bisa ditiru. :D

Post a Comment